Apa Itu Kode Referral? Begini Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya untuk Pengembangan Bisnis

5 Jul 2023
Apa Itu Kode Referral? Begini Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya untuk Pengembangan Bisnis campaign-unlimited

Istilah kode referral dapat ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, terutama di media sosial. Sebenarnya, apa itu kode referral? Mengapa orang-orang membagikannya dan bahkan mengajak orang lain untuk menggunakannya? Jadi, kode referral merupakan sebuah kode yang terdiri atas kombinasi beberapa karakter.

Pemakaian kode referral dapat memberikan banyak keuntungan, baik untuk pelaku bisnis, pengguna kode referral, dan calon pelanggan. Pengguna kode referral bisa mendapatkan keuntungan berupa komisi Pay Through Click (PTC) setiap kali ada calon pelanggan yang menggunakan kodenya.

Sementara itu, calon pelanggan yang mendapatkan kode biasanya juga bisa mendapatkan keuntungan, bisa dalam bentuk potongan harga maupun hadiah cuma-cuma. Di sisi lain, kode referral bisa sangat menguntungkan pengusaha untuk pengembangan bisnis. Nah, untuk pembahasan selengkapnya tentang kode referral, mari simak ulasannya di bawah ini, yuk!  

Apa Itu Kode Referral?

kode referral adalah

Kamu dapat menemukan kode referral dengan mudah di internet. Ada banyak influencer dan public figure yang sering membagikan kode referral di media sosial maupun website. Jadi, apa sih kode referral itu?

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, kode referral adalah sebuah kode yang terdiri atas susunan beberapa karakter unik berupa huruf, simbol, dan angka. Kode ini digunakan untuk mengajak orang bergabung dalam keanggotaan sebuah platform atau melakukan pembelian produk yang berhadiah.

Terdengar menarik, ya? Kode referral umumnya digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanannya. Sebagai contoh kode referral yang banyak ditemukan adalah kode referral promo cashback dari e-commerce.  Misalnya dari Shopee atau Tokopedia.

Setelah pelanggan melakukan pembelian dalam jumlah tertentu atau pada event khusus, biasanya perusahaan akan membagikan kode referral. Lalu, setelah mendapatkannya seperti apa itu kode referral digunakan? Kode ini selanjutnya dapat direferensikan ke orang-orang terdekat pengguna maupun pengikutnya di media sosial.

Cara input kode referral berbeda-beda, tergantung pada metode yang diterapkan oleh perusahaan pembuatnya. Untuk kode referral dari e-commerce misalnya, biasanya cara menggunakannya adalah dengan memasukkan kode pada saat proses checkout produk belanjaan.

Selain itu, kode referral juga bisa berbentuk link tautan. URL link ini akan mengarahkan penerima kode untuk melakukan tindakan tertentu. Contohnya seperti mengarahkan user ke halaman pendaftaran akun atau halaman detail pengunduhan sebuah aplikasi. Kode referral ini banyak digunakan pada bisnis affiliate marketing.

Fungsi Kode Referral

kode referral adalah

Beberapa orang mengenal apa itu kode referral sebagai kode promo. Ini tidak sepenuhnya salah, sebab promosi memang salah satu kegunaan dari kode referral.

Akan tetapi, kode referral dan kode promosi jelas berbeda, mengingat kode referral dibuat untuk didistribusikan dari 1 pelanggan ke calon pelanggan. Berikut adalah beberapa fungsi dari kode referral:

1. Sebagai Strategi Pemasaran

Kode referral merupakan salah satu alat strategi marketing dari sebuah bisnis. Siapa yang tidak suka mendapatkan hadiah atau potongan harga? Pemberian hadiah berupa komisi terlebih lagi, dapat membuat banyak orang lebih mudah tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

2. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Selain karena penawaran hadiah gratisnya, strategi distribusi kode referral yang mengandalkan word of mouth juga berpeluang untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Bayangkan saat kode referral direkomendasikan oleh satu user ke beberapa user lainnya. Distribusi ini dapat berpeluang untuk diteruskan ke user-user lainnya lagi.

3. Membangun Loyalitas

Kode referral dapat digunakan untuk membangun loyalitas pelanggan. Berikan kode referral pada pelanggan yang sudah setia menggunakan produk atau jasamu. Dengan demikian, pelanggan akan merasa dihargai sehingga terbentuklah loyalitas pada produkmu. Di samping itu, perusahaanmu juga dapat menampilkan value yang lebih unggul di mata pelanggan.

4. Mengembangkan Produk

Jika kamu sedang mengembangkan atau meluncurkan sebuah produk baru, kode referral dapat membantumu untuk mengembangkan kualitas produk tersebut. Caranya adalah dengan memberikan kode referral sebagai hadiah jika pelangganmu bersedia untuk mengikuti survey pengembangan produk.

