Apa Itu Linktree? Ketahui Kegunaan dan Cara Membuat Linktree untuk Usahamu

22 Sep 2022
Apa Itu Linktree? Ketahui Kegunaan dan Cara Membuat Linktree untuk Usahamu

Pernahkah kamu melihat Linktree tertera pada bio pengguna di Instagram? Mulai dari toko, influencer, public figure, hingga reseller berbagai produk juga mencantumkannya pada bagian bio. Jadi, sebenarnya apa itu Linktree? Lalu, bagaimana cara membuat Linktree?

Linktree pada bio pengguna Instagram akan mengarahkan pengunjung ke ‘buku menu’ berbagai pilihan tautan. Banyak akun toko menyediakan tautan ke akun sosial medianya seperti Facebook atau Twitter. Sementara itu, content creator juga seringkali menyediakan tautan ke halaman produk di website belanja online yang direkomendasikannya.

Kira-kira sudah dapat gambaran belum tentang Linktree apa itu Linktree? Belum? Tenang saja, mari simak ulasan berikut untuk mengenal pengertian dan cara bikin Linktree selengkapnya.

Apa Itu Linktree?

apa itu linktree

Bagi yang belum tahu, tentu akan bertanya-tanya: apa itu Linktree? Linktree adalah sebuah situs yang menyediakan alat untuk membuat halaman yang berisi pilihan tautan ke aplikasi atau situs lain. Dengan menggunakan Linktree, kamu bisa mengarahkan audiens untuk mengunjungi tautan ke sosial media, halaman situs, atau toko di aplikasi marketplace.

Linktree digunakan untuk mewadahi banyak tautan, yang bisa diakses melalui satu kali tap link saja. Misalnya, seperti pada bio Instagram. Bagian link pada bio Instagram hanya bisa diisi satu tautan saja. Padahal, kini banyak bisnis online yang menggunakan lebih dari satu platform digital.

Penggunaan lebih dari satu platform digital tentu saja dimaksudkan untuk memperluas target audiens. Dengan menggunakan Linktree, akun bisnis online di platform  yang berbeda-beda bisa ditampilkan tautannya dalam satu halaman sekaligus. Bukan hanya lebih efisien, tentu saja pemakaian Linktree mendukung pemasaran cross platform yang praktis.

Kegunaan Linktree

Bagi kamu pemilik usaha atau bisnis online, pemakaian Lintree tentu dapat memberikan banyak keuntungan. Sebelum melangkah ke pembahasan cara membuat Linktree, yuk simak apa saja kegunaan Linktree bagi bisnis online di bawah ini:

Promosi Lintas Platform

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan bagi para pengusaha online ialah mendapatkan promosi lintas platform yang praktis. Seperti yang disebutkan sekilas pada pembahasan tentang Linktree di atas, pemakaian Linktree dapat mempermudah pelaku usaha online mengorganisir berbagai tautan dalam satu wadah.

Dalam satu halaman, kamu bisa menayangkan tautan ke sosial media lainnya, tautan website, tautan marketplace, serta akses ke contact person. Ini juga menguntungkan jika dilihat dari sisi audiens. Linktree memungkinkan audiens memilih platform yang disukainya untuk menjangkau tokomu.

Jangkauan Audiens yang Lebih Luas

caa membuat linktree

Dengan menggunakan Linktree, toko kamu bisa menjangkau target audiens yang lebih luas. Kebanyakan brand kesusahan melakukan personalisasi guna menjangkau banyak audiens. Penggunaan Linktree yang memungkinkan audiens untuk memilih platform nya sendiri tentu dapat memangkas persoalan ini.

Audiens bisa lebih leluasa untuk menentukan aksi yang diinginkan. Misalnya seperti ingin memeriksa testimoni produk melalui tautan situs e-commerce toko atau langsung melakukan pemesanan melalui tautan akun WhatsApp.

Meningkatkan CTR

CTR merupakan salah satu indikator dalam penjualan di toko online. Semakin tinggi Click Through Rate yang didapatkan, artinya semakin besar potensi penjualan. Jika kamu ingin meningkatkan CTR dengan menggunakan Linktree, kamu harus memberikan deskripsi yang menarik.

Tautan yang tersedia di Linktree akan ditampilkan dalam bentuk judul sepanjang 60 karakter. Jika kamu dapat memanfaatkan 60 karakter ini untuk menuliskan kata kunci yang tepat, maka audiens lebih engaged dan CTR meningkat. Akan tetapi, perhatikan juga untuk tetap menghindari keyword stuffing, ya!

Menciptakan Branding yang Lebih Baik

Usaha online yang aktif di berbagai platform memberikan kesan positif. Semakin mudah sebuah brand untuk ditemukan di berbagai platform maka akan semakin baik kredibilitas dari brand tersebut.

