Mengenal Apa Itu Password dan Cara Membuatnya yang Aman dan Mudah Diingat

8 Feb 2024
Mengenal Apa Itu Password dan Cara Membuatnya yang Aman dan Mudah Diingat campaign-unlimited

Kamu mungkin sudah sering melihat dan menggunakan password di berbagai akun media sosialmu. Namun, tahukah kamu sebenarnya apa itu password? Mengapa akun media sosial dan perangkat elektronik perlu menggunakan password? Singkatnya, hal ini tentu saja dilakukan demi keamanan data dan privasi.

Padahal, penggunaan password juga rentan akan serangan hacker. Wah, jadi harus bagaimana solusinya? Sebaiknya kamu menyimak artikel ini dengan baik untuk mengetahui password lebih dalam beserta jenis-jenisnya. Kami akan bagikan cara membuat password yang aman dan mudah diingat. Simak sampai selesai, ya!

Apa Itu Password?

Jadi, apa itu password? Password adalah serangkaian karakter yang disusun dengan tujuan untuk memberikan izin akses pengguna pada sistem komputer. Dalam bahasa Indonesia, password memiliki arti kata sandi atau kata kunci, yang mana bersifat rahasia dan bertujuan untuk melindungi suatu berkas atau izin akses.

Biasanya penggunaan password diterapkan pada keamanan perangkat, program komputer, maupun aplikasi. Password sifatnya rahasia dan tidak boleh diserbarluaskan demi kepentingan keamanan. Karakter dalam password harus menggabungkan huruf, simbol, dan angka. Sayangnya, tidak sedikit pengguna yang membuat password dengan susunan karakter yang cukup familiar.

Misalnya seperti menggunakan gabungan nama dan tanggal lahir. Alasannya, kebanyakan pengguna khawatir lupa password-nya. Apakah kamu salah satunya? Kenyataannya, password yang mudah dikenali justru berbahaya dan rentan akan peretasan lho.

Seperti yang disebutkan di buku Hacker’s Biggest Secret, password bukan hanya memerlukan gabungan kata namun juga memerlukan kombinasi yang rumit, agar tidak mudah ditebak. Oleh sebab itu, sebisa mungkin password harus dibuat cukup kompleks, agar dapat memastikan akun dan perangkat tetap terlindungi dengan aman.

Fungsi Password

Untuk mengetahui apa itu password dengan lebih baik, kami akan menjelaskan beberapa fungsi dari password. Meskipun memiliki fungsi utama sebagai bagian dari sistem keamanan dan privasi, jika dijelaskan lebih rinci password memiliki fungsi lain, yang meliputi:

  • Membatasi akses pengguna yang tidak berkepentingan.
  • Meminimalisir tindakan peretasan dengan logger keystroke.
  • Meningkatkan keamanan data dan informasi pribadi.

Jenis-jenis Password

Selain mengetahui seperti apa itu password berfungsi, kamu juga perlu mengetahui jenis-jenisnya. Menurut penerapannya, password dibedakan atas dua jenis, yaitu 2FA dan MFA. Kedua jenis password ini cukup umum digunakan untuk mengamankan website dan layanan online. Adapun sebagai berikut pejelasannya:

1. 2FA atau Two Factor Authentication

Ini merupakan password yang digunakan dalam metode keamanan cyber. Metode ini memungkinkan adanya dua tahap autentikasi untuk mengakses suatu data. Biasanya, password digunakan pada tahap autentikasi pertama. Sementara, pada tahap kedua, sistem akan mengirimkan kode khusus ke perangkat pengguna.

Metode Two Factor Authentication efektif untuk memberikan double protection pada perangkat maupun akun pengguna. Untuk bisa mendapatkan akses, seseorang harus memiliki informasi kredensial dan mampu memberikan konfirmasi kepemilikannya.

Dengan begitu, peretas tidak dapat mengakses data, sekalipun sudah memiliki informasi email dan kata sandi pengguna. Hal ini dikarenakan peretas tidak dapat melakukan konfirmasi kepemilikan melalui kode khusus yang dikirimkan di tahap autentikasi ke-dua.

