Apa Itu Internet of Things? Segala Hal yang Harus Kamu Tahu

29 Jan 2022
Apa Itu Internet of Things? Segala Hal yang Harus Kamu Tahu

Perkembangan teknologi yang semakin lama semakin maju banyak sekali inovasi- inovasi yang dilakukan di Internet. Misalnya Internet Of things atau biasa disingkat dengan IoT. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu internet of Things.

Internet Of Things pertama kali diumumkan oleh Internet Society pada tahun 2015. Tepatnya pada 15 Oktober 2015 mempublikasikan Internet Society dengan menerbitkan laporan resmi 50 halaman yang memberikan gambaran umum tentang IoT.

Pada artikel kali ini IDwebhost akan membahas tentang apa itu Internet of Things, manfaat IoT dan IoT dapat dimanfaatkan di bidang apa saja?

Apa Itu Internet Of Things?

Apa Itu Internet Of Things

Internet Of Things atau IoT adalah sebuah konsep menggabungkan data dan kemampuan analitik data yang kuat. Dengan tujuan untuk berkomunikasi dan bertukar data melalui perangkat lain. Seperti komputer ke handphone selama masih terhubung ke internet.

Internet of Things bisa membuat dunia menjadi lebih cerdas dan juga lebih responsif dengan cara menggabungkan teknologi digital dan juga perangkat fisik atau device. Perangkat komputer yang terhubung ke jaringan internet memungkinkan untuk mengubah hal apapun seperti produk konsumen, mobil, pesawat dan objek sehari- hari lainnya. Berbagai hal tersebut pun masuk di dalam IoT.

Unsur- Unsur Pembentukan Internet Of Things

Secara teknis IoT memiliki beberapa unsur-unsur yang penting untuk pembentukannya. Hal ini memungkinkan IoT dapat bekerja secara maksimal. Lantas apa saja unsur IoT? Berikut adalah Unsur pembentuk Internet Of Things.

1.  Sensor

Sensor adalah salah satu pembeda mesin Internet Of Things dengan mesin pintar lainnya. Dengan adanya sensor akan membuat mesin IoT pada segi jaringan dari sistem yang sebelumnya pasif berubah menjadi aktif dan terintegrasi dengan baik.

2. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Selanjutnya adalah Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) menjadi faktor yang sangat penting di dalam IoT sendiri. Kecerdasaan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah sistem kecerdasaan yang ditambahkan kepada suatu perangkat komputer dan dirancang mengikuti tindakan serta pola pikir manusia itu sendiri.

Dengan adanya AI perangkat bisa menjadi lebih pintar. Pemanfaatan AI juga akan lebih memudahkan perangkat dalam menganalisis data secara lebih kompleks. Bentuk layanan lainnya seperti assistant layanan, mesin pengingat data serta juga bisa perangkat pengelola informasi data.

3.   Koneksi  Antar Jaringan (Konektivitas)

Konektivitas atau koneksi antar jaringan menjadi komponen yang sangat penting didalam Internet Of Things, untuk dapat berkomunikasi secara lancar. Koneksi jaringan haruslah berjalan dengan stabil.

Di dalam pengaplikasian IoT sendiri pun memungkinkan kita untuk membuat jaringan pendukung yang baru. Jaringan yang khusus digunakan dalam perangkat IoT.

4.   Perangkat Mikro

Lapisan penting ini mencakup dari peralatan fisik. Mikro yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan data atau mengendalikan suatu mekanisme dengan baik dan maksimal.

Kehadiran perangkat mikro atau perangkat yang berukuran penting ini dapat meningkatkan skalabilitas, ketepatan dan fleksibilitas perangkat IoT. Belum lagi, semakin kecil perangkat mikro maka semakin meminimalisir nilai biaya.

Cara Kerja Internet Of Things

Apa Itu Internet Of Things

Secara sederhananya konsep IoT bekerja dengan memanfaatkan bahasa pemrograman yang setiap perintahnya dapat menghasilkan interaksi ke sesama perangkat yang terhubung secara otomatis, tanpa adanya gangguan pengguna, bahkan dalam jarak yang sangat jauh sekalipun.

Faktor vital yang harus disiapkan pada penerapan Internet Of Things adalah jaringan internet yang stabil yang menjadi penghubung antara sistem dan perangkat.

Sementara fungsi manusia pada IoT adalah menjadi monitor untuk setiap perilaku perangkat saat mereka bekerja.

Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Dari Pengunaan Internet

Apa Saja Manfaat Internet Of Things?

Setelah mengetahui pengertian, unsur pembentukan dan Cara Kerja Internet Of Things sekarang idwebhost.com akan menjelaskan manfaat Internet of Things dalam berbagai bidang.

