Apa itu Firebase? Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya
Blog Website Development Apa itu Firebase? Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya

Apa itu Firebase? Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya

Firebase menjadi layanan yang disediakan oleh Google yang memudahkan para developer aplikasi dalam mengembangka aplikasi yang mereka bangun.

Layanan ini pun menjadi solusi yang dapat menyederhanakan pekerjaan para developer.

Lebih lengkapnya, Anda dapat mengikuti pembahasan pada artikel ini sebagai berikut :

 

Isi Artikel  :

 

 

 

Apa itu Firebase?

 

apa-itu-firebase

 

Firebase adalah layanan yang disediakan oleh Google yang dapat memberikan kemudahan kepada para developer aplikasi dalam mengembangkan aplikasinya. 

Firebase atau Baas (Backend as a Service) menjadi solusi yang dapat mempercepat proses pekerjaan developer.

Jadi dengan menggunakan layanan ini, Developer apps dapat melakukan fokus pada pengembangan aplikasi tanpa bersusah payah pada urusan backend.

Kemudian dari segi layanan, Layanan versi lama ini memberikan service trial atau percobaan, tapi beruntungnya saat ini Anda dapat menggunakan layanan ini secara gratis dengan batasan tertentu.

Jenis layanan yang tersedia pada Firebase ada 2 pilihan, yaitu :

  • SPARK : Anda dapat menggunakan layanan ini secara gratis
  • BLAZE : Anda dikenakan biaya sesuai dengan pemakaian layanan yang Anda gunakan.

 

Manfaat Firebase

 

manfaat-firebase

Berikut beberapa manfaat menggunakan firebase adalah sebagai berikut :

1. Bergerak Cepat

Memiliki API intuitif yang disediakan dalam SDK. Jadi, Anda pun dapat lebih mudah dalam mengembangkan aplikasi berkualitas tinggi. Selain itu, juga memiliki fitur yang membuat Anda dapat memperluas data pengguna dan mendapatkan lebih banyak uang. Anda dapat menggabungkan fitur pada layanan ini yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

2. Lebih Hemat Waktu

Anda pun jadi lebih hemat waktu dengan tidak harus mengembangkan infrastruktur internal yang kompleks ataupun mengelola beberapa dashboard. Anda juga dapat lebih fokus dalam menghadirkan fitur yang diinginkan pelanggan.

3. Hasil Analisa yang Didapat Lebih Baik Berdasarkan Data

Menyediakan solusi analytics secara gratis dan tidak terbatas yang dirancang kepada perangkat seluler. Anda juga dapat menganalisa dari mulai rasio klik-tayang hingga pada kesalahan aplikasi.

4. Dapat Bekerja di Semua Platform

Menggunakan tools ini mampu memungkinkan Anda untuk menampilkan aplikasi seluler lintas platform melalui Android SDK, iOS, JavaScript, dan C++. Anda juga dapat menggunakan pustaka dari sisi server dan REST API.

5. Penyesuaian Skala dengan Mudah

Jika Anda membutuhkan kapasitas tambahan, Anda pun dapat menyesuaikan skala kode server dan juga kapasitas tambahan pada tools ini secara otomatis. 

6. Mendapat Dukungan Gratis

Anda dapat menerima dukungan email gratis dari tim spesialis pengembang Google dan tim firebase pada komunitas online contohnya Stack Overflow dan GitHub.

 

Jenis atau Fitur Firebase

 

jenis-firebase

Berikut untuk fitur yang terdapat pada Firebase :

 

1. Firebase Analytics

Fitur Analytics merupakan fitur yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data dan pelaporan pada aplikasi Android maupun iOS. Pengumpulan data yang didapat pun bervariasi. Contohnya, Anda dapat membuat suatu laporan atau report yang dapat digunakan untuk aplikasi di negara Indonesia saja, atau bisa juga untuk negara lain seperti Singapura. Anda juga dapat melihat bagian mana saja dari aplikasi yang menjadi sering untuk digunakan oleh user.

Fitur ini juga memiliki keunggulan yang memungkinkan Anda dalam membuat segmentasi user berdasarkan user attribute.

User attribute adalah suatu pengukuran yang dapat Anda gunakan sebagai filter yang memiliki tujuan sebagai reporting dan notifikasi.

Contoh jika pada aplikasi online shop.

Dengan adanya user attribute, Anda dapat tahu jumlah user yang dapat membeli handphone merk “A” atau bahkan Anda dapat mencari tahu waktu pukul berapa user melakukan transaksi yang sering dilakukan. 

 

2. Firebase Cloud Messaging and Notifications

FCM (Firebase Cloud Messaging) adalah fitur yang menyediakan koneksi yang tangguh dan hemat baterai antar server ataupun device. Jadi, Anda bisa mengirim dan menerima pesan pada notifikasi Android, iOS dan web tanpa dikenakan biaya.

