Apa Itu Domain NET? Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Keunggulannya

26 Mar 2023
Apa Itu Domain NET? Ketahui Pengertian, Fungsi, dan Keunggulannya campaign-unlimited

Domain NET termasuk dalam daftar ekstensi domain yang sangat mudah ditemukan di internet. Nama domain dengan ekstensi ini memiliki akhiran .net. Sayangnya, masih banyak yang belum mengenal apa itu domain NET, kegunaan, dan bahkan keunggulannya dibandingkan dengan ekstensi domain lainnya.

Sebenarnya, penggunaan ekstensi domain disarankan agar menyesuaikan dengan tujuan pembuatan website. Nah, apakah domain NET cocok dengan tujuan situsmu? Yuk, kenali tentang ekstensi domain ini dalam ulasan selengkapnya di bawah ini! Selamat membaca!

Domain NET Adalah

Untuk memulai pembahasan tentang domain NET ini, sebaiknya kamu mulai dengan memahami pengertiannya terlebih dahulu. Apa itu domain NET? Jadi, domain NET adalah salah satu ekstensi domain yang termasuk dalam daftar Top Level Domain pertama.

Ekstensi .NET dirilis bersama tujuh lainnya pada tahun 1985. Istilah NET yang digunakan merupakan representasi dari kata network atau jaringan, dalam bahasa Indonesia. Domain NET dibuat dengan tujuan untuk menaungi situs yang bergerak di bidang tekonologi jaringan atau situs yang mengelola beberapa website kecil.

Termasuk dalam generic Top Level Domain, ekstensi ini dapat digunakan baik untuk perorangan maupun perusahaan lintas bidang teknologi secara bebas tanpa syarat ketentuan khusus. Hal ini seringkali membuat domain NET dijadikan pilihan alternatif bagi pemilik webiste yang namanya dengan domain .COM sudah digunakan oleh perusahaan lain.

Meskipun begitu, domain NET juga tetap banyak digunakan oleh pengguna dengan website yang tidak memiliki niche teknologi jaringan. Oleh sebab itu, ekstensi domain NET dapat menduduki peringkat empat dalam daftar Top Level Domain terbanyak digunakan di seluruh dunia. Persentase penggunanya bahkan mencapai 3,1%, lho.

Fungsi Domain NET

Domain .Net adalah

Setelah mengetahui apa itu domain NET, mungkin kamu bertanya-tanya apa saja fungsinya. Kira-kira, kamu dapat menggunakan website dengan nama domain NET untuk apa saja, ya? Untuk menemukan jawabannya, baca ulasan di bawah ini dengan seksama, ya!

1. Digunakan Untuk Website Komersial

Fungsi domain NET yang pertama adalah berguna sebagai website komersial. Berbeda dengan domain TLD lainnya seperti ORG, domain NET memang ditujukan sebagai nama domain untuk situs komersial. Jika kamu memiliki sebuah perusahaan bisnis atau menawarkan layanan produk dan jasa teknologi, domain NET dapat menambah kredibilitas situsmu.

2. Merepresentasikan Perusahaan Teknologi

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan pada ulasan pengertian apa itu Domain NET sebelumnya, ekstensi domain ini sebenarnya ditujukan untuk perusahaan teknologi. Singkatan NET untuk network merepresentasikan sebuah perusahaan atau bisnis yang bergerak di bidang teknologi.

Jika kamu menggunakan ekstensi domain ini, kamu bisa menjadi lebih mudah dikenali. Pengunjung dapat dengan mudah mengasosiasikan perusahaanmu dengan bidang teknologi. Jadi, saat pengunjung membuka website dan melihat ekstensi domain yang digunakan, pengguna akan langsung mengerti bidang apa yang dikerjakan oleh perusahaanmu.

3. Sebagai Penanda Situs Payung

Bukan hanya menandai sebuah perusahaan atau bisnis yang bergerak di bidang teknologi. Ekstensi domain NET juga dapat menandakan sebuah situs payung. Apa maksudnya situs payung? Jadi, situs payung merupakan sebuah website yang membawahi beberapa website kecil.

Biasanya situs payung ini digunakan oleh perusahaan yang memiliki jaringan bisnis. Secara tidak langsung, ini artinya kamu dapat mengelola lebih dari satu website, lho. Namun, pastikan untuk memilih provider layanan hosting terbaik, ya!

