Apa itu Clubhouse? Bagaimana Cara Kerjanya
Blog Social Media Marketing Apa itu Clubhouse? Bagaimana Cara Kerjanya

Apa itu Clubhouse? Bagaimana Cara Kerjanya

Clubhouse menjadi aplikasi yang trending di media sosial hanya dalam waktu sekejap. Aplikasi ini dikembangkan oleh pengusaha dari Silicon Valley, Paul Davison dan mantan pegawai Google, Rohan Seth. Aplikasi ini juga berdasarkan dalam bentuk obrolan audio (audio chat) seperti layaknya bincang-bincang radio dalam panggilan konferensi.

Sebenarnya, aplikasi ini telah diluncurkan sejak 2020, tapi menjadi perhatian baru-baru ini karena kemunculan Elon Musk, CEO Tesla dan Space X dalam aplikasi ini. Percakapan tsb dengan pimpinan Robinhood Markets, Vladimir Tenev yang telah menyebabkan ketenaran pada aplikasi ini sehingga melonjak secara tiba-tiba.

Dilansir dari The Guardian, pengguna aplikasi ini dapat mendengarkan percakapan, wawancara, dan diskusi antara orang-orang yang menarik dengan berbagai topik. Anda seperti dapat mendengarkan podcast secara live atau secara langsung tanpa rasa eksklusivitas.

Namun sayangnya, untuk bergabung dengan aplikasi ini, Anda perlu mendapatkan undangan dan tidak dapat mengunduhnya dari App Store. Ibarat seperti klub negara atau kapal pesiar di kehidupan nyata, Anda perlu mendapatkan undangan untuk bergabung ke tempat tsb dengan anggota yang sudah ada.

 

Daftar Isi

 

1. Apa itu Clubhouse?

2. Manfaat Clubhouse

3. Cara Kerja Clubhouse 

4. Cara Buat Akun Clubhouse

5. Kesimpulan

 

Apa itu Clubhouse?

 

apa-itu-clubhouse

Clubhouse adalah aplikasi layaknya media sosial dengan format audio-chat yang memudahkan para penggunanya untuk menjalin komunikasi dan berdiskusi.  Aplikasi ini bisa diibaratkan seperti conference call, jadi ketika sebagian orang di dalamnya dapat berbicara dan beraktivitas lainnya seperti mendengarkan. Sesi obrolan audio ini berbasis dari berbagai topik, yang ditandai dengan jelas di aplikasi.

Aplikasi ini didirikan pada tahun 2020, yang  lambat laun kian membentuk dan membangun reputasinya menjadi wadah bagi orang-orang untuk bertemu, berbicara, bahkan sampai berbagai ide. Hal ini menjadikan penggunanya untuk dapat mendengarkan percakapan, wawancara, serta berdiskusi antara orang-orang dari berbagai topik. 

Clubhouse bagaikan seperti mendengarkan podcast tapi di aplikasi ini ada tambahan keunggulan lainnya yakni aktivitas yang terjadi dalam keadaan live atau siaran langsung.

Mudahnya, aplikasi ini membuat Anda dapat bergabung dengan rooms atau ruang, yang di mana di ruang ini memungkinkan Anda agar dapat mengobrol dengan orang yang sama-sama berada dalam rooom tsb. Dalam aplikasi ini tidak ada gambar, video, atau bahkan teks karena aplikasi ini berbasis hanya pada audio. Tapi, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa aplikasi ini dapat dikembangkan ke fitur-fitur yang ada sekarang ini.

Lalu, pengguna juga dapat bergabung dan meninggalkan panggilan kapan saja, mengubah room manapun sampai menjadi aula rapat umum. Nah, jika Anda mendapat undangan, Anda dapat mendaftar dan memilih topik yang sesuai minat Anda di aplikasi ini.

 

Manfaat Clubhouse

 

manfaat-clubhouse

Pada kuartal pertama tahun 2021 ini, aplikasi ini menjadi media sosial yang kian banyak penggunanya. Selain karena kepopulerannya, ada beberapa keunggulan aplikasi ini, sebagai berikut :

 

1. Keunggulan Clubhouse

  • Terdapat informasi-informasi yang menarik dan bermanfaat untuk pengetahuan baru sehingga aplikasi ini dinilai unik dibanding media sosial lainnya
  • Anda dapat mendengarkan diskusi dalam topik yang memiliki keberagaman topik secara live dan gratis
  • Clubhouse menjadi tempat baru dalam membangun relasi dengan orang lain, terutama dalam membangun hubungan yang profesional
  • Jangan khawatir jika Anda merasa awkward ketika bertemu dengan orang baru, karena dengan clubhouse Anda tidak perlu bertatap muka layaknya seperti aplikasi zoom
  • Clubhouse memiliki tokoh ternama yang telah bergabung di aplikasi ini. Hal ini tentu dapat menambah wawasan dan koneksi Anda.

 

2. Kekurangan Clubhouse

Dibalik kelebihan suatu aplikasi, pasti terdapat kekurangan yang sepatutnya kita ketahui sebelum menggunakan aplikasi tsb. Nah, berikut sejumlah kekurangan aplikasi clubhouse, diantaranya :

  • Semenjak artikel ini dihimpun, aplikasi ini masih tersedia di perangkat iphone dan belum tersedia bagi pengguna Android
  • Agar bisa bergabung ke dalam aplikasi ini, butuh proses yang rumit. Pengguna perlu mendapatkan undangan atau invite terlebih dahulu. Padahal tidak semua orang memiliki kenalan di clubhouse.
  • Karena aplikasi ini masih tergolong baru, maka pengguna perlu waktu dalam mempelajarinya agar mengerti sistem clubhouse
  • Karena interaksi dilakukan secara live, hal ini membuat kesulitan dalam mengantisipasi potensi ujaran kebencian, penyebaran hoaks dsb.

 

Cara Kerja Clubhouse 

 

cara-kerja-clubhouse

Pembuat aplikasi ini telah mengumumkan tujuan di tahun 2021 ini adalah menyelesaikan tahap beta aplikasi, sehingga mereka yaitu tim clubhouse dapat membuka aplikasi ini ke seluruh dunia.

Aplikasi ini juga memang masih sangat terbatas karena pengguna perlu bergabung secara langsung dan interaksi percakapan tidak disimpan. Selain itu, orang yang mau bergabung dengan clubhouse perlu diundang terlebih dahulu oleh seseorang yang telah memiliki akun aplikasi ini.

Seseorang masih dapat mendownload aplikasi dan dapat memasukan nama mereka di daftar tunggu, tapi hal ini tidak memiliki jaminan bahwa mereka akan segera mendapatkan akun clubhouse dengan cara itu.

Berikut beberapa fakta cara kerja aplikasi clubhouse.

  • Pengguna clubhouse perlu mengirimkan undangan kepada Anda agar dapat membuat akun
  • Jika Anda mendapatkan suatu undangan, maka di undangan tsb akan terdapat suatu link yang dikirimkan ke nomor telepon Anda sehingga dapat mengarahkan Anda ke halaman pendaftaran di aplikasi
  • Untuk awal-awal ini, pengguna aplikasi ini tidak dapat mengirim undangan ke siapa saja yang mau bergabung. Pengguna hanya memiliki dua undangan.
  • Aplikasi ini juga masih sangat terbatas karena pengguna harus bergabung secara live dan percakapan tidak dapat tersimpan
  • Anda masih dapat mengunduh aplikasi dan memasukan nama penerima undangan dalam daftar tunggu, tetapi tidak ada jaminan kalau mereka akan segera mendapatkan akun aplikasi ini.
  • Clubhouse baru tersedia untuk pengguna iPhone.

 

Clubhouse saat ini memang hanya tersedia untuk pengguna iPhone. Tapi berdasarkan informasi dari Business Today, CEO Clubhouse mengatakan bahwa aplikasi tersebut pada akhirnya dapat terbuka untuk semua orang bahkan sampai ke pengguna Android.

Sejak menjadi viral, aplikasi ini memiliki kontroversi di banyak hal. Banyak pengguna aplikasi dilaporkan telah mendapat pelecehan dan penindasan di platformnya.

Perusahaan dikritik karena tidak memiliki kebijakan moderasi pada konten atau fitur keamanan contohnya pemblokiran atau fasilitas untuk melaporkan apabila terdapat pelecehan.

Selain itu, aplikasi ini juga menghadapi persaingan dari twitter yang dalam mengerjakan produk serupa dengan fitur baru yaitu Spaces.

Saat ini, fitur tsb hanya tersedia untuk kelompok kecil pengguna beta, tapi pada akhirnya akan lebih unggul karena pengguna spaces mungkin lebih mudah menemukan audiens karena fitur tsb terintegrasi langsung ke twitter.

 

Cara Buat Akun Clubhouse

Untuk bergabung dengan aplikasi ini, seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan diatas sebelumnya, Anda perlu mendapatkan undangan dari seseorang agar Anda mendapatkan akses untuk membuat akun. Jika Anda mendapatkan undangan, maka seperti yang telah dijelaskan diatas, Anda akan mendapatkan suatu link yang dikirimkan ke nomor telepon Anda yang dapat mengarahkan Anda pada halaman pendaftaran clubhouse.

Jadi, untuk saat ini, pengguna aplikasi ini tidak dapat hanya mengirim undangan kepada siapa saja yang ingin bergabung. Pengguna yang telah ada hanya memiliki dua undangan yang tersedia pada awalnya.

 

Kesimpulan

Clubhouse saat ini memang menjadi aplikasi yang sedang tren karena keunggulannya yang memudahkan orang-orang untuk bertemu, berbincang, secara langsung dengan orang-orang yang Anda ikuti secara live dengan format audio.

Selain itu dibalik keunggulannya, aplikasi ini masih dalam proses pengembangan yang dimana untuk mendaftar sebagai pengguna saja Anda perlu diundang oleh seseorang yang telah menjadi anggota, serta aplikasi ini masih tersedia untuk pengguna iPhone saja.

Semoga bermanfaat

Sebagai tambahan informasi, agar Anda bisa terus mendapatkan info seputar bisnis secara gratis, Anda dapat terus ikuti informasi di blog IDwebhost ini. 

Kemudian, untuk Anda yang mencari layanan web hosting dan domain, Anda dapat menggunakan layanan dari IDwebhost yang memiliki promo hosting dan domain setiap harinya. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.