Apa itu Dedicated IP? Ayo Ketahui Kelebihannya untuk Meningkatkan Kinerja Website!

24 Feb 2024
Apa itu Dedicated IP? Ayo Ketahui Kelebihannya untuk Meningkatkan Kinerja Website! campaign-unlimited

Apakah kamu seorang pengguna shared hosting? Jika iya, artinya kamu dan seluruh pengguna lain pada hosting tersebut memiliki alamat IP yang sama (shared IP). Biaya layanan shared hosting memang lebih terjangkau, namun keamanannya tidak lebih baik dari dedicated IP. Apa itu dedicated IP?

Bagi kamu yang membutuhkan layanan hosting dengan keamanan yang lebih terjamin, artikel ini wajib kamu simak sampai habis! Kami akan menjelaskan tentang dedicated IP selengkapnya di sini. Yuk, langsung saja menuju pembahasan di bawah ini!

Pengertian Dedicated IP

Apa itu dedicated IP? Dedicated IP adalah alamat IP yang hanya digunakan oleh satu nama domain. Alamat IP ini diperuntukkan bagi website atau bisnis yang membutuhkan keamanan ekstra karena hanya dapat diakses oleh pemilik IP.

Performa website terutama keamanan saat menggunakan dedicated IP akan lebih baik dibandingkan shared IP. Hal ini membuat dedicated IP dipercaya sebagai pilihan jaringan, VPN, dan layanan email bagi perusahaan dengan aset sensitif.

Fungsi Dedicated IP

Lebih dalam tentang apa itu dedicated IP, jenis internet protocol ini memberikan layanan eksklusif di mana satu alamat IP hanya dapat digunakan oleh satu perangkat. Alamat IP dedicated memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kebebasan mengelola server dengan performa yang tinggi.

Kegunaan dedicated IP lainnya jelas dapat dirasakan langsung bagi pelaku bisnis. Dengan menggunakan dedicated IP, bisnis dapat memiliki reputasi yang lebih baik. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan keamanannya yang lebih terjamin, sehingga website bisnis tidak terpengaruh oleh situs lainnya.

Kelebihan Dedicated IP

Ada beberapa keunggulan menggunakan dedicated IP dibandingkan shared IP, baik untuk pengguna individu maupun komersial. Seperti apa itu dedicated IP dibandingkan dengan shared IP? Yuk simak ulasannya, siapa tahu dapat membuatmu semakin tertarik menggunakan shared IP!

1. Akses Website Lebih Lancar

Penggunaan shared IP akan menjadi masalah tersendiri jika seandainya terjadi lonjakan traffic. Umpamanya saja terdapat limit 25 Mbps untuk masing-masing IP, dengan menggunakan shared IP maka speed tersebut akan dibagi ke total pengguna IP.

Sedangkan jika menggunakan dedicated IP maka total speed tersebut dapat digunakan secara penuh sehingga terasa lebih eksklusif. Alhasil, kecepatan akses website tentu menjadi lebih baik.

2. Akses Website Tanpa Domain

Dedicated IP address memungkinkan akses website tanpa menggunakan domain. Bagi kamu yang masih awam, jangan terkejut karena ada beberapa keadaan di mana kamu harus mengunjungi website menggunakan IP address.

Hal ini mungkin terjadi ketika domain dalam proses migrasi atau saat masih propagasi. Dalam kondisi seperti ini, tentu akan mustahil bagi pengunjung untuk masuk ke website yang menggunakan shared IP. Oleh sebab itu, dedicated IP bisa membantu untuk mengakses web.

3. Mengurangi Risiko Blacklist

Shared IP lebih rentan untuk dimasukkan ke dalam blacklist, baik yang diblokir oleh pemerintah atau karena aktivitas kriminal. Meskipun shared IP sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup, berbagi alamat IP tetap memiliki risiko keamanan.

Katakanlah pengguna alamat IP yang sama denganmu mungkin terlibat dalam aktivitas yang melanggar hukum, seperti mengirim spam, menyebarkan virus, atau malware. Hal ini akan membuat alamat IP diblokir atau dimasukkan ke dalam blacklist oleh mesin pencarian.

