Apa yang Dimaksud Webmail? Ketahui Pengertian, Fungsi, Cara Login, dan Contohnya di Sini

8 Nov 2022
Apa yang Dimaksud Webmail? Ketahui Pengertian, Fungsi, Cara Login, dan Contohnya di Sini

Sering digunakan dalam strategi marketing, tahukah kamu sebenarnya apa yang dimaksud webmail? Layanan webmail banyak sekali dimanfaatkan untuk berbagai keperluan marketing maupun urusan bisnis lainnya. Rupanya webmail dapat meningkatkan kesan profesionalitas, lho.

Caranya adalah dengan menggunakan domain nama sendiri atau nama bisnis pada alamat email. Pada kesempatan kali ini kamu dapat mengetahui lebih dalam tentang webmail beserta fungsi, cara kerja, cara login, dan contoh layanannya. Tanpa berlama-lama, mari simak ulasan di bawah ini.

Apa Itu Webmail?

Jadi, apa yang dimaksud webmail? Webmail adalah layanan email yang tersedia di cPanel website dan dapat diakses menggunakan berbagai web browser, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan sebagainya. Layanan webmail atau web email menggunakan halaman website sebagai media untuk mengelola email.

Jika kamu menggunakan webmail maka kamu tidak perlu menginstall aplikasi. Kamu hanya perlu untuk melakukan konfigurasi webmail saja. Kemudahan akses tanpa aplikasi ini merupakan salah satu kelebihan dari webmail.

Tanpa memerlukan aplikasi tertentu, webmail bisa diakses melalui komputer yang berbeda. Layanan ini sangat cocok untuk pengguna yang perlu berkirim email namun sering terpisah dari perangkat komputernya. Ambil contoh saat kamu melakukan perjalanan jarak jauh tanpa membawa perangkat komputer.

Kamu tetap dapat mengakses webmail untuk membaca atau mengirim pesan email. Hal ini memungkinkan sebab webmail terhosting pada web browser. Dengan begitu, kamu dapat mengakses webmail dari berbagai perangkat selama perangkat tersebut terhubung dengan jaringan internet.

Perbedaan mencolok lain antara webmail dengan email client biasa terletak pada nama domain yang digunakan. Webmail banyak digunakan oleh pengguna yang mempunyai nama domain sendiri. Layanan demikian dapat digunakan oleh pengguna yang berlangganan email hosting.

Jadi, apa yang dimaksud webmail tidak selalu menggunakan nama domain sendiri. Ada layanan webmail yang menyediakan alamat email dengan domain bawaan, namun ada juga layanan yang menyediakan fasilitas untuk email dengan nama domain sendiri.

Kegunaan Webmail

kegunaan webmail

Fungsi webmail sebenarnya sama dengan fungsi email pada umumnya. Hanya saja kegunaan web email didukung oleh fleksibilitas yang ditawarkannya. Artinya, berbagai fitur seperti pada email client juga bisa digunakan pada webmail tanpa memerlukan instalasi aplikasi. Berikut beberapa fungsi yang dimaksud:

  • Membaca email. Webmail juga menyediakan fitur untuk membuka pesan email beserta lampiran yang terdapat di dalamnya.
  • Mengirim email. Pengiriman email dengan webmail sama seperti cara mengirim email pada umumnya.
  • Membalas email. Kamu dapat menggunakan webmail untuk membalas email dnegan lebih cepat menggunakan berbagai perangkat.
  • Menghapus email. Selain membaca dan membalas email, kamu juga dapat menghapus email yang tidak ingin disimpan.
  • Meneruskan email. Untuk mendukung performa profesionalitas, kamu juga dapat meneruskan email pekerjaan kepada klien atau sesama rekan kerja.
  • Memulihkan email yang sudah terhapus. Email yang masih tersimpan dalam ruang penyimpanan sementara dapat dipulihkan kembali ke tempat penyimpanan email semula.
  • Mencetak email. Webmail juga dapat digunakan untuk mencetak email-email penting seperti perjanjian, kontrak, dan sebagainya.

Cara Kerja Webmail

cara kerja webmail

Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana cara kerja  webmail sehingga dapat digunakan tanpa instalasi aplikasi client. Seperti pada ulasan pengertian apa yang dimaksud webmail di atas, sebenarnya cara kerja web email ini mengandalkan browser untuk mengakses email server. Simak cara kerja selengkapnya berikut:

