Marketing Zaman Now: Wajib Tahu Apa Itu Digital Marketing!

2 Mar 2024
Marketing Zaman Now: Wajib Tahu Apa Itu Digital Marketing! campaign-unlimited

Teknologi kini semakin maju dan membuat berbagai aspek kehidupan menajdi serba daring. Perkembangan ini juga memberikan dampak signifikan pada cara komunikasi dan pemasaran di saat ini. Strategi pemasaran semakin jauh berkembang hingga melahirkan metode baru, yang disebut digital marketing. Apa itu digital marketing?

Singkatnya, strategi pemasaran ini memanfaatkan media digital dan internet. Transformasi digital berbagai lini bisnis yang hingga saat ini masih berjalan membuat strategi pemasaran ini terus-menerus terdengar di sekitar kita.

Nah, apakah kamu juga tertarik untuk memasarkan bisnismu secara online dengan digital marketing? Jika iya, maka kamu harus mempelajarinya terlebih dahulu di artikel ini! Yuk, simak sampai habis ya!

Pengertian Digital Marketing

Jadi, apa itu digital marketing? Digital marketing adalah kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek, produk, atau layanan dengan menggunakan media digital. Tujuan pemasaran ini adalah untuk menjangkau konsumen seluas mungkin dengan cara yang paling efisien, relevan, dan efektif.

Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi dan internet telah digunakan secara luas oleh masyarakat. Oleh karena itu, tidak heran jika strategi digital marketing menjadi pilihan utama para pelaku bisnis masa kini.

Jika pemasaran konvensional lebih banyak mengandalkan media cetak, maka digital marketing sangat bergantung pada media internet. Beberapa bentuk digital marketing yang paling populer antara lain, yaitu website, media sosial, email, dan blog.

Manfaat Digital Marketing

apa itu digital marketing

Setelah mengetahui apa itu digital marketing mungkin kamu langsung menyadari bahwa strategi ini memiliki banyak manfaat untuk bisnis. Berikut beberapa manfaat dari digital marketing dibandingkan dengan pemasaran konvensional yang dapat kamu rasakan:

1.    Jangkauan yang Lebih Luas

Media konvensional seperti pamflet, spanduk, surat kabar, dan majalah dapat berguna untuk menjangkau target pasar tertentu. Namun digital marketing jauh lebih mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Bagaimana tidak, semua orang kini menggunakan internet dan media sosial. Ini bahkan tidak menutup kemungkinan untuk membuat produkmu dikenali hingga ke luar negeri.

2.    Meningkatkan Angka Penjualan secara Efektif

Diakui atau tidak, luasnya jangkauan pasar akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap meningkatnya angka penjualan. Kemudahan konsumen dalam mengakses informasi suatu produk akan memberikan kesan kepada pelanggan bahwa barang atau jasa yang dibeli memiliki kualitas tinggi.

Hasilnya, penjualan pun dapat meningkat secara efektif. Bukan hanya itu saja, bisnis pun bisa mendapatkan peluang untuk menjangkau klien potensial yang lebih besar.

3.    Murah dan Efisien

Digital marketing adalah pilihan terbaik jika bisnis memiliki budget yang terbatas. Berbeda dengan media konvensional, ketika mempromosikan barang di internet, kita memiliki berbagai pilihan tools yang dapat digunakan dan disesuaikan dengan budget.

Kamu juga dapat menggunakan website pribadi dan media sosial jika ingin lebih berhemat. Meskipun hasilnya mungkin tidak sama dengan strategi digital marketing berbayar, tapi kemungkinan untuk dikenali oleh banyak orang tentu lebih menjanjikan dibandingkan iklan konvensional.

4.    Membangun Nama Brand

Dengan strategi digital marketing, kamu dapat membangun nama brand yang kuat. Konsumen biasanya akan melakukan pencarian di internet sebelum melakukan pembelian. Informasi yang lengkap dan akurat akan meningkatkan kepercayaan konsumen akan merek. Oleh karena itu memastikan keberadaan merek di dunia maya sangatlah penting.

Tujuan Digital Marketing

Dari pembahasan di atas dapat diketahui bahwa digital marketing bukan hanya digunakan untuk mendongkrak angka penjualan, meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk, dan memperluas pasar. Strategi digital marketing juga digunakan membangun hubungan antara pemilik bisnis dengan pelanggan.

Hal ini tentu sangat penting bagi bisnis. Sebab, tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis bukan hanya membutuhkan penjualan yang konstan, namun juga konsumen yang loyal. Dengan memiliki konsumen yang loyal, bisnis dapat memastikan penjualannya dalam jangka panjang.

