Apa itu WordPress? Fakta dan Statistik Menarik tentang WordPress di 2021!

23 Feb 2022
Apa itu WordPress? Fakta dan Statistik Menarik tentang WordPress di 2021! campaign-unlimited

Apa itu WordPress? Kali ini kita akan membahas mengenai WordPress secara lengkap.

Statistik menunjukkan bahwa terdapat sekitar 43,3% website yang telah dibangun dengan menggunakan WordPress.

Jika Anda penasaran mengenai kenapa banyak orang yang tertarik untuk menggunakan WordPress Anda dapat simak ulasan lengkapnya pada artikel ini. 

Apa itu WordPress?

apa-itu-wordpress

 

WordPress merupakan Content Management System (CMS) yang telah diluncurkan pada Mei 2003. CMS ini merupakan tools yang berfungsi untuk mengelola konten website.

Awalnya, WordPress sudah dikenal sebagai platform blogging. Tapi, semakin lama fitur WordPress semakin berkembang. Sehingga, sekarang WordPress menjadi semakin lazim digunakan untuk membangun berbagai jenis website. Mulai dari dengan website perusahaan, blog, sampai toko online.

Baca Juga: Fitur yang Harus Ada di Website Toko Online, Apa Saja? 

Berdasarkan data dari W3Techs, 43,3% website di internet pada tahun 2021 menggunakan WordPress. Jumlah tersebut telah cukup menggambarkan betapa besar popularitas platform ini.

Nah, WordPress sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Sekilas keduanya terlihat sama namun pada fitur-fiturnya ternyata sangat berbeda lho. Dua hal ini harus dipahami ketika membicarakan apa itu WordPress. 

Untuk membedakan antara keduanya, kita dapat membandingkan kelebihan serta kekurangannya sebagai berikut:

 

Kelebihan WordPress.orgKelebihan WordPress.com
Anda dapat menginstal WordPress secara gratis. Anda juga bisa untuk menginstal tema dan plugin apapun yang Anda inginkan.WordPress.com mempersiapkan paket gratis.Anda pun tidak perlu khawatir tentang hal-hal teknis. Karena WordPress telah mengatasi semuanya.
Kekurangan WordPress.orgKekurangan WordPress.com
Anda perlu untuk berlangganan hosting dan domain sendiri agar dapat menggunakannya.Anda perlu melakukan maintenance dan juga mengatasi hal-hal teknis sendiri.Anda tidak dapat menginstal tema dan plugin secara leluasa.Anda cukup perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal agar dapat menikmati fitur WordPress sepenuhnya.

 

Berdasarkan perbandingan di atas, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

  • WordPress.com tepat untuk digunakan oleh pemula yang baru yang dalam tahap belajar mengelola website. Tapi, opsi ini kurang bagus untuk jangka panjang, karena Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal agar dapat memiliki fitur dan tampilan website yang profesional.
  • WordPress.org adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin membangun website profesional. Karena Anda lebih leluasa dalam menginstal tema dan plugin apapun. Namun, pastikan Anda telah menyiapkan biaya untuk hosting beserta domainnya.

Dengan kata lain, jika Anda berencana dalam membangun blog, toko online, atau bahkan website perusahaan, Anda dapat menggunakan WordPress.org. 

Fakta dan Statistik Menarik tentang WordPress

apa-itu-wordpress

 

Buat Anda yang sudah penasaran kenapa banyak orang yang menggunakan WordPress,  berikut dapat Anda lihat mengenai faktanya di lapangan!

Statistik Penggunaan WordPress

Di luar WordPress, masih terdapat CMS lain seperti Joomla, Drupal, dan Magento. Namun, hingga sekarang ini pangsa pasar CMS masih dikuasai oleh WordPress (65,1%). 

Selain itu, Berikut adalah beberapa statistik lain terkait penggunaan WordPress:

  • Setiap bulan, terdapat  70 juta postingan yang dipublish di WordPress.
  • Ada 409 juta orang yang telah mengunjungi lebih dari 20 miliar halaman WordPress pada setiap bulannya.
  • Saat ini, WordPress telah tersedia di lebih dari 200 bahasa.
  • Mayoritas pengguna WordPress berbahasa Inggris (71%). Sedangkan pengguna berbahasa Indonesia persentasenya sekitar 2,4%. Walau begitu, bahasa Indonesia menjadi bahasa ketiga terbanyak yang digunakan pada WordPress.
  • Sejauh ini, WordPress.org telah didownload sebanyak lebih dari 20 juta kali. Jumlahnya pun terus meningkat untuk setiap detiknya.
  • WordPress juga telah digunakan oleh website brand-brand raksasa seperti Sony dan Rolling Stone.

Statistik Tema WordPress

Tema merupakan salah satu daya tarik WordPress. Karena, dengan menginstal tema yang tepat, website Anda menjadi terlihat jauh lebih menarik!

Contohnya, dengan menginstal tema toko online seperti Flatsome, website Anda akan mempunyai tampilan yang siap untuk digunakan berjualan.

