Apa itu Clickbait? Pengertian dan Cara Menggunakan Clickbait yang Benar
Blog SEO Apa itu Clickbait? Pengertian dan Cara Menggunakan Clickbait yang Benar

Apa itu Clickbait? Pengertian dan Cara Menggunakan Clickbait yang Benar

Clickbait dapat menjadi strategi pembuatan konten yang berpotensi untuk diklik oleh banyak orang. 

Strategi clickbait yang tepat dapat meningkatkan CTR, pageviews, hingga sampai pada social share yang bisa membawa dampak positif pada brand awareness pada sebuah bisnis.

Nah jika Anda juga sedang mencari referensi mengenai strategi clickbait, Anda dapat mengikuti penjabaran lengkapnya pada artikel ini sebagai berikut :

 

Isi Artikel  :

 

 

 

Apa itu Clickbait?

 

apa-itu-clickbait

Clickbait adalah judul konten yang dibentuk dengan menarik untuk tujuan memancing orang agar mau melakukan klik terhadap konten tersebut. Semakin banyak jumlah klik yang di dapat, maka semakin berhasilah judul clickbait tersebut. 

Kini, clickbait telah banyak ditemukan dalam berbagai konten, mulai dari berita, postingan blog, sampai video. Ciri sebuah clickbait yaitu:

  • Judul yang dipakai memancing rasa penasaran
  • Judul cenderung mempengaruhi emosi pembaca
  • Mengandung gambar yang lucu dan mudah diingat

Beberapa portal berita atau blog biasanya cukup sering menggunakan strategi clickbait sebagai strategi konten marketing yang mereka lakukan. Seperti, Buzzfeed.

Konten yang mengandung clickbait memang menarik untuk diklik karena mengundang rasa penasaran.

Namun, sebaiknya Anda perlu lebih berhati-hati dalam menggunakan clickbait sebagai judul konten yang digunakan untuk keperluan bisnis Anda. Anda tetaplah membuat konten yang relevan dengan kebutuhan pembaca dan juga informasi yang sesuai. Sebab, reputasi bisnis Anda dipertaruhkan akan kebenaran isi konten Anda.

 

Kelebihan dan Kekurangan Clickbait

 

kelebihan-dan-kekurangan-clickbait

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan clickbait:

 

Kelebihan Clickbait

1. Meningkatkan Click Through Rate (CTR)

Judul clickbait dapat membuat audiens lebih tertarik agar dapat melakukan klik. Sebab selain penasaran, pengguna juga berharap menemukan jawaban pada konten Anda. Faktanya, 8 dari 10 orang mau melakukan klik pada judul konten yang mengandung clickbait.

Jadi semakin banyak orang melakukan klik pada konten yang dibuat, maka tentu rasio click-through-rate (CTR) Anda juga dapat meningkat. CTR yang tinggi memberikan bukti bahwa  konten Anda relevan dengan keperluan audiens. 

Pada akhirnya, Google dapat menempatkan konten tersebut pada posisi yang baik di hasil pencarian atau related search. 

 

2. Meningkatkan Pageviews

Judul clickbait dapat membuat audiens tertarik agar mau membaca atau menonton konten Anda. Pada akhirnya jumlah pageviews yang diperoleh yaitu total halaman yang dilihat oleh audiens, dapat meningkat tinggi.

Nah, saat jumlah pageviews Anda meningkat tinggi, konten tersebut dapat dianggap bermanfaat untuk pembaca sehingga mesin pencari pun dapat merekomendasikannya di hasil pencarian atau Search Engine Result Page (SERP).

Selain itu, bagi media online seperti BuzzFeed, clickbait juga dapat efektif untuk mendapatkan pemasang iklan lebih mudah. Jadi, penghasilan mereka pun dapat bertambah dengan strategi clickbait yang tepat 

 

3. Potensi Social Share

Clickbait juga cukup efektif dalam membuat orang untuk membagikan konten tersebut ke orang lain. Sebab, dengan judul yang menimbulkan emosi seperti penasaran, kaget dan lainnya, dapat membuat orang tertarik melakukannya. 

Potensi social share inilah yang bisa Anda manfaatkan supaya dapat meningkatkan brand awareness produk Anda. Jika langkah ini berhasil, Anda dapat tetap membuat judul clickbait yang relevan dengan isi yang telah terkandung di dalamnya.

Selain itu, sebagai saran sebaliknya, jika clickbait yang dibuat tidak mendapatkan social share yang cukup. Hal ini karena bisa jadi audiens menganggap judul tersebut terlalu berlebihan dan alhasil audiens tidak mau menyebarkan konten tidak kredibel. 

 

Kekurangan Clickbait

1. Mendatangkan Traffic yang Tidak Sesuai

Clickbait memang mungkin dapat mendatangkan trafik dari audiens yang penasaran dengan isi konten yang Anda telah buat. Tapi, bisa saja audiens yang telah didapat tersebut bukanlah target audiens yang tepat sasaran sehingga tidak dapat melanjutkan ke halaman pembelian produk. 

Kalau sudah begitu, strategi peningkatan pendapatan melalui strategi konten marketing berpotensi menjadi tidak maksimal.