Dengan menampilkan berbagai platform tokomu, ini tentu saja akan menjadi strategi branding yang baik. Alhasil, kepercayaan audiens akan terus meningkat dan begitu pula dengan jumlah penjualan. Nah, semakin tertarik untuk membuat Linktree, bukan?

Memudahkan Analisis Jumlah Klik dan Traffic

Linktree bukan hanya menyediakan alat untuk menampilkan tautan berbagai platform, akan tetapi juga bisa digunakan untuk menganalisis jumlah klik dan traffic. Dari analisis ini bisa diketahui berapa jumlah audiens yang mengunjungi situs website, e-commerce, atau sosial media lain milik tokomu.

Dengan informasi jumlah klik serta traffic ini, diharapkan bisa membantumu untuk mengetahui platform mana yang paling banyak diminati audiens. Selanjutnya, kamu bisa melakukan evaluasi dan perbaikan kualitas pada platform tokomu lainnya.

Meningkatkan Penjualan Afiliasi

Keuntungan lain dari penggunaan Linktree ialah meningkatkan penjualan afiliasi. Ini merupakan sebuah strategi pemasaran online dengan menawarkan suatu produk atau jasa melalui sebuah konten dan tautan. Pernahkah kamu melihat influencer atau siapapun itu yang mengajak penonton IG Story nya untuk klik link di bio?

Afiliator mendapatkan komisi dari setiap pembelian produk atau jasa yang direkomendasikannya. Dengan demikian, semakin mudah audiens mengunjungi katalog produk tentu semakin besar peluang audiens melakukan pembelian.

Hemat Budget

Alternatif lain dari pemakaian Linktree adalah pemasangan iklan. Sayangnya, pemasangan iklan memakan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, untuk mendapatkan hasilnya pun juga memerlukan waktu yang tidak singkat.

Dengan menggunakan Linktree kamu bisa mempromosikan semua platform usahamu dalam satu halaman saja. Tentu saja cara ini dapat memangkas biaya iklan yang cukup besar. Jika kamu tertarik untuk menggunakan fitur premiumnya, Linktree Pro juga menawarkan harga terjangkau dengan fitur yang lebih lengkap.

Cara Membuat Linktree

caa membuat linktree

Usai membaca ulasan di atas, tertarik untuk mulai mempromosikan usahamu cross platform dengan Linktree? Jika iya, sebaiknya kamu mengetahui bagaimana cara daftar Linktree untuk mulai membuat halaman tautan usahamu. Yuk, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Masuklah ke browser pada perangkatmu.
  • Kemudian kunjungi linktr.ee/register untuk mengakses daftar Linktree.
  • Pada halaman utama, kamu akan diminta untuk memasukkan data diri berupa alamat email, kata sandi, dan nama pengguna.
  • Setelah mengisi semua data diri yang diminta, pilihlah salah satu kategori tujuan pembuatan Linktree. Ada banyak pilihan kategori yang tersedia, misalnya bisnis, edukasi, fashion, dan sebagainya.
  • Berikutnya, kamu bisa memilih jenis Linktree yang ingin dibuat. Ada Linktree gratis atau versi Pro yang berbayar dengan fitur premium.
  • Usai memilih kategori Linktree yang sesuai, lakukan verifikasi alamat email. Buka email dan lakukan verifikasi melalui email yang dikirimkan oleh Linktree.
  • Langkah dari cara membuat Linktree berikutnya ialah kembali membuka halaman linktr.ee login untuk masuk ke akun. Masukkan data diri sesuai dengan data Linktree login yang sudah dibuat.
  • Jika sudah masuk, kamu bisa menambahkan tautan baru dengan menekan tombol Add New Link. Kamu bisa membuat Linktree WhatsApp dengan langsung memasukkan tautan akunmu pada kolom yang tersedia. Jika tidak tahu dari mana mengambil tautan WhatsApp, salin dan tambahkan nomormu pada tautan ini: https://wa.me/tambahnomormudisini.
  • Lakukan langkah yang sama untuk menambahkan tautan lain, misalnya untuk cara membuat Linktree Instagram.
  • Jika sudah memasukkan tautan, lengkapi bagian judul beserta thumbnail dengan menggunakan gambar yang jelas dan mudah dikenali.
  • Setelah berhasil menambahkan tautan ke dalam akun Linktree, salin link Linktree agar dapat diakses oleh audiens. Tekan tombol Copy Linktree di pojok kanan atas.
  • Terakhir, tampilkan link Linktree tersebut pada bio sosial media atau situs usahamu.

Nah, itulah ulasan tentang pengertian, kegunaan, serta cara membuat Linktree yang wajib kamu ketahui. Semoga ulasan di atas membantu kamu untuk mengetahui cara buat Linktree dengan benar. Baca juga tips-tips menarik seputar sosial media marketing, tutorial WordPress, dan blogging di blog IDwebhost, ya!

Jika kamu ingin memiliki website dengan teknologi terbaru dan performa super cepat, IDwebhost menyediakan banyak pilihan paket hosting murah menarik, lho!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022