Apa Itu Metaverse? Pengertian dan Cara Kerja Metaverse

Apa Itu Metaverse? Pengertian dan Cara Kerja Metaverse

Metaverse adalah istilah yang hari ini banyak dibahas. Di mana-mana, banyak orang berlomba untuk menjadi yang paling tahu tentang metaverse. Memangnya, apa itu Metaverse? Dan mengapa metaverse jadi sangat populer? 

Metaverse jadi bahan pembicaraan yang menarik untuk dibahas. Bukan cuma orang yang berkecimpung di dunia teknologi saja yang membahasnya. Tapi juga lintas bidang. Bisnis, ekonomi, hingga pemasaran, tak mau kalah dalam membahas tentang apa itu metaverse dan cara kerja teknologi ini. 

Dunia virtual digadang-gadang menjadi gerbang menuju masa depan, yaitu era digital. Metaverse melejit sejak bos dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg mengubah nama holding perusahaannya, dari Facebook Inc, menjadi Meta Platform Inc.

Zuck, begitu ia biasa disapa, menyebutnya dengan Meta saja. Hanya saja, masih belum jelas juga apa itu metaverse. Karena Zuck sendiri masih menyebutnya sebagai konsep saja. 

Salah satu konsep besarnya adalah mengubah Facebook menjadi Meta. Dan karena Facebook memiliki lebih dari 3 miliar pengguna, ada beberapa fitur dalam metaverse yang membuatnya menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas. 

Sahabat IDwebhost, pada artikel kali ini, kami akan mengajak kamu semua untuk cari tahu lebih banyak tentang apa itu metaverse semua teknologi yang ada di dalamnya. 

Apa Itu Metaverse? 

Apa Itu Metaverse

Tentu kita sudah tidak sabar untuk mengulas apa itu metaverse. Metaverse, sebenarnya bukanlah istilah yang baru dikenal. 

Ide tentang metaverse, pertama kali dicetuskan oleh Neal Stephenson lewat novelnya Snow Crash. Sebuah buku yang terbit pada tahun 1992. 

Bagaimana, baru tahu kalau metaverse bukan istilah baru? Beda ceritanya dengan promo IDwebhost, yang selalu ada yang baru.

Jika dilihat dari gagasan awalnya, metaverse adalah dunia virtual berbasis tiga dimensi yang dihuni pengguna sungguhan yang dipersonifikasikan dengan avatar

Namun, seperti yang telah dikatakan oleh Mark Zuckerberg, metaverse masih sebatas pada konsep. Maka dari itu, teknologi ini belum bisa didefinisikan secara jelas. 

Menurut Peter Allen Clark dalam tulisannya untuk The Time, metaverse adalah dunia internet yang dihadirkan dalam bentuk virtual tiga dimensi. 

Sedangkan Mark Zuckerberg menggambarkan metaverse sebagai dunia virtual di mana penggunanya bebas keluar masuk sesuka hati menggunakan perangkat khusus. 

Sehingga, kamu sebagai pengguna, tidak hanya akan melihat layar, namun juga merasakan kehidupan di dalam dunia metaverse.

Di dalam dunia metaverse, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Mulai dari bersosialisasi, belanja, bekerja, hingga bermain bersama pengguna lain menggunakan teknologi khusus. 

Memangnya, teknologi apa saja sih, yang digunakan di metaverse? 

Beberapa teknologi yang digunakan untuk menjelajahi metaverse adalah kacamata augmented reality, headset virtual reality, serta aplikasi khusus yang bisa digunakan di smartphone, personal komputer, dan perangkat lainnya. 

Secara sederhana, Mark Zuckerberg menggambarkan metaverse adalah seperangkat ruang virtual, tempat di mana pengguna bisa membuat dan menjelajahi dunianya dengan pengguna internet lainnya. Pengguna tidak perlu pergi jauh dan memasuki ruang fisik yang sama dengan pengguna lain. 

Sebagai pengguna, kamu hanya perlu masuk ke dunia “metaverse”. 

Apakah Metaverse hanya untuk Facebook? 

Seiring dengan populernya metaverse, lalu timbul pertanyaan besar. Apakah metaverse hanya diperuntukkan bagi Facebook dan penggunanya? 

Kabar baiknya adalah tidak. Metaverse sangat penting untuk dikembangkan dan diperluas penggunaannya, agar pengguna bisa menjelajahi dunia sungguhan. 

Facebook juga harus bekerja sama dengan banyak perusahaan lain, agar pengguna bisa saling berinteraksi dan melakukan banyak hal lain di sana. Berbelanja dan berjualan, misalnya. 

Bukan hanya Facebook yang punya konsep tentang metaverse. Beberapa perusahaan teknologi raksasa kelas dunia, seperti Microsoft dan NVidia juga tak mau ketinggalan untuk mengembangkan teknologi metaverse. 

Ada lagi perusahaan game ternama, Epic Game, yang bahkan sudah mengumpulkan lebih dari 1 miliar dollar Amerika dari investor, untuk membangun platform metaverse mereka sendiri di masa depan. 

Belum lagi brand-brand ternama dunia, seperti Gucci, yang berkolaborasi dengan game Roblox untuk menjual koleksi aksesoris digital dalam dunia metaverse. 