Nah, lalu apa saja fakta dan statistik seputar tema WordPress? Anda dapat melihatnya secara satu per satu:

  • Kini, terdapat lebih dari 4000 tema yang tersedia pada direktori tema WordPress. Dan Anda dapat menginstalnya secara gratis!
  • Terdapat lebih dari 90 ribu website di Indonesia yang telah menggunakan tema WordPress.
  • Tema yang paling populer di Indonesia saat ini yaitu Astra (lebih dari 8900 website). Sedangkan posisi kedua diisi oleh tema default WordPress, seperti Twenty Twenty-One (lebih dari 7000 website).
  • Rata-rata harga tema WordPress premium yaitu sebesar $59 atau sekitar Rp850 ribu.
  • ThemeForest merupakan marketplace tema WordPress premium. Di sana, tema yang paling banyak terjual adalah Avada. Di tahun 2021 saja, Avada telah membukukan penjualan sebesar $114 ribu atau Rp1,6 miliar!

Statistik Plugin WordPress

Selain tema, terdapat alasan lain mengapa orang-orang tertarik dengan WordPress yaitu karena plugin, yaitu komponen yang dapat memberi fitur tambahan ke dalam suatu website.

Baca Juga: Plugin WordPress yang Bikin Website Jadi Mobile Friendly

Contohnya, Anda bisa menginstal plugin dalam membuat form, menambah fitur slider, menangkal spam, atau bahkan meningkatkan kecepatan loading website.

Lalu, hal-hal apa saja statistik terkait plugin WordPress? Berikut di antaranya:

  • Di direktori plugin WordPress, terdapat lebih dari 58 ribu plugin yang dapat Anda instal secara cuma-cuma.
  • Walaupun jumlah plugin ada banyak. Tapi sekitar ada sekitar 30 plugin yang telah diinstal lebih dari 100 ribu kali.
  • Sejauh ini, plugin yang paling banyak diinstal yaitu Classic Editor. Sudah ada lebih dari lima juta website yang telah menginstal plugin ini.
  • Sebanyak 24,23% website toko online di internet menggunakan WooCommerce, yaitu plugin ecommerce terpopuler pada WordPress.
  • Salah satu plugin terpopuler di WordPress yaitu Akismet, yang berfungsi sebagai penangkal spam. Setiap jamnya, plugin ini dapat memblokir sekitar 7,5 juta spam.

Statistik Keamanan WordPress

Setiap kali melakukan update, WordPress selalu melakukan perbaikan pada sisi keamanan. Hal ini penting. Karena sebagai CMS terpopuler, WordPress sering menjadi sasaran utama para hacker.

Baca Juga: 8 Teknologi Keamanan Website IDwebhost, Apa Saja? 

Lalu apakah ini artinya WordPress tidak aman? Tidak juga. Karena, mayoritas masalah keamanan di website WordPress masih dapat untuk dicegah. Contohnya dengan memasang plugin keamanan dan menggunakan layanan hosting yang memiliki fitur keamanan terbaik.

Berikut adalah beberapa statistik menarik yang berkaitan dengan keamanan website di WordPress:

  • Sebanyak 55,9% celah keamanan website WordPress bersumber pada plugin.
  • Terdapat 44% serangan hack di WordPress yang disebabkan karena versi WordPress yang tidak diupdate.
  • Terdapat 47% website yang terserang hack mempunyai celah keamanan yang terbuka. Sehingga sistemnya mudah untuk ditembus oleh hacker.
  • “Penyakit” yang paling umum dialami oleh website yaitu serangan spam (61,64%)
  • Salah satu penyebab utama munculnya celah keamanan di website yaitu karena penyedia hosting yang fitur keamanannya kurang handal (41%)

Layanan Hosting Terbaik untuk Pengguna WordPress

apa-itu-wordpress

Pengguna WordPress perlu dalam memilih layanan hosting yang berkualitas, kenapa?

Jawabannya mudah karena dengan memilih layanan hosting yang tepat, maka terdapat banyak manfaat pada website Anda yang bisa didapatkan. 

Anda dapat menggunakan layanan WordPress Hosting dari IDwebhost untuk mendapatkan performa website WordPress yang tangguh.

Sesuai dengan namanya, layanan hosting yang satu ini memang diciptakan khusus untuk mengakomodasi kebutuhan para pengguna WordPress.

Berikut adalah sebagian fitur yang dapat Anda nikmati saat berlangganan WordPress hosting IDwebhost:

  • Anda dapat menginstal WordPress hanya dalam satu klik!
  • Tersedia fitur WP Accelerator yang dapat meningkatkan kecepatan loading website Anda.
  • Didukung dengan fitur CPU 0.5GB-2GB, RAM 512M-2GB RAM, unlimited space, unlimited bandwidth, unlimited email, unlimited database, support GeoIP Lookup, Instant Backup dan SSL semakin membuat website Anda semakin tangguh.

Kesimpulan

Itulah tadi apa itu WordPress berikut dengan segala hal-hal yang harus Anda tahu.

Jika Anda sudah mulai tertarik untuk membangun website menggunakan WordPress, jangan ragu untuk menghubungi IDwebhost sebagai partner Anda dalam pelayanan web hosting dan domain.

Hal menyenangkan lainnya, Anda juga dapat memilih hosting terbaik dengan pilihan yang telah disediakan oleh IDwebhost dan domain lengkap beserta promo yang pastinya sangat menarik diskonnya. 

Lalu untuk Anda membutuhkan layanan jasa pembuatan website, Anda bisa menggunakan layanan dari wunik atau IDwebhost untuk memaksimalkan bisnis Anda menggunakan website.

Web hosting, ya IDwebhost!

Penulis
Member since 2 Jul 2013