Apa Itu Widget Wordpress Dan Bagaimana Cara Menggunakannya
Blog Tips Keren Apa Itu Widget WordPress Dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Apa Itu Widget WordPress Dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Untuk mempercantik sebuah website, Anda bisa menggunakan widget. Termasuk untuk Anda pemilik website WordPress. Tak hanya untuk mempercantik website,  widget WordPress memiliki banyak sekali kegunaan lain. Dengan adanya widget tersebut maka Anda dapat menambahkan beragam fungsi yang istimewa di dalam website WordPress yang Anda miliki. Ada banyak sekali pilihan widget yang bisa Anda pasang di dalam web. Widget tersebut antara lain gallery, postingan populer, social media, kutipan populer, dan lain sebagainya.  Biasanya widget tersebut akan diletakkan di bagian sisi kanan atau sisi kiri tampilan website. Jika apa yang Anda butuhkan tidak ada di widget, maka jangan khawatir. Karena Anda masih bisa menggunakan tools lain, yaitu plugin. Kehadiran plugin tersebut juga bisa memberikan fungsi yang sama untuk website yang Anda miliki.

Perbedaan Widget dan Plugin

Banyak orang yang ingin mengetahui perbedaan widget dengan plugin WordPress. Plugin dapat menambahkan semua jenis fungsi dan fitur ke website WordPress Anda. Termasuk menambahkan lebih banyak widget yang dapat Anda gunakan. Tetapi, tidak semua plugin menambahkan widget. Hal itu sepenuhnya tergantung dari plugin itu sendiri.

Di sisi lain, widget adalah kumpulan blok drag and drop yang dapat digunakan untuk menambahkan konten ke sidebar website Anda. Beberapa widget disertakan dengan instalasi WordPress. Anda juga dapat menambahkan lebih banyak widget menggunakan plugin tertentu. Widget tersebut ditempatkan di area tertentu di sekitar konten yang mudah terlihat pengunjung.

Jenis-Jenis Widget

Ada banyak sekali jenis widget WordPress yang dapat Anda gunakan. Dengan memanfaatkan widget tersebut, Anda bisa membuat website yang istimewa. Umumnya, widget tersebut berisikan tentang archive, komentar terbaru, postngan terbaru, dan lain sebagainya. Anda bisa menambahkan banyak widget sekaligus untuk membuat website yang Anda miliki menjadi semakin bagus dan nyaman digunakan.

Widget juga ibarat sebuah shortcut yang memudahkan pengguna untuk menuju ke halaman tertentu yang mereka inginkan. Menariknya lagi, Anda tak hanya bisa memilih widget WordPress yang telah tersedia. Anda bisa juga membuat code HTML untuk widget tersebut dan memasangnya ke website. Berikut adalah jenis widget yang bisa anda pasang ke web Anda.

Widget WordPress

Widget Kategori Postingan

Widget WordPress yang satu ini cukup terkenal dan banyak digunakan. Pasalnya, widget jenis ini bisa menampilan postingan yang spesifik dalam bentuk daftar. Di sini, Anda bisa menampilkan postingan yang dikehendaki dalam bentuk thumbnail. Tentu saja ini akan membuat website anda dapat tampil lebih menarik. Kategori itu pun juga bisa diganti, baik itu sebagai kategori editor choice, komentar terbaru, artikel terkini, dan lain sebagainya. Dengan adanya postingan terkini tersebut, Anda bisa membuat website bagus yang benar-benar Anda inginkan selama ini.

Widget Icon Social Media

Seperti yang dijelaskan sebelumnya widget WordPress juga menyediakan icon berupa social media yang bisa Anda pilih. Di sini, Anda bisa menambahkan icon sosmed sederhana yang akan membantu Anda menautkan profil menuju social media yang dimiliki, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Hal Ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki dengan lebih luas. Seperti yang diketahui bahwa sosmed bisa memberikan Anda popularitas terbaik yang dibutuhkan.

