Begini Pengertian OS CentOS beserta Informasi Fitur dan Kelebihannya

22 Mar 2023
Begini Pengertian OS CentOS beserta Informasi Fitur dan Kelebihannya

Apakah kamu sedang mencari OS distribusi Linux? Kabar baik jika kini kamu sedang mencari, OS CentOS bisa jadi salah satu pilihan sistem operasi distribusi Linux yang cukup menarik. Sistem CentOS bahkan mempunyai komunitas dan tersedia sebagai open source, alias gratis.

Dari segi popularitas, CentOS juga cukup unggul dibandingkan distro Linux lainnya. Kira-kira apa yang membuat sistem operasi ini lebih populer? Sebelum memutuskan untuk menggunakan sistem operasi CentOS, yuk ketahui lebih lengkap mengenai fitur dan kelebihannya. Pastikan untuk mengikuti ulasan ini sampai akhir, ya!

Apa Itu CentOS?

OS CentOS adalah sistem operasi distro atau Linux distribution yang dapat digunakan secara open source. Sistem operasi ini merupakan hasil pengembangan dari kode sumber Red Hat Enterprise Linux dan dibuat pada kernel Linux. Faktanya, Red Hat Enterprise Linux atau RHEL adalah platform yang berbayar.

Tapi, kenapa CentOS justru gratis? Ini dikarenakan adanya sebuah komunitas bernama CentOS Project yang ingin menciptakan distro berbasis RHEL, namun bisa digunakan secara gratis. Keinginan inilah yang membuat terciptanya CentOS yang bisa diakses secara gratis tanpa membayar biaya lisensi.

Meskipun kini CentOS dikenal sebagai kloningan RHEL, CentOS justru menyediakan banyak fitur-fitur hebat dan bahkan popularitasnya lebih tinggi dibandingkan dengan Red Hat. Menurut data statistik dari W3Techs, CentOS digunakan oleh 8.9% dari seluruh pengguna website dengan sistem operasi Linux.

Dengan jumlah persentase ini, CentOS menempati posisi ketiga setelah Ubuntu dan Debian. OS Red Hat justru menempati posisi tepat di bawah CentOS Linux dengan persentase sebesar 0.8%.

Sejarah CentOS

sejarah centos

Dari data di atas bisa dilihat sepertinya OS CentOS memang cukup menarik banyak perhatian para pengguna distro Linux, ya? Padahal sebenarnya, awal mula dibuatnya CentOS tidak secara langsung direncanakan sebagai distro berbasis RHEL, lho.

CentOS Project bekerja sama dengan Gregory Kruzer untuk mengembangkan sebuah proyek yang bernama CAOS Linux. Proyek ini direncanakan untuk menciptakan sebuah distro dengan sistem RPM Package Manager. Sistem RPM Package Manager dapat menyimpan database dari berbagai perangkat halus untuk diinstall dengan package manager lainnya.

Sebab Red Hat masih menjadi satu-satunya sistem yang menggunakan RPM Package Manager maka dibuatlah CentOS berbasis RHEL dan dilengkapi oleh modifikasi dari tim CentOS Project. Rilisan pertama CentOS dipublikasikan pada 14 Mei 2004 dengan mengadopsi RHEL versi 2.1.AS.

Semenjak itu, CentOS terus dikembangkan dan meluncurkan versi-versi terbarunya secara konsisten. Rilisan pertamanya diikuti oleh CentOS 3 pada 2004, lalu CentOS 4 pada 2007, CentOS 5 pada 2007, dan CentOS 6 pada tahun 2011.

Akhirnya pada bulan Januari 2014, Red Hat secara langsung mengumumkan dukungannya pada CentOS dan menjadi sponsor pengembangannya. Sayangnya, dukungan ini tidak dilanjutkan lagi dan terhenti pada tahun 2020. Pemberhentian dukungan ini berdampak pada terhentinya pengembangan CentOS 8 dan CentOS 7.

Fitur CentOS

fitur centos

Sebagai sebuah sistem operasi yang aman, stabil, dan menyediakan banyak pilihan control panel, CentOS dapat digunakan oleh berbagai instansi atau bisnis. Mulai dari skala kecil hingga skala besar dengan dukungan IT yang canggih. Ada beberapa fitur utama yang membuat OS CentOS banyak dicari-cari, berikut ini beberapa di antaranya:

  • Security-Enhanced Linux (SELinux)

CentOS didukung oleh sistem keamanan bawaannya yang bernama SELinux atau Security-Enhanced Linux. Ini merupakan sebuah sistem yang mengatur mekanisme kontrol akses yang dapat diaplikasikan ke berbagai proses, contohnya seperti untuk mengatur file.