Untuk menargetkan pesan lanjutan, Anda dapat menggunakan segment yang telah ditargetkan sebelumnya dengan menggunakan demografi dan juga behavior/perilaku.

Kemudian, Anda dapat juga menargetkan pesan ke perangkat yang sudah berlangganan pada topik tertentu. Kemudian, Anda juga dapat menargetkan hanya ke satu perangkat dan mendapatkan informasi data yang terperinci. Hal ini biasanya digunakan pada proses pengujian.

Pesan notifikasi ini juga terintegrasi dengan Google Analytics for Firebase. Jadi Anda dapat mempunyai akses pada interaksi dan juga tracking konversi secara detail. Anda juga dapat memantau suatu efektivitas dari satu dashboard tanpa menggunakan coding atau membuat program sendiri.

 

3. Firebase Authentication

Firebase Authentication adalah salah satu layanan back-end, fitur Android dan iOS, SDK yang dapat digunakan dengan mudah dan juga memiliki tampilan interface yang siap digunakan dalam mengidentifikasi pengguna ke aplikasi yang telah Anda ciptakan.

Firebase Authentication mendukung autentifikasi menggunakan nomor telepon, sandi, dan juga penyedia identitas gabungan populer seperti Google, Facebook, dan sebagainya.

Firebase Authentication ini juga terintegrasi dengan layanan Firebase lainnya. Sistem ini menggunakan berbagai jenis standar industri seperti OAuth 2.0 dan OpenID Connect, yang memudahkan integrasi dengan backend khusus ciptaan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan kemudahan kepada pengguna agar dapat login ke aplikasi dengan menggunakan fitur Firebase UI (tampilan interfaces), sebagai alternatif full drop-in authentication..

 

4. Firebase Cloud Firestore

Cloud Firestore adalah database yang memiliki sifat fleksibel dan terukur dalam pengembangan perangkat contohnya seluler, web, dan server di dalam Firebase dan Google Cloud Platform. Cloud Firestore juga dapat membuat data Anda tetap terkoneksi pada aplikasi user melalui listener realtime dan menawarkan layanan secara offline untuk mobile apps dan web. 

Dengan begitu, Anda dapat membuat aplikasi yang powerfull, responsif, dan dapat bekerja tanpa membutuhkan latensi koneksi internet.

Cloud Firestore juga merupakan database NoSQL dan juga dapat diakses melalui SDK real oleh iOS apps, Android, dan Web.

 

5. Firebase Realtime Database

Firebase Realtime Database adalah database yang di-host pada cloud. Data tersebut disimpan dan dieksekusi berbentuk JSON kemudian disinkronkan secara realtime kepada setiap user yang terhubung. Dengan begini Anda dapat mengelola suatu database dengan skala yang cukup besar.

Jadi Anda pun dapat membuat aplikasi lintas platform atau multiplatform menggunakan SDK Android, iOS dan juga JS (Javascript), serta semua user juga dapat berbagi sebuah instance Realtime Database. Selain itu, juga dapat menerima pembaruan data secara serrentak dan otomatis.

Kemampuan lain dari Firebase Realtime Database ialah dapat responsif bahkan saat offline karena SDK Firebase Realtime Database dapat menyimpan data langsung ke disk device atau memori lokal. Setelah perangkat terhubung kembali dengan internet, perangkat user dapat menerima setiap update yang terjadi.

 

6. Firebase Hosting

Firebase Hosting adalah layanan hosting pada konten website dengan satu instruksi yang dapat Anda terapkan pada website dan menampilkan konten statis ataupun dinamis melalui CDN (jaringan penayangan konten) secara jangkuan global dan cepat.

Kegunaan dari fitur ini adalah dapat menampilkan konten melalui koneksi yang aman, mengirimkan konten secara cepat serta mendukun semua jenis konten untuk di simpan di hosting mulai dari file HTML dan CSS hingga API atau layanan mikro Express.js

 

Kesimpulan

Firebase dapat membuat aplikasi yang berkolaboratif dan kaya akan fitur dan menyediakan akses yang aman ke database langsung pada kode sisi klien. Selain itu menggunakan firebase juga bermanfaat dalam memudahkan aplikasi atau website baik untuk pengembangan ataupun data analisa.

Semoga bermanfaat

Lalu tidak lupa juga mengingatkan, Jika Anda ingin mendapatkan info seputar bisnis secara gratis, Anda juga dapat mengikuti informasi di blog IDwebhost ini

IDwebhost juga mempunyai promo hosting dan domain yang bisa dipakai untuk kebutuhan hosting atau domain pada website Anda. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.