  • Email beserta informasi pengirimannya tersimpan di email server.
  • Dalam email server terdapat dua server, yaitu server incoming dan outgoing. Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) pada port 25 bertugas untuk mengelola incoming email. Sementara untuk outgoing email dikelola oleh Post Office Protocol (POP3) pada port 110 atau Internet Mail Access Protocol (IMAP) pada port 143.
  • Saat sebuah email akan dikirimkan, server SMTP akan mengirimkannya ke server SMTP tujuan.
  • Apabila email tujuan tidak tersedia maka email akan disimpan dalam folder Queue untuk dikirimkan kembali setiap 15 menit. Namun, jika dalam waktu 5 hari email tujuan masih tidak terhubung, maka pengirim akan mendapatkan notifikasi bahwa email tidak terkirim.
  • Untuk email yang berhasil terkirim selanjutnya akan diterima oleh server POP3 atau IMAP.
  • Saat email akan dibaca, email akan didownload dari email server terlebih dahulu.
  • Ada perbedaan download pada POP3 dan IMAP. Email yang sudah terunduh di POP3 akan tersimpan di perangkat yang digunakan untuk mengunduh. Sementara, email yang diunduh dengan IMAP akan tetap tersimpan pada email server, sehingga tetap bisa dibuka di perangkat lain tanpa perlu download ulang.

Cara Login Webmail

Cara mengakses webmail cukup mudah. Untuk webmail dengan nama domain sendiri, kamu hanya perlu mengakses website dengan URL https://www.namadomainkamu.com/webmail. Pada halaman berikutnya kamu hanya perlu memasukkan kredensial berupa alamat email dan password untuk masuk.

Setelah masuk, kamu akan diarahkan ke halaman layanan webmail yang kamu gunakan seperti Outlook webmail atau Roundcube webmail yang berbasis IMAP. Buka layanan webmail untuk mulai mengelola email.

Jika kamu menyimak pengertian dari apa yang dimaksud webmail di awal, pasti kamu bertanya-tanya bagaimana dengan email dengan domain bawaan, bukan? Benar, selain menggunakan domain sendiri ada juga layanan webmail dengan domain bawaan dari penyedia layanan.

Untuk webmail dengan domain bawaan kamu dapat langsung mengunjungi situs dari penyedia layanan webmail. Misalnya seperti Gmail, masuk ke https://mail.google.com untuk mengakses webmail dan melakukan login akun.

Contoh Webmail

Kira-kira sudah paham dengan apa yang dimaksud webmail dan cara kerjanya, belum? Semoga ulasan di atas cukup membantu kamu untuk mengenal webmail dengan baik, ya. Nah, jika kamu tertarik untuk mulai menggunakan webmail, berikut ini adalah beberapa contoh webmail yang bisa kamu coba!

1. Gmail

gmail

Gmail adalah salah satu contoh dari apa yang dimaksud webmail dengan domain bawaan. Kamu pasti cukup sering melihat alamat email namapengguna@gmail.com, bukan?

Saat ini kebanyakan alamat email menggunakan Gmail sebagai layanan emailnya. Hal ini dikarenakan kelebihan Gmail yang terintegrasi dengan berbagai fitur dan aplikasi Google. Jika kamu menggunakan Gmail, kamu dapat langsung terhubung dengan Gdrive untuk mengirimkan file dengan ukuran besar.

2. Yahoo! Mail

Jika Gmail memiliki kelebihan berupa penyimpanan yang terintegrasi langsung di Gdrive, Yahoo! Mail mempunyai kelebihan berupa webmail yang terhubung dengan fitur Yahoo Messanger. Dengan demikian, kamu dapat menggunakan Yahoo! Mail untuk berkirim pesan instan seperti menggunakan aplikasi chat pada umumnya.

3. Zimbra Webmail

Webmail satu ini berbeda dengan Gmail dan Yahoo! Mail sebab dapat digunakan dengan nama domainmu sendiri. Zimbra Email & Collaboration cocok bagi kamu yang memerlukan layanan email profesional untuk keperluan perusahaan, organisasi, hingga toko online. Adapun contoh fitur tambahan yang disediakan berupa Cloud dan kalender.

4. Roundcube Webmail

Selain Zimbra, Roundcube adalah webmail yang dapat menggunakan nama domain sendiri. Layanan Roundcube memiliki fitur andalan yang bernama Ajax. Fitur andalan ini bekerja dengan menyediakan berbagai informasi terkait dengan email. Simpanan informasi inilah yang membuat webmail menjadi lebih responsif.

Demikian ulasan tentang apa yang dimaksud webmail, fungsi, cara kerja, cara login, serta contoh-contoh layanannya. Kamu dapat menikmati manfaat webmail berupa memperkenalkan usaha bisnis atau membuat penampilan alamat email tampak lebih profesional.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan nama domain sendiri pada alamat email-mu, pastikan sudah mendaftarkan nama domain yang diinginkan pada penyedia layanan domain dan hosting yang tepat. Kabar baiknya, layanan hosting murah IDwebhost bisa menjadi pilihan terbaik kamu, lho.

Dapatkan nama domain impian kamu dan layanan hosting dengan harga paling murah di sini!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022