Apa Itu Wix? Mari Kenali Pengertian, Kelebihan, serta Kekurangannya

27 Jan 2024
Apa Itu Wix? Mari Kenali Pengertian, Kelebihan, serta Kekurangannya campaign-unlimited

Era digital saat ini mempermudah semua akses dan keperluan, tidak terkecuali dengan pembuatan website. Jika semula membuat website membutuhkan kemampuan coding, kini kamu bisa membuatnya secara instan dengan Wix. Apa itu Wix?

Wix merupakan sebuah platform yang cocok untuk digunakan pengguna awam untuk membuat website. Dalam Wix, kamu bisa menemukan berbagai fitur yang memungkinkan kamu untuk melakukan kustomisasi website sesuai keinginanmu. Mau tahu tentang Wix lebih lengkap? Yuk, kita meluncur ke pembahasan di bawah ini!

Wix Adalah

Apa Itu Wix? Wix adalah platform berbasis cloud yang berguna untuk membantu pengguna membangun website dengan cepat dan praktis. Sejak awal kehadirannya, Wix memang menargetkan pengguna awam yang ingin membuat website tapi tidak memiliki pengetahuan untuk membuatnya.

Menyesuaikan dengan target audiensnya tersebut, Wix juga menyediakan berbagai fitur yang ramah pengguna. Misalnya seperti menghadirkan metode drag and drop untuk memudahkan modifikasi website. Semua kemudahan ini membuat Wix banyak diminati oleh pengguna awam.

Meskipun begitu, Wix tidak hanya didominasi oleh pengguna awam. Dengan fungsionalitas dan teknologi canggih yang ditawarkan, Wix kini tidak hanya menyasar pengguna awam saja melainkan juga profesional.

Lalu, seperti apa itu Wix bekerja? Wix menyediakan pilihan template website yang instan dan customizable. Alih-alih membangun website dari nol, Wix justru menyediakan pilihan template yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu bisa memilih template untuk website toko online, blog, bisnis restoran, hingga website portofolio.

Kelebihan Wix

Beralih dari pembahasan pengertian apa itu Wix, ada sejumlah kelebihan dari Wix yang perlu kamu ketahui. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Menyediakan Koleksi Template yang Lengkap

Kamu tidak perlu khawatir tidak bisa menemukan template yang sesuai dengan kebutuhanmu. Wix menyediakan lebih dari 500 pilihan template dengan desain menarik yang bisa kamu kustomisasi. Ada berbagai kategori template yang disediakan untuk memudahkanmu menemukan desain yang tepat.

Beberapa contoh kategori yang dimaksud ialah seperti kecantikan, akomodasi, kesehatan, hingga toko online. Jadi, jika kamu ingin menggunakan Wix  pastikan ketahui website apa yang ingin kamu buat. Dengan begitu, kamu bisa memilih template sesuai dengan kategorinya.

2. Mendukung Website dengan Kecepatan Tinggi

Selain menyediakan banyak pilihan template, kelebihan lainnya dari website builder satu ini terdapat pada performa website yang cepat. Kamu pasti tahu kan kalau performa website mempengaruhi pengalaman dari pengunjung? Nah, inilah mengapa tim pengembang Wix selalu melakukan update dengan rutin.

Tujuannya tidak lain agar kamu bisa menikmati Wix website dengan kecepatan yang tinggi tapi tetap stabil. Salah satu hal yang membuat performa Wix begitu baik adalah adanya fitur Content Delivery Network (CDN) yang memungkinkan kamu untuk mengoptimasi gambar di website.

Dengan fitur ini, kamu maupun pengunjung tidak perlu memuat website dengan waktu loading yang lama. Hal ini akan membuat websitemu jadi lebih disukai oleh pengunjung.

3. Menggunakan Fitur Drag and Drop yang Fleksibel

Edit website dengan mudah menggunakan fitur Wix yang fleksibel. Meskipun terdengar sederhana, fitur Drag and Drop rupanya menjadi magnet utama dari Wix. Tidak sedikit pengguna yang mengandalkan Wix karena fitur editingnya yang mudah dioperasikan.

4. Website Builder yang SEO-Friendly

Kecepatan yang tinggi, pengaturan yang fleksibel, dan fitur optimasi konten yang canggih membuat website Wix menjadi SEO-friendly. Kemudahan akses yang ditawarkan Wix membuat Wix blog milikmu bisa mudah ditemukan dari mesin pencari. Jadi, jika kamu ingin mengoptimasi website atau blog milimu, cobalah untuk menggunakan Wix.

5. Mobile-Friendly

Wix mendukung pembuatan website yang bisa diakses dengan berbagai perangkat. Website buatan Wix bisa menyesuaikan perangkat dari pengunjung yang mengaksesnya. Meskipun kamu menggunakan hp untuk mengakses, website buatan Wix tetap berfungsi secara optimal dan responsif.

