Apa Itu Marketplace Online?

7 Apr 2019
Apa Itu Marketplace Online? campaign-unlimited

Anda pasti sudah tidak asing lagi kan dengan istilah marketplace. Saat ini, industri marketplace Indonesia memang berkembang pesat. Mereka telah membantu memudahkan masyarakat Indonesia untuk bisa berbelanja hanya dengan melalui smartphone dan menunggu barang diantarkan sampai rumah. Tetapi, sebenarnya apa sih pengertian marketplace online itu?

Apa itu Marketplace Online?

Marketplace merupakan sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi transaksi jual beli dari berbagai toko. Sebenarnya marketplace online memiliki konsep yang mirip dengan pasar tradisional. Pada dasarnya, pemilik atau owner marketplace tidak bertanggung jawab atas produk yang dijual karena tugas mereka yaitu menyediakan tempat bagi para penjual yang ingin menjual produk mereka dan membantu mereka untuk bertemu pelanggan online serta melakukan transaksi yang lebih mudah. Transaksinya sudah diatur oleh marketplacenya. Kemudian setelah menerima pembayaran virtual, barulah penjual mengirim barang yang dipesan ke pembeli. Salah satu alasan mengapa marketplace populer adalah karena nyaman dan mudah digunakan. Banyak yang menggambarkan marketplace online ibarat department store.

Pertama kali marketplace online mulai popular pada tahun 1995. Pada tahun itu, Amazon dan eBay yang terkenal, otomatis banyak orang yang menggunakannya. Di saat itu juga sebuah bank di Amerika yaitu The Presidential Bank meluncurkan banking online pertama. Pada tahun 1998, PayPal pun menyusul dengan memberi kemudahan lebih banyak untuk keperluan transaksi online. Di Asia, Jack Ma meluncurkan Alibaba di China pada tahun 1999.

Dua dekade sudah terlewati dan industri marketplace terus berkembang. Sekarang, Anda dapat menemukan banyak marketplace dengan berbagai kategori, mulai dari pakaian sampai bahan kerajinan. Di Indonesia sudah memiliki beberapa marketplace lokal terbesar seperti Tokopedia dan Bukalapak. Kedua marketplace online ini sudah sangat sukses di Indonesia sampai menjadi 2 dari 4 Startup Unicorn di Indonesia.

Baca juga : Mengenal eCommerce, Penjelasan Tentang Marketplace dan Toko Online

Horizontal dan Vertical Marketplace Online

 

horizontal dan vertikal marketplace online
IDwebhost

 

Dalam membahas marketplace online, Anda mungkin akan menemui istilah seperti horizontal dan vertical marketplace. Apa artinya itu?

Horizontal Marketplace

Horizontal marketplace menjual berbagai produk dengan banyak kategori berbeda. Tokopedia dan Bukalapak termasuk jenis horizontal marketplace. Pada 2 website tersebut, Anda bisa menemukan banyak jenis barang, mulai dari buku, furniture, makanan, baju, mainan, gadget, dan lainnya. Biasanya, horizontal marketplace menampilkan dirinya sebagai toko serba ada dan mengutamakan kenyamanan sebagai selling pointnya.

Vertikal Marketplace

Dibandingkan dengan horizontal marketplace, vertical marketplace lebih ke spesialis. Marketplace jenis ini adalah website yang menjual produk dari satu jenis yang sama. Misalnya, sebuah marketplace yang hanya menjual keperluan bayi atau sepatu. Contohnya seperti Cipika Store milik Indosat yang menjual berbagai produk dalam negeri seperti makanan dan baju khas daerah.

3 Marketplace Online Terbesar di Dunia

 

marketplace online terbesar di dunia
IDwebhost

 

Mungkin Anda penasaran, apa saja marketplace online terbesar yang ada di dunia? Berikut ini adalah 3 marketplace terbesar di dunia.

