Apa Itu Google Adsense dan Cara Daftar Google Adsense dengan Mudah

5 Feb 2022
Apa Itu Google Adsense dan Cara Daftar Google Adsense dengan Mudah

 Semakin berkembangnya dunia internet saat ini membuka banyak kesempatan untuk mendapatkan uang dari internet. Salah satunya langkah yang terkenal sekarang ini adalah tergabung dengan Google AdSense.

Apakah dari Anda ada yang belum mengetahui mengenai Apa itu Google AdSense? Tak perlu khawatir karena IDwebhost akan memberi tutorial komplit untuk Anda yang baru hendak menjadi penerbit/publisher Google AdSense.

Riwayat Google AdSense

Apa Itu Google Adsense
Apa Itu Google Adsense

AdSense hadir sesudah Google melakukan akusisi pada Pyra Labs di bulan Februari 2003. Satu bulan kemudian, persisnya tanggal 4 Februari 2003, lewat Chairman dan CEO-nya, Google saat itu mengumumkan munculnya layanan periklanan terbaru dari Google yang dinamakan AdSense.

Untuk memperbaiki layanan iklan di AdSense, satu bulan kemudian Google mengakuisisi teknologi dari Applied Semantics untuk mengoptimalkan kerja AdSense agar lebih bagus.

Semenjak muncul untuk pertama kali, layanan AdSense hanya tersedia untuk konten berbahasa Inggris dan beberapa bahasa yang berada di Negara Eropa, Timur tengah, Asia Timur dan Thailand

Pada akhirnya di tanggal 1 Februari 2012 layanan iklan Google AdSense memberikan dukungan penuh untuk Bahasa Indonesia. Sampai sekarang, Google AdSense memiliki 2 tipe akun untuk para publishernya. Yaitu AdSense Hosted untuk basis Youtube dan AdSense non Hosted untuk website.

Baca Juga: Lupa Password Gmail, Apa Yang Harus Dilakukan

Apa itu Google AdSense?

AdSense adalah program iklan berbasiskan CPC (cost-per-click) yang memungkinkannya pemilik web memperoleh pendapatan dari iklan yang dipasang. 

Semenjak kemunculan pertamanya, banyak pemilik web yang berlomba untuk mendaftarkan jadi penerbit/publisher AdSense di Indonesia. 

Bisa dibuktikan sampai sekarang ini telah ada sekitar dua juta lebih penerbit/publisher AdSense yang menyebar di penjuru dunia dan tiap tahunnya selalu bertambah.

AdSense tampilkan iklan pada web berbentuk teks, gambar dan video ke pengunjung web disesuaikan dengan minat user. Cara Kerja Google AdSense adalah memanfaatkan cache dari browser pengguna untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan. Nantinya iklan yang muncul akan sesuai ketertarikan atau keperluan pengguna.

Contoh saja Anda mencari Hosting Murah di mesin pencari Google. Tidak berapa lama nanti iklan yang ada ialah dari beragam penyedia Hosting Murah Indonesia. Iklan yang tampil ini akan berbeda sendirinya ikuti dari cache yang ada dalam browser Anda.

Cara Kerja Google Adsense

Langkah kerja Google AdSense dengan bayar tiap ada click pada iklan oleh pengunjung web. Makin banyak click artinya akan semakin besar juga penghasilan AdSense.

 

Karena itu Anda harus membuat konten web yang memikat ditambah lagi teknik optimasi SEO yang benar. Berikut kami hadirkan langkah kerja Google AdSense:

  1. Menyediakan Ruang Iklan

Untuk penempatan iklan, umumnya akan muncul pada header, artikel, footer dan sidebar. Cara penempatannya adalah, Anda tinggal menempelkan kode iklan berbentuk script di bagian tersebut, nanti iklan akan ada sesuai ketertarikan pengunjung web.

  1. Tawaran Iklan Akan Muncul

Beberapa advertiser akan melakukan penawaran pada harga yang paling tinggi supaya bisa tampil pada space iklan yang sudah ada pada web Anda.

  1. Dibayar

Besarnya bayaran yang didapatkan datang dari iklan yang telah di-click/dibuka oleh pengunjung web. Untuk besaran ongkos per click tergantung dari tipe produk dan kompetisi bid antara advertiser.

  1. Penonaktifan Google Adsense

Jika Anda tidak mematuhi aturan dan pedoman yang telah diberikan google Adsense maka akun Anda bisa di-banned otomatis oleh sistem.

Baca Juga: Apa Itu Bitcoin? Penjelasan Lengkap Tentang Bitcoin

Cara Daftar Google Adsense

Cara mendaftar Google AdSense tidaklah sulit. Anda hanya perlu mempersiapkan e-mail dan web aktif. Adapun beberapa langkah untuk mendaftarkan program ini seperti berikut.

– Membuka https://www.google.com/adsense/start.

– Click Mulai.

– Login ke Account Google.

– Tentukan apa Anda ingin AdSense mengirim anjuran performa dan kontribusi yang disamakan.
Sebaiknya pilih Ya supaya Anda memperoleh hasil optimal dari AdSense. Anda bisa mengganti settingan contact di masa mendatang.

Apa Itu Google Adsense

– Tentukan negara atau daerah pembayaran Anda.
Catatan: Pastikan Anda pilih negara/daerah tempat Anda tinggal sekarang ini dan tempat Anda bisa terima Nomor Pengenal Pribadi (PIN) lewat pos. Ini akan menolong Anda terima pembayaran di masa mendatang. Anda tidak bisa mengganti negara/daerah di AdSense di lain kali.

– Tinjau dan sepakati Persyaratan dan Ketentuan AdSense.

– Klik Mulai gunakan AdSense.

– Saat ini Anda sukses login ke akun AdSense yang baru.

Cara Mengaktifkan Google AdSense

Sesudah mengetahui cara mendaftar AdSense, sekarang Anda harus aktifkan layanan Google AdSense tersebut

– Buka browser kemudian kunjungi google.com/adsense/start/

– Kemudian klik opsi “Mulai”. 

– Berikutnya masukan link situs milik Anda. 

– Pastikan Anda menuliskan link tanpa path.

Sebagai contoh, penulisan link yang benar, misalnya IDwebhost.com

– Tahap selanjutnya yaitu masukan alamat email, kemudian ceklis kolom “Ya” atau “Tidak”. Jika memilih“Ya”, nantinya Anda akan mendapatkan informasi seputar Google AdSense lewat email. Begitu pula sebaliknya. 

– Selanjutnya klik “Simpan dan lanjutkan”. 

– Langkah berikutnya yaitu login menggunakan akun Google yang Anda miliki.

– Kemudian pilih negara.

– Kemudian silakan baca dan setujui “Persyaratan dan Ketentuan AdSense”.

–  Terakhir klik “Buat Akun”.

Cara Daftar Google AdSense YouTube

Saat Anda mempunyai kanal YouTube, Anda bisa juga mendaftarkan Google AdSense.

Untuk persyaratan mendaftar YouTube AdSense , Anda harus memiliki minimal 1.000 pelanggan dan mendapatkan 4000 jam penayangan selama 12 bulan terakhir.

Sesudah persyaratan tercukupi, Anda langsung bisa daftar Google AdSense. Adapun cara mendaftar Google AdSense YouTube seperti berikut:

-Membuat Akun Gmail

Cara mendaftar AdSense untuk YouTube yang pertama yakni membuat account Gmail lebih dulu. Tetapi bila Anda telah mempunyai Gmail, langsung bisa login memakai akun tersebut.

-Membuat Channel Youtube

Untuk daftar kanal YouTube, Anda dapat segera membuka halaman YouTube. Kemduain, masuk menggunakan akun Gmail yang telah dibuat sebelumnya.

-Masuk ke Pengaturan Video Manager Youtube

Cara mendaftar Google AdSense YouTube selanjutnya adalah masuk pada menu pengaturan video manager.

Untuk masuk pada menu itu, cukup click icon yang ada di sudut atas kanan di profil Anda. Lantas click “Creator Studio“, selanjutnya akan ada penampilan “Buat Saluran“.

-Mengunggah video

Sesudah mengatur akun, Anda langsung bisa upload video minimum tiga sampai lima video. Tambahkan deskripsi untuk melengkapi video yang diupload.

Cara Monetisasi Akun Youtube

Cara mendaftar Google AdSense untuk YouTube selanjutnya adalah cara mengaktifkan monetisasi YouTube. Untuk aktifkan monetasi ini, berikut beberapa langkahnya:

-Pilih menu “Creator Studio”.

-Lalu pilih opsi “Saluran – status dan fitur”.

– Pada kolom “Monetisasi”, klik opsi “Aktifkan”.

– Beri tanda ceklis di kolom kotak yang tersedia,

– lalu klik “Saya Setuju”.

– Tahap selanjutnya beri tanda ceklis di kolom kotak dan klik “Monetisasi”. Terakhir, tunggu sampai pihak Google AdSense selesai meninjau permintaan Anda.

Cara mendaftar Adsense dapat dilakukan menggunakan smartphone atau komputer desktop. Langkah Daftar Google AdSense melalui smartphone juga hampir sama dengan mendaftarkan di perangkat desktop. Anda tidak akan menemui kesulitan berarti saat mendaftarkan lewat smartphone.

Penutup

Demikianlah pembahasan Mengenai Apa itu Google AdSense dan cara mendaftarkannya dengan mudah semoga bermanfaat. 

Bagaimana, tertarik menjadi publisher Google AdSense? Jika jawabannya adalah iya, Anda harus punya website dulu. Dan ini adalah momentum yang tepat, karena di IDwebhost sedang banyak promo menarik. Anda bisa mendapatkan domain dan hosting dengan harga yang lebih murah.

Mau lebih mudah lagi? Jasa Pembuatan Website IDwebhost siap memudahkan Anda untuk bisa memiliki website sesuai yang diinginkan.

Jadi, tunggu apalagi, web hosting, ya IDwebhost!

 

 

Penulis
Member since 2 Jul 2013