Berbeda dengan penggunaan dedicated IP. Kemungkinan IP diblokir dengan dedicated IP lebih rendah, kecuali jika kamu memang terlibat dalam pelanggaran regulasi atau melakukan aktivitas ilegal.

4. Lebih Leluasa Mengelola Server

Dedicated IP address memperluas kinerja alamat IP. Kamu akan memiliki akses yang lebih eksklusif ke server jika kamu menggunakan dedicated IP.

Kamu dapat menggunakan dedicated IP address untuk menjalankan server game, mengelola server secara remote, mengelola data dengan lebih gesit, dan menggunakan FTP untuk mentransfer file lebih cepat.

5. Pengiriman E-mail Lebih Baik

Kemudian, kelebihan dedicated IP yang terakhir adalah kamu akan memiliki kendali lebih atas pengiriman e-mail, karena IP address hanya digunakan oleh satu domain atau website. Hal ini menghilangkan kemungkinan penerima salah mengartikan e-mail kamu sebagai spam.

Berbeda dengan shared IP, yang lebih rentan terhadap larangan. Sebab jika sebuah website atau domain dapat terdeteksi saat mengirim e-mail spam, maka alamat IP nya mungkin akan diblokir dan mempengaruhi situs lain.

Kekurangan Dedicated IP

Sayangnya, dedicated IP tidak terlepas dari kekurangan, layaknya teknologi lain. Berikut beberapa kekurangan yang dapat kamu jadikan pertimbangan:

1. Jarang Disediakan Secara Gratis

Jika kamu ingin menggunakan dedicated IP, kemungkinan besar kamu harus merogoh kocek untuk layanan VPS. Harga untuk IP khusus berkisar dari beberapa dolar per bulan hingga lebih dari $100 per tahun. Sangat penting untuk memeriksa biaya ini karena akan menaikkan biaya rencana keanggotaan bulananmu.

2. Anonimitas Berkurang

Apa itu dedicated IP – penggunaan alamat IP dedicated dapat mengurangi anonimitas di internet. Dengan dedicated IP, situs dapat mengembangkan profil tentangmu berdasarkan preferensi online. Hal ini digunakan untuk menampilkan iklan yang relevan berdasarkan profil itu.

Cara Mendapatkan Dedicated IP

Setelah memahami penjelasan apa itu dedicated IP, kini kamu pasti sudah tidak sabar untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkannya, bukan? Bagaimana cara mendapatkan dedicated IP?

Untuk menggunakan dedicated IP, kamu harus mencari layanan hosting yang menyediakan layanan dedicated IP. Biasanya, dedicated IP address hanya ditawarkan pada layanan hosting dengan performa tinggi seperti VPS.

Meski harganya cenderung lebih mahal, jenis IP address ini jelas memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan menggunakan shared IP. Bersama provider hosting yang andal, kamu tidak perlu khawatir akan proses yang rumit. Customer service layanan hosting pasti akan membantu untuk melakukan proses pembelian hingga pemasangan dedicated IP.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah lebih paham apa itu dedicated IP dan bagaimana cara mendapatkannya. Apabila kini kamu merasa jika kebutuhan websitemu sudah tidak dapat dipenuhi oleh shared hosting lagi, maka segeralah beralih ke dedicated IP. Dengan dedicated IP, kamu tidak perlu khawatir akan traffic tinggi, sehingga pengelolaan server lebih leluasa.

IDwebhost punya penawaran dedicated server khusus buat kamu lho! Tanpa perlu berbagi resource dengan pengguna lain, nikmati performa server terbaik dengan kontrol penuh akan bandwidth dan disk space servermu.

Ayo, tingkatkan reputasi bisnis bersama dedicated IP dari IDwebhost! Dapatkan kebebasan pengelolaan server dengan uptime yang tinggi mulai dari sekarang juga. Cek spesifikasi server dedicated dan hubungi kami untuk konsultasi atau pemasangannya langsung, yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022