Apa Itu PTR Record Dan Bagaimana Cara Mengeceknya
Blog Tips Keren Apa Itu PTR Record Dan Bagaimana Cara Mengeceknya

Apa Itu PTR Record Dan Bagaimana Cara Mengeceknya

Apa itu PTR record membahas mengenai banyak hal yang perlu anda ketahui. Banyak yang bertanya apakah DNS record sama dengan PTR record? Hal tersebut akan dibahas dan dikupas tuntas melalui ulasan yang ada di bawah ini. Lalu pertanyaan lanjutan lainnya adalah bagaimana mengecek PTR tersebut supaya nantinya bisa anda pakai sebagai bahan untuk IP Address? Hal tersebut kini akan bisa anda dapatkan dengan mudah di dalam informasi berikut ini.

Apa Itu PTR Record?

Apa itu PTR record merupakan versi kebalikan dari A record. Kita semua tau bahwa A record adalah sebuah fitur yang memetakan nama domain kedalam sebuah IP Address. Di sini anda akan bisa melihat bahwa apa itu PTR record tersebut meripakan sebuah pemetaan dari IP Address ke hostname. Satu hal yang pasti adalah record tersebut nantinya bersifat independen. Hal tersebut tentunya akan lebih memudahkan anda untuk mengarahkan hosting yang anda gunakan ke IP Address. Sementara nanti IP Address tersebut juga akan bisa dipetakan ke hostname yang berbeda.

 

Apa Itu PTR Record Dan Bagaimana Cara Mengeceknya
idwebhost

Kenapa Penting Sekali Melakukan Pemetaan PTR Record?

Pertanyaan selain dari apa itu PTR record adalah kenapa penting sekali dalam melakukan pemetaan tersebut? Hal ini akan memungkinkan anda untuk menggunakan outgoing mail server. Di sinilah nanti anda akan mampu merasakan semua kehandalan yang ada di dalamnya dengan lebih mudah. Anda akan melihat bahwa PTR akan mampu memberikan perlindungan yang terbaik dari SPAM dan sebagainya. Jadi anda pun akan bisa mendapatkan manfaat yang lebih baik darinya.

Panduan Mengecek PTR Untuk Windows

Ada beberapa cara yang akan bisa anda terapkan untuk bisa mengecek PTR tersebut, yakni salah satunya adalah menggunakan nslookup atau dig. Dari sini anda akan bisa mendapatkan semua manfaat yang dibutuhkan. Di sini panduan yang ada berbeda untuk Windows, Linux dan juga OS lainnya. Jadi anda bisa menyesuaikannya sendiri sesuai dengan yang anda butuhkan saat ini. Bagi anda yang menggunakan Windows, anda bisa mengikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini.

Pertama, anda bisa mengakses terlebih dahulu menu Start Menu Windows. Kemudian masukan CMD yang terdapat pada kolom pencarian. Kemudian anda bisa menekan tombol enter yang ada didalamnya. Setelah itu, anda bisa menerapkan langkah selanjutnya, yakni melihat Command Prompt. Disinilah anda bisaa memasukan perintah berikut ini: nslookup IP_Address. Pastikan untuk mengubah IP_Address tersebut dengan IP anda yang sebenarnya. Jadi jika misalnya PTR Record anda adalah nomor 55.666.999xx, maka anda juga harus memasukannya sesuai dengan nomor tersebut.  Disini yang bisa anda lakukan adalah dengan masuk ke C:\Users\nslookup (nomor IP). Setelah itu tinggal langsung saja melakukan pengecekan dan hasilnya akan muncul seketika itu juga.

Panduan Mengecek PTR Untuk Linux dan Mac

 

Apa Itu PTR Record Dan Bagaimana Cara Mengeceknya
idwebhost

 

Selain pemahaman terhadap apa itu PTR record, anda juga harus tau bahwa ada cara berbeda yang diterapkan untuk mengecek PTR dengan menggunakan Mac dan Linux. Cara yang bisa anda terapkan antara lain sebagai berikut. Yang pertama, anda hanya tinggal masuk ke user Linux dan Mac anda. Kemudian langkah yang harus anda lakukan pada MacOS adalah dengan menekan tombol F4 yang ada di keyboard anda. Jika anda memakai Linux, maka yang harus diterapkan adalah menekan tombol CTRL + ALT +T. Dari sinilah anda nantinya akan bisa dengan lebih mudah mengakses terminal yang ada di dalamnya untuk mencapai tujuan anda.

