Apa Itu Tags? Cari Tahu Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya pada WordPress

20 Okt 2023
Apa Itu Tags? Cari Tahu Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya pada WordPress campaign-unlimited

WordPress merupakan salah satu sistem manajemen konten (CMS) terpopuler yang biasa digunakan untuk membuat dan mengelola website. Akan tetapi, pengguna awam pastinya masih asing dengan dengan sejumlah istilah tools dan fitur di dalamnya. Salah satunya adalah tags. Apa itu tags?

Pada dasarnya, tags adalah sebuah fitur yang digunakan untuk memaksimalkan pembuatan konten. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Bagaimana tags membantu pembuatan konten yang SEO-friendly? Nah, untuk menjawabnya kamu harus menyimak artikel ini karena kita akan mempelajari tags pada WordPress secara mendalam. Yuk langsung ke pembahasan!

Apa Itu Tags pada WordPress?

apa itu tags

Bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakan WordPress, pasti masih asing dengan fitur tag. Sekilas, fitur tag mirip dengan fitur kategori pada WordPress. Namun, keduanya memiliki perbedaan. Jadi, apa itu tags? Tags adalah salah satu fitur yang disediakan pada CMS WordPress.

Fitur ini digunakan untuk mengelompokkan dan mengatur suatu postingan atau konten berdasarkan suatu kesamaan. Tags biasanya terletak di bawah post atau pada sidebar. Ketika pengunjung mengklik tag tertentu, WordPress akan mengarahkan ke halaman tag yang berisikan post dan custom post type dengan tag yang sama.

Penggunaan tags berdampak langsung terhadap Search Engine Optimization (SEO) dan pengalaman pengguna (user experience). Hal ini dikarenakan tags dapat meningkatkan peringkat blog atau website di Search Engine Result Pages (SERP). Tags bisa membantu postingan atau konten menjadi lebih mudah diindeks oleh Google.

Pada WordPress, fitur tags dan kategori terlihat sama, padahal sebenarnya tidak sepenuhnya demikian. Apa perbedaan dari fitur tag dan kategori? Kedua fitur tersebut memiliki tujuan yang sama, yakni membantu proses pengelompokan postingan blog di WordPress. Namun, tag bersifat opsional sementara kategori bersifat wajib.

Perbedaan lainnya adalah topik pada tag biasanya bersifat spesifik dari konten yang dibuat. Sementara kategori memiliki cakupan topik yang luas atau umum.

Apa Fungsi Tags pada WordPress?

Seperti apa itu tags berfungsi pada pemakaian WordPress? Fungsi tags yang  cukup umum diketahui adalah membantu optimisasi SEO. Tags tidak hanya mengelompokan postingan saja, namun jugadapat membantu sebuah postingan agar lebih mudah terindeks oleh Google.

Hal ini dikarenakan, tags membantu pengunjung website atau blog  untuk mencari topik yang disukai secara lebih cepat. Dengan penggunaan tags, website atau blog akan terlihat semakin user-friendly. Hal ini juga menambah penilaian SEO website atau blog kamu.

Namun, ada hal lain yang perlu diperhatikan dalam penggunaan tags agar tidak berdampak negatif pada SEO. Setiap penggunaan tags, sistem secara otomatis akan membuat halaman arsip terpisah untuk mencantumkan semua konten terkait.

Hal ini tentu saja membuat user lebih mudah untuk menemukan konten serupa. Namun, hal ini juga menghasilkan halaman arsip yang menampilkan duplikasi website dengan kualitas yang lebih rendah dari pada aslinya.

Akibatnya, mesin pencari seperti Google kebingungan untuk mengindeks konten asli atau konten duplikat terlebih dahulu. Hal ini jadi mengakibatkan dampak negatif dalam sistem ranking dan SEO website atau blog.

Cara Mengaktifkan Noindex WordPress Tag

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa tag bisa berdampak negatif pada SEO anda. Adapun cara agar tags tidak mengganggu SEO adalah dengan mengaktifkan noindex WordPress tag. Untuk mengaktifkan noindex WordPress tags, kamu bisa menggunakan Yoast SEO. Berikut cara mengaktifkan halaman noindex WordPress tag menggunakan Yoast SEO:

  • Pertama-tama, buka dashboard WordPress terlebih dahulu.
  • Kemudian, klik tautan Yoast SEO pada menu dashboard.
  • Selanjutnya, buka tab Features.
  • Aktifkan opsi Advanced setting pages.
  • Jika sudah, simpan perubahan yang telah dilakukan.
  • Berikutnya, dari halaman dashboard, klik Yoast SEO.
  • Lanjutkan dengan masuk ke menu Search Appearance.
  • Berikutnya, klik tab Taxonomies.
  • Lalu, temukan Tags.
  • Pilihlah opsi NO pada opsi Show Tags in search result.
  • Kalau sudah, simpanlah perubadan dengan klik tombol Save.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, halaman tags tidak lagi menggangu SEO website atau blog. Google tidak akan menampilkan halaman tags. Alhasil, tags hanya akan membantu user untuk menemukan konten-konten yang dicari di website atau blog anda dengan mudah.

