Apa Itu Freelance? Begini Pengertian, Cara Kerja, dan Contohnya

30 Jul 2023
Apa Itu Freelance? Begini Pengertian, Cara Kerja, dan Contohnya campaign-unlimited

Ada banyak pilihan untuk mengembangkan karir. Salah satunya adalah dengan kerja freelance. Sudah tahu apa itu freelance? Ini adalah salah satu jenis pekerjaan yang kini banyak diminati dan bahkan jumlahnya terus bertambah. Kebanyakan orang menyukainya lantaran memiliki waktu kerja yang fleksibel.

Seorang freelancer bisa menentukan waktu kerjanya sendiri. Meskipun memiliki jam kerja yang lebih fleksibel, freelance menawarkan pendapatan yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan kerja full time. Nah, kalau kamu tertarik dan ingin tahu cara cari uang online menjadi freelance, langsung saja ikuti pembahasan di bawah ini, ya!

Apa Itu Freelance?

Freelance adalah pekerjaan yang melakukan pekerjaan atau tugas dari klien  tanpa adanya komitmen layaknya menjadi karyawan full time. Seseorang yang bekerja freelance biasanya juga disebut sebagai freelancer atau pekerja lepas. Umumnya pekerjaan freelance bersifat jangka pendek.

Pekerja lepas dapat menentukan sendiri jenis pekerjaan yang akan dilakukan dan berapa gaji yang ingin didapatkan. Akan tetapi, tentu saja hal ini harus melalui kesepakatan yang sudah ditentukan oleh freelancer dank lien. Jadi, alih-alih menggunakan sistem kontrak, sistem kerja freelancer menggunakan perjanjian kesepakatan.

Hal-hal terkait dengan tugas, deadline, lama kerja, hingga banyak gaji freelancer diputuskan berdasarkan kesepakatan dengan klien. Oleh karena itu freelance menawarkan besar gaji yang menarik. Freelancer bisa menghasilkan uang per hari, per project atau tugas, atau per jam.

Cara Kerja Freelance

apa itu freelancer

Semestinya penjelasan apa itu freelance di atas sudah bisa memberikan sedikit gambaran untuk kamu. Lalu, bagaimana dengan cara kerjanya? Pada dasarnya, cara kerja freelance juga fleksibel menyesuaikan dengan penawaran dan sistem kerja yang telah disepakati oleh pekerja lepas dan klien.

Untuk mendapatkan pekerjaan, freelancer bisa mendaftarkan diri seperti apply lowongan kerja biasa. Lowongan kerja yang menerima pekerja lepas biasanya akan memberikan keterangan pada deskripsinya. Selain mendaftar sendiri, ada kalanya juga pekerjaan yang justru menghampiri si freelancer.

Selanjutnya, klien biasanya akan menyampaikan kebutuhannya kepada freelancer dan memberikan penawaran sistem kerja dan gaji pada freelancer. Namun, dalam beberapa kasus ada juga klien yang meminta portofolio pekerjaan freelancer terlebih dahulu untuk memastikan kualitas kerjanya.

Pihak pekerja lepas dapat mengajukan penawaran atau menyetujui tawaran klien langsung. Pokoknya, pekerjaan baru bisa dimulai setelah kedua belah pihak sama-sama setuju dengan tarif, waktu, dan sistem kerja yang sudah disetujui. Sebelum proses pekerjaan dimulai, klien akan membuat perjanjian sesuai dengan kesepakatan yang sudah diputuskan.

Usai kedua pihak menandatangani perjanjian, proses kerja bisa dimulai. Freelancer harus memenuhi kewajibannya untuk mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang sudah disetujui. Sementara klien wajib  memenuhi hak freelancer sesuai dengan kesepakatan.

Kelebihan dan Kekurangan Kerja Freelance

Usai membahas apa itu freelance  dan bagaimana sistem kerjanya, berikutnya kamu wajib mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya. Sama seperti jenis pekerjaan lainnya, kerja lepas juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

1. Kelebihan Freelance

Di samping waktu kerjanya yang tidak penuh waktu, freelance juga menawarkan sejumlah kelebihan lainnya. Adapun beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Lokasi dan waktu kerja yang fleksibel. Sebagai pekerja lepas, kamu memiliki privilege untuk bekerja dari mana saja sesuai waktu yang kamu tentukan. Kamu tidak perlu memenuhi jam kerja tertentu untuk mendapatkan gaji. Hal yang paling penting adalah kamu memberikan hasil pekerjaan yang sesuai dengan standar dan deadline yang sudah disetujui.
  • Bisa memilih project yang ingin dikerjakan. Bukan hanya lokasi dan waktu, kamu juga bisa bebas memilih dengan siapa kamu ignin bekerja. Di samping itu, kerja freelance juga tidak membatasi kamu untuk memiliki klien lebih dari 1, lho.
  • Berkesempatan untuk meningkatkan skill kapan saja. Skill yang sering diasah semakin lama akan semakin tajam. Terlebih lagi jika kamu bekerja sebagai freelancer. Ada banyak waktu luang yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan skill. Dengan begitu, kamu bisa menawarkan rate yang lebih tinggi mengingat skill yang ditawarkan sudah lebih profesional.
  • Pengalaman kerja yang tidak terbatas. Seperti yang dijelaskan di poin atas, kamu bisa memilih dengan siapa kamu ingin bekerja. Tidak terkecuali dengan klien dari luar negeri. Kamu bisa bekerja dengan klien-klien dari perusahaan internasional tanpa perlu mobile ke luar rumah.
  • Pendapatan yang menarik. Sistem gaji yang fleksibel dan kesempatan kerja dari mana saja membuat angka pendapatan freelancer sangat menarik. Kebanyakan freelancer bahkan menerima gaji dalam mata uang asing, lho.

