Apa Itu White Hat, Black Hat, dan Grey Hat SEO
Blog Tips Keren

Apa Itu White Hat, Black Hat, dan Grey Hat SEO

Apa itu white hat, black hat, dan grey hat SEO menjadi sebuah wawasan yang sebaiknya anda ketahui. Pasalnya, dalam ilmu SEO anda akan menerapkannya pada website atau situs yang anda miliki. Dengan cara tersebut, hal ini akan mampu memberikan kepada anda manfaat dimana nantinya website yang anda miliki tersebut akan mampu tampil di halaman utama mesin pencari dengan mudah, khususnya Google. Dengan cara tersebut, sudah pasti anda akan mendapatkan kemudahan dalam memperoleh semua yang anda butuhkan didalamnya. Inilah yang akan membuat website anda menjadi naik di peringkat pertama mesin pencari. Hal tersebut akan mampu memberikan kepada anda kemuahan.

Tapi jika berbicara mengenai teknis, ada beberapa cara yang bisa anda terapkan didalamnya, yang paling sering digunakan adalah white hat, black hat, dan grey hat SEO. Dari sini anda akan melihat bahwa ada banyak sekali pilihan teknik yang bisa anda terapkan didalamnya. Hal tersebut yang akan mampu memberikan kepada anda sesuatu yang terbaik. Apapun teknik yang anda terapkan, baik itu white hat, black hat, dan grey hat SEO, tentu saja ada beberapa hal yang sebaiknya anda ketahui didalamnya. Di sinilah anda akan mampu mendapatkan semua tujuan anda dengan mudah dalam rangka menciptakan konten yang tepat dan baik. Mari kita bahas dan kupas semuanya satu per satu di sini mengenai pengertian dari white hat, black hat, dan grey hat SEO itu sendiri.

White Hat SEO

 

Apa Itu White Hat, Black Hat, dan Grey Hat SEO
idwebhost.com

 

Pertama dalam white hat, black hat, dan grey hat SEO mari kita bahas mengenai White Hat SEO. Dalam hal ini anda akan bisa melihat bahwa White Hat SEO adalah sebuah teknik optimasi yang mana diterapkan dalam koridor yang sudah semestinya. Banyak yang juga mengatakan bahwa White Hat SEO adalah sebuah teknik optimasi yang memerlukan kesabaran. Sebagaimana yang diketahui bahwa aturan optimasi yang diterapkan oleh Google itu sendiri sangatlah ketat. Jadi ada beberapa hal yang sebaiknya anda terapkan didalamnya. Dengan memahami apa saja yang perlu anda pahami tersebut, sudah pasti anda pun akan mampu mendapatkan yang dibutuhkan didalanya.

Ada banyak hal dalam white hat, black hat, dan grey hat SEO yang perlu anda ketahui, namun pada penerapannya di White Hat SEO, anda akan bisa melihat bahwa banyak sekali yang harus diterapkan didalamnya. Jadi tak heran jika sebagian pakar optimasi menganggap bahwa ini adalah sebuah hal yang sangat susah dilakukan. Ini juga memerlukan kesabaran ekstra dalam menerapkannya. Selain itu, cara White Hat juga membuat psikologis dari orang yang mengoptimasinya menjadi lebih diliputi oleh rasa ketidakpastian. Tentu saja ini akan membuat segalanya menjadi kurang maksimal bagi anda.

Grey Hat SEO

Lalu, yang kedua dalam white hat, black hat, dan grey hat SEO adalah Grey Hat SEO. Sebagaimana diketahui bahwa pilihan SEO yang satu ini akan memberikan kemudahan kepada anda melakukan optimasi pula, tapi dalam nuansa ang lainnya pasti. Dari sini anda akan melihat bahwa ada banyak yang sebaiknya anda terapkan didalamnya. Hal ini juga berlaku bagaimana anda membangun domain yang anda inginkan itu sendiri. Dengan adanya Grey Hat SEO tersebut, sudah pasti anda akan bisa menerapkan sebuah SEO yang lebih cepat dibandingkan dengan White Hat.

