Mengenal Apa Itu Python?

Mengenal Apa Itu Python? campaign-unlimited

Sahabat IDwebhost tentu kita semua sudah sering mendengar yang namanya bahasa pemrograman. Ada sangat banyak bahasa pemrograman yang ada di dunia. Salah satunya adalah Python. Pertanyaannya adalah, apakah Sahabat tahu apa itu Python? 

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang belakangan ini makin populer. Bahasa pemrograman yang satu ini diciptakan oleh Guido van Rossum dan dikenalkan pada publik di tahun 1991. 

Banyak yang beranggapan bahwa Python adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Dan sampai dengan saat ini, Python sudah banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari pengembangan website, game, web app, dan lain sebagainya. 

Agar Sahabat bisa mengenal Python lebih dalam, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Sahabat IDwebhost tentang apa itu Python, beserta keunggulan yang dimiliki. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Python? 

apa itu python

Kalau dibandingkan bahasa pemrograman lainnya, Python adalah sebuah bahasa pemrograman yang dianggap mudah untuk dipelajari para programmer pemula berkat strukturnya yang sederhana. 

Jika ingin mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini, ada tiga hal penting yang harus kamu ketahui. Seperti pengenalan Python, sejarah perkembangannya, beserta kelebihan dan kekurangannya. 

Mengenal Python 

Ketika menjalankan sebuah bahasa pemrograman yang ada di komputer, tentu tidak bisa menggunakan bahasa biasa saja. Bahasa-bahasa tersebut harus diubah bentuknya agar dapat diterima dan diproses oleh komputer. Inilah yang kemudian disebut sebagai bahasa pemrograman. 

Baca Juga: Mengganti Web Server Apache

Bahasa pemrograman dapat diartikan sebagai susunan kode yang digunakan untuk menjalankan program komputer. 

Kode-kode ini berisi berbagai macam instruksi yang dikenal dengan sintaks dan semantik. Nantinya, sintaks dan semantik akan diinput ke dalam program komputer. Baru kemudian akan direspon oleh perubahan sistem atau pemrograman yang ada. 

Maka tak mengherankan jika sampai saat ini, Python masih menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak penggunanya di dunia. Buat kamu yang sedang mendalami IT, tak ada salahnya untuk mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini. 

Ada banyak pengembang tingkat dunia yang menggunakan Python sebagai bahasa pemrograman utamanya. 

Seperti Linux, Windows, Mac, Java, bahkan sampai dengan sistem operasi handphone yang pernah berjaya di awal tahun 2000-an, Symbian. 

Sejarah Python 

apa itu python

Python merupakan satu dari sekian banyak inovasi yang terjadi dunia teknologi. Apalagi, di dunia IT, khususnya dunia pemrograman adalah dunia yang sangat dinamis. 

Makin banyaknya terobosan membuat dunia IT terasa berjalan begitu cepat. Maka tak heran, programmer yang menguasai banyak bahasa pemrograman menjadi sangat dicari. 

Bahasa pemrograman Python sendiri pertama kali dirilis ke pasar di tahun 1991. Penciptanya adalah ahli IT asal Belanda bernama Guido van Rossum di Amsterdam. 

Tak lama usai peluncurannya, Van Rossum coba mengevaluasi kompatibilitas bahasa pemrograman ciptaannya dengan tren komputer di dunia saat ini. 

Setelah itu, Van Rossum terus melakukan serangkaian perbaikan dan penyempurnaan pada versi selanjutnya. Lalu Python kemudian dirilis ulang pada tahun 1995. 

Seperti belum puas, Van Rossum terus menerus melakukan perbaikan dan penyempurnaan. Sampai kemudian di tahun 2000, ia meluncurkan versi ketiga Python. 

Tetapi, kenapa namanya Python? 

Untuk penamaan ini, Van Rossum terinspirasi dari dari kelompok sirkus favoritnya yang bernama Monty Python Flying Circus. 

Fungsi Python

Siapa saja yang menggunakan Python? 

