Mengenal Apa Itu CMD dan Perintahnya yang Wajib Diketahui

8 Agu 2023
Mengenal Apa Itu CMD dan Perintahnya yang Wajib Diketahui campaign-unlimited

CMD adalah salah satu aplikasi pada OS Windows yang wajib kamu ketahui. Mengapa demikian? Ini dikarenakan CMD memiliki tugas sebagai alat alternatif untuk mengoperasikan sistem Windows. Dengan mengetahui apa itu CMD dan cara menggunakannya, kamu bisa melakukan berbagai hal.

Misalnya saja memperbaiki eror atau menyalin data tanpa perlu mengakses File Explorer. Akan tetapi, untuk melakukan hal ini kamu juga harus mengetahui berbagai perintahnya. Nah, pembahasan berikut ini akan menjelaskan semua informasi yang perlu kamu ketahui tentang CMD. Selamat membaca!

Apa Itu CMD?

apa itu CMD
apa itu CMD

CMD singkatan dari Command Prompt. Kegunaan dari aplikasi ini ialah untuk melakukan berbagai operasi di komputer tanpa perlu menavigasi program Graphical User Interface (GUI), seperti Control Panel atau File Explorer.

Kebanyakan pengguna awam OS Windows tidak akrab dengan pemakaian CMD untuk mengoperasikan komputer. Padahal, CMD sudah ada sejak versi MS-DOS, lho. Jika ditelusuri sebabnya, hal ini disebabkan oleh user interface Windows yang kini semakin mudah untuk digunakan.

Hal tersebut menjadi alasan banyak pengguna awam kurang tahu apa itu CMD dan lebih memilih untuk mengakses dari menu yang ditampilkan pada layar langsung. Meskipun lebih mudah mengakses melalui menu langsung, pengoperasian komputer dengan CMD sebenarnya bisa memberikan lebih banyak benefit untuk kamu.

Kamu dapat memiliki kendali lebih terhadap sistem komputer yang kamu operasikan, lho. Ini memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai hal seperti bekerja dengan komputer dari jarak jauh, otomatisasi tugas-tugas, dan mengelola file di server web.

CMD juga memiliki beberapa fungsi lainnya yang berhubungan dengan kondisi jaringan dan hardisk. Dengan CMD kamu dapat melakukan analisis kondisi jaringan internet atau PING. Analisis ini dilakukan dengan melihat respon sebuah situs terhadap komputermu.

Di samping itu, fungsi CMD juga mencakup pemeriksaan kondisi hardisk. Tanpa memerlukan program atau aplikasi tambahan, dengan CMD kamu bisa memeriksa langsung status kesehatan hardisk perangkat komputermu. Proses pemeriksaan oleh CMD ini berjalan otomatis dan kamu hanya perlu menunggunya setelah memasukkan perintah pemeriksaan.

Berbeda dengan menu yang bisa kamu klik dan pilih opsinya langusng, untuk menggunakan CMD kamu perlu memasukkan perintah spesifik. Nah, untuk mengetahui contoh perintah beserta fungsinya kamu bisa melanjutkan ke pembahasan berikutnya, ya.

Perintah CMD dan Fungsinya

command
command

Meskipun CMD tersedia di semua versi Windows saat ini, ketahuilah bahwa tidak semua perintah CMD support di berbagai versi Windows. Dalam pembahasan ini, penjelasan akan dilengkapi dengan keterangan versi Windows yang support. Jadi, pastikan untuk menyimaknya dengan seksama, ya.

1. Perintah Ping

Salah satu perintah yang cukup umum diketahui dan digunakan adalah Ping. Seperti yang sudah dibahas dalam ulasan apa itu CMD di atas, Ping merupakan cara mengecek kondisi jaringan internet dengan melihat respon situs terhadap perangkat komputer milikmu.

Untuk memberikan perintah ini, kamu dapat mengetikkan ping diikuti dengan nama situs. Penulisannya akan terlihat seperti ini: ping google.com. Usai perintah dituliskan, tekan enter untuk memproses perintah. Selanjutnya kamu akan menerima balasan berupa hasil analisis kondisi jaringan internet perangkatmu.

 2. Perintah attrib

Apakah kamu pernah menemukan file yang tidak bisa dihapus? Bisa jadi hal ini disebabkan oleh peraturan atribut file yang diatur menjadi Read Only. Untuk mengubah pengaturan atribut ini, kamu bisa menggunakan command, attrib –R example.txt.

Huruf R pada perintah tersebut adalah status atribut Read Only. Nah, apabila ingin menambahkan atribut, tanda minus (-) dalam perintah bisa digantikan dengan tanda tambah (+). Kamu bisa mengubah status atribut file dengan memasukkan perintah tersebut dan menekan tombol Enter.

