Apa Itu XAMPP? Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

20 Jan 2024
Apa Itu XAMPP? Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya campaign-unlimited

XAMPP dapat membantu proses pengembangan aplikasi, salah satunya dengan cara mempermudah pengelolaan data. Dengan XAMPP, kamu bisa mengelola data web server tanpa memerlukan sambungan internet, alias secara offline. Jadi, sebenarnya apa itu XAMPP dan bagaimana cara kerjanya?

Saat akan melakukan pengembangan aplikasi, tentu kamu membutuhkan adanya web server untuk memastikan semua proses pengembangan selesai sebelum diluncurkan online. Kurang lebih, itulah fungsi utama dari XAMPP bila dijelaskan secara singkat.

Nah, dalam artikel ini kamu bisa mengetahui lebih banyak lagi tentang pengertian, fungsi, cara install, serta cara kerja dari XAMPP. Tanpa berlama-lama, mari simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian XAMPP

xampp

XAMPP adalah sebuah software web server yang digunakan untuk mengembangkan dan merancang situs website pada server lokal. Aplikasi ini juga sering disebut sebagai localhost XAMPP sebab fungsinya sebagai pembuat server lokal di perangkat komputer.

Aplikasi ini bersifat open source dan bisa dioperasikan pada berbagai sistem operasi, seperti Windows, Mac OS, dan Linux. Semula, XAMPP dikembangkan pada 2002 oleh Apache Friends, yakni sebuah komunitas yang mempromosikan web server Apache. Nama XAMPP sebenarnya mendeskripsikan program-program yang terdapat di dalamnya.

Apa itu XAMPP? Huruf X pada XAMPP berarti aplikasi ini bisa digunakan cross platform. Berikutnya, A mewakili Apache, yaitu aplikasi web server bawaan XAMPP. Huruf M untuk MySQL & MariaDB, aplikasi database server. Terakhir, dua huruf P adalah PHP dan Perl, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan.

Dalam aplikasi ini terdapat berbagai program yang diperlukan untuk membangun dan merancang situs website. Beberapa program yang dimaksud tersebut antara lain adalah Apache, MySQL/MariaDB, PHP, serta Perl. Memiliki program yang cukup lengkap tidak lantas membuat XAMPP berukuran besar.

XAMPP memiliki ukuran yang relatif kecil sehingga ringan untuk dioperasikan pada perangkat komputer. Umumnya pemakaian XAMPP dimaksudkan untuk melakukan uji coba fitur, mempelajari situs web, mencoba tema atau plugin WordPress, dan masih banyak lainnya.

Fungsi XAMPP

Sudah ada gambaran apa itu XAMPP, bukan? Untuk mengenalinya lebih dekat, sebaiknya kamu juga mengetahui apa saja fungsi dari XAMPP. Inilah beberapa kegunaan XAMPP di antaranya:

1. Menginstall WordPress Offline

Fungsi dari XAMPP ialah untuk menginstall serta mengoperasikan WordPress di server lokal secara offline. Seperti yang diketahui, WordPress merupakan CMS populer yang menawarkan beragam fitur. Dengan XAMPP, kamu dapat menerapkan cara mengunduh WordPress dan melakukan uji coba berbagai tema hingga plugin yang tersedia secara gratis.

XAMPP memungkinkan kamu untuk melihat review rancangan secara langsung. Mulai dari struktur konten, desain situs website, tampilan antarmuka, hingga berbagai fungsi yang berjalan pada backend. Dengan demikian, kamu bisa membuat rancangan sematang mungkin sebelum menghostingnya.

2. Mengelola Database phpMyAdmin

Bagi kamu yang ingin menggunakan XAMPP untuk mengembangkan sebuah aplikasi atau situs web, XAMPP merupakan salah satu aplikasi yang wajib kamu miliki. XAMPP juga berfungsi untuk membantu pengelolaan database pada phpMyAdmin. Kamu bisa melakukan perubahan database tanpa memerlukan koneksi internet dengan XAMPP.

3. Menjalankan Laravel dengan Perangkat

Selain untuk menginstall WordPress offline dan mengelola database phpMyAdmin, XAMPP juga memiliki kegunaan untuk menjalankan Laravel dengan perangkat. Laravel adalah framework yang paling umum digunakan oleh pengembang untuk mengembangkan sebuah aplikasi website agar lebih stabil.

Framework Laravel menggunakan konsep MVC atau Model View Controller. Jadi, MVC adalah desain perancangan website yang terdiri atas model, view, serta controller. Untuk contoh penerapannya, kamu bisa cek di sini, ya.

