Aplikasi Live Chat Untuk Website dan Toko Online
Blog Tips Keren Aplikasi Live Chat Untuk Website dan Toko Online

Aplikasi Live Chat Untuk Website dan Toko Online

Pelayanan adalah salah satu kunci sebuah kesuksesan dalam sebuah bisnis, apalagi bisnis online.  Pada era digital ini, pelayanan yang diberikan tidak lagi face to face atau on call saja. Tetapi, berbagai pelayanan yang sudah menjelma dalam berbagai macam cara. Salah satunya melalui live chat. Keuntungan dari pelayanan live chat adalah akan bisa mendekatkan pembeli dan juga penjual atau pemilik bisnisnya langsung. Dengan menggunakan komunikasi metode ini, pelanggan Anda akan merasakan sebuah pengalaman belanja online yang lebih dekat dan juga terpercaya. Sehingga, sangat penting untuk pemilik bisnis online agar bisa menfasilitasi komunikasi yang ada di website. Terdapat beberapa aplikasi live chat yang bisa Anda pasang di website dan juga toko online Anda.

Aplikasi Live Chat untuk Website

aplikasi live chat

Aplikasi Live Chat, Tawk.to Livechat

Salah satu rekomendasi plugin live chat pada WordPress adalah tawk.to livechat. Plugin ini bisa dikatakan plugin live chat yang sangat populer. Dari sebuah situs resmi WordPress.org, total jumlah instalasi aktif pengguna plugin ini sudah mencapai lebih dari 90.000 website dengan WordPress. Dan juga dipakai oleh lebih dari 250.000 website perusahaan dari berbagai jenis CMS. Selain itu, bisa juga dimanfaatkan sebagai platform livechat dengan pelanggan Anda. Plugin livechat WordPress sangat bisa digunakan agar bisa memonitor visitor website secara real time. Dan sangat bisa diakses dengan desktop ataupun mobile.

Aplikasi Live Chat, Zendesk Livechat (Zopim)                                               

Salah satu plugin live chat populer selanjutnya adalah Zendesk LiveChat, dulunya dikenal dengan nama Zopim. Dari data pada situs resmi WordPress.org menunjukan bahwa total jumlah instalasi aktif plugin ini sudah mencapai lebih dari 90.000 webiste dengan CMS WordPress. Dan juga dipakai oleh lebih dari 150.000 situs perusahaan dari berbagai jenis CMS. Plugin ini juga mempunyai sebuah fitur yang sangat memungkinkan bagi Anda untuk melakukan pemantauan dari visitor flow, usage patterns. Dan juga sangat memungkinkan Anda untuk berpindah panel chat dengan kesemua pelanggan Anda yang sedang livechat pada waktu yang sama. Zendesk Livechat ini juga sudah dibekali dengan fitur Mobile Optimized yang sangat memungkinkan pelanggannya untuk melakukan livechat dengan berbagai device. Dan bisa menggunakan tampilan widget yang sangat responsive. Selain itu, plugin ini bisa terintegrasi dengan berbagai macam software pelayanan tambahan, contohnya seperti UserVoice, Salesforce, BatchBook, Zendesk dan juga vTiger.

Aplikasi Live Chat, Tidio LiveChat

Plugin live chat ini dikenal dengan kemudahannya dalam instalasi plugin yang ada di website, karena tidak memerlukan registrasi. Sehingga, instalasi hanya berhenti ketika tahap instalasi sudah selesai. Sehingga, secara garis besarnya plugin livechat wordPress ini menawarkan fitur yang tidak jauh beda dengan plugin livechat pada umumnya. Apalagi dilengkapi dengan desain widget yang minimalis clean, plugin ini bisa terintegrasi dengan aplikasi support ticket dan juga marketing yang lain, seperti Zendesk, GetResponse, SalesForce dan MailChimp.

aplikasi live chat

Aplikasi Live Chat, JivoChat

Sama dengan Tidio LiveChat, plugin Live Chat ini juga menawarkan kemudahan dalam instalasi dengan jangka waktu hanya 30 detik. Selain itu Jivochat juga menawarkan desain widget chat dengan fully customizable yang sesuai dengan keinginan Anda.

