Apa Sih Pengertian Cloud Computing?
Blog Tips Keren

Apa Sih Pengertian Cloud Computing?

Istilah cloud seakarang sedang tren di berbagai belahan dunia, terutama di bidang IT. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi cloud ini? Bagaimana cara kerjanya serta apa kelebihannya dalam cloud computing? Simak penjelasan kami berikut ini!

Apa itu Cloud Computing?

Cloud Computing (komputasi awan) merupakan proses pengolahan daya komputasi (baik CPU, RAM, Network Speeds, Software Storage, dan OS) melalui jaringan internet. Jadi proses transfer data yang terjadi bukan secara fisik serta sumber daya komputasi yang dimiliki berada di lokasi user yang memakai layanannya.

Manfaat Cloud Computing

 

Manfaat Cloud Computing
IDwebhost

 

Dengan meningkatnya jumlah pemakaian komputer dan para user seluler, penyimpanan data atau data storage telah menjadi prioritas di hampir setiap bidang bisnis. Bisnis skala besar atau skala kecil saat ini berkembang pesat dengan data sebagai pusatnya. Mereka biasanya telah menghabiskan sejumlah besar uang untuk mempertahankan data yang berharga tersebut.

Itulah sebabnya mengapa sangat diperlukan dukungan IT yang kuat dengan pusat penyimpanan canggih . Tidak semua pebisnis mampu membayar biaya mahal infrastruktur IT berjenis in-house. Jadi bagi mereka, Cloud Computing menjadi solusi yang bagus karena harganya lebih terjangkau.

Mungkin juga ada pertimbangan lain dari perusahaan seperti efisiensi dalam menyimpan data, perhitungan, serta biaya pemeliharaan yang lebih sedikit (hal ini akan kami ulas di bagian penjelasan berikutnya).

Komputasi awan sebenarnya menjadi sebab menurunnya permintaan hardware dan software dari sisi user. Satu-satunya hal yang harus dapat dijalankan atau dilakukan oleh user adalah software interface dari sistem komputasi awan, yang bisa jadi sesederhana semacam browser web.

Ini pastinya dapat membantu untuk mengurangi pekerjaan user dengan adanya teknonologi jaringan Cloud yang tanggap dan otomatis dalam menyelesaikan masalah-masalah IT lainnya.

Teknologi yang Sudah Didukung Komputasi Awan

Bila Anda bukan dari pihak korporat atau pebisnis, Anda juga sebenarnya sudah memakai teknologi komputasi awan. Anda mungkin tidak menyadari, beberapa layanan cloud populer yang telah banyak dipakai seperti email tools GMail, Hotmail atau Yahoo sudah didukung teknologi ini.

Saat mengakses atau memakai layanan email, data Anda akan disimpan pada server cloud, bukan di komputer Anda. Teknologi dan infrastruktur yang berada di belakang cloud memang tidak tampak. Jadi, tidak penting lagi apakah layanan cloud dibangun dengan HTTP, XML, Ruby, PHP atau teknologi lainnya yang sejauh itu masih user friendly dan fungsional. Anda sebagai user bisa terhubung ke sistem cloud dari perangkat Anda semacam laptop, atau ponsel.

Komputasi awan juga memanfaatkan bisnis kecil secara efektif dengan sumber daya yang terbatas. Teknologi atau layanan ini bisa memberikan akses ke usaha kecil menengah. Cloud computing sekarang banyak sekali membantu usaha kecil untuk mengubah biaya pengeluaran mereka menjadi untung.

Kelebihan Cloud Computing

Sebenarnya, kelebihan utama dari teknologi ini adalah potensi penghematan biaya. Maka dari itu ada banyak sekali perusahaan kecil hingga besar menggunakan jasa cloud ini. Komputasi awan ini juga mampu memberikan kebebasan bagi penggunanya supaya dapat memakai layanan sesuai kebutuhan masing-masing dan membayar sesuai kebutuhan, jadinya lebih fleksibel. Tanpa harus menghabiskan banyak sumber daya internal, Anda dapat menjalankan operasi IT dengan baik.