1. Amazon

Hampir semua pengguna internet pasti tau Amazon. Jeff Bezos, pendiri Amazon adalah pengusaha terkaya di dunia untuk saat ini. Amazon berdiri pada tahun 1995, Amazon menjual berbagai macam jenis barang di websitenya, mulai dari makanan, mainan anak, buku, alat elektronik, dan masih banyak lagi. Padahal pada awalnya, mereka hanya menjual buku. Amazon terus berkembang dan marketplace ini sudah beroperasi di 11 negara seperti Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Amazon juga memproduksi berbagai produk multimedia dan konten. Mungkin Anda pernah mendengar Alexa atau Kindle? Mereka  dari Amazon, loh! Selain itu, Amazon juga sudah mengembangkan jasa hosting mereka bernama AWS.

2. eBay

eBay adalah salah satu marketplace online pertama di dunia. Sampai saat ini, ada sekitar 167 juta pengguna aktif di 190 pasar di dunia. Yang membedakan eBay dengan marketplace lain adalah Anda bisa melakukan lelang di situs ini.

3. Alibaba

Jack Ma adalah pendiri marketplace online terbesar di Cina yang bernama Alibaba. Alibaba memiliki ratusan juta pelanggan dan Anda juga bisa menemukan jutaaan penjual di Alibaba. 80% dari pasar marketplace online di Cina dikuasai oleh Alibaba. Tidak hanya itu, Alibaba juga diklaim sebagi marketplace terbesar di dunia dengan jumlah transaksi melebihi total transaksi antara Amazon dan eBay.

6 Marketplace Online Terbesar di Indonesia

 

marketplace online terbesar di indonesia
IDwebhost

 

Industri marketplace online juga dapat dibilang sebagai salah satu industri besar di Indonesia. Pasti Anda telah menyadari bahwa dalam beberapa tahun ini, kita sudah bisa belanja dengan lebih mudah secara online. Berikut ini adalah marketplace-marketplace besar di Indonesia yang terkenal.

1. Tokopedia

Tokopedia merupakan marketplace online terbesar di Indonesia. Anda bisa membuka toko online sendiri dengan mudah di Tokopedia. Sampai saat ini, Tokopedia sudah mendapatkan funding sampai series G. Pada bulan November 2018 kemarin, mereka juga mendapatkan funding dari Softbank Vision Fund.

2. Bukalapak

Anda juga pasti tidak asing lagi dengan nama Bukalapak. Sebagai salah satu marketplace online terbesar di Indonesia, Bukalapak juga menyediakan tempat untuk Anda yang tertarik berjualan. Bukalapak mengutamakan kemudahan dan kehandalan platformnya supaya pengguna bisa mendapatkan user experience yang terbaik.

3. BliBli

Blibli merupakan pusat belanja online dengan beragam jenis produk dari komputer dan gadget, kesehatan dan kecantikan, fashion, ibu dan anak, rumah dan dekorasi, serta otomotif. Blibli juga memberikan berbagai promo khusus, tiket dan voucher untuk pelanggannya.

4. JD.ID

JD.ID adalah sebuah department store online yang mempunyai banyak jenis barang. Anda dapat menemukan berbagai kategori produk seperti fashion, elektronik, serta gadget. JD.ID diluncurkan pada bulan November 2015. JD.ID merupakan anak perusahaan e-commerce dari China JD.com. Keunggulan dari JD.ID adalah menjamin originalitas barang yang dijualnya.

5. Shopee Indonesia

Shopee adalah marketplace online terdiversifikasi dan terdepan yang menyediakan pengalaman belanja web biasa. Platform belanja online yang Shopee tersedia di seluruh Asia Tenggara, Shopee juga ada di Singapura, Filipina, Thailand, Malaysia, Vietnam, serta Taiwan.

6. Elevenia

Marketplace terbesar yang terakhir adalah Elevenia. Elevania memiliki lebih dari 30.000 penjual dan lebih dari 4 juta produk di berbagai kategori, seperti peralatan rumah tangga, kesehatan, kecantikan dan fashion, keluarga, komputer dan gadget, barang olahraga, koleksi, makanan, serta minuman. Selain itu, Elevenia juga menyediakan promosi dan e-kupon penggunanya.

Kesimpulan

Di artikel ini, IDwebhost sudah membahas tentang apa itu marketplace online. Anda yang ingin menghasilkan uang melalui internet juga semakin mudah dengan adanya marketplace. Jika Anda ingin terus mendapat artikel menarik seputar bisnis, jangan lupa untuk subscribe ke blog IDwebhost. Semoga artikel ini dapat membantu anda yah!