Apa itu Viral Marketing dan Apa Manfaatnya?
Blog Tips Keren Apa itu Viral Marketing dan Apa Manfaatnya?

Apa itu Viral Marketing dan Apa Manfaatnya?

Belakangan ini, hampir setiap hari kita bisa dengan mudah mendapati berbagai hal-hal viral. Mulai dari video ibu-ibu yang marah-marah ke kurir pengiriman barang, hingga berita keguguran seorang influencer, namun ujung-ujungnya jualan, iklan. Kamu bisa mencarinya dengan mudah di internet. Konten viral, seperti namanya sangat identik dengan kecepatan. Ia menyebar sangat cepat. Pertanyaannya adalah, apa sebenarnya yang dimaksud dengan viral itu sendiri? Apa penyebab sebuah hal menjadi viral? Apakah karena konten  tersebut memang bagus? Atau sekadar diamplifikasi saja? 

Karena itulah, kini viral marketing banyak dilirik oleh para pelaku bisnis. Tak hanya online, namun juga di dunia offline. Ya, hal ini tidak bisa dilepaskan dari tingginya pengaruh strategi pemasaran yang satu ini. 

Banyak pengaruh yang bisa didapatkan dari viral marketing. Seperti peningkatan brand awareness, hingga konversi penjualan. Apalagi juga melihat perkembangan teknologi terkini, maka dunia marketing menjadi sektor yang paling merasakan manfaat dari perkembangan teknologi. 

Media sosial saat ini telah menjadi salah satu alat marketing yang paling ampuh untuk digunakan. Alasannya, apalagi kalau bukan penggunanya yang sangat banyak. Dari berbagai kelas ekonomi, sosial, dan sekat-sekat sosial lainnya. Jangkauannya, bisa jadi akan sangat luas. 

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan kamu, Sahabat IDwebhost tentang apa itu viral marketing dan manfaatnya untuk bisnismu. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa itu Viral Marketing? 

Viral marketing adalah sebuah proses marketing yang bertujuan mempromosikan atau menyampaikan pesan mengenai sebuah produk. Caranya adalah dengan memberikan dorongan kepada penerima pesan agar mau meneruskan pesan tersebut kepada orang lain. Atau secara singkat, viral marketing adalah proses pemasaran melalui pesan atau informasi secara terus menerus. Seperti meme yang banyak beredar di Twitter dan Instagram, atau video YouTube. Meme dan video tersebut bisa viral karena memiliki jumlah share yang masif. 

Baca Juga: Biar Makin Jago, Memahami Technical SEO Untuk Pemula

Viral sendiri merujuk pada virus yang dapat menyebar dengan sangat cepat. Sehingga dapat diartikan cara kerja teknik marketing yang satu ini akan seperti virus. Sekali muncul, akan menyebar luas dan cepat. Viral juga dapat diartikan sebagai strategi marketing dari mulut ke mulut. Internet marketing sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tergantung pada kreativitas si marketer itu sendiri. 

Namun, sebuah hal viral bisa menjadi pedang bermata dua. Yang harus diingat adalah dalam jenis kampanye yang satu ini, apapun yang kamu keluarkan bisa saja membuat target market salah menangkap maksudmu, sehingga ada potensi untuk diparodikan. Di sisi lain, viral marketing yang berhasil akan membuat produkmu dikenal orang dan semakin besar peluangnya untuk laris. 

Bagaimana Cara Kerja Viral Marketing? 

Secara teori, viral marketing cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu membuat konten, apapun itu, yang sekiranya dapat menarik audiens yang ditargetkan. Kemudian mempostingnya di internet, dan mempromosikannya. Jika konten yang kamu buat dapat menarik perhatian audiens dan mereka membagikannya dengan sangat cepat, berarti apa yang kamu buat berhasil. 

Hanya saja dalam beberapa kasus, ada juga konten yang tidak sengaja viral. Misalnya ada sebuah video yang menurut penggunggahnya biasa saja, lantas karena dianggap mewakili banyak orang video tersebut banyak dibagikan orang-orang dan seketika menjadi viral. 

