Apa Itu Virtual Private Server dan Apa Pula Kegunaannya?
Blog Tips Keren

Apa Itu Virtual Private Server dan Apa Pula Kegunaannya?

Virtual Private Server adalah kepanjangan dari VPS. Istilah ini pastinya asing di telinga orang awam. Tapi bagi mereka yang sudah sering terjun di dunia hosting dan web pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Virtual Private Server ini. Sesuai dengan namanya, VPS adalah sebuah server fisik yang terbagi menjadi beberapa bagian virtual server. Masing-masing dari server tersebut nantinya bisa diinstall OS sendiri. Jadi bisa dikatakan bahwa VPS menyerupai shared hosting, namun resource yang dimiliki cukup besar. Virtual Private Server juga memiliki kemampuan virtualisasi yang memungkinkan pengguna menambah OS dan software yang diinginkan sesuai kebutuhan.

Virtual Private Server yang bagus juga memiliki spesifikasi yang mumpuni, antara lain RAM, IP Public, CPU dan lain sebagainya yang bias anda custom sendiri sesuai kebutuhan. Dengan kata lain vps ini memiliki alamat IP sendiri, port number, tables dan lain sebagainya. Uniknya, anda juga bisa memodifikasi vps ini sesuai kebutuhan dengan adanya fitur add, modify file, delete dan lain sebagainyaa. Anda juga bisa melakukan konfigurasi yang lebih dalam pada tipe file root. Pertanyaanya adalah kenapa anda membutuhkan Virtual Private Server ini?

Membuat Performa Website Menjadi Lebih Prima

Virtual Private Server
idwebhost

Virtual Private Server akan membuat performa website yang anda miliki menjadi lebih prima. Pastinya hal ini akan berpengaruh pada web anda yang bisa lebih ramai dari sebelumnya. Website yang ramai dan banyak pengunjung tentunya menjadi idaman semua orang. Ini juga akan menjadi solusi jika layanan shared hostingiyang anda gunakan masih belum memenuhi kebutuhan situs yang anda miliki. Jika ini terjadi, maka solusi yang bisa anda lakukan adalah menggunakan layanan hosting dengan resource yang lebih besar. VPS murah adalah solusi yang paling fleksibel, daripada menggunakan dedicated hosting yang biayanya lebih besar.

Memudahkan Pengguna Menginstall Software Tambahan

Virtual Private Server juga bisa membantu pengguna untuk menginstall software tambahan di website atau aplikasi yang dimiliki. Jika anda adalah pengguna shared hosting, pastinya anda melihat tidak semua software mendukung layanan tersebut. Jika sudah demikian, VPS bisa menjadi solusi terbaik yang akan membuat anda menemukan kemudahan menginstall berbagai software tanpa kesulitan. Hal ini nantinya bisa berpengaruh pada performa yang dimiliki oleh website anda. Pasalnya, sejumlah software tambahan memang perlu untuk diinstall di web atau aplikasi yang anda miliki.

Virtual Private Server Menyediakan Custom Resource Yang Lebih Fleksibel

Virtual Private Server
idwebhost

Banyak sekali web-web yang down karena tidak menggunakan VPS. Hal ini biasanya terjadi pada saat pengunjung web tiba-tiba terlalu banyak. Limited resource adalah penyebab utama dari timbulnya website down tersebut. Terlalu banyak interaksi yang terjadi dalam server web membuatnya semakin terbebani. Hasilnya, website akan langsung error dalam sekejap. Jika masalah tidak segera dibenahi, maka hal ini akan berimbas atau berpengaruh pada traffic web anda yang menurun. Solusi terbaik untuk mengatasi hal ini adalah menggunakan Virtual Private Server DevOps. Dengan menggunakan fitur ini, maka anda akan lebih mudah untuk mengubah sejumlah resource yang tersedia seperti RAM, CPU dan lain sebagainya.