Kekurangan Wix

Di samping kelebihannya tersebut, Wix tetap memiliki beberapa kekurangan. Apa saja kelemahan dari Wix? Berikut dua di antaranya:

1. Kapasitas Penyimpanan yang Terbatas

Dari ulasan pengertian apa itu Wix sebelumnya, tentu kamu sudah mengetahui bahwa Wix menyediakan beragam fitur dan fungsionalitas yang canggih. Sayangnya, kelebihan tersebut tidak didukung dengan kapasitas penyimpanan yang memadai. Padahal, storage adalah salah satu komponen penting dalam sebuah website.

Dalam menggunakan website, kamu pasti akan menyimpan berbagai jenis media seperti teks, gambar, hingga video. Tentu saja kamu memerlukan penyimpanan yang luang agar bebas mengelola konten di websitemu. Faktanya, Wix hanya menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 500 MB untuk pengguna gratisnya.

Kapasitas sebesar ini tentu akan sangat terbatas sekalipun kamu hanya menggunakan website sebagai blog pribadi. Hal terburuk yang mungkin terjadi jika penyimpananmu penuh adalah performa website yang anjlok. Performa yang menurun ini akan membuat website menjadi lambat dan sulit diakses.

2. Fitur Layanan Gratis yang Terbatas

Meskipun menyediakan versi gratis, layanan Wix ini hanya memberikan akses yang terbatas. Jika kamu menggunakan versi gratis Wix, kamu tidak bisa mengakses beberapa fitur utama Wix. Bukan hanya itu saja, kamu bahkan juga akan melihat iklan pada websitemu kalau menggunakan versi gratis.

Jadi, bagi kamu yang ingin mengoperasikan seluruh fitur Wix sebaiknya jangan menggunakan layanan gratisnya. Lalu, jika kamu juga terganggu dengan iklan-iklan yang membuat tampilan websitemu berantakan, sebaiknya beralihlah ke layanan premium saja.

Wix vs WordPress: Bagus Mana?

Sebagai website builder populer, Wix kerap dibandingkan dengan CMS WordPress. Tidak sedikit pengguna yang masih kebingungan dan bertanya-tanya: Wix atau WordPress, mana yang lebih unggul? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita menilik beberapa aspek berikut:

1. Kemudahan Kustomisasi Website

Kemampuan mendesain web adalah salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan jika kamu bingung memilih Wix atau WordPress. Seperti apa itu Wix jika dibandingkan dengan WordPress dalam kemudahan kustomisasinya?

Wix menyediakan banyak pilihan opsi kustomisasi yang sangat ramah user pemula. Kamu bisa membuat halaman utama hanya dalam beberapa jam dengan cara yang sangat mudah menggunakan Wix.

Fakta ini berbanding terbalik dengan WordPress. Untuk mengubah tema saja, kamu perlu mengaksesnya satu per satu dan tidak jarang bahkan memerlukan instalasi plugin terlebih dahulu.

2. Kemudahan Manajemen Website

Wix menyederhanakan berbagai hal kompleks dalam proses membangun website. Sayangnya kemudahan ini tidak tersedia dalam banyak opsi. WordPress lebih unggul dalam kemudahan manajemen website sebab memiliki opsi pengaturan yang lebih banyak. Adanya pilihan berbagai plugin justru membuat pengguna bisa lebih mudah mengelola websitenya.

3. Fleksibilitas Optimasi Kinerja Website

Wix dan WordPress mempunyai sumber layanan yang berbeda. Jika kamu ingin menggunakan layanan Wix maka kamu perlu membeli website builder lengkap dengan layanan hostingnya dalam satu paket. Meskipun terkesan praktis, faktanya hal ini justru membatasi upaya optimasimu.

Layanan yang satu paket dengan hosting membuat kamu tidak bisa mengubah pengaturan untuk melakukan optimasi kecepatan web. Mau tidak mau, kamu harus menyerahkan tim Wix untuk mengoptimasi websitemu.

Sedangkan jika kamu menggunakan WordPress, kamu bisa bebas memilih layanan hosting yang kamu inginkan. Dengan begitu kamu bisa lebih leluasa untuk melakukan optimasi kinerja dari websitemu.

Itulah sekiranya perkenalan tentang Wix yang perlu kamu ketahui. Jadi, apa itu Wix? Wix adalah platform berbasis cloud untuk membangun website secara instan tanpa kemampuan teknis. Kelebihan dari Wix antara lain meliputi koleksi template yang lengkap, SEO-friendly, mudah dikustomisasi, dan Mobile-friendly.

Sayangnya, Wix menyediakan layanan yang terbatas bagi pengguna versi gratisnya. Contohnya seperti kapasitas ruang penyimpanan yang terbatas, yakni 500 MB. Lalu kesimpulannya, bagus mana: Wix atau WordPress? Kamu bisa menjawabnya menurut kebutuhan websitemu.

Bahkan jika memutuskan untuk migrasi Wix ke WordPress, bisa kok! Akan tetapi, pastikan kamu memilih provider layanan hosting yang terpercaya, ya. Dengan IDwebhost, kamu bukan hanya bisa dapat layanan premium tapi juga bisa dapat berbagai bonus termasuk domain gratis! Tertarik? Pelajari selengkapnya, yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022