Bahkan, beberapa klub olahraga elit dunia, seperti Inter Milan dan beberapa lainnya, juga menyediakan fan token dalam bentuk NFT, yang bisa digunakan oleh fans mereka. 

Di sisi lain, Facebook, dalam pernyataannya mengatakan bahwa metaverse bukanlah produk tunggal yang cuma bisa dibuat oleh satu perusahaan. Menurut Facebook, Metaverse adalah produk serupa internet. Ada atau tidak ada Facebook, metaverse tetap akan diperlukan. 

Cara Kerja Metaverse 

Apa Itu Metaverse

Metaverse adalah dunia internet yang dihadirkan dalam sebuah ruang virtual. Pengguna juga bisa melakukan berbagai aktivitas pada ruang tersebut. Mulai dari bekerja remote, berbelanja, hingga bermain bersama teman. Selayaknya dunia nyata. 

Namun, sebelum terjun ke dunia metaverse yang virtual, ada beberapa hal yang musti kamu persiapkan. 

Pertama adalah internet. Metaverse tak akan bisa dilepaskan dari yang namanya internet. Karena jaringan internet adalah akses utama ke metaverse. Sebuah perkembangan teknologi yang canggih. 

Selain itu, proses kerja metaverse juga didukung oleh perangkat modern yang mumpuni. Seperti headphone dan kacamata virtual reality atau augmented reality

Jika ingin berkutat di metaverse, kedua perangkat ini sangat penting keberadaannya. Apalagi sekarang banyak produk yang menunjang teknologi augmented reality dan virtual reality. Misalnya seperti tangan robot dan VR sunglasses berteknologi tinggi. 

Ada banyak brand dengan rentang harga variatif yang bisa kamu pilih. Beragamnya pilihan perangkat ini tentu bagus untuk pengguna. Karena, aktivitas di metaverse akan akan terasa nyata dan mudah. 

Berbagai Hal yang Bisa Dilakukan di Metaverse 

Metaverse adalah dunia virtual yang dirancang untuk bisa melakukan banyak hal. Metaverse akan terus berkembang dengan menyediakan berbagai pilihan kegiatan yang menarik dan produktif bagi penggunanya. 

Memangnya, aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di Metaverse? 

Berikut adalah aktivitas yang bisa kamu lakukan di metaverse: 

1. Bekerja 

Apa Itu Metaverse

Sekarang ini, bekerja secara remote adalah pemandangan yang biasa. Bagi perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, jamak yang menerapkan sistem kerja secara remote. Meskipun, ada yang full remote dan ada yang hybrid. 

Mau merasakan kerja di perusahaan teknologi, IDwebhost buka lowongan kerja untuk beberapa posisi lho, yuk cek! 

Metaverse menjadi sesuatu yang baru bagi pekerja yang selama ini bisa jadi mengalami kejenuhan dengan sistem work from home

Pengguna metaverse tidak hanya bisa melihat rekan kerja lewat aplikasi online meeting, namun juga bisa bergabung secara langsung di virtual office yang ada di metaverse. 

Facebook misalnya. Dianggap sebagai pencetus tren metaverse di era modern, perusahaan yang dibesut Mark Zuckerberg telah meluncurkan aplikasi software meeting di metaverse bernama Horizon Workrooms

Dengan perangkat seperti headset VR, kacamata AR, dan oculus rift, pengguna serasa bisa bekerja seperti di kantor sungguhan. 

Di dunia metaverse, kamu juga bisa berteleportasi dari satu pengalaman ke pengalaman lain. Yaa, hampir sebelas duabelas sama Doctor Strange yang suka berpindah-pindah dunia itu, lho. 

2. Main gim 

Kedua, hal yang bisa dilakukan di metaverse adalah main gim. Metaverse adalah dunia yang menyenangkan untuk para penghobi gim. Karena banyak pengembang gim yang mengembangkan gim agar bisa dimainkan di dunia virtual metaverse.

Banyak gim kekinian yang bisa dimainkan di metaverse. Berbekal oculus rift, kamu akan merasakan main gim seperti di dunia nyata. 

3. Nonton konser virtual 

Metaverse bisa juga untuk nonton konser virtual, lho. Berbeda dengan konser virtual biasa yang hanya bisa dinikmati via aplikasi streaming online, di metaverse, pengguna akan merasakan vibe seperti sedang menonton konser secara langsung. 

Dengan bantuan teknologi, nonton konser virtual akan jadi pengalaman yang menarik. 

4. Membeli karya seni 

Di metaverse, kamu juga bisa melakukan aktivitas jual beli, lho. Sistem jual beli di metaverse hadir dalam bentuk NFT atau Non Fungible Token. 

Pengguna bisa melihat dan membeli hak kepemilikan sebuah karya seni. 

Bukan hanya karya seni, pengguna juga bisa membeli pakaian dari brand yang sudah hadir di metaverse. Pakaian ini nantinya dapat digunakan dalam bentuk avatar. Atau istilah populernya, digital fashion. 

Kesimpulan 

Itulah tadi penjelasan singkat apa itu metaverse. Banyak yang bilang metaverse adalah dunia masa depan, di mana semua aktivitas dilakukan secara virtual. Jangan sampai ketinggalan tren teknologi terkini dengan berlangganan blog IDwebhost

Dapatkan juga promo domain dan hosting murah, jasa pembuatan website, karena promo IDwebhost ada terus sepanjang waktu. 

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019