Apa Sih Fungsi Website?

15 Des 2022
Apa Sih Fungsi Website? campaign-unlimited

Di era digital seperti saat ini, teknologi kian berkembang sangat pesat. Salah satu yang paling dirasakan adalah kehadiran teknologi internet yang sangat mendukung berbagai bentuk kegiatan, salah satunya adalah kegiatan suatu bisnis dan perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi suatu perusahaan untuk menggunakan fungsi website secara bijak. Memiliki website bisa memberikan banyak manfaat serta keuntungan bagi sebuah bisnis dan perusahaan.

Di masa kini, semua kegiatan sudah serba digital dan sudah terhubung dengan internet. Jika tidak segera beradaptasi, sangat besar peluang bagi suatu perusahaan untuk diabaikan oleh konsumen atau klien sehingga menjadi kurang laku, karena customer telah menemukan produk atau jasa yang lebih mudah dan cepat dijangkau, bahkan informasinya lebih jelas, lengkap dan akurat.

Sebelum kami menjelaskan tentang apa saja fungsi dari website, mari kita kembali ke 10 tahun yang lalu sebentar. Jaman dulu, orang – orang akan sibuk pergi kesana kemari mencari produk atau jasa yang sedang mereka butuhkan. Dari Rumah ke rumah, toko ke toko, pasar ke pasar, kantor ke kantor, dan lain sebagainya. Tapi berbeda dengan jaman sekarang,  karena “Pelaku atau pemilik bisnis lah yang harus mencari dimana calon konsumen berada. Atau minimal konsumen bisa menemukan produk atau jasa yang mereka butuhkan dengan hanya menggunakan smartphone, tablet atau hanya didepan laptop ataupun komputer yang sudah terkoneksi dengan internet tentunya.

 

Fungsi website
idwebhost

Oleh karena perilaku dari customer yang sudah berubah dan tidak bisa ditebak tersebut, kehadiran website menjadi sangat penting, krusial dan menjadi jawaban tersendiri bagi masalah ini. Mengapa harus website? Karena website merupakan teknologi informasi terbaik yang tersedia di internet saat ini sebagai sarana pertukaran informasi kepada konsumen atau klienmu dengan mudah, cepat, dan tanpa batas jarak ataupun waktu.

Artinya, konsumen maupun calon konsumen akan dengan sangat mudah untuk mendapatkan informasi bisnis ataupun perusahaan dengan lengkap dan akurat hanya dengan mencari melalui komputer yang terkoneksi dengan internet, atau bahkan hanya dengan gadget mereka kapan saja dan dimana saja. Tidak hanya informasi, bahkan transaksi sekalipun sekarang sudah cukup banyak dilakukan dengan teknologi website atau aplikasi mobile. Seperti jual beli barang atau jasa di online seperti Tokopedia, OLX, Kaskus,  Tiket.com, Traveloka, GoJek Dll. Pastinya ini adalah peluang yang sangat bagus.

Oke tanpa perlu panjang lebar lagi, berikut ini adalah uraian lengkap tentang apa saja fungsi dari website

Apa Saja Fungsi Website Yang Sebenarnya?

Membangun branding adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan. Nah di sini peran membangun branding juga bisa dilakukan melalui website. Banyak website yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu branding melalui website juga perlu. Karena website menyediakan informasi yang lengkap dan jelas serta mudah untuk dijangkau dan akan membantu meningkatkan reputasi perusahaan dihadapan konsumen maupun calon konsumen, sehingga reputasi perusahaan akan meningkat.

2. Media untuk melakukan promosi

Pernahkah kamu berpikir bahwa kamu akan memiliki teknologi untuk melakukan promosi dan transaksi secara otomatis 24 jam non stop? Ya, ternyata ada dan Website adalah salah satu solusinya. Bahkan website yang dikelola dengan baik, bisa mendatangkan konsumen baru kapan pun dengan jumlah yang lebih banyak tanpa harus mengganggu kesibukan lainnya. Pelanggan juga dapat masuk ke website kita pada siang atau malam. Dengan cara ini pelanggan dapat dilayani 24 x 7 atau 24 jam sehari non stop.

 

Fungsi website
IDwebhost

3. Media untuk mendapatkan Pelanggan Baru

Banyak perusahaan yang bisa mendapatkan klien dari luar daerah atau bahkan luar negeri hanya dengan menggunakan website yang dimiliki. Seperti yang kita ketahui, jumlah pengunjung website tidak hanya dari Indonesia, tapi juga bisa dari luar negeri.

Salah satu kunci utama suksesnya sebuah website adalah website yang mampu menarik sebanyak mungkin pengunjung menjadi pelanggan. Sedangkan untuk mendapatkan kunjungan yang tinggi bagi website, ada banyak cara atau jalan, misalnya dengan cara mempromosikan itu semua ke sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, hingga LinkedIn dan memasang promo tersebut di berbagai iklan baris.

Atau bisa juga dengan cara SEO, yaitu dengan mengoptimasikan web tersebut supaya bisa tampil di halaman pertama google sesuai dengan target keyword yang diincar. Untuk mengoptimasi  SEO suatu website bisa dikerjakan sendiri bila kamu sudah mengetahui tekniknya, namun bila tidak ada waktu lebih baik diserahkan pengerjaan optimasi ke penyedia layanan jasa SEO.

4. Media Penjualan produk atau Jasa

Memiliki produk atau jasa yang ingin dipasarkan secara online, kamu bisa menggunakan berbagai media sosial sebagai media pemasaran seperti Fanpage Facebook, Twitter, Instagram dan diarahkan ke website. Disini website berperan sebagai bangunan toko utama dan media sosial sebagai bangunan pameran produk atau jasa.

Website sebagai alat untuk memperkenalkan produk kepada dunia online. Dengan banyaknya pengguna internet, Perusahaan memiliki peluang untuk mendapatkan calon pembeli dengan jumlah yang besar.Apapun bisnis yang sedang dikerjakan, website adalah tempat yang baik untuk menampilkan produk atau jasa. Masukkan testimoni atau galeri foto hasil kerja untuk meningkatkan kepercayaan dari calon pelanggan.

Perusahaan dapat menunjukan apa yang membuat bisnis berbeda dari pesaing.Dalam proses pemasaran, mungkin kita melakukan iklan di koran/majalah, iklan pada sebuah papan reklame, atau membuat brosur. Tempat/space yang disediakan dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur pasti dibatasi dan tidak mudah untuk diubah informasinya.

Sedangkan dalam website kita dapat dengan mudah menambah informasi yang lebih mendetail dari produk-produk atau jasa-jasa yang ditawarkan. Jika perusahaan memiliki website maka kamu hanya perlu meninggalkan alamat website atau situs di dalam koran atau majalah, papan reklame hingga brosur untuk memudahkan orang atau perusahaan mendapatkan informasi yang lebih detail tentang produk atau jasa yang sedang ditawarkan.

 

Fungsi website
IDwebhost

5. Memperkenalkan Profil Perusahaan

Sebuah perusahaan atau organisasi tentu ingin profilnya dikenal luas oleh masyarakat. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif. Pada saat suatu perusahaan berhubungan dengan perusahaan lain yang baru dikenalnya, mungkin perusahaan tersebut bakal mencari tahu lebih dalam tentang profil perusahaan yang baru memberikan penawaran tersebut. Perusahaan ini harus mengetahui profil dari perusahaan lain yang mungkin akan menjadi partner dari perusahaan tersebut.

6. Mempermudah komunikasi

Fungsi selanjutnya dari website adalah memudahkan komunikasi. Ya dengan website, Kita bisa berkomunikasi dengan mudah. Entah itu ke klien, dengan teman-teman, dengan calon konsumen dan sebagainya. Website modern itu dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang memungkinkan kita berbicara dengan pengelola website.

Nah itu dia beberapa fungsi website bagi perusahaan. Jangan ragu untuk segera membuat website di Idwebhost

 

Penulis
Member since 2 Jul 2013