Kelebihan teknologi cloud :

  • Menurunkan biaya infrastruktur IT (PC,dll) bagi penggunanya
  • Meningkatkan kinerja atau performa kerja
  • Menurunkan resiko perawatan yang rutin dan mahal karena jarang ada masalah
  • Mendapatkan pembaruan instan terhadap program yang ada
  • Meningkatkan kompatibilitas antar sistem operasi (OS) yang dipakai
  • Menyediakan cadangan atau backup dan juga pemulihannya
  • Meningkatkan skalabilitas
  • Meningkatkan kapasitas penyimpanan atau storage
  • Meningkatkan keamanan data

Baca Juga : Perbedaan Cloud Computing dan Web Hosting

Tipe-tipe Cloud

 

Tipe-tipe Cloud
IDwebhost

 

Ada empat macam atau tipe cloud yang berbeda yang dapat Anda pakai sebagai pengguna, sesuai dengan kebutuhan bisnis. Berikut ini !

  • Private Cloud

Private Cloud merupakan sumber daya cloud yang digunakan untuk satu organisasi tertentu saja (secara privat, tidak dibagi ke pengguna atau organisasi lain). Metode ini lebih banyak dipakai untuk interaksi seperti intra-bisnis, di mana sumber daya cloud dapat diatur, dimiliki, dan dioperasikan oleh organisasi satu yang sama.

  • Community Cloud

Community cloud mengacu pada penggunaan source untuk komunitas dan organisasi.

  • Public Cloud

Jenis cloud ini biasanya digunakan untuk interaksi tipe B2C (Business to Consumer). Public Cloud memakai sumber daya komputasi yang dimiliki, diatur dan dioperasikan oleh pemerintah.

  • Hybrid Cloud

Hybrid dapat digunakan untuk dua jenis interaksi – B2B (Business to Business) atau B2C (Business to Consumer). Jadi, sumber daya komputasi terikat bersama tetapi dengan cloud yang berbeda.

Struktur Cloud Computing

 

Struktur Cloud Computing
IDwebhost

 

Komputasi Awan terdiri dari dua komponen yaitu Front End dan Back End. Front End terdiri dari klien Komputasi Awan system-nya. Lalu dibagi menjadi dua yaitu interface dan aplikasi yang diperlukan untuk mengakses platform Komputasi Awan-nya.

Sementara Back End mengacu ke awan itu sendiri, yaitu yang terdiri dari sumber daya. Sumber daya itu diperlukan untuk layanan komputasi awan. Apa saja layanannya? Ada berbagai macam layanan yang disediakan teknologi komputasi awan yaitu virtual machine, server, data storage, security mechanism, dan lainnya. Jadi, semua layanan tersebut berada di bawah kendali si provider atau penyedia komputasi awan.

Komputasi Awan bisa mendistribusikan sistem file lalu disebar ke banyak hard disk maupun mesin. Datanya tidak pernah disimpan di satu tempat. Selain itu, kalau satu unit gagal bekerja atau memproses, maka yang unit lain akan mengambil alih otomatis. Inilah canggihnya teknologi Awan.

Ruang disk pengguna bisa dialokasikan ke sistem file yang terdistribusi, sementara komponen penting lainnya seperti algoritma dimanfaatan untuk alokasi sumber daya. Intinya, teknologi ini merupakan sistem distribusi yang kuat serta sangat bergantung ke algoritma yang kuat pula.

Kesimpulan

Itulah artikel dari IDwebhost sehingga Anda dapat mengetahui dasar-dasar cloud computing secara lengkap dan mudah dipahami. Artikel ini merupakan bentuk komitmen kami sebagai provider domain dan hosting murah dari Indonesia yang terpercaya. IDwebhost mempunyai misi untuk membantu Anda sukses di era digital ini. Anda bisa membaca berbagai artikel menarik lainnya dari kami. Kami sering memberikan tips trik dan tutorial bisnis serta pengembangan website. Semoga artikel ini dapat membantu anda!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.