 

2. Bounce Rate Meningkat

Kekurangan memakai strategi clickbait lainnya adalah terdapat bounce rate yang tinggi pada website/blog Anda. Alasannya, karena saat audiens menyadari bahwa konten tidak sesuai dengan judul, mereka bisa langsung meninggalkan konten Anda. 

Website dengan angka bounce rate yang tinggi tentunya dapat terindikasi mempunyai konten yang tidak relevan dengan pencarian pengguna inginkan. Dengan demikian, Google tidak mau merekomendasikannya ke pengguna mereka. Alhasil posisi di hasil pencarian menjadi lebih buruk. 

 

3. Merusak Brand Image

Contohnya jika Anda membuat clickbait dengan isi konten marketing yang tidak relevan. Anda menawarkan promo tas ransel untuk semua audiens pada bagian judul.  Nah,  saat audiens membaca judul konten tsb, ternyata promo itu hanya berlaku oleh 100 pembeli pertama saja. Audiens tentu bisa merasa kesal kepada Anda karena kontennya terlihat seperti penipuan, bukan? 

Jika konten clickbait itu muncul sekali saja, mungkin para pembaca masih bisa maklum. Namun kalau hal itu selalu dilakukan, tentu kepercayaan mereka pada bisnis Anda dapat menurun. Akibatnya, reputasi brand Anda bisa rusak. 

 

Cara Membuat Judul Clickbait yang Baik dan Benar

 

cara-membuat-judul-clickbait-yang-baik-dan-benar

Berikut ini adalah cara membuat clickbait sebagai bentuk strategi content marketing Anda.

 

1. Gunakan Part Paling Menarik Sebagai Judul

Anda dapat membaca ulang konten Anda sebelum memberi judul yang tepat. Anda juga dapat menentukan bagian mana yang paling menarik? Atau adakah angka yang dapat memancing rasa penasaran audiens? Jadikan kalimat itu sebagai judul konten pada website Anda. 

 

2. Memberi Teka-Teki Pada Judul

Anda dapat memberikan teka-teki pada judul Anda agar dapat menjadi cara yang efektif dalam membuat strategi ini karena dapat meningkatkan rasa ingin tahu audiens Anda. Contohnya, konten YouTube tentang perhitungan biaya pembuatan website dari IDwebhost.

Salah satu keengganan masyarakat dalam membuat website adalah terkait harga. Hal itulah yang kemudian dipakai menjadi pain point, yaitu mahal atau murah.

Dengan judul teka-teki mahal atau murah, hal ini tentunya audiens perlu mengklik untuk mendapatkan jawaban yang tertera di dalam konten. Selain itu, hal ini dapat menjadi strategi yang menarik karena bukan hanya mampu memberikan manfaat ke pengguna berupa informasi, tapi juga bisa mendapatkan banyak klik untuk menjaring konsumen memiliki potensi.

 

3. Menggunakan Emosi Untuk Mendekatkan Pembaca

Menggunakan kalimat yang membangkitkan emosi juga dapat Anda gunakan untuk strategi ini. Namun, jangan berlebihan ya. Bagaimana caranya?

Misalnya, Anda sudah memahami bahwa pemilik website merasa takut atau panik jika websitenya tiba-tiba tidak dapat diakses. Nah, Anda dapat menggunakannya sebagai judul berbentuk pertanyaan agar dapat menimbulkan kesan untuk memahami audiens.

 

4. Buat Pembaca Merasa Terlibat

Anda dapat menggunakan kalimat yang mengandung ajakan kepada pembaca yang terlibat seperti ayo, mari, yuk, skuy, pelajari atau kalimat pertanyaan yang relevan dengan kebutuhan target audiens.

 

5. Gunakan Teknik Copywriting

Anda dapat membuat judul dengan kalimat yang mudah menarik perhatian pelanggan dengan menerapkan prinsip copywriting, yaitu concise, unique, relevant, dan useful. 

Penerapan prinsip itu perlu diawali dengan mencoba menulis judul yang singkat (concise). Tujuannya agar dapat menghindari kejenuhan audiens. Meski singkat, judul perlu tetap mencerminkan manfaat isi konten yang relevan bagi audiens. Selain itu, pastikan juga Anda untuk membuat judul yang kreatif yang belum pernah digunakanorang sebelumnya. 

 

 

Kesimpulan

Clickbait menjadi strategi dalam membuat konten yang dapat diklik oleh banyak orang. 

Strategi ini dapat tepat untuk meningkatkan CTR, pageviews, sampai pada social share yang dapat membawa dampak positif pada brand awareness pada sebuah bisnis.

Semoga bermanfaat 

Lalu mengingatkan kepada Anda, Untuk dapat juga mengikuti informasi artikel lainya pada bagian blog IDwebhost ini.

Selain itu juga tersedia pilihan hosting terbaik pilihan dari IDwebhost dan domain lengkap beserta promo didalamnya yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis online Anda. 

Tidak lupa juga jika Anda membutuhkan layanan jasa pembuatan website, Anda juga dapat menggunakan layanan dari wunik atau IDwebhost.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.