Mengenal Apa Itu E-Wallet dan Manfaat Penggunaannya

18 Jun 2023
Mengenal Apa Itu E-Wallet dan Manfaat Penggunaannya campaign-unlimited

Perkembangan pada industri fintech menghasilkan sebuah produk baru yang memudahkan transaksi masa kini. Produk ini adalah e-wallet. Sudah tahu, apa itu e-wallet? Sebagai salah satu metode pembayaran yang secara masif diberlakukan di berbagai transaksi, istilah e-wallet tentu sudah tidak asing lagi.

Sekalipun sudah tidak asing, beberapa orang masih merasa kesulitan untuk memahami seperti apa cara menggunakannya hingga manfaat apa yang ditawarkan. Nah, jika kamu merasa demikian, jangan khawatir ya.

Artikel kali ini akan membahas selengkapnya tentang e-wallet, cara kerja, manfaat, serta contoh-contoh e-wallet apa saja yang kini banyak digunakan. Yuk, langsung saja ikuti ulasan di bawah ini!

Pengertian Apa Itu E-Wallet

Fungsi e-wallet

E-Wallet adalah singkatan dari electronic wallet, yang berarti dompet elektronik. Ini merupakan sebuah layanan dompet digital yang dapat menyimpan dana, melakukan pembayaran di e-commerce maupun in-store, serta mencatat transaksi yang dilakukan dari dompet tersebut.

Layanan dompet digital dapat diakses dalam bentuk aplikasi. Untuk mendapatkan aplikasi ini kamu bisa mengunduhnya dari Play Store maupun App Store pada perangkat smartphone. Setiap transaksi e-wallet dilakukan secara online dan membutuhkan koneksi internet.

Dari segi keamanan, aplikasi e-wallet memiliki perlindungan keamanan berupa proteksi sandi hingga penggunaan metode verifikasi wajah. Dengan demikian, transaksi lebih aman dan kamu dapat meminimalisir risiko kehilangan uang jika smartphone hilang.

Meskipun menawarkan berbagai kemudahan transaksi pembayaran, perhatikan bahwa aplikasi dompet digital adalah aplikasi dengan jenis prabayar. Kamu tidak dapat menggunakannya tanpa mengisi saldo dari aplikasi e-wallet terlebih dahulu.

Sama halnya seperti dompet pada umumnya, dompet digital hanyalah sebuah layanan lokasi penyimpanan saja. Namun, kelebihan e-wallet dibandingkan dompet biasa adalah adanya fitur pencatatan transaksi serta kemudahan pembayaran cashless yang praktis.

Cara Kerja E-Wallet

Apa Itu E-Wallet

Sudah dapat gambaran seperti apa itu e-wallet kan? Nah, berikutnya kamu juga dapat mengetahui tentang bagaimana cara kerja e-wallet. Pembahasan cara kerja e-wallet ini akan membantumu untuk memahami alur transaksi dengan dompet digital.

Saat pertama kali mengunduh aplikasi e-wallet, kamu perlu melakukan pendaftaran untuk membuat akun. Jika sudah berhasil dibuat, selanjutnya kamu dapat melakukan top up e-wallet melalui bank. Saldo yang diisikan selanjutnya akan ditampilkan pada status saldo di halaman e-wallet.

E-wallet yang sudah terisi dengan sejumlah saldo dapat digunakan untuk melakukan berbagai pembayaran. Cara melakukan pembayaran berbeda-beda, ada yang dengan menggunakan virtual account atau scan kode barcode saja. Jika pembayaran sudah diselesaikan, saldo akan berkurang sesuai dengan nominal yang dibayarkan.

Tidak perlu khawatir akan kelebihan atau kekurangan nominal pembayaran. Setelah melakukan scan barcode atau memasukkan nomor VA, kamu akan diminta untuk menuliskan sendiri jumlah biaya yang akan dibayarkan. Dengan demikian transaksi bebas dari uang kartal sebab kamu membayar dengan jumlah yang pas.

Fungsi E-Wallet

Apa Itu E-Wallet

Jika kamu sudah memahami seperti apa itu e-wallet bekerja, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan melalui transaksi dengan e-wallet. Pemakaian dompet digital dapat mempermudah setiap keperluan transaksi. Adapun detail fungsi e-wallet adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Transfer

Fungsi e-wallet yang pertama memudahkan penggunanya untuk mengirimkan uang. Pengiriman uang ini tidak hanya terbatas pada sesama pengguna aplikasi e-wallet yang sama saja, lho. Kamu dapat melakukan transfer uang dari satu e-wallet ke e-wallet lainnya melalui layanan transfer bank yang fiturnya disediakan dalam e-wallet.

Akan tetapi, hal yang perlu diketahui adalah transfer biasanya memerlukan sedikit biaya admin. Beberapa e-wallet menetapkan biaya admin yang berbeda-beda untuk layanan transfer uangnya. Tidak sedikit juga aplikasi dompet digital yang menawarkan biaya admin gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

2. Melakukan Transaksi Online

Apakah kamu menyukai belanja online? Hayo, hati-hati! Kemudahan transaksi online bisa jadi bencana untuk saldomu di e-wallet. Kini berbagai layanan e-commerce menyediakan metode pembayaran dari e-wallet. Hanya dengan tap tap melalui smartphone saja, kamu dapat memilih barang dan langsung melakukan pembayaran di e-wallet.

