Apa itu Email Spoofing dan Bagaimana Cara Pencegahannya
Blog Tips Keren Apa itu Email Spoofing dan Bagaimana Cara Pencegahannya

Apa itu Email Spoofing dan Bagaimana Cara Pencegahannya

Email Spoofing merupakan sebuah ancaman negatif yang bisa terjadi pada email anda. Dalam hal ini, anda akan melihat bahwa sistem kerjanya menarget pada email perusahaan yang penting. Tentunya email adalah sebuah bagian yang penting dalam hal ini. Di tengah kemajuan perkembangan zaman seperti sekarang ini, banyak sekali hal-hal yang harus anda perhatikan di dalamnya. Ada beberapa ancaman kejahatan yang berbasis email. Di sini yang paling banyak adalah Email Spoofing. Tapi ada juga ancaman lainnya, mulai dari Spamming, Scamming, Phising, Malware Propagation, dan lain sebagainya. Untuk informasi selengkapnya tentang domain hosting, kunjungi IDWebhost.com.

Apa Itu Email Spoofing?

Pertanyaan yang paling banyak diutarakan adalah apakah itu Email Spoofing? Coba bayangkan bahwa anda mungkin sudah mampu menerapkan berbagai pengamanan dasar yang dibutuhkan oleh email anda. Dalam hal ini, tetap saja kejadian yang tak diinginkan bisa saja terjadi. Hal ini salah satunya akan bisa anda temukan dalam Email Spoofing tersebut.

Email Spoofing merupakan sebuah alamat form palsu yang mana menyatakan bahaw anda menerima emauil dari CEO preusahaan atau dokter klinik anda. Kemudian, anda nantinya akan diminta mengisi sejumlah data personal yang ada di dalamnya. Setiap email yang menginginkan anda untuk memasukan data pribadi semacam ini tentunya patut untuk diwaspadai. Kenapa? Berikut alasannya:

Apa itu Email Spoofing dan Bagaimana Cara Pencegahannya
idwebhost.com
  • Dalam penerapannya pada jangka panjang, mereka akan mencuri data pribadi anda dengan berbagai cara. Hal inilah yang akan memberikan masalah yang signifikan itu sendiri. Ketika data anda dicuri maka proses penyalahgunaan data yang dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab nantinya akan bisa dilakukan dengan mudahnya.
  • Pencuri data tersebut atau hacker akan mampu menghadirkan kepada anda ancaman tersendiri, salah satunya mereka akan tahu beberapa informasi mulai dari data sensitif seperti password dari internet banking anda, password email anda dan juga informasi lainnya. Hal ini tentu saja akan semakin memperparah keadaan.

Adanya kemungkinan ancaman tersebut tentunya menjadikan Email Spoofing begitu berbahaya. Salah satu langkah mengantisipasi hal ini adalah dengan membalas email dari pihak terkait secara langsung untuk memastikan kebenaran dari sang pengirim email itu sendiri.

Cara Mengatasi Email Spoofing

Pada tahapan yang lebih lanjut dalam Email Spoofing ini, anda akan bisa melihat bahwa banyak sekali hal-hal yang akan bisa anda peroleh dan cemaskan di dalamnya. Inilah yang pastinya akan membuat anda mencari cara tentang bagaimana penanggulangan itu semau dengan konsep dan metode yang baik. Beberapa yang bisa anda lakukan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Jangan Mengaktifkan Java Script

Tahapan awal dalam mengatasi Email Spoofing yang bisa anda lakukan adalah dengan tidak mengaktifkan yang namanya java script. Pada saat anda mengaktifkan script yang satu ini maka akan memudahkan siapapun untuk mencuri data yang anda miliki dengan mudah di dalamnya. Jadi pastikan bahwa anda melakukan penerapan dan langkah yang tepat di dalamnya.

2. Non Aktifkan Location Line Dari Browser

Dalam langkah berikutnya mengatasi Email Spoofing tersebut, anda pun akan mampu memperoleh lebih banyak hasil yang anda butuhkan. Dari sini yang perlu anda lakukan adalah dengan mematikan Location Lineyang terdapat pada Browser yang anda miliki itu sendiri.

3. Perhatikan URL Sesuai Dengan Yang Dikunjungi Atau Tidak

Dalam tahapan lebih lanjut mengatasi Email Spoofing adalah dengan melihat URL yang anda kunjungi, sesuai dengan yang tertera atau tidak. Biasanya URL untuk mengisi data tersebut harusnya sama dengan URL yang umum dan banyak digunakan. Tapi dalam penerapannya, anda akan melihat bahwa memang banyak sekali yang akan bisa anda lihat dan terapkan di dalamnya. Dari sinilah semua itu akan bisa anda aplikasikan itu semua jika melihat URL-nya.

Apa itu Email Spoofing dan Bagaimana Cara Pencegahannya
idwebhost.com

4. Melakukan Pengecekan MAC Address Secara Berkala

Untuk tahapan berikutnya mengatasi Email Spoofing itu sendiri adalah dengan melakukan pengecekan terhadap MAC Address yang ada di dalamnya secara berkala. Dengan melakukan pengecekan secara berkala, maka sudah pasti anda pun akan mampu mendapatkan hasil yang anda butuhkan.

5. Melakukan Scan Network Dan Virus Scanning

Untuk langkah selanjutnya, anda bisa mencoba untuk melakukan Scanning pada Network yang ada di dalamnya. Sehingga dari sinilah anda pun akan mampu memperoleh lebih banyak manfaat yang anda butuhkan. Anda bisa melakukan Scanning tersebut dengan mudah dan signifikan. Lakukan Scanning Virus untuk melihat apakah memang ada ancaman yang siap menyerantg jaringan anda kapan saja tanpa anda ketahui di dalamnya. Dari sinilah semuanya itu akan mampu memberikan kepada anda perlindungan yang lebih berlapis di dalamnya.

6. Memasang Filter Pada Router Anda

Langkah penerapan berikutnya dalam mengatasi Email Spoofing tersebut adalah dengan memasang Filter yang terdapat pada Router anda. Dengan cara itulah maka anda pun akan mampu mendapatkan semuanya yang anda inginkan dengan mudah dan signifikan itu sendiri. Di sinilah anda pun akan mampu memperoleh semua yang diperlukan dari sekarang. Untuk tahapan pemasangan Filter yang ada pada router anda tersebut, semuanya itu akan mampu dan bisa anda lakukan dengan mudah dan signifikan. Inilah yang pastinya akan membuat anda mendapatkan yang terbaik.

7. Terapkan Enkripsi Dan Authentikasi

Ketujuh, anda bisa mencoba untuk mengaplikasikan Enkripsi dan juga Authentikasi yang dibutuhkan oleh website anda. Dari sinilah akan lebih banyak yang akan bisa anda capai dan dapatkan di dalamnya. Inilah yang akan mampu memberikan kepada anda sesuatu yang tepat dan keamanan tingkat tinggi yang pastinya akan lebih baik lagi.

8. Jangan Menggunakan WiFi Public Area Sembarangan

Ini yang paling penting lagi dan harus anda pahami yakni disarankan untuk tidak memakai WiFi Public Area sembarangan. Karena pada saat anda mengakses Public Wifi Area tersebut sembarangan, maka sudah pasti hal tersebut akan menghadirkan kepada anda masalah. Dalam hal ini, anda mungkin akan bias mendapatkannya secara gratis. Tapi di sisi lain, yang harus dikorbankan nantinya adalah data pribadi anda. Apakah anda mau menghadapi risiko tersebut?

Apa itu Email Spoofing dan Bagaimana Cara Pencegahannya
idwebhost.com

Akhir Kata

Dalam berselancar di dunia maya, tentu saja ada banyak hal yang akan mampu anda peroleh dan capai itu sendiri. Solusi untuk tetap aman adalah tidak menyerahkan data pribadi yang anda miliki apapun yang terjadi. Selalu utamakan untuk menerapkan segala cara agar data anda tetap tidak terlindungi dan terekspose dengan mudahnya.

Pada penerapannya, hal inilah yang jelas nantinya akan mampu menghadirkan kepada anda sesuatu yang tepat dan juga berbeda di dalamnya. Anda pun akan bisa lebih mudah dalam mendapatkan semuanya yang anda inginkan dengan cara yang pastinya akan memberikan kepada anda sesuatu yang jelas dan juga berbeda. Semuanya itu akan memberikan kepada anda sesuatu yang tepat dan jelas akan memberikan perbedaan tersendiri yang anda butuhkan. Keamanan jaringan bagaimanapun juga adalah segalanya.

Baca Juga: Cara Membuat Sitemap Di WordPress Dengan Mudah

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.