Apa Itu Web Builder? Bikin Website Tanpa Coding
Blog Tutorial Apa Itu Web Builder? Bikin Website Tanpa Coding

Apa Itu Web Builder? Bikin Website Tanpa Coding

Perkembangan teknologi yang makin cepat membuat manusia harus beradaptasi. Termasuk buat kamu yang sedang merintis bisnis online. Untuk mendapatkan penjualan yang lebih banyak, promosi di dunia nyata kini tak lagi cukup. 

Ini adalah saat yang tepat untuk melakukan promosi menggunakan media internet. Ada banyak sekali medium promosi di internet yang bisa kamu manfaatkan. Ada media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. 

Selain media sosial, salah satu tools yang cukup berguna yang tak boleh kamu lupakan adalah website. Dan ya, untuk membuat website, sekarang juga makin mudah. 

Jika dulu yang muncul di pikiran ketika muncul istilah website adalah semacam keribetan yang ada di sana. Bukan tanpa alasan tentu saja, mengapa banyak orang menganggap membuat website adalah hal yang sulit. 

Untuk membuat website, ada banyak hal yang harus dilakukan. Mulai dari bagaimana caranya memilih hosting yang tepat, sampai dengan mempercantik tampilan halaman website. 

Dan sekarang, berkat adanya web builder, membuat website kini bisa lebih mudah dan cepat. Untuk itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Sahabat IDwebhost tentang apa itu web builder? Dengan web builder, kamu bisa bikin website tanpa coding.

Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Web Builder? 

 

Lantas, pertanyaannya kemudian adalah apa itu web builder? 

Secara umum, web builder adalah alat atau tools yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan sebuah website. Web builder tidak mengharuskan penggunanya untuk memiliki keahlian seperti coding, web development, dan lain sebagainya. 

Baca Juga : Kumpulan Template Blogger Responsive dan Gratis

Ini artinya, orang yang sangat awam sekalipun, bisa saja membangun websitenya tanpa harus paham dengan yang namanya dunia teknologi dan informasi. Tetapi, membuat website menggunakan site builder juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. 

Memang, tetap dibutuhkan pengalaman dan keterampilan untuk menggunakan web builder. Web builder sendiri ada sangat banyak jenisnya di pasaran. Cukup menuliskan kata kunci ‚Äúweb builder‚ÄĚGoogle.¬†

Dan kamu akan mendapatkan banyak sekali pilihan web builder yang bisa dipilih. Makin banyaknya pilihan, selain menguntungkan, tak jarang juga membingungkan. 

Perbedaan Web Builder Gratisan dan Premium 

Tentu ada banyak perbedaan antara web builder gratisan dan premium. Website builder gratisan, tentu saja memiliki banyak keterbatasan dibanding builder premium. Perbedaan fitur tersebut sudah sangat mewakili perbedaan builder premium dengan yang gratisan. 

Sobat Unlimited, berikut adalah daftar website builder terbaik yang bisa kamu pilih: 

1. Adobe Dreamweaver 

Web builder terbaik yang bisa kamu coba pertama kali adalah Adobe Dreamweaver. Software yang satu ini dapat digunakan untuk menjawab segala kebutuhan. Mulai dari coding, editing, bahkan sampai dengan maintenance. 

Jika kamu tak paham banyak hal tentang coding, kamu tak perlu khawatir. Software besutan Adobe menyediakan template yang siap untuk digunakan. Pengguna tinggal menyesuaikan warna, layout, atau desain dan bisa melihatnya langsung berkat adanya fitur live preview. 

2. Webs 

Selanjutnya adalah Webs. Webs memiliki fitur pembuatan website yang tidak jauh berbeda dengan Dreamweaver. Platform ini datang dengan dua versi. Yaitu yang gratis dan berbayar. 

Kamu bisa menggunakan layanan ini secara gratis dengan fitur yang terbatas. Jika ingin mendapatkan fitur yang lebih banyak, maka kamu harus berlangganan paket yang lebih tinggi. 

