Apa yang Dimaksud Dengan Server? Bagaimana Cara Kerjanya?
Blog Hosting Guru Apa yang Dimaksud Dengan Server? Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa yang Dimaksud Dengan Server? Bagaimana Cara Kerjanya?

Sahabat IDwebhost, tentu Anda pernah mendengar istilah “server” bukan? Walau lumayan sering terdengar, tak sedikit yang masih awam dengan pengertian server. Lantas, apa yang dimaksud dengan server? Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system).

Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.

Jenis-Jenis Server

dimaksud dengan server

Terdapat berbagai macam jenis server. Fungsinya pun berbeda-beda. Berikut ini adalah jenis-jenis server yang harus Anda ketahui:

  • File Server

Server ini berfungsi untuk berbagi file dan folder. Ruang penyimpanan pada file atau folder, atau bisa juga sebaliknya.

  • Mail Server

Mail server memungkinkan komunikasi email, mirip seperti cara yang digunakan pada tukang pos yang mengirimkan surat. Dari pengirim ke penerima.

  • Media Server

Media server berguna untuk berbagi file video atau audio dalam jaringan menggunakan media streaming. Cara kerjanya dengan mentransmisikan konten sehingga dapat ditonton atau didengarkan. Penerima juga dapat mengunduh seluruh file dan kemudian menggunakannya. Perangkat yang diperlukan adalah komputer dengan monitor dan speaker.

  • Game server

Peran server game sangat krusial sejak game dapat dimainkan secara online. Server game memungkinkan  perangkat game untuk memainkan game secara multiplayer.

  • Catalog server

Siapa yang menyangka kalau katalog atau direktori juga memiliki jenis servernya sendiri. Apa yang dimaksud dengan server ini? Server katalog berperan untuk mempertahankan indeks atau daftar isi informasi yang dapat ditemukan di seluruh jaringan terdistribusi besar, seperti komputer, file di yang dibagikan di FTP, dan aplikasi web. Server direktori adalah nama lain dari server katalog.

Dan patut menjadi catatan bahwa program komputer apapun yang perlu menemukan sesuatu di jaringan, seperti user yang mencoba masuk, klien email yang mencari alamat email, atau pengguna yang mencari email.

  • Virtual server

Berbagai sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak membutuhkan koneksi dengan server virtual lainnya. Hal ini didefinisikan dalam perangkat lunak khusus yang disebut hypersupervisor. Hypersupervisor menghadirkan hardware virtual ke server, seolah-olah itu adalah perangkat fisik yang nyata. Virtualisasi sever memungkinkan infrastruktur yang lebih efisien.

  • Database server

Server database memiliki peran untuk mempertahankan dan membagikan segala bentuk basis data yang telah terorganisir dengan property yang telah ditampilkan dalam table melalui jaringan. Database berkaitan dengan spreadsheet, software akuntansi, dan hampir semua program komputer yang menggunakan data, terutama yang bervolume besar.

  • Proxy server

Selanjutnya ada proxy server. Apa yang dimaksud dengan server jenis ini? Server yang bertindak sebagai perantara antara klien dan server, untuk menerima lalu lintas masuk dari klien dan mengirimkannya ke server. Hal ini dilakukan untuk mengontrol konten dan penyaringan, meningkatkan kinerja lalu lintas, mencegah akses jaringan yang tidak sah atau sekedar routing lalu lintas lewat jaringan yang besar dan kompleks.

  • Web server

Web server berfungsi sebagai sebuah program komputer yang berjalan di dalam web browser yang memungkinkan pengguna di jaringan untuk menjalankan dan menggunakannya, tanpa harus menginstal salinan di komputer mereka sendiri. Tidak seperti namanya, server jenis ini tak harus menjadi bagian dari world wide web.

Baca Juga: Cara Membuat Akun FTP di Plesk Panel

 

Cara Kerja Server

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara kerja server? Secara sederhana, server bekerja atas permintaan dari sebuah klien. Misalnya saja untuk kasus web server, ketika Anda mengetikkan suatu alamat website menggunakan browser, maka artinya komputer Anda sedang bertindak sebagai klien yang meminta informasi kepada web server. Web server tersebut kemudian mengirimkan isi website ke komputer Anda, sehingga Anda pun dapat mengakses isi website tersebut.

Baca Juga: Cara Download dan Instal WAMP Server

dimaksud dengan server

Untuk kasus lainnya, seperti server FTP, mungkin agak sedikit berbeda. Pada server FTP, Anda dapat mengunggah sebuah dokumen atau data menuju server FTP, sehingga dapat disimpan dalam server tersebut. Sebagai klien, Anda berhak untuk menyimpan data Anda di server FTP. Nantinya, jika ada orang lain yang tergabung dalam jaringan server tersebut dan ingin mengunduh data atau dokumen Anda, maka server FTP akan menyediakan koneksi untuk klien lain tersebut.

Secara umum, semua jenis server bekerja dengan menjalankan fungsi-fungsi yang telah disebutkan sebelumnya, mulai dari melayani permintaan data dari klien hingga memberikan perlindungan pada komputer klien. Hanya saja, untuk jenis server yang berbeda, hal yang dilayani pun berbeda.

Sebuah perangkat yang dijadikan server umumnya memiliki perbedaan rancangan, jika dibandingkan dengan komputer klien. Misalnya dalam hal spesifikasi perangkat dan sistem operasi. Perangkat komputer yang digunakan sebagai server harus dibekali dengan spesifikasi yang tinggi. Penyebabnya tak lain karena komputer server harus menangani lalu lintas data yang cukup besar.

Sedangkan untuk sistem operasi, sebuah komputer server harus menggunakan sistem operasi yang memang dibuat khusus untuk server. Beberapa contohnya adalah Windows Server, Linux Ubuntu Server atau Linux Mint Server.

 

Fungsi Server

dimaksud dengan server

Tugas utama server adalah melayani komputer client, dan di bagi menjadi beberapa fungsi sesuai dengan jenis server, berikut penjelasannya:

1. Server Aplikasi

Server aplikasi digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client.

2. Server Data

Server jenis ini di gunakan untuk menyimpan berbagai data , baik data yang belum diolah ataupun data yang sudah diolah menjadi informasi. Data ini dapat di akses oleh client dengan bantuan aplikasi yang ada di server.

3. Server Proxy

Sedangkan Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai server yang perlu Anda ketahui. Salah satu peran server yang paling penting adalah pada sebuah web hosting. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan web hosting yang tepat untuk mendapatkan server yang berkualitas.

IDwebhost adalah penyedia web hosting yang terpercaya dan berkualitas di Indonesia. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh IDwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan IDwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.