Bagaimana cara sistem ini bekerja? Misalnya, pengunjung website anda tiba-tiba banyak. Otomatis RAM yang dibutuhkan pun juga harus lebih besar. Disinilah anda bisa langsung mengubah kapasitas RAM yang dimiliki menggunakan Virtual Private Server tersebut. Tentu hal ini lebih praktis dan mudah dibandingkan jika anda harus melakukan proses upgrade terlebih dahulu dengan bantuan Customer Service, atau bahkan ticket yang mengharuskan anda untuk antri agar segera dilayani. VPS akan membantu anda melakukan setting terhadap resource yang tersedia secara otomatis. Konsekuensinya, DPS atau Deposit Point System anda pun juga akan dipotong secara otomatis per harinya. Pemotongan ini disesuaikan dengan pemakaian resource yang anda lakukan pada saat itu. Praktis banget, bukan?

Manfaat Yang Bisa Anda Rasakan Dari Virtual Private Server

Virtual Private Server
idwebhost

Virtual Private Server memberikan banyak manfaat yang akan bisa anda rasakan secara langsung. Pertama, anda akan bisa memilih sendiri spesifikasi vps apa yang anda inginkan. Mulai dari processor yang digunakan, Hard Disk yang tersedia, dan juga memory RAM yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Kedua, VPS juga menjamin anda dengan pengaturan yang fleksibel dan bisa anda ubah kapan saja. Anda bisa melakukan pengaturan terhadap filesystem, pemrosesan, script, users, dan lain sebagainya. Terlebih lagi, VPS juga memberikan kemudahan pengguna untuk mengkonfigurasi file sistem lebih cepat.

Perawatan Otomatis

Ketiga, Virtual Private Server juga bisa melakukan maintenance secara otomatis. Artinya, pengguna tidak perlu lagi merawat server yang satu ini. Hal ini dikarenakan perusahaan penyedia VPS tersebut akan melakukan perawatan terhadapnya secara berkala. Bahkan untuk upgrade OS dan RAM yang bisa anda lakukan kapan saja. Keempat, VPS diibaratkan sebagai server yang bekerja secara terpisah. Mereka memiliki system libraries yang bisa anda atur ssendiri sesuai kebutuhan. Jika anda memiliki sejumlah file didalam root, anda bisa melakukan add, modify, delete, dan lain sebagainya kapan saja anda mau.

Baca Juga: Kapan Sebaiknya Anda Upgrade Ke Dedicated Hosting?

Jika dilihat dari segi fungsi, Virtual Private Server memang memiliki peran yang cukup krusial untuk memudahkan anda dalam menjalankan sebuah website. Tak hanya itu saja, anda pun juga akan bisa menjalankan proses website dengan lebih mudah tanpa khawatir web mengalami error atau bug. Pasalnya, anda bisa melakukan perubahan terhadap spesifikasi yang diinginkan kapan saja anda mau. Hal ini akan menjaga situs anda tetap stabil traffic-nya.

Jadi bisa dikatakan bahwa Virtual Private Server menjadi solusi yang terbaik untuk anda yang ingin membangun website unggulan dengan biaya dan effort yang minimal. Hal ini tentu berbeda jika anda menggunakan Dedicated Server yang harus mengerahkan waktu yang lebih lama serta teknik manajemen yang lebih sulit. VPS menjamin anda dengan solusi instan saat membangun sebuah website terbaik. Kapanpun anda ingin menggunakannya, anda haanya tinggal memanfaatkan sistem PTS atau deposit point system yang sudah tersedia. Penggunaan secara bijak akan memudahkan anda mengatur website untuk bisa dibangung lebih baik lagi.

Kesimpulannya

Di era modern ini, anda harus bisa membangun sebuah website dengan lebih cepat. Proses yang lama dan memakan waktu secara tidak langsung bisa berpengaruh signifikan terhadap traffic. Dengan adanya Virtual Private Server, anda akan bisa menemukan solusi terbaik yang anda butuhkan. Hal ini jelas akan membantu anda untuk menciptakan sebuah server yang memiliki spesifikasi anda tentukan sendiri. Selain itu, dari segi biaya juga akan lebih hemat yang nantinya akan dikeluarkan. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat maksimal dan fitur yang anda kehendaki. Virtual Private Server juga akan tetap menjaga stabilitas server yang anda miliki. Resource besar dan fitur handal menjadi andalan yang bisa anda maksimalkan di layanan yang satu ini.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.