Apa Itu Permalink? Semua Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Permalink

Apa Itu Permalink? Semua Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Permalink

Dalam dunia per-website-an, kita sangat mengenal istilah URL. Padahal, ada istilah lain yang juga tak kalah penting juga untuk diketahui. Istilah ini adalah permalink. Apakah Sahabat IDwebhost pernah mendengar apa itu permalink? 

Saat sedang browsing di internet, sadar atau tidak, akan sangat sering kita menjumpai permalink pada website yang dikunjungi. Dan karena seringnya ditemukan di internet, tentu akan muncul pertanyaan, apa itu permalink? 

Buat kamu yang penasaran, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Sahabat IDwebhost tentang apa itu permalink? 

Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Permalink? 

apa itu permalink

Permalink adalah nama lain dari URL, yang ada di setiap halaman dan postingan website. Permalink atau URL adalah nama yang dituliskan oleh pengguna ketika ingin mengunjungi sebuah website. 

Permalink adalah kependekan dari short for permanent link, yang juga berarti alamat website. Alamat ini harus dapat dibaca dan mudah dipahami. Bukan hanya oleh pengunjung, tetapi juga mesin pencari. 

Kalau permalink di websitemu tidak dapat berfungsi dengan baik, akan fatal akibatnya. Mulai dari tautan yang rusak, sampai dengan bounce rate yang tinggi. 

Menurut Yoast, permalink adalah keseluruhan URL yang terlihat di website pada setiap konten atau postingan. 

Ketika membuka website, tentu, kita akan menemukan kalimat atau angka yang ada sebelum domain. 

Sebagai contoh, www.idwebhost.com/hosting-murah. Jika hanya ditulis www.idwebhost.com saja, maka akan disebut sebagai URL alias Uniform Resource Locator. Dan seperti yang kita semua tahu, URL berisi HTPP dan nama domain. 

Namanya akan berubah menjadi URL permalink secara keseluruhan jika ditambahkan “/hosting-murah” di belakangnya. 

Struktur permalink dapat diatur di menu pengaturan WordPress. Dengan adanya permalink, pemilik website akan lebih mudah untuk mengidentifikasi konten yang dibuat. 

Dari kacamata pengguna, hal ini akan memudahkan mereka untuk mengunjungi sebuah halaman. 

Baca Juga : Pengertian Link Dofollow dan Nofollow Pada SEO

Dan dari semua penjabaran diatas, permalink dapat membantu website agar lebih mudah diindeks oleh Google. Karena itu, pastikan untuk membuat permalink yang ramah SEO. Untuk pemilik website atau penulis konten, ini adalah tugas yang harus dieksekusi dengan baik. 

Mengapa Permalink Sangat Penting? 

apa itu permalink

Permalink adalah deretan angka yang ditambahkan di belakang URL. Nah, pertanyaan selanjutnya adalah, mengapa permalink begtiu penting? 

Berikut adalah alasan mengapa permalink sangat penting untuk website: 

1. Lebih mudah terlihat oleh pengguna 

Ketika membagikan konten website di media sosia, berarti kamu akan menggunakan permalink. Secara otomatis. 

Permalink yang dibagikan di sosial media akan mudah terlihat oleh pengguna karena strukturnya yang sudah sangat jelas. 

Dengan begitu, pengguna yang melihatnya juga akan merasa nyaman dan cenderung memiliki keinginan untuk mengklik tautan tersebut. 

2. Website lebih mudah terindeks Google 

Selain mudah terlihat oleh pengguna, salah satu alasan penting kehadiran permalink adalah untuk memudahkan website agar terindeks oleh Google

Jika tidak ada permalink, sudah pasti Google akan kesulitan untuk mengindeks websitemu, sehingga makin kecil peluang untuk bisa duduk di halaman pertama hasil pencarian alias Search Engine Result Page (SERP). 

3. Memperkuat SEO website 

Agar konten yang dibuat dapat muncul di peringkat teratas hasil pencarian, salah satu caranya adalah membuat konten dengan kata kunci yang tepat. Dari kata kunci tersebut, kamu dapat memasukkannya menjadi permalink. 