  • Siklus Rilis Update yang Lama

Adanya siklus rilis pembaruan yang lama membuat kamu tidak perlu sering melakukan update dengan CentOS. Ini artinya, CentOS menyediakan setiap versi software-nya dalam versi yang lebih stabil untuk jangka waktu panjang.

  • Manajemen Opsi Panel

Jika kamu menggunakan CentOS, kamu dapat memilih berbagai platform pengelolaan panel yang disediakan oleh sistem operasi ini. Misalnya saja seperti VestaCP, cPanel, Spacewalk, Virtualmin, Plesk, atau Webmin.

  • Menggunakan YUM

Fitur YUM atau Yellowdog Updater Modifier package manager membuat Cent OS mampu menyelesaikan berbagai jenis tugas. Dengan fitur ini, kamu juga dapat menambah atau mengurangi fitur lain yang kamu inginkan. Ada banyak program yang dapat membantumu untuk menggunakan CentOS sebagai proxy server, mail server, maupun FTP server. Oleh sebab itu, sistem operasi distro ini cocok untuk kamu yang sedang ingin membangun broad-based system.

Kelebihan CentOS

apa itu centos

Sebagai salah satu distro Linux yang paling populer, tentu saja OS CentOS mempunyai beberapa keunggulan yang tidak dapat ditemukan pada distro lainnya. Penasaran kira-kira apa saja keunggulan OS CentOS? Berikut beberapa di antaranya:

1. Gratis

Ingin merasakan pengalaman menggunakan Red Hat namun terbentur dengan biaya lisensinya? CentOS boleh jadi solusi paling tepat untuk kamu yang ingin merasakan distro Linux seperti Red Hat. Dengan CentOS, kamu bahkan tidak perlu membayar biaya lisensi atau servis lainnya.

2. Hemat Resource

CentOS vs Ubuntu, menang mana? Bukan soal menang kalah, namun CentOS lebih unggul dalam penghematan resource. Kamu tidak perlu khawatir untuk menggunakan CentOS pada perangkat dengan spesifikasi tinggi. Hal ini dikarenkan CentOS hanya akan mengambil sedikit resource sistem saja. Tentu dalam hal ini CentOS jauh lebih unggul daripada Ubuntu.

3. Pilihan Software yang Banyak

CentOS memungkinkan kamu untuk menambahkan dan menginstal berbagai fitur yang kamu perlukan. Terdapat berbagai jenis software yang bisa digunakan untuk menambah kelengkapan sistem operasi perangkatmu. Semua ini berkat adanya Package Management yang terpasang pada CentOS.

4. Menyediakan Dukungan Komunitas

Bukan hanya mendirikan CentOS, hingga kini komunitas CentOS bahkan terus memberikan dukungannya pada sistem operasi distro satu ini. Komunitas CentOS cukup aktif dan supportive.

Mereka bahkan membantu untuk memastikan proses pengembangan CentOS agar tetap lancar. Bukan hanya itu, jaringan komunitas ini juga membantu sesama pengguna yang mengalami kendala.

5. Dokumentasi Lengkap

Menggunakan sistem operasi yang populer dapat memberikan keuntungan bagi penggunanya berupa ketersediaan dokumentasi yang lengkap. Tidak terkecuali dengan OS CentOS.

Jumlah pengguna yang sudah cukup banyak membuat munculnya banyak forum dan situs yang menyediakan panduan tentang CentOS. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan bantuan guna mengatur konfigurasi CentOS.

6. Performa yang Cepat

CentOS dirancang untuk menghadapi beban kerja sistem yang berat. Bukan hanya itu saja, optimasi pada CentOS juga membuat performanya lebih cepat dan stabil. Kelebihan ini membuat CentOS menjadi pilihan paling populer terutama dalam dunia hosting.

CentOS adalah sistem operasi yang berbasis Red Hat Enterprise Linux yang tersedia secara open source dengan performa sistem yang hebat. Dalam sistem operasi CentOS kamu dapat menemukan sistem keamanan bawaan, berbagai opsi panel, serta fitur YUM yang memungkinkan kamu menambahkan atau mengurangi program yang diinginkan.

Menarik, bukan? Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba OS CentOS? Semoga ulasan tentang pengertian, sejarah, fitur, serta kelebihan dari CentOS ini dapat menambah pengetahuanmu, ya!

Untuk menambah stabilitas dan kualitas website yang kamu kelola, gunakan layanan hosting murah dari IDwebhost. Ada banyak paket promo yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan website­mu. Siap buat websitemu meluncur lebih cepat?

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022