2. MFA atau Multi Factor Authentication

Selain 2FA, password juga digunakan pada metode keamanan MFA atau Multi Factor Authentication. Ini merupakan metode yang jauh lebih aman dari Two Factor Authentication. Metode MFA melibatkan autentikasi menggunakan dua informasi, yang hanya diketahui oleh pemilik akun yang berkaitan.

Cara Membuat Password yang Aman dan Mudah Diingat

Seperti yang sudah kami janjikan di atas, kami akan menjelaskan cara bikin password yang aman tapi tetap mudah diingat. Pastikan kamu menyimak ulasan kami ini untuk mengetahui caranya ya. Selamat membaca!

1. Ketahui Ketentuan Password

Pertama-tama, pastikan kamu mengetahui syarat dari password yang telah ditentukan oleh sistem keamanan. Pada beberapa platform, password pengguna biasanya minimal berisikan 8 karakter dengan jumlah maksimal 12 karakter. Namun, di luar itu masih banyak sistem keamanan yang menerapkan ketentuan 16 – 32 karakter.

Idealnya, jumlah karakter password setidaknya terdiri atas 8 karakter. Namun, menurut para ahli, jumlah karakter password yang direkomendasikan setidaknya 13 – 20 karakter. Dengan begitu, password akan sulit untuk dipecahkan namun tetap mudah diingat oleh pemiliknya.

2. Gunakan Kombinasi Dua Kata

Seperti apa itu password yang aman? Agar password aman dari pembobolan hacker, setidaknya password harus menggunakan dua kombinasi kata. Akan lebih aman jika kamu menggunakan gabungan dua frasa daripada dua kata. Kombinasi dua frasa memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi sebab lebih sulit untuk dipecahkan.

3. Gunakan Angka dan Simbol Secara Acak

Berikutnya, pastikan untuk menggunakan kombinasi angka dan simbol dalam password. Akan tetapi, kamu perlu menggunakan dua jenis karakter ini secara acak. Hindari penggunaan angka yang berurutan pada password, seperti 123, 456, atau 000.

Jika menggunakan gabungan angka dan simbol secara acak, kamu dapat membuat kombinasi yang sulit diprediksi. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir akan keamanan password yang kamu buat.

4. Hindari Penggunaan Username

Kamu mungkin sudah memiliki banyak teman yang mengenalimu dari username di media sosial. Penggunaan username dalam password sangat berisiko dan memiliki tingkat keamanan yang rendah. Jika kamu menggunakan username dari media sosial, hacker bisa dengan mudah menebak dan meretas akunmu.

5. Ubah Password secara Berkala

Terakhir, pastikan kamu mengubah password secara berkala. Melakukan perubahan kata sandi secara berkala dapat membantumu menjaga keamanan akun dan perangkat. Setidaknya, kamu bisa mengubah password-mu setiap tiga bulan sekali. Akan tetapi, agar tidak menimbulkan potensi risiko lainnya, pastikan untuk selalu mencatat perubahannya, ya.

Itulah sedikit informasi dari kami tentang apa itu password, fungsi, jenis, dan cara membuatnya. Pastikan untuk menyimpan password dan tidak membagikannya dengan orang lain. Dengan membuat kombinasi yang cukup rumit dan menjaga kerahasiaan password, kamu tetap bisa menjaga keamanan perangkat dan akunmu secara efektif.

Ayo, mulai perhatikan keamanan data dan transaksi di websitemu. Jangan biarkan data pengunjung website disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan melengkapi sertifikat SSL pada websitemu, kamu bisa mengenkripsi data transaksi antara pengunjung dan websitemu.

Kamu tidak perlu khawatir lagi akan adanya peretasan data di tengah-tengah proses transaksi atau pengiriman data. IDwebhost menyediakan semua jenis SSL, mulai dari SSL Domain Validation, SSL Organization Validation, dan SSL Extended Validation.

Selain bisa melindungi data pengunjung, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lain seperti reputasi brand yang lebih baik. Bukan hanya itu, sertifikat SSL juga dapat meningkatkan peringkat SEO websitemu lho!

Kami menyediakan berbagai pilihan paket dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 80 ribuan saja! Dengan support tim profesional, IDwebhost siap membantu pemasangan hingga pemantauan 24/7 SSL website kamu. Tunggu apalagi? Ayo, pelajar lebih lanjut penawaran kami!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022