Nantinya, website yang yang menggunakan Webs akan menggunakan akhiran web.com. Tetapi tenang saja, Webs juga menawarkan pilihan untuk custom domain. 

3. WordPress

 

Web builder terbaik selanjutnya adalah WordPress. Hari ini, siapa yang tak kenal dengan WordPress. Pasti sudah banyak yang mengenal WordPress. Sebagai platform pembuatan website, bisa dibilang, WordPress memiliki pengguna terbanyak di dunia saat ini. 

Bukan tanpa alasan kalau kemudian WordPress demikian populer. WordPress adalah sebuah sistem open source, sehingga membuatnya bisa dikustomisasi sesuai keinginan. 

Selain itu, WordPress juga menyediakan domain gratis. Jadi, kamu tak perlu membayar lagi untuk memiliki website WordPress. Dengan ratusan plugin yang tersedia, inilah mengapa WordPress jadi sangat populer. 

4. Wix 

Selain WordPress, Wix adalah site builder yang sedang naik daun beberapa tahun terakhir. Selain gencarnya iklan di berbagai platform, Wix memiliki popularitas yang tinggi, berkat kemudahan penggunaannya. 

Untuk membuat tampilan di website, juga cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan drag and drop sesuai dengan keinginan. Untuk bisa memiliki website gratis dengan Wix, ada fitur gratis domain yang bisa digunakan. 

Sedikit banyak, Wix memiliki kemiripan dengan WordPress. Hanya saja, fitur yang dimiliki tak selengkap WordPress. 

5. Blogger 

Pada masa jayanya dulu, Blogger adalah salah satu web builder yang sangat populer. Dapat dikatakan, platform besutan Google ini adalah salah satu yang memperkenalkan pada banyak orang, bahwa membuat website tidak harus bisa coding. 

Di Blogger, kamu bisa memilih tema dan menambahkan media lainnya untuk mempercantik website. Selain itu, kamu bisa membuat postingan website di sana. Bahkan sampai saat ini, Blogger masih menjadi platform yang selalu dibandingkan dengan WordPress. 

6. Weebly 

Aplikasi bernama Weebly, menawarkan cara membuat website dengan sederhana. Apapun jenis website yang kamu inginkan, semua bisa dibuat di Weebly. Dan bukan hanya itu, terdapat fitur template yang bikin websitemu mendapatkan tema yang ada di dalamnya. 

Dan sama seperti banyak site builder populer lainnya, kamu bisa membuat website dengan mudah dan cepat. Tinggal drag and drop saja. 

7. Squarespace 

 

Jika kamu sedang mencari website builder dengan tampilan yang elegan, salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu pilih adalah Squarespace. Ada cukup banyak template dan tema yang akan membuat tampilan websitemu jadi makin cantik. 

Kamu bisa membuat tampilan website dengan tampilan antarmuka yang mengagumkan. Ya, Squarespace memang dirancang khusus untuk pengguna yang cenderung memberikan perhatian lebih pada tampilan visual. 

Dari sisi user experience, Squarespace memiliki tampilan yang cukup unik dan responsif ketika digunakan. 

Baca Juga: Pengertian Phishing dan Cara Mengatasinya

Ada cukup banyak fitur yang dapat memudahkan penggunanya saat membuat website. Mulai dari kustomisasi template sampai dengan optimasi SEO. Yang lebih keren lagi, Squarespace juga bisa digunakan untuk membuat toko online sederhana, karena sudah tersedia plugin ecommerce.

Penutup 

Membuat website kini bukan lagi hal yang sulit. Salah satunya berkat kehadiran web builder yang memudahkan pembuatan website. Pembuatan website memang sangat menarik untuk dikulik. 

Kalau kamu masih bingung web builder apa yang ingin digunakan, berkonsultasi dengan tim support penyedia hosting pilihanmu. 

Mau punya website andal, cepat, dan aman, jangan lupa berlangganan hosting murah terbaik IDwebhost. Udah murah, banyak promo juga yang menantimu, lho! 

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis