Apa Itu CloudLinux dan Bagaimana Memanfaatkannya
Blog Tips Keren Apa Itu CloudLinux dan Bagaimana Memanfaatkannya

Apa Itu CloudLinux dan Bagaimana Memanfaatkannya

Apa itu cloudlinux? Bagi sebagian orang tentunya sudah tidak asing dengan OS unggulan yang satu ini. Pasalnya, OS ini juga digunakan oleh banyak sekali pengguna yang ada di seluruh dunia. Lalu apa itu cloudlinux dan kenapa anda sebaiknya memilih pilihan OS yang satu ini dalam mengembangkan website yang dimiliki. Sebagaimana yang diketahui, OS yang satu ini merupakan sebuah sistem operasi berbayar yang berbasis CentOS. Dengan memanfaatkan sistem operasi yang satu ini sudah pasti anda akan mampu memperoleh semua yang anda butuhkan di dalamnya. Anda bisa memanfaatkan sebuah teknologi yang bernama LVE atau Lightweight Virtualized Environment. Dengan memanfaatkan itu semua, maka anda pun akan mampu menciptakan sebuah ruangan virtual. Ini nantinya yang bisa dipergunakan dengan mudah dan signifikan yang ada di dalamnya.

Apa itu cloudlinux inilah yang nantinya akan mengijinkan admin sistem untuk melakukan pembatasan terhadap jumlah resources. Yang nantinya akan digunakan oleh masing-masing user yang ada di dalamnya. Inilah yang membuat sistem operasi yang satu ini amat berbeda dengan script sejenis yang ada di dalamnya, yakni PRM atau Process Resources Monitor. Lalu bagaimana sebenarnya cara kerja dari sistem yang satu ini? Berikut adalah penjelasan lengkapnya yang akan bisa anda dapatkan.

Mengapa Memilih OS Ini?

Ada banyak alasan kenapa pemilihan OS yang satu ini sangat penting untuk dilakukan. Pada dasarnya anda akan mampu memperoleh semua yang anda butuhkan didalamnya. Sebagaimana yang diketahui bahwa masalah utama pada resource itu sendiri ada banyak. Saat anda menggunakan sebuah server yang konvensional, maka anda akan melihat bahwa tidak ada pembatasan resources yang bisa diberikan kepada masing-masing user. Di sini yang dimaksud adalah untuk 1 akun cPanel, bukan 1 domain. Pada dasarnya, masalah yang terjadi adalah pada penggunaan CPU, IO Disk, Query MySQL yang kurang baik dan lain sebagainya juga bisa saja terjadi.

 

Apa Itu CloudLinux
idwebhost.com

 

Dengan adanya kinerja dari apa itu cloudlinux ini maka 1 user yang menyebabkan load tidak lagi akan berpengaruh pada resources secara keseluruhan. Hal ini jelas dikarenakan secara keseluruhan resources itu sendiri telah terlimit dengan sendirinya. Jadi tidak ada istilahnya yang perlu disuspend atau semacamnya. Semuanya akan tetap terlimit dengan baik. Biasanya pesan Error akan muncul seperti Internal Error 500, Gateway Timeout 504, dan juga Service Unavailable 503/504, dan lain sebagainya. Jika ada masalah error yang terjadi semacam itu, biasanya ini terjadi karena resources yang ada didalamnya sudah mentok.

Berbagai Kegunaan Dari CloudLinux

Berbagai kegunaan dari apa itu cloudlinux itu pada dasarnya ada banyak sekali. Dalam hal ini akan bisa menghindarkan pengguna isolates dari efek tetangga buruk yang ada didalamnya. Selain itu, anda pun juga akan bisa mendapatkan pencegahan dari pengguna lainnya untuk melihat file-file yang terkonfigurasi dan juga informasi pribadi lain yang ada didalamnya. Selain itu, ini juga akan memungkinkan pengguna pada akhirnya untuk memilih versi PHP yang diinginkan mulai dari 4.4, 5.1, 5.2 dan seterusnya. Dengan cara tersebut maka akan memberikan kekuatan pula kepada anda dalam rangka terus memantau batas kontrol yang ada didalamnya, mulai dari IO, CPU dan lain sebagainya. Termasuk Memory itu sendiri.