Untuk penerapan langkahnya sebenarnya hampir sama dengan Windows diatas, hanya saja disini yang beda adalah huruf di awalannya. Jika tadinya adalah nslookup, maka berikutnya yang harus anda masukan adalah dig –x kemudian diikuti oleh IP_Address yang anda gunakan. Jadi jika misalnya IP anda nantinya adalah beberapa angka seperti sebelumnya yakni 55.66.6.77xx, maka anda juga harus memasukan belakangnya tadi dengan angka yang sesuai. Beberapa contoh yang bisa anda terapkan antara lain sebagai berikut Dig 9..8.3-P! kemudian diikuti oleh nomor yang IP anda. Caranya sangat sederhana, bukan? Nantinya anda akan langsung mendapatkan hasil yang anda butuhkan di dalamnya.

Anda Juga Bisa Melakukan Pengecekan Dengan Tools Yang Tersedia Via Online

Jika dalam apa itu PTR record itu bisa dilakukan pengecekan dengan tiga OS diatas, maka anda juga harus tau bahwa semua itu bisa dilakukan dengan cara alternatif lainnya, yaitu dengan menggunakan Tools Online. Dengan menggunakan Tools yang bisa anda akses dengan cara online tersebut, sudah pasti akan lebih banyak yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Hal tersebut akan membantu anda memaksimalkan semua yang anda butuhkan. Disini anda bisa menggunakan sejumlah tools yang tersedia yakni MxToolBox. Dengan menggunakan tool ini anda hanya tinggal memasukan IP Address saja di kolom isian yang disediakan. Kemudian langkah tahapan selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan memilih tombol reverse lookup untuk kemudian mendapatkan hasil yang anda butuhkan di dalamnya.

Jika Masih Belum Bisa, Hubungi Layanan Hosting Yang Anda Gunakan

 

Apa Itu PTR Record Dan Bagaimana Cara Mengeceknya
idwebhost

 

Setelah pemahaman tentang apa itu PTR record, anda pasti bertanya lalu bagaimana jika cara diatas masih belum bisa dilakukan pengecekan terhadap PTR record. Jika itu yang terjadi, maka sebaiknya anda langsung saja menghubungi layanan hosting domain yang anda gunakan. Disinilah anda pun akan mampu mendapatkaan solusi dengan lebih mudah dan cepat. Anda pun akan memperoleh manfaat signifikan dengan lebih mudah dan jelas. Satu hal yang pasti, jangan ragu untuk menjelaskan problem yang anda hadapi dalam konfigurasi, maintenance, dan pengecekan website dengan menghubungi customer care terkait.

Baca Juga: Perubahan Hostname Server Hosting IDwebhost

Hal tersebut akan membantu memudahkan anda untuk mendapatkan semua yang anda butuhkan dengan cepat dan signifikan. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan lagi karena semua sebetulnya akan bisa anda terapkan dengan metode yang sederhana namun juga lebih efektif. Hal ini juga akan lebih menghemat waktu karena CS yang bertuga akan bisa langsung membantu anda dengan pelayanan terbaik yang bisa mereka berikan kepada anda. Hal tersebut juga akan memberikan lebih banyak manfaat dengan lebih meluas dan juga pasti. Anda akan merasakan lebih banyak keuntungan yang bisa anda capai di dalamnya.

Kesimpulan

Apa itu PTR record menjadi sebuah pengertian yang tidak bisa dipisahkan dengan cara yang bisa anda terapkan didalamnya. Jadi, anda tidak perlu berpikir dan bingung lagi. Disinilah akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Anda bisa langsung mencoba menerapkan hal tersebut dari sekarang untuk bisa mendapatkan hasil pengecekan yang nyata. Satu hal yang pasti, penerapan terhadap pengecekan PTR tersebut juga tidak sesulit yang anda bayangkan. Dengan adanya panduan yang tepat, sudah pasti akan lebih banyak yang nantinya akan bisa anda dapatkan di dalamnya. Semoga anda bisa terbantu dengan informasi ini.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.