Apa yang Dimaksud Dengan Server? Bagaimana Cara Kerjanya?

23 Mei 2018
Apa yang Dimaksud Dengan Server? Bagaimana Cara Kerjanya? campaign-unlimited

Sahabat IDwebhost, tentu Anda pernah mendengar istilah server? Apa  lagi jika Anda sedang membangun sebuah aplikasi atau website, tentu Anda membutuhkan yang namanya server. Namun walau lumayan sering mendengar atau bahkan menggunakan kata server, masih banyak di antara kita yang belum tentu memahami apa sih server itu?  Apa yang dimaksud dengan server? Nah, dalam pembahasan ini mari kita cari tahu lebih dalam mengenai seluk beluk server.

Apa yang Dimaksud Dengan Server

dimaksud dengan server

Server, dalam bahasa Indonesia bisa diartikan dengan peladen yaitu suatu sistem komputer yang memiliki layanan khusus berupa penyimpanan data. Server memiliki peran penting dalam menyediakan layanan akses agar lebih cepat untuk mengirim atau menerima data maupun informasi yang tersedia pada server. Dan server ini memiliki bentuk fisik.

Server dalam bentuk fisiknya, berwujud jaringan komputer dan memiliki ukuran yang sangat besar dengan beberapa komponen pendukung prosesor dan RAM yang berkapasitas besar. Sering kali kita menyebut sebagai super komputer. Nah, karena membutuhkan biaya besar dalam membuat sebuah server, maka server ini biasanya disewakan, dan harga sewa server ini beragam sesuai dengan spesifikasi dan layanan yang tersedia.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa, server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system).

Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan. Lalu apa saja jenis server dan fungsi atau peran yang dijalankan dari masing-masing jenis server tersebut?

Jenis-Jenis Server

dimaksud dengan server

Terdapat berbagai macam jenis server. Fungsinya pun berbeda-beda. Berikut ini adalah jenis-jenis server yang harus Anda ketahui:

  • File Server: Server ini berfungsi untuk berbagi file dan folder. Ruang penyimpanan pada file atau folder, atau bisa juga sebaliknya.
  • Mail Server: Mail server memungkinkan komunikasi email, mirip seperti cara yang digunakan pada tukang pos yang mengirimkan surat. Dari pengirim ke penerima.
  • Media Server: Media server berguna untuk berbagi file video atau audio dalam jaringan menggunakan media streaming. Cara kerjanya dengan mentransmisikan konten sehingga dapat ditonton atau didengarkan.
  • Game server: Peran server game sangat krusial sejak game dapat dimainkan secara online. Server game memungkinkan  perangkat game untuk memainkan game secara multiplayer.
  • Catalog server:  Server katalog berperan untuk mempertahankan indeks atau daftar isi informasi yang dapat ditemukan di seluruh jaringan terdistribusi besar, seperti komputer, file di yang dibagikan di FTP, dan aplikasi web. Server direktori adalah nama lain dari server katalog.
  • Virtual server: Berbagai sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak membutuhkan koneksi dengan server virtual lainnya. Hal ini didefinisikan dalam perangkat lunak khusus yang disebut hypersupervisor. Hypersupervisor menghadirkan hardware virtual ke server, seolah-olah itu adalah perangkat fisik yang nyata. Virtualisasi sever memungkinkan infrastruktur yang lebih efisien.
  • Database server: Server database memiliki peran untuk mempertahankan dan membagikan segala bentuk basis data yang telah terorganisir dengan property yang telah ditampilkan dalam table melalui jaringan.
  • Proxy server: Server yang bertindak sebagai perantara antara klien dan server, untuk menerima lalu lintas masuk dari klien dan mengirimkannya ke server.
  • Web server: Web server berfungsi sebagai sebuah program komputer yang berjalan di dalam web browser yang memungkinkan pengguna di jaringan untuk menjalankan dan menggunakannya, tanpa harus menginstal salinan di komputer mereka sendiri. Tidak seperti namanya, server jenis ini tak harus menjadi bagian dari world wide web.

Cara Kerja Server

Dimana Lokasi Server Hosting Terbaik

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara kerja server? Secara sederhana, server bekerja atas permintaan dari sebuah klien. Misalnya saja untuk kasus web server, ketika Anda mengetikkan suatu alamat website menggunakan browser, maka artinya komputer Anda sedang bertindak sebagai klien yang meminta informasi kepada web server. Web server tersebut kemudian mengirimkan isi website ke komputer Anda, sehingga Anda pun dapat mengakses isi website tersebut.

Untuk kasus lainnya, seperti server FTP, mungkin agak sedikit berbeda. Pada server FTP, Anda dapat mengunggah sebuah dokumen atau data menuju server FTP, sehingga dapat disimpan dalam server tersebut. Sebagai klien, Anda berhak untuk menyimpan data Anda di server FTP. Nantinya, jika ada orang lain yang tergabung dalam jaringan server tersebut dan ingin mengunduh data atau dokumen Anda, maka server FTP akan menyediakan koneksi untuk klien lain tersebut.

Secara umum, semua jenis server bekerja dengan menjalankan fungsi-fungsi yang telah disebutkan sebelumnya, mulai dari melayani permintaan data dari klien hingga memberikan perlindungan pada komputer klien. Hanya saja, untuk jenis server yang berbeda, hal yang dilayani pun berbeda.

Sebuah perangkat yang dijadikan server umumnya memiliki perbedaan rancangan, jika dibandingkan dengan komputer klien. Misalnya dalam hal spesifikasi perangkat dan sistem operasi. Perangkat komputer yang digunakan sebagai server harus dibekali dengan spesifikasi yang tinggi. Penyebabnya tak lain karena komputer server harus menangani lalu lintas data yang cukup besar.

Sedangkan untuk sistem operasi, sebuah komputer server harus menggunakan sistem operasi yang memang dibuat khusus untuk server. Beberapa contohnya adalah Windows Server, Linux Ubuntu Server atau Linux Mint Server.

Fungsi Server

dimaksud dengan server

Tugas utama server adalah melayani komputer client, dan di bagi menjadi beberapa fungsi sesuai dengan jenis server, berikut penjelasannya:

  1. Server Aplikasi: Server aplikasi digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client.
  1. Server Data: Server jenis ini di gunakan untuk menyimpan berbagai data , baik data yang belum diolah ataupun data yang sudah diolah menjadi informasi. Data ini dapat di akses oleh client dengan bantuan aplikasi yang ada di server.
  1. Server Proxy: Sedangkan Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.

Kesimpulan Apa yang Dimaksud Dengan Server

Server miliki peranan penting dalam membangun sebuah aplikasi atau website berbasis jaringan internet. Penting bagi kita untuk memilih penyedia layanan server yang telah terbukti dan teruji dalam layanan, karena jika salah dalam memilih server bisa berdampak buruk pada aplikasi atau website yang kita buat.

Selain itu, juga Anda perlu untuk memilih server yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya Anda akan membangun sebuah game online, maka Anda perlu untuk menggunakan server game yang dapat mendukung aplikasi Anda. Untuk itu menjadi penting ketika Anda akan membeli sebuah server, untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan penyedia layanan, agar Anda benar-benar  mendapatkan server terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai server yang perlu Anda ketahui. Salah satu peran server yang paling penting adalah pada sebuah web hosting. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan web hosting yang tepat untuk mendapatkan server yang berkualitas.

IDwebhost adalah penyedia web hosting yang terpercaya dan berkualitas di Indonesia. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh IDwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan IDwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013