Internet Of Things dalam penerapanya sendiri memanglah memiliki banyak manfaat untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam segala bidang, berikut beberapa bidang diantaranya:

–  Bidang Transportasi

Internet Of Things memiliki banyak contoh penerapan di keseharian kita, salah satunya adalah bidang transportasi. Kendaraan otomatis menjadi salah satu perwujudan dari IoT.

Dengan demikian pengguna kendaraan akan bisa menjalankan kendaraan tanpa harus mengemudinya secara langsung. Perusahaan yang telah mengembangkan IoT di bidang Transportasi adalah Tesla yang dimiliki Oleh Elon Musk.

–  Bidang Energi

Ada banyak masalah yang dimiliki oleh bidang energi. ini antara lain seperti, polusi, pemborosan sumber daya, limbah pabrik dan lain sebagaianya.

Dengan hadirnya Internet Of Things masalah yang dimiliki pada bidang energi dapat diminimalkan. Contoh penerapan IoT, antara lain menciptakan sensor cahaya dapat mengurangi penggunaan listrik.

Selain itu IoT dapat digunakan pada perangkat smart home, seperti mesin cuci, kulkas, tv dan AC.

–  Bidang Meteorologi dan Lingkungan

Keberadaan IoT akan sangat berguna bagi lingkungan. Internet Of Things akan dengan mudah memonitoring dan mengelola keadaan lingkungan sekitar secara real time.

Seperti memantau trafik lalu lintas, memantau kualitas udara, mengecek kondisi debit di waduk bahkan IoT dapat dimanfaatkan untuk sistem peringatan bencana.

–  Bidang Kesehatan

Di dalam dunia kesehatan Internet Of Things terus dikembangkan agar kedepannya dapat membantu  para tenaga medis agar lebih cepat mendiagnosa dan menentukan apa yang harus dilakukan.

Kini, sudah banyak inovasi yang telah memanfaatkan IoT di dalam dunia kesehatan seperti pengecekan detak jantung, kadar gula, melakukan CT scan dan membantu melakukan bedah.

–  Bidang Pertanian

Jaringan Internet

Selanjutnya adalah penerapan IoT di dalam bidang pertanian. Penerapan Internet Of Things pada bidang pertanian dapat dilakukan dengan bermacam cara seperti pengumpulan data.

Data-data yang dikumpulkan seperti tingkat ph tanah dan air, curah hujan, kelembaban serta pemantauan hama yang bisa merusak pertanian.

Data yang sudah dikumpulkan akan dapat berguna untuk mengambil keputusan guna meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil tani. Selain itu juga dapat mengurangi usaha yang dilakukan untuk mengelola pertanian.

–  Smart Home

Yang terakhir adalah penerapan Internet of Things pada smart home. Perangkat IoT tak hanya dapat digunakan pada bidang- bidang usaha dan industri saja. Tetapi IoT juga dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi kalian.

Anda dapat membuat rumah menjadi serba otomatis. Mulai dari menghidupkan lampu, menghidupkan perangkat elektronik tv, ac, sampai membuka dan mengunci otomatis pintu rumah.

Perangkat tersebut disebut sebagai Smart Home Peripheral atau perangkat rumah pintar keren bukan? Tak hanya keren tetapi penerapan IoT pada rumah Anda, juga dapat menghemat energi.

Karena Anda dapat mengontrol perangkat rumah. dari jarak jauh seperti lampu yang bisa hidup otomatis pada malam hari dan mati pada pagi hari. Sehingga tidak ada energi yang terbuang secara sia-sia.

Kesimpulan Apa Itu Internet of Things?

Jadi Internet Of Things adalah suatu jaringan internet yang dipasang pada sensor, software dan teknologi lain dengan tujuan agar bisa terhubung dan bertukar data antar sistem dengan menggunakan jaringan internet.

Internet of Things untuk bisnis atau perusahaan mampu memberikan keuntungan dalam bentuk data, memaksimalkan produktivitas dan juga efisiensi produksi serta juga mampu mengubah nilai bisnis saat mampu menghubungkan berbagai hal fisik kedalam digital.

Beberapa perusahaan industri yang bisa menikmati kecanggihan Internet of Things antara lain adalah perusahaan industri, kesehatan, transportasi, dan lainnya.

Nah, itulah kira-kira penjelasan lengkap mengenai apa itu internet of things, manfaatnya dan unsur-unsur pembentukannya.

Baca Juga: Pengertian Internet Sejarah dan Perkembanganya

Nah, buat Anda yang ingin merasakan kecanggihan teknologi hosting terbaik untuk website, jangan ragu untuk menggunakan layanan hosting dan domain murah IDwebhost. Ada banyak paket hosting yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Buktikan murahnya, web hosting, ya IDwebhost!

Penulis
Member since 2 Jul 2013