Cara Install XAMPP Windows

pengertian xampp

Setelah mulai paham apa itu XAMPP, untuk mulai menggunakannya kamu perlu mengetahui bagaimana cara install XAMPP terlebih dahulu. Tahukah kamu sebenarnya XAMPP download cukup mudah? Tidak percaya? Mari simak ulasan cara selengkapnya berikut ini:

  • Buka browser dan kunjungi situs resmi XAMPP di apachefriends.org.
  • Kemudian, klik tombol menu di pojok kanan dan pilih opsi Download.
  • Berikutnya kamu bisa memilih versi XAMPP Windows. Untuk versi yang tersedia di situs resmi hanya ada XAMPP 64 bit. Jika kamu memerlukan XAMPP 32 bit, kamu harus mengunduh installer nya terlebih dahulu.
  • Usai file installer XAMPP sudah terunduh, selanjutnya kamu bisa melakukan instalasi file dengan klik file unduhan dua kali dan mengikuti petunjuk instalasi Wizard yang diberikan.
  • Selanjutnya, pilihlah komponen program yang ingin kamu install bersama dengan instalasi XAMPP. Kamu bisa memilih lebih dari satu komponen. Untuk memilihnya berikan centang pada kolom yang tersedia.
  • Lalu, lanjutkan dengan memilih direktori instalasi untuk XAMPP. Misalnya direktori yang digunakan untuk XAMPP ada di drive C maka tuliskan C:\xampp pada kolom yang tersedia.
  • Tampilan jendela berikutnya akan menawarkan pilihan untuk melakukan instalasi Bitnami, yang bisa membantumu untuk menginstall WordPress, Joomla, dan lainnya. Tekan tombol Next pada tampilan ini.
  • Kemudian, kamu harus menunggu sampai proses instalasi selesai.
  • Jika XAMPP sudah berhasil diinstall, kamu akan mendapatkan pemberitahuan pada tampilan jendela berikutnya. Tekan tombol Finish untuk menyelesaikan proses install.

Cara Kerja XAMPP

Mudah bukan cara install XAMPP? Setelah paham apa itu XAMPP dan selesai menginstalnya, selanjutnya kamu bisa menggunakannya sesuai dengan keperluanmu. Untuk mengetahui cara kerjanya, mari simak penjelasan singkat tentang komponen utama serta cara menggunakan XAMPP berikut:

Komponen Utama XAMPP

Berikut adalah komponen utama XAMPP

  • Config. Komponen ini berfungsi untuk mengatur berbagai pengaturan dasar. Contohnya, kamu bisa mengatur aplikasi teks editor browser yang bisa dibuka default dengan XAMPP.
  • Htdocs. Memiliki bentuk sebuah folder, komponen satu ini digunakan sebagai lokasi penyimpanan folder dan file yang akan ditampilkan melalui browser.
  • XAMPP Contol Panel. Apa itu XAMPP Control Panel? Ini merupakan komponen yang berguna untuk mengelola komponen lain yang tersedia dalam XAMPP. Dengan Control Panel, kamu bisa mengatur konfigurasi APACHE, MySQL, Config, dan sebagainya.
  • phpMyAdmin XAMPP. Seperti namanya, komponen ini berfungsi untuk mengelola database dari browsermu. XAMPP php memungkinkan kamu untuk mengelola maupun membuat folder database baru.
  • Netstat. Komponen ini menyediakan fitur monitoring untuk memantau port XAMPP apakah sudah digunakan oleh aplikasi lain. Umumnya, jika port sudah digunakan oleh aplikasi lain, XAMPP tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Cara Menjalankan XAMPP

cara kerja xampp

Untuk mulai mengoperasikan XAMPP sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa membuka XAMPP seperti membuka aplikasi pada umumnya. Berikutnya, dalam XAMPP akan tersedia tampilan komponen yang sudah kamu pilih untuk diinstal bersamaan dengan XAMPP. Aktifkan aplikasi yang ingin digunakan dengan klik tombol Start.

Setelah aplikasi tersebut berhasil diaktifkan dan berstatus Running, kamu bisa melakukan aksi yang diperlukan. Misalnya untuk menginstall WordPress atau membuat database. Jika kamu masih belum tahu caranya, cek artikel cara membuat database di XAMPP ini, ya.

Itulah ulasan mengenai apa itu XAMPP beserta fungsi, cara install, serta gambaran singkat cara menggunakannya. Dengan XAMPP, kamu juga bisa langsung menggunakan program-program yang tersedia di dalamnya tanpa perlu mengunduhnya secara terpisah.

Semoga informasi di atas membantumu untuk mengembangkan aplikasi atau situs web dengan baik, ya. Setelah selesai merancang aplikasi buatanmu, kamu bisa menggunakan layanan hosting murah IDwebhost untuk menghostingnya. Cek juga berbagai promo menarik yang ramah untuk kantongmu di sini, ya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022