2. Kekurangan Freelance

Di samping keunggulan freelance di atas, pekerjaan ini juga memiliki sejumlah kelemahan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Mempunyai tanggung jawab administratif. Pekerja lepas harus membayarkan pajak sendiri. Kamu tidak bisa mengandalkan perusahaan klien untuk membayarkan pajak penghasilan yang kamu dapatkan.
  • Tidak mendapatkan benefit seperti karyawan full time. Bekerja secara freelance artinya kamu perlu mengelola gajimu sendiri. Soal asuransi kesehatan, biaya transport, dan sebagainya menjadi tanggung jawabmu sepenuhnya.
  • Memerlukan modal pribadi. Tidak jarang pekerja lepas memerlukan modal pribadi. Misalnya seperti harus membayar sejumlah biaya untuk mengikuti kursus skill tertentu.
  • Pendapatan yang tidak tetap. Sekalipun menawarkan gaji yang fantastis, kamu belum tentu akan mendapatkan gaji yang sama setiap bulan. Gaji pekerja lepas tergantung pada jumlah klien yang mempekerjakan jasanya.

Contoh Kerja Freelance

apa itu freelancer

Pasti kamu kini bertanya-tanya, seperti apa sih contoh pekerjaan freelance? Ada banyak contoh kerja lepas yang ada di sekitar kita, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Freelance desain dan kreatif. Contoh kerja lepas ini memungkinkan kamu untuk menyediakan jasa desain atau pengembangan konten kreatif lainnya. Kamu bisa membantu tugas-tugas dalam bidang desain dan kreatif dalam jangka pendek. Role untuk bidang ini misalnya seperti website designer, video editor, illustrator, graphic designer, photographer, dan sebagainya.
  • Freelance penulisan. Skill menulis dapat dimanfaatkan sebagai pekerjaan, lho. Bidang ini menawarkan banyak pilihan role seperti penerjemah, content writer, copywriter, dan sebagainya.
  • Freelance finance dan accounting. Kini ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa freelancer di bidang keuangan. Umumnya cakupan kerja pekerja lepas bidang ini meliputi pembuatan laporan keuangan, pembayaran pajak, dan sebagainya.
  • Freelance IT support. Beberapa perusahaan yang tidak memiliki tim IT lebih memilih untuk menyewa jasa pekerja lepas IT untuk membantu urusan teknis perusahaan. Contoh role di bidang ini antara lain seperti programmer, website developer, atau quality assurance.

Cari Lowongan Freelance di Mana?

apa itu freelancer

Setelah membahas pengertian apa itu freelance, cara kerja, kelebihan dan kekurangan, dan contohnya kini kamu perlu tahu di mana kamu bisa menemukan job pekerja lepas. Kini lowongan freelance bisa ditemukan di berbagai platform media sosial. Misalnya seperti LinkedIn, Facebook, atau Instagram.

Namun, di luar platform tersebut kamu juga bisa mencari dari website freelance. Misalnya seperti Freelancer Indonesia, Fiverr, Upwork, Indeed, Sribu, Fastwork, atau Sribulancer. Setiap situs freelance memiliki karakteristik dan flow kerja yang berbeda-beda. Kamu bisa mencoba menggunakan salah satunya dulu untuk berlatih mencari klien.

Jadi, tertarik nggak berkarir sebagai freelancer? Freelance adalah sistem kerja lepas yang tidak memerlukan komitmen layaknya kerja penuh waktu. Sebagai freelancer, kamu bisa mengatur sendiri jam kerja dan dari mana kamu ingin bekerja.

Semoga setelah kamu mengetahui apa itu freelance dan bagaimana cara kerjanya ini, kamu bisa terinspirasi dan termotivasi untuk mulai membangun karirmu, ya. Kalau kesulitan untuk menjangkau klien, kamu bisa membuat website portofolio yang dijamin bisa bikin kamu tampil lebih profesional!

Eh tapi lengkapi juga dengan layanan website hosting lainnya dari IDwebhost, ya! Layanan hosting IDwebhost dijamin bukan hanya murah dan berkualitas tapi juga bisa menyimpan data-datamu dengan aman. Yuk, pelajari layanan kami selengkapnya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022