Python digunakan oleh banyak kalangan. Mulai dari analis data, software engineer, data scientist, dan masih banyak lagi lainnya. 

Dengan scope pengguna yang cukup luas, sebenarnya Python bisa digunakan buat apa saja, sih? 

Berikut adalah fungsi yang dapat dijalankan oleh Python: 

1. Kecerdasan buatan 

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence adalah salah satu inovasi teknologi terkini. Salah satu bentuk penggunaan kecerdasan buatan adalah chatbots yang banyak digunakan banyak pebisnis untuk menjawab berbagai pertanyaan dari pelanggan. 

Sebuah contoh kasus. Programmer menggunakan Python untuk mengidentifikasi email yang masuk beserta jawabannya. Lalu akan melakukan visualisasi dan merancang prediksi jawaban. 

Dengan chatbot, setidaknya pebisnis bisa lebih cepat untuk merespon pelanggan. 

2. Pembuatan web app

Python juga banyak digunakan pada web app yang banyak digunakan hari ini. Mulai dari Instagram, YouTube, dan Spotify. Bahasa pemrograman yang satu ini juga banyak digunakan oleh para pengembang website di Indonesia. 

Kelebihan dan Kekurangan Python

Layaknya bahasa pemrograman lainnya, Python juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang menjadi kelebihan Python terletak pada kesederhanaannya, sehingga mudah dipelajari oleh pemula. 

Python sendiri dapat menjalankan program yang rumit menggunakan sintaks yang sederhana. Sehingga, programmer tak perlu bergulat dengan data dan kode yang ribet. Hal ini bisa terjadi berkat kemampuan Python yang memiliki pengelolaan memori otomatis. 

Sedangkan yang menjadi kekurangan terbesar Python adalah keterbatasannya ketika mengakses data. 

Tidak seperti bahasa pemrograman lain yang memiliki kapasitas untuk mengakses data secara masif, Python lain. Python justru memberikan batasan kapasitas akses data yang terbatas. 

Sebelum mulai belajar Python, terlebih dulu kamu harus mengenal Python Interpreter. Python Interpreter sendiri dibagi menjadi tiga mode, yaitu: 

– Mode interaktif 

Yang pertama adalah mode interaktif. Mode interaktif seringkali dikenal sebagai command line interpreter. Interactive mode sangat membantu untuk menguji dan menjalankan berbagai script Python. 

– Mode script

Kamu bisa menjalankan bahasa pemrograman Python dengan melakukan eksekusi langsung menggunakan script di bagian Shell prompt. 

Kamu bisa mengetikkan perintah $ python script1.py. 

Perintah tersebut digunakan untuk mengeksekusi script1.py pada direktori yang sudah aktif. 

– Mode idle 

Bahasa pemrograman Python bisa dijalankan dengan berbagai metode grafis yang dikenal dengan mode idle. Mode ini menggunakan basis Tkinter. 

Mulai Belajar Python 

apa itu python

Untuk mempelajari Python, kamu harus tahu tentang tools-tools apa saja yang digunakan untuk belajar Python, yaitu: 

Python : Interpreter yang menerjemahkan bahasa Python ke bahasa mesin. Sehingga sebuah program bisa dijalankan. 

Editor teks : Program yang digunakan untuk menulis kode. 

Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana cara install Python? 

Jika kamu adalah pengguna Linux, maka tak perlu menginstal Python. Karena Linux sudah menyediakan installer Python secara default. 

Jika kamu ingin mengetahui apakah Python sudah terinstal atau belum, kamu bisa mengetikkan perintah python-version di terminal Linux. 

Baca Juga: Mengapa Memilih Dedicated Server? 

Penutup 

Python adalah bahasa pemrograman yang cukup mudah dimengerti. Semoga artikel ini cukup memberikan gambaran untuk Sahabat IDwebhost tentang apa itu Python. 

Mau punya website andal, cepat, dan aman, jangan lupa berlangganan hosting murah terbaik IDwebhost. Udah murah, banyak promo juga yang menantimu, lho! 

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019