 

Apa Itu White Hat, Black Hat, dan Grey Hat SEO
idwebhost.com

 

Hal ini juga bisa anda peroleh dengan membangun link yang transaksional biasanya dilakukan dengan menggunakan social signals dan lain sebagainya. Namun, anda juga harus hati-hati untuk tidak melakukannya secara masif. Kenapa? Karena jika anda melakukannya secara masif maka ini akan berimbas pada pencarian yang anda lakukan tersebut menjadi kurang maksimal. Hal inilah yang nantinya juga akan merusak ekosistem dari mesin pencari itu sendiri. Jadi jika anda ingin menerapkan langkah ini sebaiknya anda tahu bahwa ada beberapa hal yang sebaiknya anda lakukan didalamnya.

Black Hat SEO

Black Hat SEO adalah penerapan dari teknik white hat, black hat, dan grey hat SEO yang paling tidak bermutu dalam membangun optimasi sebuah website itu sendiri. Dari sini anda akan membangun teknik-teknik gelap. Sebagaimana namanya, anda akan melihat bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan didalamnya, mulai dari melakukan link farm, link building, cloacking spamming, dan lain sebagainya. Semua itu juga berkaitan erat dengan yang namanya keyword stuffing sehingga pada endingnya akan berimbas pada hasil yang pasti dan jelas kurang optimal didalamnya itu sendiri. Inilah yang akan membuat keyword stuffing menjadi sebuah teknik yang tidak dianjurkan. Pasalnya memang ada banyak sekali yang perlu anda pertimbangkan didalamnya. Dari sini website yang dikembangkan optimasinya secara masif tapi abnormal akan mampu memberikan dampak signifikan.

Memang secara kasat mata dari tiga teknik white hat, black hat, dan grey hat SEO di atas, memang Black Hat SEO akan bisa memberikan hasil yang sangat cepat dan membuat halaman anda menerima jutaan index page dengan mudahnya. Bahkan anda juga bisa meraih jutaan backlinks dan juga ribuan pengunjung secara cepat.

Tapi perlu diingat pula bahwa sesuatu yang datang secepat itu, tentu hilangnya pun juga akan cepat pula. Jadi tidak disarankan untuk menggunakan teknik yang satu ini karena ada beberapa faktor yang juga perlu anda pertimbangkan didalamnya. Jangan sampai karena tergesa-gesa anda sendiri yang nantinya akan merugi didalamnya. Sudah pasti ini juga dikarenakan White Hat memiliki risiko yang lumayan besar.

Mana Yang Terbaik Dari White Hat, Black Hat, dan Grey Hat SEO?

 

Apa Itu White Hat, Black Hat, dan Grey Hat SEO
idwebhost.com

 

Apabila ditanya mengenai white hat, black hat, dan grey hat SEO mana yang terbaik dari ketiga semuanya itu, tentu saja ada beberapa pertimbangkan yang sebaiknya anda pahami didalamnya. Hal ini jelas pastinya akan mampu memberikan dampak signifikan itu sendiri. Semuanya juga akan mampu mendatangkan kepada anda lebih banyak lagi manfaat signifikan yang anda butuhkan tersebut. Dari sini anda akan bisa melihat bahwa ada banyak sekali hasil dan hal yang perlu anda cermati didalamnya itu sendiri.

Baca Juga: Cara Meningkatkan SEO Website Anda Saat Libur

Sebuah teknik optimasi white hat, black hat, dan grey hat SEO akan mampu memberikan hasil yang baik dengan buah dari kesabaran dan juga membangun konten yang berkualitas. Dengan cara dan penerapan tersebut maka anda tidak akan lagi melihat white hat, black hat, dan grey hat SEO sebagai sesuatu yang sebaiknya anda pilih mana yang harus diterapkan. Tapi anda akan lebih berfokus pada bagaimana caranya agar nantinya anda bisa menerapkan hasil yang terbaik didalamnya. Anda akan bisa menemukan bahwa memang banyak penerapan yang perlu anda capai itu sendiri didalamnya. Seiring dengan menjalankan optimasi ini, sangat disarankan menghindari black hat, kalaupun tetap melakukannya, anda harus tahu sendiri dengan konsekuensinya pasti.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.