Dengan begitu, pesanan akan diantar ke alamat rumahmu. Kamu hanya perlu menerima barang pesanan tanpa perlu melakukan pembayaran COD. Wah, mudah sekali ya?

3. Membeli Paket Data dan Pulsa

Fungsi e-wallet yang ketiga adalah dapat digunakan untuk beli pulsa. Kini mengisi pulsa tidak mengharuskanmu untuk pergi ke konter. Selain menyediakan fitur pembayaran,  berbagai aplikasi e-wallet kini juga beramai-ramai menyediakan fitur beli pulsa dan paket data. Kamu bisa memilih jumlah pulsa atau paket data yang sesuai melalui fitur isi pulsa di aplikasi dompet digital.

Jika sudah ketemu, kamu hanya perlu membelinya dan memasukkan password e-wallet saja. Pulsa akan dikirimkan dan paket data akan diaktifkan secara otomatis. Begitu pula dengan saldo e-wallet yang akan berkurang dengan sendirinya sesuai nominal transaksi yang digunakan.

4. Membayar Tagihan

E-wallet juga dapat dimanfaatkan untuk membayar tagihan bulanan. Setiap tempat tinggal tentu memiliki kebutuhan listrik dan air. Tanpa perlu mengunjungi kantor resmi PDAM atau PLN, kamu bisa melakukan pembayaran tagihan melalui aplikasi e-wallet saja.

Jika kamu beruntung, kamu bahkan bisa mendapatkan berbagai reward dan cashback dari aplikasi e-wallet, lho. Dengan begitu, jumlah tagihan yang kamu bayarkan bisa berkurang dan sisa uangnya dapat kamu gunakan untuk keperluan lainnya.

Kamu juga bisa membeli layanan IDwebhost, seperti domain, hosting dan jasa pembuatan website pakai e-wallet, lho!

5. Menabung

Terakhir, manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari e-wallet adalah menabung. Kamu dapat menggunakan e-wallet untuk menyimpan sejumlah uang dalam waktu yang lama. Bukan hanya aman, uang yang kamu simpan di e-wallet juga tidak dikenakan potongan biaya admin, lho.

Akan tetapi, untuk melakukan hal ini kamu perlu mengetahui jumlah maksimal dana yang dapat disimpan oleh e-wallet. Umumnya, aplikasi e-wallet menerapkan kapasitas saldo maksimal untuk akun penggunanya.

Contoh Aplikasi E-Wallet

Kini kamu sudah mengetahui apa itu e-wallet, fungsi, serta cara kerjanya. Jika kamu tertarik untuk mulai menggunakan e-wallet demi kemudahan transaksimu, kamu dapat mempertimbangkan untuk mencoba beberapa contoh e-wallet berikut:

1. GoPay

Layanan GoPay adalah dompet digital yang merupakan bagian dari aplikasi Gojek. Semula, GoPay dibuat untuk memudahkan transaksi pengguna Gojek. Misalnya saja seperti untuk membayar layanan Go-Ride atau Gocar, untuk membeli makanan di GoFood, dan sebagainya.

Dalam perkembangannya, GoPay juga mulai berafiliasi dengan salah satu e-commerce unicorn di Indonesia, Tokopedia. GoPay dapat digunakan sebagai metode pembayaran yang sah untuk berbagai transaksi online di Tokopedia.

Kini jauh lebih hebat lagi, GoPay bahkan sudah dapat digunakan untuk melakukan pembayaran transaksi in-store pada GoPay merchant. E-commerce lainnya juga menyertakan GoPay sebagai salah satu metode pembayaran dompet digitalnya.

2. DANA

Sudah tahu seperti apa itu e-wallet dapat dimanfaatkan untuk membayar tagihan bulanan kan? DANA adalah salah satu aplikasi e-wallet yang juga menyediakan fitur pembayaran tagihan demikian. Kamu bahkan dapat melakukan pembayaran asuransi, berinvestasi, hingga membeli emas dengan DANA.

Hal yang menarik dari aplikasi dompet digital ini adalah fitur keamanannya yang super canggih. DANA menggunakan proteksi two factor authentication pada setiap transaksi. Dengan begitu, setiap transaksi akan memerlukan informasi berupa PIN dan OTP sehingga pengguna tidak perlu khawatir lagi akan modus penipuan.

3. ShopeePay

Dilihat dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa dompet digital ini merupakan layanan yang disediakan oleh Shopee. Layanan dompet ShopeePay dapat digunakan untuk melakukan transaksi online di aplikasi Shopee.

Pengguna Shopee yang melakukan pembayaran dengan ShopeePay biasanya akan mendapatkan berbagai promo cashback hingga potongan ongkos kirim. Di samping itu, jika terjadi kesalahan pengiriman atau produk yang dibeli habis, pengembalian dana akan lebih mudah karena langsung dimasukkan ke saldo ShopeePay.

Kira-kira dompet digital apa yang ingin kamu gunakan? Semoga ulasan tentang apa itu e-wallet beserta fungsi, cara kerja, dan contoh-contohnya di atas bisa membantumu untuk menentukan layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya.

Kabar baiknya, kamu juga dapat menggunakan berbagai dompet digital untuk melakukan pembelian layanan hosting IDwebhost. Ada banyak pilihan metode pembayaran dan tentunya potongan harga khusus di bulan ini untuk kamu. Temukan paket hosting pilihanmu di sini, yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022