Dengan begitu, SEO dalam websitemu akan makin kuat dan akan ketika ada pengguna yang mencari menggunakan keyword tertentu, websitemu akan lebih mudah ditemukan. 

URL adalah salah satu faktor penting dalam pemeringkatan website oleh Google. Dengan menyusun permalink yang tepat, peluang kontenmu mendapatkan hasil pencarian yang tinggi akan semakin besar. 

Cara Membuat Permalink yang SEO Friendly 

Pada bagian sebelumnya artikel ini, kamu sudah tahu betapa pentingnya permalink. Sudah pasti, kamu cukup penasaran bukan, bagaimana cara membuat permalink yang SEO friendly? 

Kalau ingin websitemu tembus di halaman pertama hasil pencarian Google, permalink adalah hal yang harus diperhatikan secara serius

Berikut adalah cara membuat permalink agar terlihat SEO friendly: 

1. Dimulai dengan https

Penggunaan HTTPS mengindikasikan bahwa websitemu sangat memperhatikan aspek keamanan. Artinya, setiap informasi yang dikirimkan dari dan ke website telah dienkripsi. 

2. Pendek sekaligus deskriptif 

Salah satu hal penting ketika ingin membuat permalink yang SEO friendly adalah, buatlah yang pendek namun tetap deskriptif. Hindari untuk menambahkan informasi yang tidak diperlukan. Paling tidak, permalink harus dapat menggambarkan isi dari sebuah konten. 

Misalnya, ketika sedang browsing dengan kata kunci hosting Indonesia, kamu akan menemukan dua permalink. Permalink pertama adalah www.idwebhost.com/2018/10/23-hosting-indonesia.html

Sedangkan permalink yang kedua adalah www.idwebhost/hosting-indonesia.  

Tentu saja, orang akan lebih tertarik untuk mengklik permalink kedua dibandingkan yang pertama. Sebabnya apalagi kalau bukan terlihat lebih pendek sekaligus cukup deskriptif. Menunjukkan konten yang memang dicari oleh pengguna. 

3. Harus menggunakan tanda “-”

Agar terlihat SEO friendly, permalink harus ditulis menggunakan tanda “-” untuk memisahkan tiap katanya. Bukan dengan karakter lain, seperti titik, koma, dan lain sebagainya. 

Baca Juga : Peran Backlink Berkualitas Untuk SEO

4. Menggunakan huruf kecil 

Walaupun berada di depan kalimat, alangkah baiknya untuk menulis permalink dengan huruf kecil. 

Mengapa demikian? 

Hal ini karena beberapa server website memperlakukan huruf kapital dengan cara yang berbeda. 

5. Menggunakan keyword 

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya artikel ini, permalink yang baik adalah permalink yang ditulis dengan kata kunci yang sudah ditentukan sebelumnya. 

Jadi, usahakan untuk menggunakan kata kunci yang tepat agar SEO website makin kuat. 

Permalink di WordPress 

apa itu permalink

WordPress adalah salah satu content management system (CMS) yang paling populer. Sekaligus, WordPress adalah pihak pertama yang mempopulerkan istilah Permalink

Kamu bisa menemukan pengaturan permalink di menu Settings di halaman WP Admin

WordPress memberikan banyak opsi pengaturan permalink pada setiap postinganmu. Di sana, kamu akan menjumpai banyak pilihan pengaturan permalink. Mulai dari day and name, month and name, postname, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Apa Itu DNS Server dan Cara Kerjanya

Pilihan pengaturan terbaik adalah menggunakan Post Name. Dengan Post Name, permalink yang kamu buat akan terhindar dari informasi yang tidak diperlukan.

Ketika mempublikasikannya, WordPress akan menampilkannya sebagai judul halaman dan dipisahkan dengan tanda dash (). 

Penutup 

Apa itu permalink? Permalink adalah istilah yang mendeskripsikan URL dari sebuah halaman website. Setiap website yang dipublikasikan,harus memiliki permalink yang unik. 

Jika kamu mengalami kesulitan ketika melakukan pengaturan permalink, tim support terbaik IDwebhost siap membantumu, lho. 

Mau punya website andal, cepat, dan aman, jangan lupa berlangganan hosting murah terbaik IDwebhost. Udah murah, banyak promo juga yang menantimu, lho! 

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019