Apa Itu Proxy dan Bagaimana Cara Kerjanya?

9 Feb 2022
Apa Itu Proxy dan Bagaimana Cara Kerjanya? campaign-unlimited

Pada intinya, proxy ialah sebuah tools yang dapat memudahkan Anda untuk terhubung ke alamat IP. Seperti yang kita ketahui selama ini, saat melakukan aktivitas di dunia maya, perangkat kita selalu harus tersambung dengan internet.

Saat komputer atau perangkat kita telah tersambung dan mendapat akses alamat IP,  server, router, atau ISP akan mendapat info tentang perangkat yang Anda pakai. Seperti jenis perangkat, lokasi, serta info lain yang berkaitan.

Lalu, apakah itu proxy? Bagaimanakah cara memakainya? Tenang, kita akan mengulas proxy selengkapnya berikut ini.

Sejarah Alamat IP

Sebelum kita mengulas lebih dalam mengenai proxy, mari kita kenali lebih dulu mengenai Internet Protocol. Perlu Anda ketahui jika setiap kali Anda terhubung website, maka secara otomatis internet akan memberi sebuah alamat, nah alamat itu dikenali dengan internet protocol atau IP.

IP dipakai untuk melakukan analisis kemana server harus mengirim konten webnya . Maka, perangkat lain atau server dapat mengetahui arah sebuah informasi dan mengirimkannya kembali lagi ke perangkat pengguna.

Alamat yang digunakan pada perangkat Anda adalah alamat IP publik, yang mungkin dimiliki hampir semua perangkat agar dapat dijangkau secara online. Tanpa alamat itu, sebuah perangkat tidak bisa melakukan aktivitas online.

Hal inilah yang membuat kita dapat tersambung dengan dunia yang bahkan membuat kita ingin terus duduk di menghadap ke perangkat kesayangan.

Apa Itu Proxy

Apa Itu Proxy

Proxy adalah sebuah mekanisme yang membuat Anda dapat terhubung ke jaringan internet dengan memanfaatkan IP yang berbeda dengan alamat IP yang sebenarnya.

Nantinya, mekanisme ini akan memakai proxy server supaya bisa bekerja dengan baik. Sementara itu, proxy server adalah sebuah perangkat ataupun komputer yang dipakai supaya bisa menggunakan layanan proxy.

Dengan begitu, Anda bisa terus menggunakan internet dan menyambungkannya melalui server proxy.

Anda dapat berlangganan beberapa penyedia server, bahkan juga salah satunya ada juga yang gratis. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang cara kerja dan fungsi proxy.

Apa Fungsi dari Proxy Server

Ada banyak alasan yang harus diketahui sebelum Anda memakai proxy.

Salah satunya ialah mengakses website yang diblokir, sehingga Anda tidak dapat membuka satu website yang berasal dari negara atau IP tertentu.

Proxy yang Paling Populer dan Paling Dikenali Saat Ini Adalah

Apa Itu Proxy dan Bagaimana Cara Kerjanya

1. Proxy Transparan

Jenis proxy ini akan memberi informasi ke website jika koneksi akan menggunakan proxy server dan tetap akan melanjutkan informasi IP yang Anda pakai.

2. Proxy Anonim

Anonymous proxy ialah jenis proxy yang akan melakukan identifikasi dirinya sebagai proxy. Namun tidak akan melanjutkan atau mengirim alamat IP asli yang Anda pakai.

3. Distorsi Proxy

Distorting Proxy ialah proxy yang akan memberikan alamat IP yang berbeda dari yang sebelumnya Anda pakai, namun akan selalu melakukan identifikasi dirinya sebagai proxy server.

4. Proxy Anonimitas Tinggi

High Anonymity Proxy adalah proxy yang mampu menyembunyikan identitas server proxy dan alamat IP yang digunakan oleh penggunanya. Web akan melihat alamat IP acak yang ingin Anda sambungkan, bukan alamat IP yang Anda gunakan.

Fungsi proxy

1. Meningkatkan Keamanan 

Apa Itu Proxy

Fungsi yang pertama dari proxy ialah menghalangi website dalam mencatat alamat IP asli Anda, karena yang nanti akan tercatat oleh web yakni alamat IP server proxy. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi alamat IP Anda diketahui oleh banyak orang.

Sama seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, alamat IP bahkan bisa memberikan informasi negara serta asal kota Anda.

2. Pemantauan Pengguna

Fungsi proxy yang kedua adalah Anda dapat memantau pengguna internet mengenai halaman apa yang mereka akses.