Selanjutnya, status file akan berubah dan semestinya dapat dihapus seperti biasa secara manual. Perintah ini dapat diberikan pada CMD untuk semua versi Windows.

3. Perintah chkdsk

Berikutnya, perintah ini berfungsi untuk memeriksa status hard drive milikmu. Apabila kamu sering merasakan kinerja laptop atau komputer lambat, sebaiknya berikan perintah ini pada CMD. Selain memeriksa status, perintah ini juga dapat memperbaiki eror hard drive yang disebabkan oleh bad sector.

chkdsk dapat diaplikasikan pada CMD untuk semua versi Windows. Adapun perintah chkdsk adalah sebagai berikut: chkdsk d: /r

4. Perintah cmdkey

Semua pengguna versi Windows setelah Windows XP dapat memeriksa informasi log in komputer dengan CMD. Selain bisa digunakan untuk memeriksa, perintah ini juga bisa digunakan untuk membuat atau menghapus username dan password login komputer.

Untuk melihat daftar informasi login user dari komputer, kamu bisa memasukkan perintah: cmdkey /list. Sementara, untuk mendaftarkan username dan password baru kamu bisa menggunakan cmdkey /add:server01 /user:namauserbaru /pass:passwordbarukamu

5. Perintah copy

Pernah dengar apa itu CMD copy? Seperti namanya, perintah satu ini berfungsi untuk menyalin data dari satu lokasi ke lokasi penyimpanan lainnya. Perintah ini dapat diaplikasikan pada CMD semua versi Windows. Adapun perintahnya sebagai berikut: copy myfile.txt d:\

Maksud dari contoh perintah tersebut adalah untuk memindahkan data yang bernama myfile.txt ke direktori penyimpanan D pada komputer. Kamu bisa menyesuaikan perintah tersebut dengan nama file dan direktori penyimpanan yang kamu gunakan.

6. Perintah del

Kamu dapat memberikan perintah penghapusan file yang sedang diakses, melalui CMD di semua versi Windows. Penghapusan file ini sebenarnya sama seperti menghapus file melalui File Explorer biasa. Artinya, file yang dihapus selanjutnya akan dipindahkan ke Recycle Bin. Perintah del dituliskan sebagai berikut: del myfile.txt

Biasanya, setelah memasukkan perintah ini dan menekan tombol Enter, kamu akan mendapatkan pertanyaan untuk mengkonfirmasi tindakan penghapusan. Untuk memberikan konfirmasi, tambahkan huruf p pada belakang perintah. Dengan begitu, perintahnya akan menjadi: del myfile.text /p

7. Perintah find

Apakah kamu pernah kesulitan untuk mencari teks yang ada dalam sebuah file? Untuk mengatasi persoalan demikian kamu bisa menggunakan bantuan CMD command ini pada semua versi Windows. Syntax perintah ini adalah sebagai berikut: find [string] [drive\ namafile]

Katakanlah kamu sedang mencari teks ‘boot’ pada file yang bernama story.txt di direktori drive D. Dengan begitu maka perintah akan menjadi find “boot” d:\story.txt

Panduan Cara Menggunakan CMD

cara kerja command

Jika sudah paham apa itu CMD dan beberapa perintahnya yang dijelaskan dalam pembahasan di atas, kamu dapat melangkah ke pembahasan berikutnya, yaitu cara menggunakan CMD. Berikut panduan menggunakannya:

  • Masuk ke menu Start dan klik kolom pencarian untuk menuliskan CMD dan Enter untuk membukanya.
  • Jika kamu ingin menggunakan cara shortcut, tekan tombol CTRL + R dan Enter untuk membuka CMD.
  • Jendela CMD berupa halaman hitam dengan tulisan berwarna putih. Untuk menggunakannya kamu bisa mulai dengan memasukkan perintah sesuai dengan tugas yang ingin komputermu lakukan.
  • Setelah memasukkan perintah, tekan Enter agar CMD menjalankan perintah tersebut. Pastikan kamu memasukkan perintah dengan syntax yang tepat untuk menghindari perintah eror.

Di luar perintah dan fungsi yang dibahas di sini, masih banyak command lain yang dapat dijalankan oleh CMD. Pastikan kamu mengetahui syntax yang tepat untuk memberikan perintah pada CMD komputermu. Semoga pembahasan apa itu CMD beserta perintahnya yang wajib kamu ketahui ini bermanfaat, ya.

Baca juga berbagai tips dan tutorial lainnya di blog IDwebhost untuk menambah wawasan seputar teknologi dan web hosting. Jika kamu ingin domain murah dengan proses aktivasi super kilat, cek penawaran spesial dari IDwebhost sekarang juga di sini!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022