Selain itu, hal lain yang juga dipertimbangkan adalah membantu membatasi pelaku throttle MySQL Database yang ada didalamnya itu sendiri. Hal ini juga menyediakan kompatibilitas yang signifikan terhadap semua Control Panel utama yang ada didalamnya. Semuanya juga nantinya akan bisa dipertukarkan untuk CentOS dan juga RHEL yang ada didalamnya.

Berbagai Pilihan Teknologi CloudLinux

Berbagai pilihan teknologi CloudLinux juga akan bisa anda ketahui dengan mudah, mulai dari Lightweight Virtualized Environment Limits, yang mana akan menyediakan kemudahan kepada provider hosting untuk mendapatkan kontrol secara penuh atas CPU, IO, Memory, jumlah proses, dan lain sebagainya yang ada didalamnya. Serta memberikan batasan koneksi yang dibutuhkan bersamaan. Inilah yang akan bisa memberikan kemudahan pada mereka untuk menetapkan berapa basis di tiap paket yang akan disuguhkan, serta fitur apa saja yang bisa disematkan didalamnya. Selain itu, juga nantinya akan menciptakan sebuah paket yang menyediakan CPU dan Memory yang lebih baik dan kemudian nanti akan menjualnya secara langsung kepada pelanggan yang membutuhkannya.

 

Apa Itu CloudLinux
idwebhost.com

 

MySQL Governor juga menjadi sebuah fitur tambahan lainnya yang juga akan bisa anda peroleh didalamnya. Dalam hal ini menjadi sebuah set utilitas yang berperan penting dalam memantau segala jenis operasi dan penggunaan MySQL yang ada didalamnya tersedia dalam lingkungan Shared Hosting itu sendiri. Pemantauan inilah yang nantinya akan bisa dilakukan melalui statistik yang tepat. Hal ini juga menyangkut terhadap berbagai penggunaan Sumber Daya yang terdapat pada setiap Thread yang ada pada My SQL itu sendiri. Nantinya My SQL Governor ini akan dipergunakan untuk melacak CPU yang tepat dan juga untuk penggunaan IO yang terjadi.

Baca Juga: Ini Dia! 6 Cara Membuat Judul Blog Dengan Baik

CageFS juga menjadi teknologi lainnya yang menyediakan sistem virtualisasi yang bisa digunakan per user file yang ada didalamnya. Semuanya juga akan dipergunakan untuk merangkum setiap pelanggan dan juga mencegah pengguna untuk bisa melihat satu sama lain. Selain itu juga akan mencegah terjadinya pengintipan terhadap informasi yang sensitive satu sama lain. Hal ini bisa terjadi dengan mudah dan signifikan. Dengan adanya inovasi ini maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Anda juga tidak perlu mengubah script apapun untuk meningkatkan keamanan.

Keamanan Tambahan Di CloudLinux

Hal lain dalam apa itu cloudlinux yang perlu dibahas adalah tentang keamanan tambahan yang ada didalamnya. Tersedia di sini beruga CageFS yang bisa menjadi sebuah sistem virtualisasi terbaik per user file yang nantinya akan berguna untuk mencegah adanya serangan symbolic link terkait. Ini secara tidak langsung akan meningkatkan keamanan dari server itu sendiri yang pastinya akan memberikan kemudahan dan kenyamanan yang anda inginkan didalamnya.

 

Apa Itu CloudLinux
idwebhost.com

 

Selain itu, adanya informasi mengenai PHP Selector juga akan memberikan kepada anda kemudahan yang dibutuhkan dalam memilih versi PHP yang tepat ada didalamnya. Ini nantinya akan membuat situs yang anda miliki pastinya bisa lebih aman dan yang terbaik adalah mampu membuat siapa saja menjadi senang dan merasa aman menggunakannya. Dengan adanya manfaat tersebut, sudah pasti tidak ada yang perlu anda pusingkan lagi didalamnya.

Kesimpulan

Apa itu cloudlinux adalah sebuah opsi yang tepat bagi anda untuk menikmati OS baru dengan beragam fitur yang ada didalamnya. Jadi tidak ada yang perlu anda pusingkan lagi. Pasalnya, anda akan mampu mendapatkan dan memperoleh semua kemudahan yang dibutuhkan untuk menikmati berbagai fitur dari OS yang hebat satu ini, serta mencapai semua kebutuhan tersebut dengan tepat dan signifikan didalamnya. Anda pun pasti akan mampu memperoleh semua yang dibutuhkan dengan mudah dan tepat.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.