Apa Itu Proxy? Pengertian dan Cara Kerja Proxy

Apa Itu Proxy? Pengertian dan Cara Kerja Proxy

Buat siapa saja yang sudah akrab dengan internet, mungkin masih belum banyak yang mengenal apa itu proxy. Padahal, keberadaan proxy sangat penting ketika kita sedang berselancar di dunia maya. 

Karena masih banyak yang belum tahu tentang proxy, pada artikel ini IDwebhost akan berbagi dengan kamu semua, tentang apa itu proxy

Bagaimana, sudah tidak sabar? 

Baik mari kita mulai. 

Proxy dan Internet Protocol 

Kita semua sudah akrab dengan internet. Tapi, tahukah kamu bagaimana cara internet bekerja? 

Yang kita tahu adalah, kita mengetikkan sesuatu di pencarian Google dan boom! Apa yang dicari dengan dengan cepat tersaji di depan mata. 

Setiap mengakses internet, baik itu website ataupun aplikasi, internet akan memberikan sebuah alamat. Alamat inilah yang dikenal sebagai Internet Protocol

Internet protocol berfungsi ke manakah konten website harus dikirim oleh server.

Server akan dengan mudah mengetahui informasi yang yang dikirimkan kembali ke perangkat yang kamu gunakan

Alamat digunakan pada perangkat adalah IP publik. Yang mana, hampir semua perangkat memilikinya agar dapat mengakses internet. 

Namun, penggunaan IP publik juga tidak lepas dari kerantanan. Salah satunya, segala informasi pengguna bisa dilihat hanya dari alamat IP-nya. Ini tentu bisa menjadi bahaya kalau data milikmu diketahui oleh orang jahat. 

Maka dari itu, salah satu cara  untuk menyamarkan identitas kita di internet adalah penggunaan proxy atau server proxy

Apa Itu Proxy? 

Proxy merupakan sebuah skema yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet menggunakan alamat IP yang berbeda, yang diterima oleh perangkat. Untuk dapat bekerja dengan baik, sistem ini menggunakan server proxy

Tapi, apa sih, server proxy itu? 

Yang dimaksud server proxy adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyediakan layanan proxy. 

Sehingga, kamu tetap bisa menggunakan jaringan internet, selama terhubung dengan layanan server proxy. 

Ada banyak penyedia server proxy yang bisa kamu gunakan di luar sana. Bahkan, ada juga layanan server proxy yang menawarkan layanannya secara gratis. 

Kamu berani coba? 

Tetapi, sebelum mulai memilih penyedia layanan server proxy, alangkah baiknya jika kamu mengetahui lebih dulu,bagaimana cara kerja proxy. 

Cara Kerja Proxy 

Server proxy memiliki peran untuk meneruskan koneksi ke alamat website yang ingin dibuka. 

Mari sedikit melakukan simulasi. 

Biasanya, ketika kamu menuliskan sebuah alamat website, internet service provider akan membuat sebuah permintaan (request) kepadamu untuk menyambungkannya dengan alamat tujuan. 

Akan beda situasinya jika kamu menggunakan server proxy. Koneksi yang kamu gunakan akan tersambung terlebih dulu ke server proxy. Setelah itu, server proxy meneruskan permintaanmu ke alamat tujuan. 

Dengan cara ini, alamat IP asli yang kamu gunakan tidak akan terdeteksi. Karena yang kamu gunakan adalah alamat IP dari server proxy

Jenis-Jenis Proxy 

Tidak semua proxy memiliki cara kerja yang sama. Memang, proxy dapat menyembunyikan identitas kita. 

Proxy dapat dibedakan menjadi empat jenis, antara lain: 

  • Transparent Proxy 

Server proxy jenis ini memberikan informasi ke website bahwa koneksi menggunakan server proxy dan tetap meneruskan informasi tentang IP milikmu. 

  • Anonymous Proxy 

Server proxy jenis ini akan mengidentifikasi dirinya sebagai proxy. Namun tidak meneruskan alamat IP asli yang kamu gunakan

  • Distorting Proxy 

Proxy jenis ini memberikan alamat IP yang berbeda dari yang sedang kamu gunakan. Namun tetap dapat mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy

  • High Anonymity Proxy 

Jenis server proxy yang terakhir adalah High Anonymity Proxy. Server proxy jenis ini akan menyembunyikan identitas server dan alamat IP yang digunakan oleh pengguna

Website hanya akan melihat alamat IP acak yang menjadi penghubung, jadi bukan langsung dengan IP milikmu.

Manfaat Penggunaan Proxy 

Apa sih, manfaatnya menggunakan proxy? 

Untuk menjawab pertanyaan ini, jawabannya akan sedikit panjang. Namun begitu, penggunaan proxy memiliki banyak manfaat

Salah satunya adalah karena akses yang diblokir, karena ada alamat IP tertentu yang diblokir oleh pemilik website tujuan. 

Mau tahu lebih banyak tentang manfaat penggunaan proxy? Berikut adalah manfaat penggunaan proxy yang harus kamu tahu: 

  • Sangat cocok untuk pengguna yang tidak ingin diketahui identitasnya. Seperti lokasi dan alamat IP yang digunakan. Proxy akan menyembunyikannya dari deteksi website. 
  • Untuk melakukan pembatasan. Biasanya ada beberapa instansi, sekolah misalnya, yang menerapkan pembatasan agar siswa yang menggunakan jaringan milik sekolah tidak mengakses website-website tertentu. 
  • Mengatasi pemblokiran internet di wilayah tertentu. Ada beberapa tempat di dunia ini yang memberikan pembatasan akses jaringan internet untuk warganya. Salah satunya China. Dengan menggunakan proxy, kamu bisa mengatasi penghalang ini dan mengakses website yang dilarang
  • Mengatasi pemblokiran yang dilakukan oleh penyedia layanan internet yang kamu gunakan. Padahal kamu membutuhkan informasi yang ada di situs yang diblokir tersebut. 

Fungsi Proxy 

Selain berbagai manfaat yang dimilikinya, proxy juga sangat fungsional. Sehingga bisa digunakan oleh siapa saja. Berikut adalah fungsi yang dimiliki oleh proxy: 

  • Meningkatkan Keamanan Pengguna 

Server proxy berfungsi menghalangi website yang kamu kunjungi mencatat alamat IP asli milikmu. Ya, karena yang akan terdeteksi oleh website adalah alamat IP server proxy. 

Jadi, menggunakan server proxy sama dengan berselancar di internet secara anonim. Hal ini penting jika kamu tidak ingin alamat IP yang kamu gunakan diketahui banyak orang. Karena alamat IP bisa memberikan informasi tentang dari mana kamu berasal

  • Pemantauan Trafik 

Sahabat IDwebhost, proxy juga dapat digunakan untuk memantau trafik, lho. Hal ini tentu kabar baik untuk para pengelola sekolah, perusahaan, dan lembaga lain yang menyediakan akses internet untuk para anggotanya. 

Penggunaan proxy dapat meminimalkan terjadinya penyalahgunaan akses internet. Salah satu proxy cache yang bisa kamu gunakan adalah Squid

  • Mengakses Jaringan atau Website yang Diblokir 

Seringkali ada beberapa penyedia konten yang memblokir pengguna dari sebuah tempat. Salah satunya konten sepakbola eksklusif yang tidak bisa diakses oleh orang Asia. 

Namun, dengan menggunakan proxy, kamu menyembunyikan alamat IP asli, sehingga terhindar dari pemblokiran penyedia konten. 

Risiko Penggunaan Proxy 

Walaupun menawarkan beberapa kelebihan, penggunaan proxy juga memiliki risiko yang perlu diperhatikan. Berikut risiko penggunaan proxy yang harus kamu tahu: 

  • Server Proxy Tidak Melakukan Enkripsi 

Ada beberapa server proxy yang tidak melakukan enkripsi. Umumnya jenis transparent proxy yang tidak melakukan enkripsi. Tentu saja ini tidak bisa memenuhi tujuan penggunaan server proxy. 

Identitas penggunaan IP milikmu masih akan terlihat dengan jelas. 

  • Server Proxy Mencatat Histori Riwayat yang Melewatinya 

Walaupun menyembunyikan identitas IP milikmu, tak jarang ada server proxy yang menyimpan riwayat pengguna yang menggunakan layanannya

Penutup 

Proxy server bisa digunakan untuk menyembunyikan informasi tentang perangkat ketika sedang browsing di internet. Salah satunya adalah menyembunyikan alamat IP. 

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan proxy. Seperti jenis pengaturan software proxy yang berbeda-beda satu sama lain. 

Semoga artikel ini dapat menjawab rasa penarasanmu tentang apa itu proxy dan cara kerjanya. 

Salah satu penentu kualitas website adalah server yang tidak gampang down. Apalagi ketika mengalami lonjakan trafik tiba-tiba. 

Nah agar terhindar dari hal-hal kurang menyenangkan itu, memilih hosting yang tepat adalah keharusan. Dapatkan hosting dengan sumber daya eksklusif dan harga terjangkau, hanya Hosting VPS IDwebhost

 

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019