5. Meningkatkan Transaksi Penjualan

Fungsi satu ini tampaknya sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Sebagai salah satu alat strategi pemasaran, kode referral tentu dapat meningkatkan transaksi penjualanmu. Untuk merekomendasikan kode referral ke user lainnya, seorang user biasanya turut membagikan review produk dan testimoninya. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi pemilik bisnis.

Jenis Kode Referral

Ada berbagai jenis dari kode referral. Jenis-jenis ini dibedakan menurut metode pemberian maupun requirement untuk mendapatkan kode referral.

  • Email Referrals. Jenis ini mengandalkan email marketing yang menjelaskan informasi terkait sebuah produk tertentu dan menyertakan pemberian kode referral di dalamnya.
  • Direct Referrals. Seperti namanya, ini merupakan upaya pemasaran yang dilakukan secara langsung oleh perusahaan. Dalam praktiknya, perusahaan dapat langsung meminta pelanggan untuk melakukan promosi sebuah produk dengan menyertakan kode referral.
  • Referrals From Reviews. Ini merupakan jenis kode referral yang diberikan sebagai hadiah atas pemberian review produk dari pelanggan.
  • Incentive-based Referrals. Seperti apa itu kode referral incentive-based? Ini merupakan jenis kode referral yang banyak direkomendasikan oleh public figure dan influencer. Jika berhasil mengajak orang lain untuk bergabung atau melakukan pembelian, pemilik kode akan mendapatkan komisi.
  • Social Media Referrals. Ini adalah jenis kode referral yang kini banyak dipraktikkan oleh pelaku bisnis. Jenis ini memerlukan perusahaan untuk mengunggah konten dengan kode referral pada media sosial dan berharap audiens turut menyebarkan unggahan sehingga terciptalah jangkauan yang luas.

Cara Kerja Kode Referral untuk Keperluan Bisnis

cara kerja kode referral

Penerapan kode referral memiliki peluang besar untuk memasarkan produk maupun mengembangkan bisnis. Namun, jika kamu belum benar-benar paham seperti apa itu kode referral bekerja, kamu tidak perlu khawatir. Bagian akhir dari artikel ini akan menjelaskan cara kerjanya dalam beberapa tahapan.

1. Pembuatan Kode

Hal pertama sekaligus yang paling utama dari penggunaan kode referral terdapat pada pembuatan kode. Kamu dapat membuat kode statis, yang artinya semua kode akan menggunakan format kode yang sama. Namun ini bukanlah ketentuan yang paten, kode referral dapat dibuat seragam ataupun unik.

Sebagai contoh seperti kode referral DANA. Perusahaan e-wallet ini membuatkan kode referral khusus yang unik untuk masing-masing penggunanya. Kode yang seragam biasanya lebih mengacu pada promosi produk tertentu atau jenis layanan yang spesifik dari perusahaan. Contohnya seperti kode referral Gojek.

2. Menyebarkan Kode

Tahapan berikutnya adalah menyebarkan kode referral. Sebagai perusahaan pembuat kode referral, kamu perlu mempersiapkan syarat dan ketentuan yang jelas untuk penyebaran kode referral. Misalnya seperti channel apa saja yang dapat digunakan untuk menyebarkan kode referral atau informasi apa yang perlu dijelaskan dalam menyebarkan kode referral.

3. Pendataan Kode

Kerja kode referral perlu melalui tahapan ini apabila kode yang kamu bagikan unik dan memberikan insentif atau komisi. Jika kamu membagikan kode referral yang berbasis komisi maka kamu perlu melacak penggunaan kode melalui cookie maupun tautan. Dari sini selanjutnya kamu dapat melakukan kalkulasi komisi yang didapatkan oleh pelanggan.

4. Klaim Reward

Tahapan kerja kode referral yang terakhir adalah klaim reward. Setelah pelanggan berhasil melakukan instruksi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberikan, perusahaan wajib memberikan hadiah sesuai dengan yang sudah dijanjikan.

Jadi, sekarang sudah paham apa itu kode referral dan cara kerjanya, kan? Penerapan kode referral pada bisnis bisa sangat menguntungkan sebab berpeluang untuk mengembangkan bisnis dengan jangkauan audiens yang lebih luas. Namun, di samping itu pastikan untuk menjaga kualitas produk dan layananmu juga, ya.

IDwebhost juga menawarkan program afiliasi dengan menggunakan kode referral, lho. Keuntungan yang ditawarkan bahkan tidak main-main. Kamu bisa mendapatkan komisi sebesar 70% dari setiap pembelian hosting melalui referensimu! Klik di sini untuk informasi lebih lanjut, yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022