Hal ini sangat baik untuk diaplikasikan di berbagai instansi pendidikan atau perusahaan, supaya bisa mengawasi tindak penyalahgunaan internet.

Nah, satu caranya dengan memakai tools bernama Squid.

3. Mengakses Website yang Diblokir

Ada kalanya suatu konten disembunyikan oleh pemilik atau dibatasi secara geografis, sebagian besar dipicu adanya peraturan jaringan dan hak cipta. Tapi, server proxy sanggup menyembunyikan alamat situs Anda dan memakai alamat server proxy.

Cara Kerja Proxy

Server proxy bertanggung jawab untuk meneruskan koneksi Anda ke alamat situs web yang ingin Anda kunjungi.

Artinya, saat Anda mengetik alamat website, misalnya Idwebhost.com, maka internet service provider atau ISP akan membuat suatu permintaan pada Anda agar dapat menghubungkannya ke alamat tujuan Anda.

Tapi, akan beda kondisinya ketika Anda menggunakan proxy. Jaringan yang sebelumnya Anda pakai tadi akan terhubung terlebih dulu ke server proxy, lalu server proxy nanti akan melanjutkan permintaan Anda ke alamat tujuan.

Langkah semacam ini akan membuat alamat IP asli Anda tidak bisa teridentifikasi oleh website yang dituju.

Resiko Menggunakan Proxy

Meskipun proxy sanggup memberikan sistem keamanan yang bagus, namun ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Salah satunya ialah beberapa erver proxy tidak menawarkan sistem keamanan yang sama.

Perlu Anda pahami jika ada beberapa server proxy yang tidak sanggup melakukan enkripsi, kemungkinan besar ini yang disebut dengan jenis transparent proxy, seperti yang telah disebut sebelumnya.

Tentunya hal ini tidak dapat mengoptimalkan tujuan dari penggunaan proxy. Hingga, identitas dari perangkat Anda dapat diketahui dengan mudah. 

Walaupun beberapa server proxy ada yang melakukan pemalsuan identitas kita saat berselancar di internet, tetapi seringkali, proxy server ini menyimpan data pengguna yang memanfaatkan layanan tersebut.

Ditambah lagi jika memakai server proxy, maka semua aktivitas akan dilalui dari server tersebut terlebih dahulu.

Cara Kerja Proxy di Browser

1. Melalui Google Chrome

Jika Anda memakai Google Chrome, pertama silakan pilih menu Customize dan pilih control buton yang biasanya ada di bagian atas kanan tampilan browser Anda.

Lalu, di dalam panel pencarian tersebut Anda dapat mencari dengan menggunakan keywordproxy“. Klik Open proxy setting dan pilih LAN Setting.

Apabila sudah, silahkan centang use a proxy server for your LAN, lalu Anda tinggal masukan alamat IP dari server dan port yang nanti ingin Anda gunakan. Selanjutnya, silahkan klik OK.

Untuk dapat memastikan alamat IP Anda telah berubah atau belum, silahkan cek dengan mengakses web Whats My IP.

Baca Juga: Cara Mudah Meningkatkan Keamanan WordPress

2. Melalui Firefox

Bila Anda menggunakan Firefox, silahkan klik tombol firefox dan pilih Option.Lalu, klik option yang ada pada tab baru, klik tab advance, setting, dan pilih manual proxy setting.

Dalam HTTP Proxy Box, silakan masukan alamat IP Server dan nomor port nya.

Jika sudah, silahkan klik OK. Pastikan alamat IP Anda telah berbeda dengan memeriksanya di Whats My IP.

Kesimpulan

Server proxy bisa Anda pakai untuk menyembunyikan informasi tentang perangkat saat Anda terhubung internet, seperti alamat IP Anda atau lokasi Anda.

Tentu saja masih tetap ada beberapa fungsi yang lain yang dapat Anda alami sama seperti yang telah kita ulas bersama di atas.

Tetapi, ada banyak hal yang lain yang perlu Anda ingat, seperti tidak semua layanan proxy memiliki tingkat keandalan yang sama. Komposisi pada tiap Proxy server bisa juga dilaksanakan secara simpel. Jadi harus tetap bijak mengakses internet, ya.

Seperti ketika memiliki website, keamanan adalah aspek penting yang harus Anda perhatikan. Pastikan untuk memilih penyedia hosting dengan fitur terbaik dan harga yang affordable.

Web hosting, ya, IDwebhost!

Penulis
Member since 2 Jul 2013