Strategi Menciptakan Viral Marketing

Pesan pemasaran yang dilakukan dalam viral marketing ,biasanya akan dilakukan oleh seseorang dan diharapkan dapat memancing reaksi dari orang lain, baik secara sukarela ataupun tidak. Kemudian, akan semakin banyak orang yang akan melihat pesan tersebut. 

Lalu lebih banyak lagi yang akan melihatnya ketika disebarkan terus tanpa henti. Dengan pengulangan yang terjadi, maka jadilah pesan pemasaran tersebut viral dan diketahui banyak orang. 

Salah satu contoh viral marketing terbaik yang pernah ada adalah ice bucket challenge. Apakah kamu pernah mengikutinya? 

Awalnya, ice bucket challenge ditujukan untuk meningkatkan awareness bagi para penyandang ALS {amyotrophic lateral sclerosis). Dan juga ditujukan untuk mengumpulkan donasi. 

Kampanye yang awalnya hanya dilakukan oleh orang-orang biasa ini menjadi viral setelah banyaknya pesohor tingkat dunia yang berpartisipasi. Salah satunya adalah penyandang gelar orang terkaya di dunia dan founder microsoft, Bill Gates. 

Bahkan saking viralnya, hanya dalam waktu 8 pekan saja, kampanye ini berhasil menghimpun dana donasi sampai 115 juta dollar. 

Baca Juga: Memahami Growth Hacking Strategy Untuk Pengembangan Bisnis

Menjadi viral memang tidak mudah. Apalagi jika konten yang kamu tawarkan tidak memiliki selling point yang unik. Berikut ini adalah strategi yang bisa kamu terapkan untuk menciptakan konten marketing yang bisa viral. 

1. Pilih Platform yang Tepat

Pemilihan platform dan audiens sangat menentukan kesuksesan strategi viral marketing. Untuk menciptakan konten yang menarik perhatian lebih banyak orang, pastikan bahwa konten yang kamu buat akan diterima oleh audiens yang tepat. Nantinya, audiens inilah yang akan menyebarkan informasi yang mereka dapatkan, pada jangkauan yang lebih luas lagi. 

2. Ciptakan Konten yang Tepat

Tak hanya target audiens dan platform yang tepat, pemilihan konten juga dapat mempengaruhi kesuksesan viral marketing yang kamu rencanakan. Tentu saja, konten yang tepat sangat tergantung pada platform  yang kamu gunakan. Belakangan ini, konten dalam bentuk video lebih mudah viral. Karena konten video dianggap lebih menarik, engaging, dan lebih mudah dipahami banyak orang. 

3. Manfaatkan Sisi Emosional Audiens

Yang dimaksud dengan sisi emosional di sini, bisa berarti emosi positif sampai yang negatif. Emosi yang kuat akan membuat kontenmu lebih mudah untuk viral. Audiens akan lebih mudah bereaksi pada hal-hal yang dianggap mewakili diri mereka. 

Manfaat Viral Marketing

Untuk bisnis, viral marketing memiliki beberapa manfaat. Berikut ini adalah manfaat dari viral marketing: 

  • Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari viral marketing adalah mendapatkan awareness yang lebih besar dari audiens. Semakin besar perhatian yang didapatkan, peluang untuk konversi menjadi lebih besar. 
  • Ketika kamu menjual sebuah barang atau layanan jasa ketika barang tersebut sedang viral ,akan lebih mudah bagimu untuk menjual produk tersebut. Orang akan tertarik untuk mendapatkan pengalaman menggunakan produk yang sedang viral. 
  • Untuk menciptakan konten yang viral, salah satunya diperlukan kreativitas yang tinggi. Untuk itulah, dengan membuat konten yang viral, seseorang dituntut untuk senantiasa kreatif memikirkan strategi agar konten yang dibuat dapat menarik perhatian orang. 

Penutup

Itulah tadi apa itu viral marketing. Dengan jumlah pengguna media sosial yang sangat banyak hari ini,memiliki konten yang viral dapat berkontribusi untuk mendongkrak pemasaran bisnismu. Namun jangan hanya berhenti pada kata viral. Usahakan kontenmu untuk tetap diingat orang. 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting ya IDwebhost.

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis