Apa Itu g.co.recover Email: Solusi Lupa Password Akun Gmail

31 Des 2023
Apa Itu g.co.recover Email: Solusi Lupa Password Akun Gmail campaign-unlimited

Informasi login Gmail merupakan kunci untuk mengakses berbagai data dalam akun. Mulai dari email, file-file di Google Drive, dan masih banyak lainnya. Akan tetapi jika lupa password, g.co.recover email dapat membantu untuk memulihkan akun dan mengganti password lama.

Gmail adalah layanan email yang paling banyak digunakan, khususnya di Indonesia. Dilansir dari survey Katadata, pada tahun 2016 jumlah pengguna akun Gmail di Indonesia mencapai 81,8 juta. Hal ini cukup wajar lantaran Gmail memberikan layanan dan berbagai bantuan untuk pengguna yang lengkap.

g.co.recover adalah salah satu bantuan layanan Google. Bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk memulihkan kembali akunnya. Mari ketahui ulasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu g.co.recover?

Mungkin kamu bertanya-tanya sejak awal, sebenarnya apa itu g.co.recover email? Jadi, g.co.recover adalah sebuah layanan pemulihan akun Gmail yang disediakan oleh Google. Layanan ini memungkinkan pemilik akun Gmail untuk melakukan reset kata sandinya.

Semua pengguna atau pemilik akun Gmail dapat menggunakan layanan ini apabila perlu melakukan reset kata sandi akun. Syarat untuk menggunakan layanan ini adalah mempunyai alamat email recovery. Akan tetapi, masih ada cara lain apabila pengguna juga tidak bisa mengakses email pemulihan.

Selain menggunakan alamat email pemulihan, pengguna juga dapat menggunakan nomor telepon. Namun, nomor telepon yang digunakan ini harus sudah terdaftar pada akun Gmail yang ingin dipulihkan kembali kata sandinya.

g.co.recover email dapat diakses melalui web browser biasa. Pengguna dapat menggunakan browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan sebagainya. Untuk membukanya, pengguna dapat menggunakan web browser dengan perangkat mobile maupun desktop.

Dengan melakukan pemulihan menggunakan g.co.recover, pengguna bisa mendapatkan akun Gmailnya kembali dengan cepat. Hal yang paling penting untuk mengembalikan akun Google dengan g.co.recover adalah memastikan alamat email pemulihan dan nomor telepon aktif dan dapat menerima kode verifikasi untuk segera digunakan mereset kata sandi.

Cara Mengatasi Lupa Password Menggunakan g.co.recover

g.co.recover email

Dari pembahasan seputar pengertian apa itu g.co.recover email di atas dapat disimpulkan bahwa ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi lupa password Gmail dengan bantuan g.co.recover. Adapun kedua cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Cara Mengatasi dengan Email Pemulihan

Cara memulihkan akun Google dengan reset password Gmail yang pertama adalah dengan menggunakan bantuan dari alamat email pemulihan. Alamat email ini merupakan email yang sebelumnya sudah didaftarkan sebagai recovery email pada akun Google yang ingin dipulihkan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama lakukan login akun Google dengan alamat email pemulihan.
  • Setelah kotak masuk email terbuka, minimize dan buka jendela baru.
  • Pada jendela baru ini kunjungi g.co.recover dengan memasukkan alamat https://g.co.recover di kolom pencarian browser.
  • Jika halaman sudah terbuka, masukkan alamat email akun yang ingin dipulihkan.
  • Kemudian tekan opsi Next atau Berikutnya.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi dari akun. Pilihlah opsi Forgot Password atau Lupa kata sandi.
  • Biasanya Google akan langsung menampilkan opsi pemulihan dengan alamat email untuk akun yang sudah pernah mendaftarkan alamat email alternatif. Klik opsi tersebut.
  • Halaman berikutnya akan menampilkan pemberitahuan bahwa Google sudah mengirimkan kode ke alamat email yang terdaftar beserta kolom untuk diisikan kode verifikasi.
  • Buka jendela lain yang sebelumnya sudah membuka kotak masuk alamat email pemulihan.
  • Lakukan refresh dan buka email yang dikirimkan oleh Google.
  • Salin kode yang terdapat pada email tersebut dan tempelkan pada kolom yang sudah disediakan oleh g.co.recover email.
  • Jika sudah, tekan Next atau Berikutnya untuk mengirimkan kode.
  • Berikutnya, kamu akan diminta untuk membuat password baru. Buatlah kata sandi yang kuat dengan jumlah karakter minimal 8 dan berupa gabungan dari huruf, angka, dan simbol.
  • Ulangi penulisan password baru di kolom konfirmasi yang tersedia di bawahnya.
  • Klik Save password atau Simpan kata sandi untuk menyimpan perubahan.

2. Cara Mengatasi dengan Nomor Telepon Terdaftar

Selain menggunakan g.co.recover email, kamu juga dapat memulihkan email menggunakan nomor telepon. Seperti yang sudah disebutkan di atas, nomor telepon yang bisa digunakan untuk pemulihan akun Google adalah nomor telepon yang sudah terdaftar pada akun yang sama. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka halaman g.co.recover di browser.
  • Kemudian, masukkan alamat email yang akan dipulihkan.
  • Tekan Next untuk melanjutkan.
  • Kemudian, saat kamu diminta untuk memasukkan kata sandi pilihlah opsi Coba cara lain atau Try another way.
  • Pada halaman berikutnya Google akan secara otomatis menampilkan cara pemulihan lainnya menggunakan informasi kontak yang sebelumnya sudah dilengkapi. Salah satunya adalah dengan menggunakan nomor telepon. Pilih opsi pemulihan dengan nomor telepon.
  • Untuk pemulihan dengan nomor telepon, kamu dapat memilih metode pesan teks atau panggilan suara. Pilihlah salah satu metode yang sesuai.
  • Kode verifikasi akan dikirimkan melalui SMS jika kamu memilih metode pemulihan dengan Text. Namun, jika kamu memilih Call maka kamu akan mendapatkan panggilan yang akan membacakan kode verifikasi.
  • Masukkan kode verifikasi pada kolom yang sudah disediakan.
  • Jika sudah tekan tombol Next di bagian bawah.
  • Apabila kode verifikasi telah dikonfirmasi benar oleh Google, maka kamu dapat melanjutkan ke proses pembuatan kata sandi baru.
  • Simpan kata sandi baru yang sudah dibuat dan kamu dapat mengakses akun Google kembali.

Bagaimana Jika Tidak Mempunyai Alamat Email dan Nomor Telepon Terdaftar yang Aktif?

g.co.recover email

Cara memulihkan akun Gmail di atas mudah, bukan? Sayangnya, kedua cara di atas tidak bisa dilakukan apabila pengguna belum pernah mendaftarkan nomor telepon atau alamat email lain sebagai kontak informasi pemulihan akun. Meskipun begitu, jangan berkecil hati sebab kamu tetap bisa memulihkan akun dengan g.co.recover email.

Kamu dapat memilih opsi Login dengan cara lain apabila tidak bisa mendapatkan kode verifikasi dengan email maupun nomor telepon. Cara lain login ini cukup beragam. Google akan mengirimkan pemberitahuan login ke aplikasi yang menggunakan akun Google di perangkat lain. Misalnya seperti aplikasi YouTube mobile.

Untuk mengkonfirmasi identitasmu, kamu dapat membuka aplikasi Google tersebut di perangkat lain dan memberikan konfirmasi. Misalnya dengan memasukkan kode atau angka yang sama di halaman g.co.recover atau menjawab pertanyaan pada pemberitahuan tersebut.

Cara lainnya untuk masuk dan memulihkan akun Gmail adalah dengan menjawab pertanyaan keamanan. Akan tetapi, tentu saja ini hanya tersedia jika sebelumnya kamu sudah mengatur pertanyaan dan jawabannya. Jika belum, maka cara terakhir adalah dengan meminta Login request.

Login request ini merupakan sebuah link untuk masuk ke akun Gmail tanpa kode verifikasi. Setelah meminta login request, Google akan memproses selama 72 jam. Dalam kurun waktu tersebut, Google akan mengkonfirmasi identitasmu dan mengirimkan link untuk login langsung.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi akun Gmail lupa password dengan bantuan g.co.recover email ini. Sebagai tindakan preventif, kamu dapat mengatur alamat email alternatif, nomor telepon pengguna, serta pertanyaan keamanan bila kelak diperlukan.

Baca artikel lainnya di blog IDwebhost untuk menambah pengetahuan seputar teknologi, pengembangan website, dan trend baru lainnya. Jika kamu tertarik untuk mengelola website, cek penawaran terbatas layanan hosting IDwebhost sekarang dan dapatkan harga terbaik khusus buat kamu!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022