Aplikasi Live Chat, Avchat Video

Salah satu plugin live chat untuk wordPress ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk melakukan pelayanan pada pelanggan menggunakan live chat saja. Tapi juga sangat memungkinkan Anda agar bisa menggunakan vidoeCall. Selain itu juga berdasarkan situs resmi yang ada di wordpress.org, Avchat Video juga sudah mengklaim dirinya jika SEO Friendly URL.

Live Chat by OggFlow

Aplikasi Live chat ini sudah menggabungkan antara fitur live chat, help desk, dan social media dalam satu plugin. Dengan adanya plugin livechat ini, Anda tidak hanya bisa melakukan live chat dengan pelanggan saja tetapi juga bisa melayani semua jeis pertanyaan pelanggan melalui email dan juga sosial media di dalam satu panel.

aplikasi live chat

Clickdesk Livechat

Plugin ini hampir sama dengan Oggflow, juga menggabungkan antara Help Desk, Voice & Video Chat dan Sosial toolbar dalam satu panel yang sama. Adanya fitur integrasi social media juga ditawarkan antara lain, Facebook dan juga Twitter. Selain itu, plugin livechat WordPress ini juga bisa diintegrasi dengan Skype dan juga GTalk.

Provide Support

Merupakan salah satu aplikasi live chat dengan tingkat enterprise yang bisa digunakan agar mendukung kebutuhan website Anda. Dan sangat sesuai jika digunakan oleh website yang dipunyai perusahaan yang besar. Provide Support juga didukung dengan beberapa kelebihan yang dimiliki, yaitu mudah digunakan, handal dan ada beberapa fitur dengan keamanan yang prima. Tidak hanya itu, aplikasi live chat ini juga sangat memungkinkan Anda dan juga customer agar bisa mengirimkan file melalui chat window.

Live Person

Adalah sebuah aplikasi live chat pertama yang ada di internet. Sehingga tidak heran jika sangat populer dan mudah dikenali oleh beberapa pengguna website. Agar bisa menggunakan aplikasi ini, Anda diharuskan mendaftar terlebih dahulu melalui situs resminya, liveperson.com. sedangkan fitur yang membuatnya menarik adalah adanya kemudahan dalam integrasi dengan Facebook dan juga Salesforce. Dan juga mempunyai tools analisis yang sangat optimal. Jika Website Anda menggunakan Live Person, Anda juga harus melengkapi keperlua penting yang bisa mendukung website Anda.

WGChat

Jika Anda tertartik menggunakan aplikasi live chat ini, bisa didaftarkan melalui wgcchat.com dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang tergolong lengkap. Dan juga sangat pas untuk dipakai oleh para pebisnis online. Dalam WGChat, terdapat berbagai fitur penting contohnya seperti laporan statistic chat, automatic greeting, dan juga logchat. Tidak hanya itu, layanan ini juga sudah terintegrasi dengan Facebook Page, Google Hangout dan juga Yahoo! Meseenger.

aplikasi live chat

Comm100

Jika Anda akan menggunakan aplikasi live char ini, bisa didaftarkan dengan situs comm100.com, sudah dirancang khusus agar bisa memberikan kemudahan untuk penggunanya. Selain itu, Comm100 juga sangat bisa dimodifikasi yang disesuaikan dengan karakter dan juga strategi branding dari perusahaan Anda. Yang lebih menarik lagi, terdapat berbagai plugin yang bisa digunakan untuk sistem e-commerce dan juga manajemen konten seperti contohnya Joomla! Virtuemart, Shopify dan juga WordPress Store.

Penutup

Itulah beberapa plugin dan juga aplikasi live chat yang bisa Anda gunakan. Anda juga harus memastikan untuk menfasilitas layanan live chat dengan pelanggan Anda. Apalagi jika website yang Anda punya adalah website online store. Nantinya, Anda juga bisa dekat dengan pelanggan Anda, dan website online store yang Anda miliki bisa semakin lebih dipercaya sehingga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan Anda. Jika Anda mengimplementasikan live chat ini, akan menjadi salah satu fitur pada website yang akan sangat berguna dimana bisa menjadi factor untuk mempercepat efisiensi dan juga efektivitas customer service pada website Anda.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.