Bagaimana Cara Membuat Tags pada WordPress?

Setelah mengetahui apa itu tags beserta fungsinya, mungkin sekarang anda bertanya: bagaimana cara membuat tags pada WordPress? Membuat tags pada WordPress bukanlah hal yang sulit. Ada dua cara untuk membuat tags, yakni melalui content creator atau menu tag di dashboard. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membuat Tags Melalui Content Creator WordPress

Cara membuat tags yang pertama ialah melalui content creator di WordPress. Pembuatan dengan cara ini relatif mudah. Yuk, ikuti tahapannya berikut!

  • Buka halaman dashboard pada WordPress.
  • Pada tampilan dashboard, klik Post dan lanjutkan dengan klik Add New.
  • Lalu, cari kolom Tags pada bagian samping kanan layar.
  • Selanjutnya, masukan tags yang ingin ditambahkan untuk konten tersebut dan klik Add untuk menambahkannya.
  • Jika ingin memasukan lebih dari satu tags, pisahkan setiap tags dengan tanda koma (,).

2.  Membuat Tags Melalui Menu di Dashboard

Jika kamu tidak ingin membuka pos terlebih dahulu sebelum membuat tags, gunakanlah cara yang satu ini. Seperti apa itu tags dibuat melalui menu di dashboard? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka dan klik Post > Tags pada menu tampilan dashboard.
  • Lalu, pada bagian kanan kolom pencarian klik Add New Tag.
  • Masukakn tag baru di kolom yang telah disediakan, lalu klik Add atau Tambah.

Bagaimana Cara Menampilkan Tags di WordPress?

Sebagian besar tema WordPress sudah otomatis menampilan tags di setiap postingannya. Tags biasanya ditampilkan di akhir postingan. Namun, anda juga bisa menampilkan semua tags yang sudah dibuat di halaman website atau blog. Caranya dengan mengaktifkan Widget Tag Cloud. Berikut langkah-langkah untuk menampilkan Widget Tag Cloud:

  • Buka halaman dashboard WordPress.
  • Pada halaman tersebut, klik menu Appearance.
  • Berikutnya, masuk ke menu Widget.
  • Temukan Tag Cloud Widget, lalu drag widget ke area yang diinginkan untuk menampilkan Tag Cloud.
  • Jika sudah, berikan judul dan pilih apakah akan menampilkan jumlah angka yang sebenarnya atau tidak. Selesai, mudah kan? Tag Cloud ini bisa diletakan dimana saja. Biasanya tags berada di sisi kanan halaman dan ditandai dengan ukuran teks yang besar.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah paham apa itu tags dan fungsinya. Tags adalah salah satu fitur pada WordPress yang digunakan untuk mengelompokan dan mengatur suatu postingan atau konten berdasarkan suatu kesamaan.

Tags memiliki fungsi diantaranya untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. Di luar dari fungsi tersebut, tags juga memudahkan pengguna untuk mencari topik yang disukai lebih cepat.

Di samping itu. kemampuannya membantu indexing Google juga membuat tags berguna untuk mendukung Search Engine Optimization (SEO) website. Dengan begitu, website kamu bisa mendapatkan peringkat atas di Search Engine Result Pages (SERP).

Namun, penggunaan tags pada WordPress perlu diperhatikan. Jika tags digunakan secara tepat dan benar, tags dapat memberikan pengaruh positif pada peringkat  di SERP. Sebaliknya, jika salah menerapkannya, tags justru akan berdampak buruk dan membuat website sulit diindeks.

Oleh karena itu, kamu bisa mengikuti tips dan langkah-langkah yang sudah dijelaskan pada artikel ini. Selain itu, perhatikan juga kata kunci, struktur, serta hindari untuk terlalu banyak menggunakan tags dalam postingan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi website jadi tidak diindeks oleh mesin pencari.

Selain belajar apa itu tag, jangan lupakan juga untuk meningkatkan performa website, ya. Layanan hosting IDwebhost bisa bantu kamu meningkatkan website untuk bekerja 4x lebih cepat! Dengan garansi uptime up to 99.9% dijamin deh pengunjung kamu nggak akan menunggu loading lama. Pelajari selengkapnya, yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022