Apa Perbedaan Internet dengan Intranet? Cari Tahu Pengertian dan Kelebihannya di Sini!

8 Apr 2024
Apa Perbedaan Internet dengan Intranet? Cari Tahu Pengertian dan Kelebihannya di Sini! campaign-unlimited

Kamu pasti sudah tidak asing dengan internet, kan? Tapi, bagaimana dengan intranet apakah kamu juga sudah pernah mendengarnya? Rupanya sistem jaringan personal komputer bukanlah internet saja. Ada juga sistem jaringan yang bernama intranet. Lalu, apa perbedaan internet dengan intranet?

Untuk mengetahui perbedaannya, akan lebih baik jika kamu mengenal intranet dengan lebih baik terlebih dahulu. Dalam ulasan ini kamu dapat menambah wawasan mengenai pengertian intranet, fungsi, kelebihan dan kekurangannya, serta bedanya dengan internet. Nah, tanpa berlama-lama mari simak langsung ulasannya di bawah ini, ya!

Apa Itu Intranet?

Apa Perbedaan Internet dengan Intranet?

Intranet adalah sistem jaringan informasi yang bersifat private karena mempunyai ruang lingkup atau jangkauan yang sempit. Sistem intranet biasanya dimanfaatkan untuk menciptakan ruang lingkup kerja digital oleh suatu perusahaan. Ruang lingkup kerja ini dimanfaatkan untuk menyediakan akses data yang diperlukan oleh karyawan perusahaan.

Dalam praktiknya intranet dimanfaatkan untuk menyediakan berbagai data dokumen, project, alat, beserta ruang percakapan untuk karyawan dari sebuah perusahaan. Selain lingkupnya yang kecil, intranet juga dilengkapi dengan proteksi firewall dan password.

Dengan demikian, data perusahaan jadi lebih aman dan hanya dapat diakses oleh karyawan yang mempunyai kredensial. Intranet mempunyai fungsi umum yang sama dengan internet, yaitu mendistribusikan informasi dengan menghubungkan satu komputer dan yang lainnya. Akan tetapi, sebenarnya lebih banyak perbedaan internet dengan intranet daripada persamaannya.

Baca Juga: Tipe Penyedia Layanan Cloud Hosting

Di dalam jaringan intranet ada banyak jaringan lokal atau LAN yang terhubung. Untuk mendistribusikan data, intranet menggunakan web server yang hanya dapat diakses melalui jaringan intranet lokal. Web server di intranet ini terhubung dengan koneksi HTTP, TCP/IP, dan protokol lainnya.

Meskipun sistem jaringan ini sifatnya private, intranet tetap bisa diakses dengan komputer yang terhubung dengan internet. Hal ini biasanya digunakan untuk menjangkau koneksi intranet dari jarak jauh. Untuk menjangkau intranet dari luar kamu akan memerlukan bantuan VPN.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Server?

Fungsi Intranet

Apa Perbedaan Internet dengan Intranet?

Apakah ada perbedaan internet dengan intranet dalam aspek fungsinya? Jawabannya, ada. Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat intranet yang tidak disediakan oleh internet. Adapun beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Menyediakan akses komunikasi sebuah instansi atau komunitas. Lingkup kerja yang terbatas pada sebuah instansi memungkinkan masing-masing dari karyawan atau anggota untuk berkomunikasi dengan lebih mudah.
  • Memudahkan proses pengelolaan project. Intranet dapat mendukung berbagai keperluan pengelolaan project. Contohnya seperti daftar tugas, direktori karyawan, hingga daftar hadir karyawan.
  • Memberikan akses data yang aman. Meskipun data di internet dan intranet sama-sama terenkripsi, intranet cenderung memberikan akses data yang lebih aman dengan adanya firewall dan password.
  • Memberikan fasilitas untuk kegiatan atau project yang sifatnya kolaboratif.  Dengan intranet, karyawan dapat berkomunikasi terkait berbagai project kolaboratif dengan lebih efektif dan efisien.

Kelebihan dan Kekurangan Intranet

Sebelum mengetahui perbedaan internet dengan intranet, kamu bisa mengetahui kelebihan serta kekurangan dari intranet terlebih dahulu. Sama halnya dengan sistem jaringan informasi lainnya, intranet juga mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Kelebihan Intranet

Sebagai penyedia jaringan private, intranet cukup unggul dalam memberikan personalisasi akses yang menyesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing ruang lingkup. Kelebihan intranet meliputi:

  • Memberikan tingkat keamanan yang tinggi dengan adanya dukungan firewall dan password yang khusus untuk setiap penggunanya.
  • Memberikan akses data terpadu yang dapat diakses oleh semua anggota atau karyawan dari sebuah ruang lingkup kerja.
  • Menyediakan distribusi informasi yang efektif dengan membagikan informasi yang sama ke seluruh anggota ruang lingkup intranet.
  • Memudahkan komunikasi antar pengguna sehingga proses pengelolaan project atau pekerjaan kolaboratif jadi minim miscommunication.

2. Kekurangan Intranet

Sayangnya, intranet juga tidak terlepas dari kekurangan. Berikut beberapa kekurangan dari sistem jaringan ini:

  • Kompleksitas tinggi sebab menampung berbagai fungsi dan data yang terpadu dalam satu lokasi. Hal ini berdampak pada pengembangan intranet yang sulit dan membutuhkan perhatian khusus.
  • Riskan overload jika diakses secara bersamaan oleh banyak pengguna sekaligus.
  • Semakin kompleks sistem sebuah intranet dan semakin banyak jumlah penggunanya, biaya yang diperlukan untuk pembuatan maupun pengelolaannya juga semakin tinggi.

Beda Intranet dengan Internet

Nah, akhirnya tiba di pembahasan perbedaan internet dengan intranet. Mungkin dengan sekilas penjelasan di atas, kamu bisa mengetahui perbedaan kedua sistem ini terdapat pada jangkauan jaringannya. Lebih dari itu, ada beberapa aspek yang membedakan internet dengan intranet, lho. Berikut rangkumannya:

 1. Definisi

Aspek pertama yang membedakan internet dan intranet dapat terlihat dari definisinya. Intranet didefinisikan sebagai jaringan dalam suatu lingkup tertentu yang dirancang dan dipersonalisai oleh sekelompok orang tertentu.

Baca Juga: Panduan Lengkap Tentang Internet of Things

Berbeda dengan internet. Definisi internet adalah sistem jaringan dari beberapa komputer yang saling terhubung di seluruh dunia menggunakan koneksi Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP). Tampak jelas bukan perbedaannya?

2. Aksesibilitas

Intranet memiliki aksesibilitas yang terbatas. Hanya orang tertentu yang mempunyai akses untuk menggunakan intranet. Hal ini dikarenakan cakupan intranet yang hanya dapat menjangkau sekelompok orang atau sebuah instansi saja.

Akses untuk internet lebih leluasa. Siapa saja dapat terhubung dan menggunakan internet untuk berbagai keperluan. Mengapa hal ini memungkinkan? Sebab internet tidak memiliki batasan lingkup tertentu.

3. Pengguna

Jika dilihat dari aspek pengguna, perbedaan internet dengan intranet juga terdapat di penggunanya. Intranet tidak bisa diakses oleh banyak orang. Kamu hanya dapat mengakses intranet selama kamu berada dalam jangkauan area intranet.

Berbanding terbalik dengan pengguna internet. Jaringan internet bisa diakses oleh siapa saja dan dari mana saja. Internet juga dapat menampung jauh lebih banyak pengguna dibandingkan dengan internet. Pengguna internet bahkan tersebar di berbagai penjuru dunia.

4. Keamanan

Jaringan intranet dinilai lebih aman sebab memiliki jangkauan yang lebih kecil. Dengan keterbatasan area jangkauan ini, potensi akan adanya kejahatan cyber menjadi sangat minim. Terlebih lagi, setiap pengguna bertanggung jawab langsung untuk password aksesnya.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Hosting dan Domain yang Sering Ditanyakan

Sebaliknya, jaringan internet yang sifatnya merupakan jaringan publik membuat internet jauh lebih berisiko. Hingga saat ini sebagian besar kejahatan cyber dilakukan melalui jaringan internet.

Keamanan di internet tidak bisa disamakan dengan keamanan di intranet. Jika ingin menambah tingkat proteksi di internet kamu perlu menambahkannya sendiri dengan menggunakan proxy atau proteksi lainnya.

5. Tipe Jaringan

Perbedaan yang terakhir dari kedua sistem jaringan ini juga dapat dilihat dari aspek tipe jaringan. Intranet merupakan tipe jaringan yang sifatnya private atau pribadi. Tipe jaringan ini bertujuan untuk digunakan demi kepentingan sekelompok orang atau suatu perusahaan saja.

Jika intranet merupakan tipe jaringan private, tipe jaringan internet sifatnya publik. Semua pengguna dengan akses ke perangkat dan penyedia jaringan internet dapat mengakses apapun yang tersedia di internet.

Tidak sedikit orang yang masih kesulitan untuk membedakan intranet dengan internet. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasanmu tentang perbedaan internet dengan intranet, ya. Dalam penggunaannya sehari-hari, kamu bisa menemukan contoh intranet untuk sebuah perusahaan atau sistem terpadu sekolahan.

Kamu tertarik untuk mengetahui informasi seputar teknologi dan trend terkini? Kunjungi blog IDwebhost untuk membaca berbagai artikel menarik secara gratis, ya! Jika kamu ingin mulai mengelola website kamu juga bisa berlangganan layanan hosting murah dari IDwebhost.

Setiap bulannya IDwebhost memberikan berbagai promo dan penawaran menarik, lho. Yuk cek promo terkini, sekarang sebelum kehabisan!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022