Widget Peta Google

Widget WordPress lain yang juga bisa Anda pasang adalah yang berisikan peta Google atau Google Map. Di sini, Anda bisa lebih mudah menunjukan kredibilitias website Anda. Pasalnya, Anda memiliki web yang istimewa dengan tampilan map menunjukan lokasi di mana bisnis Anda berada. Di sini web Anda akan menjadi bagus untuk masalah SEO. Karena akan menambah fitur pencarian dengan keyword tertentu menuju website. Ini adalah sebuah kesempatan bagus bagi para pebisnis startup dan professional untuk terkenal dengaan memanfaatkan widget peta sebagai solusi meningkatkan traffic yang dimiliki.

Widget Gambar

Widget WordPress lainnya yang bisa anda pilih adalah widget gambar. Di sini, Anda bisa menambahkan gallery gambar tertentu di dalam website. Dengan memiliki widget gambar di web, maka Anda akan dapat meningkatkan tampilan website dengan lebih maksimal.  Anda bisa mengupload gambar lebih dulu dan kemudian memasukannya ke dalam widget di posisi yang diinginkan.

Widget Testimoni

Widget WordPress juga bisa anda masukan ke dalam website selanjutnya adalah widget testimoni. Pilihan widget yang satu ini juga banyak digunakan oleh toko online. Kenapa? Karena testimoni adalah informasi yang dibutuhkan untuk mengetahui kredibilitas dari sebuah website. Dengan adanya informasi tersebut maka akan banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Tapi untuk bisa menggunakan widget yang spesifik semacam ini ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan, antara lain menginstal widget terlebih dahulu, yakni widget testimony di dashboard WordPress yang Anda pakai.

Cara Memasang Widget WordPress dalam Website

Widget WordPress

Cara memasang widget WordPress sendiri sangat mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah drag and drop widget pilihan ke dalam sidebar. Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1 – Login WordPress

Untuk memasangkan widget WordPress, yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah login ke WordPress. Silakan buka namadomain-wp-admin di browser. Lantas Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password.

Langkah 2 – Masuk ke menu Appearance

Setelah berhasil masuk ke dasbor WordPress, segeralah masuk ke menu Appearance, lalu pilih Widget.

Langkah 3 – Memasang widget

Ada beberapa pilihan widget yang bisa Anda pilih, antara lain sebagai berikut:

Archives: Untuk menampilka beberapa post.

Audio: Untuk menampilkan file audio.

Calendar: Untuk menampilkan kalender di dalam website.

Categories: Untuk menampilkan kategori post.

Recent Post: Untuk menampilkan apa postingan terakhir.

Video: Untuk menambahkan video dari YouTube, dan sumber lainnya.

Dan lain sebagainya. Sedangkan cara pemasangannya, silakan drag widget yang dipilih ke sidebar. Misalnya Anda ingin menambahkan  video di website. Maka silakan drag widget video ke sidebar.

Widget WordPress

Baca Juga: Cara Menambahkan Google Maps Pada WordPress

Kesimpulan

Memilih widget WordPress yang tepat adalah hal yang penting. Sebuah website yang bagus, pastinya akan memiliki widget khususnya juga. Dengan hadirnya widget khusus tersebut maka Anda akan mampu merubah tampilan website tersebut sesuai dengan yang anda inginkan di dalamnya.

Bahkan tak hanya tersedia dalam bentuk default, widget WordPress tersebut bisa Anda membuat sendiri dalam bentuk HTML, jika Anda menginginkannya. Untuk bisa menambah referensi Anda, silahkan melihat tampilan widget yang dipasang di sejumlah situs ternama. Dari sini Anda akan mendapatkan inspirasi tentang widget apa yang Anda cari selama ini. Anda juga bisa meletakkan ads yang tentunya berfungsi penting untuk komersial website anda.

Go digital dan kembangkan diri Anda dengan berlangganan domain hosting hanya di IDwebhost. Web hosting murah Indonesia.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.