Apa itu Paypal: Pengertian dan Cara Menggunakannya
Blog Digital Marketing Apa itu Paypal: Pengertian dan Cara Menggunakannya

Apa itu Paypal: Pengertian dan Cara Menggunakannya

Seiring dengan populernya belanja online, makin banyak pula pilihan pembayaran yang bisa dilakukan. Dan salah satu platform pembayaran yang memiliki pengguna yang banyak adalah Paypal. Tentu, Sahabat IDwebhost setidaknya pernah mendengar apa itu Paypal.

Ada banyak alasan mengapa orang-orang menggunakan Paypal. Salah satunya adalah kemudahan yang ditawarkan oleh Paypal untuk melakukan pembayaran online. 

Salah satu keuntungan menggunakan Paypal adalah, pengguna bisa melakukan transaksi online hingga ke luar negeri. Hanya saja, masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu Paypal. 

Lantas, apa sih, yang dimaksud dengan Paypal? Buat kamu yang penasaran dengan apa itu Paypal, pada artikel kali ini, IDwebhost akan berbagi dengan Sahabat semua tentang apa itu Paypal. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Paypal? 

Menyadur dari berbagai sumber, Paypal adalah layanan keuangan online yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi jual beli dalam sebuah akun. 

Di dalam akun tersebut, nantinya bisa ditambahkan rekening bank, kartu kredit, dan kartu debit. Kamu bisa menggunakan Paypal untuk melakukan pembayaran kapanpun kamu mau. 

Salah satu manfaat menggunakan Paypal adalah bisa digunakan untuk transaksi lintas negara. Misalnya, kamu sedang mencari barang yang disukai. Hanya saja, penjualnya berada di luar negeri. Untuk melakukan pembayaran, kamu bisa menggunakan Paypal. 

Sampai saat ini, Paypal telah memiliki lebih dari 179 pengguna aktif dengan jangkauan sampai dengan 100 jenis mata uang di seluruh dunia. 

Baca Juga: Tips SEO: Strategi Konten Visual Marketing 2021

Manfaat Menggunakan Paypal

Bukan tanpa alasan mengapa Paypal begitu populer. Paypal menawarkan cara transaksi yang cepat dan mudah untuk berbelanja barang secara online. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan Paypal untuk belanja domain dan hosting di IDwebhost, lho. 

Metode pembayaran yang satu ini sangat disukai oleh banyak platform belanja online. Termasuk eBay, Amazon, dan lain sebagainya. 

Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang akan kamu dapatkan jika menggunakan Paypal: 

1. Fleksibel untuk penjual 

Paypal memberikan manfaat bagi pebisnis yang menjual produknya secara online. Ya, karena penjual bisa menerima pembayaran transaksi dengan mudah dan cepat dari pembeli. Tepat ketika seorang pembeli memutuskan membeli sebuah produk secara online. 

Pembeli tinggal menggunakan kartu debit atau kartu kredit dan kemudian uang akan masuk dengan cepat cepat ke akun penjual. Sangat mudah, bukan? 

Fleksibilitas seperti ini tentu sangat memudahkan penjual untuk fokus menawarkan dan menjual produknya. 

2. Cepat 

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya artikel ini, menggunakan Paypal dapat membuat transaksi antara penjual dan pembeli  menjadi lebih cepat dan mudah. Terutama bagi yang sering melakukan transaksi antar negara. 

Karena transfer dari sesama akun Paypal atau dari akun Paypal ke rekening bank lain hanya memakan waktu 24 jam saja. 

3. Biaya administrasi yang rendah 

Serupa dengan metode pembayaran lainnya, menggunakan Paypal, pengguna juga akan dikenakan biaya administrasi. Tapi tenang, biaya admin tersebut umumnya terbilang murah dan cukup terjangkau. 

Paypal mengenakan biaya admin sebesar 30 sen dolar per transaksi. Ditambah dengan 3% dari total jumlah nilai transaksi. 

4. Membeli dengan aman 

Paypal menawarkan keamanan transaksi penggunanya. Membeli menggunakan Paypal sangat aman. Sebab, Paypal memberikan jaminan kepada kedua belah pihak. Yaitu penjual dan pembeli. 