Strategi Digital Marketing

strategi digital marketing

Berdasarkan strateginya, digital marketing terbagi menjadi dua macam, push digital marketing dan pull digital marketing. Seperti apa itu digital marketing yang dikategorikan ke dalam dua jenis ini? Berikut pembahasannya:

1.    Push Digital Marketing

Push digital marketing adalah teknik melakukan penawaran produk secara langsung kepada klien guna mendongkrak penjualan dengan cepat. Tujuan utama dari strategi ini adalah untuk meningkatkan eksposur. Oleh karena itu strategi ini biasanya digunakan untuk item baru yang relatif belum populer.

Strategi ini sangat dekat dan bisa kita temukan di kehidupan sehari-hari. Contohnya antara lain, seperti endorsement produk kepada influencer, email promosi, atau broadcast pesan di WhatsApp.

2.    Pull Digital Marketing

Pull digital marketing adalah teknik promosi yang tidak terlalu terang-terangan dibandingkan dengan teknik sebelumnya. Tujuan utamanya adalah meningkatkan loyalitas dan kesadaran konsumen.

Konten SEO dalam sebuah website, iklan digital, pemasaran media sosial, giveaway, dan diskon adalah beberapa contoh strategi pemasaran digital yang menarik. Strategi ini kerap di aplikasikan dalam pemberian konten edukatif dan informatif.

Contoh Digital Marketing

contoh strategi digital marketing

Setelah memahami apa itu digital marketing hingga tujuannya, selanjutnya mari kita bahas contoh-contoh strategi digital marketing. Selengkapnya simak ulasan di bawah ini:

1.    Search Engine Optimization (SEO)

SEO bertujuan untuk mengoptimalkan website agar muncul di urutan teratas hasil pencarian. Kamu harus memahami cara kerja mesin pencari agar mendapat peringkat teratas. Contoh media yang dapat digunakan untuk strategi ini adalah website dan blog.

2.    Content Marketing

Merencanakan, memproduksi, dan membagikan konten tentang perusahaan dilakukan untuk membuat pembaca tertarik pada perusahaan dan menginspirasi audiens untuk membeli produk yang ditawarkan. Konten ini dapat diproduksi dalam bentuk unggahan blog, postingan media sosial, artikel, e-book, dan brosur online.

3.    Otomatisasi Pemasaran

Salah satu metode untuk mengotomatisasi tugas-tugas yang berulang adalah otomatisasi pemasaran. Tugas ini termasuk pelaporan kampanye, urutan pengunggahan konten, dan alur pekerjaan. Otomatisasi ini umum dilakukan pada platform digital seperti email dan media sosial.

4.    Pay-Per-Click

PPC adalah metode yang mengarahkan pengunjung ke website dengan imbalan harga per klik. Misalnya, dengan Google Ads, kamu dapat menjadi yang teratas di setiap pencarian Google dan akan dikenakan biaya untuk setiap klik. Contoh lain dari strategi ini, ada iklan Facebook dan pesan sponsor LinkedIn.

5.    Native Advertising

Ini adalah bentuk konten bersponsor yang disajikan dengan cara yang sangat mirip dengan penempatan dan sifat konten media. Konten ini akan berfungsi dan tampak seperti milik media terkait. Contohnya, seperti promoted post di Facebook dan Instagram.

6.    Affiliate Advertising

Dalam affiliate advertising, kamu berkolaborasi dengan jasa atau website orang lain untuk mendapatkan komisi dengan mengarahkan pelanggan ke tempat usahamu. Contohnya, seperti hosting video ads dengan Youtube.

7.    KOL Marketing

Penggunaan Key Opinion Leaders (KOL) atau tokoh populer yang memiliki kredibilitas pada bidangnya di platform digital untuk memengaruhi dan mempromosikan merek atau produk. Strategi ini kerap dipraktikkan oleh bisnis dengan target audiens yang telah tersegmentasi.

8.    Social Media Advertising

Strategi ini memungkinkan kamu untuk mengiklankan bisnis dan kontenmu di platform media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, dan Facebook Messenger. Umumnya, sebuah merek bisa berkembang sangat pesat berkat media sosial.

Nah, kamu sekarang sudah memahami apa itu digital marketing dan seberapa penting perannya dalam meningkatkan kesadaran merek dan menjangkau khalayak yang lebih luas.

Kamu ingin memulai transformasi bisnismu dengan strategi digital marketing? Yuk, dapatkan dukungan web hosting dari IDwebhost dan kembangkan bisnismu bersama kami! Dengan harga paling murah se-Indonesia, IDwebhost siap menghadirkan website dengan dukungan fitur yang lengkap menggunakan teknologi ter-update!

Jangkau lebih banyak pembeli dan mulai bangun citra bisnismu secara online, sekarang! Cek juga promo terbaru kami ya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022