Keunggulan Domain NET

Contoh domain NET

Untuk mengetahui mengapa domain NET layak dilirik, kamu dapat meninjau ulasan seputar keunggulan dari ekstensi satu ini. Dengan gambaran seperti apa itu domain NET digunakan di atas, kira-kira begini beberapa keuntungan yang kamu dapatkan jika menggunakannya:

1. Tidak Bersyarat

Domain NET tidak menerapkan syarat ataupun ketentuan tertentu untuk didapatkan. Tentu ini lebih mudah dibandingkan dengan mendaftarkan pada ekstensi domain CO.ID. Oleh sebab itu, ekstensi ini banyak diminati. Kamu bahkan dapat mendaftarkan banyak domain sekaligus dengan ekstensi ini sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Menyediakan Lebih Banyak Pilihan Alamat Website

Ekstensi ini menempati peringkat empat dalam daftar TLD paling banyak digunakan di seluruh dunia. Menurut Statista bahkan .NET memiliki angka persentase pengguna sebesar 3,1%. Jumlah ini tentu memperlihatkan popularitas yang cukup tinggi namun tidak seperti ekstensi .COM.

Jumlah pengguna yang masih sedikit ini memungkinkan kamu menjadi lebih fleksibel dalam memilih nama domain yang ideal dan sesuai dengan keinginanmu. Kamu dapat menggunakan nama domain yang sudah digunakan dengan ekstensi .COM menggunakan ekstensi .NET.

3. Mudah Dikenali

Domain NET dapat membantu website yang kamu kelola menjadi mudah dikenali. Hal ini dikarenakan akhiran .NET yang mudah dikenali dan diingat oleh pengunjung website. Di samping itu, website .NET yang masih belum banyak pengunjung pun juga dapat memunculkan kesan yang unik.

Keunikan ini dapat kamu manfaatkan untuk membuat website tampil lebih menonjol dibandingkan website perusahaan pesaing lainnya. Dengan kata lain, penggunaan ekstensi domain NET dapat menjadi strategi branding yang kuat.

4. Domain SEO-Friendly

Ada begitu banyak aspek untuk optimasi SEO. Tidak terkecuali dengan ekstensi domain yang digunakan. Domain NET merupakan salah satu domain website yang dimasukkan oleh mesin pencarian pada ranking halaman hasil pencarian. Artinya, domain NET dapat membantu optimasi SEO website untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung.

5. Memiliki Kredibilitas Tinggi

Menjadi salah satu Top Level Domain, kamu tidak perlu meragukan seperti apa itu domain NET dan kredibilitasnya lagi. Ekstensi domain ini bisa menjadi bukti atas kualitas dan keaslian website. Kamu dapat membangun rasa kepercayaan pengunjung terhadap website sekaligus menciptakan traffic yang tinggi.

Cara Daftar Domain NET

harga domain NET

Jika kamu tertarik untuk mendapatkannya setelah membaca ulasan pengertian apa itu domain NET, sebaiknya langkah pertama yang harus kamu ambil adalah memeriksa ketersediaan nama domain. Periksalah apakah nama domain yang kamu inginkan atau sesuai dengan nama perusahaanmu tersedia untuk digunakan.

Usai memeriksa ketersediaan nama domain incaran kamu, ajukan pembelian nama domain pada layanan hosting terpercaya. Kamu dapat menggunakan layanan dari IDwebhost yang sudah dipercaya oleh lebih dari 100 ribu pelanggan dari seluruh dunia.

Untuk ekstensi domain NET, kamu hanya perlu membayarkan harga domain NET Rp 154.900 saja setiap tahunnya. Di samping itu, setiap paket pembelian domain juga dilengkapi dengan fasilitas berupa Domain Lock, Email Forwarding, Theft Protection, Domain Forwarding, dan sebagainya.

Tanpa perlu khawatir, kamu juga dapat menggunakan domain sendiri yang sudah ada, lho. IDwebhost menyediakan jasa transfer domain. Kamu akan dibantu untuk memindahkan domain lama ke domain yang baru dengan bantuan tim IT IDwebhost.

Jika kamu tertarik untuk mendapatkan nama domain dengan ekstensi .NET segera, kamu bisa cek dan pesan langsung di sini. IDwebhost juga menyediakan berbagai layanan lainnya seperti hosting murah, jasa pembuatan website atau toko online, Cloud VPS, SSL, dan masih banyak lainnya.

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022