Dari sisi pembeli misalnya, dapat menghubungi Paypal jika terjadi masalah dengan barang pesanannya. Seperti pesanan yang tidak sesuai, atau barang yang dikirim lewat dari waktu yang dijanjikan. 

Sedangkan untuk penjual, Paypal menjanjikan platform yang sangat aman dan tak perlu takut dnegan tindak penipuan yang dilakukan oleh pembeli. 

5. Kebijakan privasi yang ketat

Sebagai pengguna, kamu tak perlu khawatir dengan keamanan akun Paypalmu. Sebab, Paypal memiliki kebijakan privasi pengguna yang kuat. Sehingga, data-data rahasiamu aman dan tak akan tersebar ke mana-mana. 

6. Kemudahan melihat histori transaksi 

Ketika menggunakan Paypal, kamu bisa melihat transaksi apa saja yang sudah dilakukan selama beberapa waktu terakhir. Bisa seminggu atau sebulan kebelakang. 

Ini tentu saja sangat memudahkanmu untuk memeriksa transaksi-transaksi yang telah terjadi. 

7. Metode pembayaran yang diterima secara global 

Jika kamu ingin tahu metode pembayaran transaksi yang diterima secara luas dan mengglobal, jawabnya adala Paypal. Saat ini, Paypal merupakan salah satu metode  pembayaran yang paling mudah diterima banyak situs belanja online di seluruh dunia. 

Karena diterima secara global inilah, Paypal menjadi platform yang sangat diandalkan untuk melakukan transaksi jual beli lintas negara. 

Cara Menggunakan Paypal untuk Belanja 

Dengan populernya Paypal, nyatanya, belum semua orang yang bisa menggunakan Paypal untuk melakukan pembayaran. Sahabat IDwebhost, berikut adalah cara-cara menggunakan Paypal untuk belanja: 

Sebelum melakukan pembayaran dengan Paypal, ada dua hal yang kamu butuhkan sebelumnya, yaitu: 

  • Perangkat yang terkoneksi dengan internet, seperti komputer atau handphone.¬†
  • Rekening bank, kartu kredit atau kartu debit

1. Masuk ke website Paypal 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke website Paypal. Jika belum memiliki akun, silakan klik Sign Up untuk melakukan pendaftaran. 

2. Pilih preferensi akun

Setelah klik Sign Up, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan preferensi. Yaitu akun bisnis atau akun pribadi. Untuk penggunaan pribadi, silakan pilih akun pribadi. 

Jika sudah, silakan klik lanjutkan.

3. Mengisi data diri 

Pada halaman selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi data pribadi yang detail. Data yang harus kamu isi antara lain nama, alamat email, dan password. Setelah semuanya telah terisi, silakan klik Next. 

4. Isi alamat lengkap 

Kemudian, isikan alamat selengkap mungkin. Karena ini akan menjadi tempat di mana kamu akan menerima barang dari transaksi online yang sudah kamu lakukan. 

Setelah terisi dengan lengkap, centang dua kotak konfirmasi bahwa kamu telah membaca perjanjian pengguna. 

5. Pilih belanja online

Pada tahapan ini, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan. Yaitu belanja online atau mengirimkan uang kepada orang lain. 

Jika pilihanmu adalah belanja online, maka pilih belanja online kemudian klik Get Started. 

6. Tambahkan kartu kredit atau kartu debit

Setelah mulai, kamu tinggal menambahkan kartu kredit atau debit sebagai transaksi online menggunakan Paypal. 

7. Mulai belanja 

Saat akan berbelanja menggunakan Paypal, kamu hanya perlu klik logo Paypal dan login menggunakan alamat email dan password untuk melakukan pembayaran. 

Secara otomatis, Paypal akan memberikan jaminan pada barang yang telah kamu beli, jika terjadi kerusakan atau barang tidak sesuai pesanan. 

Selain membeli barang, kamu juga bisa menggunakan Paypal untuk berjualan online. Nantinya, setelah pembayaran diterima, Paypal akan mengirimmu bukti transfer. 

Penutup

Paypal, dapat dilakukan untuk melakukan transaksi online. Apa saja, termasuk untuk order domain dan hosting murah IDwebhost. Kamu bisa lihat panduan pembayaran layanan IDwebhost via Paypal di sini.

Itulah tadi apa itu Paypal dan cara menggunakannya.  

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting ya IDwebhost.

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis