Apa itu IoT? Cara Kerja & Unsur IoT di Beberapa Industri

26 Des 2021
Apa itu IoT? Cara Kerja & Unsur IoT di Beberapa Industri

Apa itu IoT? Sebelum membahas lebih dalam mari kita pelajari teknologi yang ada di sekitar kita. Contohnya, kita sudah sangat mengenal tentang teknologi smartphone. Teknologi ini dapat untuk mengontrol berbagai perangkat di rumah melalui smartphone.

Semua kemudahan ini mampu Anda gunakan berkat adanya Internet of Things (IoT). IoT mampu untuk menghubungkan berbagai perangkat via internet. Dengan begitu, Anda dapat mengendalikannya dari mana saja dan kapan saja yang dapat Anda rasakan kemudahannya sehari-hari. 

Selain itu, IoT juga dapat digunakan untuk bisnis. Contohnya dengan adanya IoT, para pebisnis dapat mengumpulkan data yang bertujuan dalam memudahkan pengambilan keputusan pada aktivitas bisnis.

Jika Anda sudah penasaran mengenai IoT, Anda dapat mempelajarinya pada pembahasan berikut ini.

Apa itu IoT?

IoT atau Internet of Things merupakan sebuah konsep dimana berbagai perangkat yang memiliki sensor dapat saling terintegrasi melalui internet dengan mengumpulkan dan mentransfer data. Kegiatan tersebut dapat dilakukan tanpa menggunakan bantuan manusia dan komputer.

Proses transfer data yang terjadi pada IoT ini dilakukan dengan menggunakan berbagai macam teknologi. Sebagai contohnya sensor, QR Code, sampai pada Radio Frequency Identification (RFID) yang terdapat pada sebuah perangkat. 

Internet of things memberikan kemudahan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Teknologi IoT dapat  menghubungkan berbagai perangkat yang berkat koneksi internet. Hal ini dikarenakan, perangkat yang terkoneksi dengan mengumpulkan dan menganalisa data dapat dilakukan dengan menggunakan perintah Anda secara otomatis. 

Penggunaan IoT yang paling mudah ditemui saat ini adalah smart home. Sebuah proses otomatisasi dalam pengelolaan rumah dan bangunan. 

Selain itu, pada aktivitas bisnis contohnya, QR Code yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran dan metode scan barcode agar dapat mengetahui harga produk. Lalu, IoT juga dapat dipakai untuk mengumpulkan berbagai data pada proses bisnis. Contohnya data aktivitas pelanggan, kinerja mesin, dan pergerakan stok produk. 

Nantinya, data tersebut akan diolah kembali sebagai bahan pengambilan keputusan bisnis. Misalnya ketika ingin mengembangkan fitur baru sebuah produk. 

Cara Kerja IoT

apa-itu-iot

Cara kerja IoT yang pertama adalah, sensor akan mendeteksi dan mengumpulkan data atau informasi. Contohnya, sensor yang dapat mendeteksi QR Code agar dapat menunjukkan data pembayaran dari rekening pelanggan. 

Kemudian, sensor dapat mengirimkan data pembayaran kepada cloud atau server. Selanjutnya, Cloud mampu menyimpan lalu memproses data pembelian dengan menggunakan Artificial Intelligence atau machine learning.

Hasil pengolahan data menjadi dapat untuk membuat keputusan secara otomatis pada perangkat Anda melalui sambungan internet. Contohnya, menampilkan data histori pembelian produk dan juga tren preferensi pelanggan. 

Manfaat IoT di Bidang Bisnis

apa-itu-iot

1. Mampu Menekan Biaya Operasional

IoT mampu untuk menghubungkan berbagai data perangkat pada satu interface. Termasuk dalam interface smartphone Anda. Jadi, Anda pun menjadi dapat untuk melakukan monitoring data dan juga akses perangkat dari mana saja.

Dari kemudahan-kemudahan ini, Anda menjadi lebih hemat dalam biaya karena biaya operasional dapat ditekan. Contoh yang paling sederhana adalah, Anda bisa mendapatkan pemberitahuan bahwa penggunaan daya AC Anda sudah melebihi kapasitas. Maka, Anda dapat langsung mematikan AC dari smartphone. 

Dengan begitu, Anda dapat mematikan perangkat sebelum boros dalam penggunaan listrik. Alhasil, biaya operasional Anda menjadi lebih hemat.

2. Dapat Meningkatkan Efisiensi Kerja

Salah satu manfaat IoT yaitu adanya proses otomatisasi pada perangkat. Contohnya seperti alat penyiram tanaman otomatis pada industri pertanian modern.

Dengan otomatisasi tersebut, efisiensi pekerjaan dapat meningkat. Sebab, pekerjaan berulang yang dapat memakan waktu sudah dapat dilakukan oleh perangkat otomatis. Jadi, pegawai bisa untuk beralih mengerjakan pekerjaan lain yang jauh lebih penting. 

3. Memberikan Insight Data sebagai Pengambilan Keputusan Bisnis

Dengan menggunakan bantuan Artificial Intelligence pada IoT akan dapat untuk mengolah data pelanggan menjadi sebuah insight yang benar-benar bermanfaat untuk keputusan bisnis.

Contohnya, Anda menjadi lebih mudah untuk mempromosikan produk pada pelanggan spesifik. Data yang masuk melalui QR Code akan diolah menjadi data pola pembelian produk yang diambil dari pelanggan berusia 20 sampai 35 tahun.

Menggunakan data tersebut, Anda mampu untuk mengetahui produk favorit pelanggan yang nantinya dapat dipromosikan ulang.

Unsur-unsur dalam IoT

apa-itu-iot

Anda telah menyimak cara kerja dan manfaat pada IoT. Dalam alur cara kerja itu, terdapat beberapa unsur yang berperan dalam IoT ini. Berikut ini merupakan unsur-unsur IoT atau level IoT:

1. Sensor

Unsur pertama IoT yaitu sensor. Sensor merupakan perangkat yang berfungsi sebagai perangkat yang merekam dan juga mengumpulkan data. Biasanya sensor berupa micro chip yang terpasang pada perangkat IoT. Contohnya, alat scan barcode, kamera, dan GPS smartphone. 

2. Konektivitas

Setelah data direkam, data perlu untuk dikirim ke dalam tempat pemrosesan data. Oleh karena itu, data membutuhkan konektivitas. 

Konektivitas merupakan unsur IoT yang menghubungkan satu elemen dengan elemen lainnya dalam ekosistem IoT. Contohnya antara sensor, perangkat, dan penyimpanan data. 

Nah, elemen-elemen itu menjadi mampu untuk dihubungkan dengan berbagai jenis jaringan internet. Contohnya WiFi, Bluetooth, dan satelit. 

Tiap jenis jaringan internet ini mempunyai tingkat konsumsi daya, jangkauan, dan besaran bandwidth yang berbeda-beda. Tapi, keseluruhannya mempunyai tujuan sama. Yaitu, mengirim data yang didapat ke penyimpanan awan. 

3. Cloud

Nah, berkat konektivitas, data Anda dapat untuk dikirimkan ke cloud. Cloud merupakan server dalam menyimpan dan memproses data sesuai kebutuhan pengguna IoT.

Misalnya, barcode yang sudah terekam sensor dapat diolah menjadi harga produk yang akan muncul pada layar komputer. Selain itu, data histori pembelian pada QR Code menjadi bisa untuk diolah menjadi data preferensi pelanggan.

4. Artificial Intelligence

Artificial intelligence merupakan teknologi yang membuat sistem komputer, perangkat lunak, program dan supaya dapat untuk “berpikir” layaknya otak manusia. Contohnya, mengolah data sesuai keperluan pengguna. 

Nah, Artificial Intelligence ini dapat mengolah data dengan machine learning, yaitu dengan mesin yang dapat mempelajari data secara otomatis tanpa melalui pemrograman tertentu. 

Artinya, AI dapat membantu perangkat dalam mempelajari data dalam jumlah banyak. Contohnya dalam menemukan tren atau pola dari kumpulan data. Tujuannya adalah agar dapat memberikan pengambilan keputusan terbaik. 

5. User Interface

Unsur yang terakhir yaitu user interface. User interface bertugas dalam menampilkan informasi yang telah diolah oleh cloud ke pengguna IoT. 

Contohnya, data temperatur AC di rumah yang dapat dipantau dari smartphone. Ketika penggunaan daya telah melebihi batas wajar, Anda dapat menerima notifikasi pada smartphone Anda. 

Kesimpulan

Internet of Things adalah berbagai perangkat yang saling terhubung via jaringan internet untuk melakukan transfer data. 

Kehadiran IoT diharapkan dapat memudahkan manusia dalam beraktivitas. Apalagi dengan jaringan internet yang kian luas dan kuat jangkauannya. IoT adalah keharusan.

Nah, jika  ingin menerapkan IoT, Anda  membutuhkan server yang mumpuni. Tujuannya jelas, agar proses pengolahan data bisa berjalan lebih maksimal. 

Semoga bermanfaat

Selanjutnya Anda juga bisa lho mengunjungi halaman website IDwebhost di bagian blog IDwebhost supaya Anda juga dapat memperoleh informasi artikel lainya, 

Anda juga dapat menggunakan hosting terbaik sebagai pilihan yang telah disediakan oleh IDwebhost dan domain lengkap beserta promo didalamnya untuk keperluan bisnis online Anda. 

Selain itu, Anda dapat juga menggunakan layanan dari wunik atau IDwebhost yang dapat memberikan kemudahan dalam memaksimalkan bisnis Anda secara online dengan layanan jasa pembuatan website.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Penulis
Member since 2 Jul 2013