Apa itu Blog? Jenis, Fungsi, dan Hal yang dibutuhkan Buat Blog!
Blog Website Development Apa itu Blog? Jenis, Fungsi, dan Hal yang dibutuhkan Buat Blog!

Apa itu Blog? Jenis, Fungsi, dan Hal yang dibutuhkan Buat Blog!

Apa itu blog? pada pembahasan kali ini kita akan mengupas mengenai blog dari pengertian, jenis, fungsi dsb.

Blog adalah media online yang multifungsi dan semakin populer. Menurut survey, 77% pengguna internet ini membaca blog. Jadi Anda tidak perlu heran, di tahun 2020, terhitung terdapat 600 juta blog yang aktif di seluruh dunia. 

Jadi, apakah Anda juga ingin membuat blog juga? Nah, sebelum buru-buru membuat blog, mari

 simak dulu apa itu blog, jenis, fungsi, hingga contohnya di artikel ini. 

 

Isi Artikel :

 

 

 

Apa itu Blog?

Blog adalah website yang berupa media online yang mengandung konten dalam bentuk artikel, video, dan foto dimana dikelola oleh seorang blogger atau beberapa penulis secara sekaligus. 

Topik yang ditunjukan pada blog biasanya berfokus pada satu bidang tertentu. Misalnya lifestyle, finance, kesehatan, teknologi, kuliner, dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri, banyak blogger yang telah sukses pada dunia blog. Sebut saja, Trinity, Sugeng Riyadi, Sasyachi, Iwan Banaran, dan masih lainnya.

Selain dikelola perseorangan, blog juga sudah banyak digunakan untuk keperluah bisnis. Ada banyak fungsi dan manfaat blog yang tentunya dapat mendatangkan keuntungan untuk bisnis.

Contohnya, sebagai branding, publikasi, sampai mempromosikan produk. Itulah alasan mengapa, 55% marketer memprioritaskan pembuatan blog sebagai strategi marketing mereka.

 

Perbedaan Blog dan Website

Berikut perbedaan blog dan website untuk memudahkan Anda dalam memahami keduannya:

 

Website 

Website adalah kumpulan halaman online yang bisa diakses menggunakan internet melalui alamat domain tertentu. Website biasanya berisi suatu informasi tentang produk atau layanan. 

Karena mayoritas berisi informasi produk atau layanan, website biasanya juga bersifat statis. Artinya, dari sisi desain dan kontennya tidak perlu untuk terlalu sering untuk di-update. 

Dari segi kepemilikannya, website biasanya digunakan dalam keperluan organisasi, sekolah, lembaga, toko online, bisnis, dan lain sejenisnya. 

 

Blog 

Blog adalah salah satu jenis website yang mengandung isi konten artikel berupa opini, pengalaman, dan informasi pengetahuan. 

Blog biasanya bersifat dinamis yang dimana kontennya perlu ditambah dan di-update secara rutin. Bisa dikatakan, konten blog merupakan nyawa yang menentukan sukses atau tidaknya blog. 

Sementara dari segi kepemilikannya, blog banyak digunakan oleh perseorangan. Namun, blog juga digunakan oleh bisnis, perusahaan, dan lembaga untuk promosi dan juga kegiatan strategi pemasaran.

 

 

Struktur Blog Pada Umumnya

 

apa-itu-blog

Blog biasanya mempunyai tampilan dan tatanan struktur yang cukup beragam. Namun, pada umumnya, struktur blog ini biasanya terdiri dari beberapa komponen berikut ini!

  • Header: Bagian atas blog yang mengandung judul, deskripsi, dan juga menu blog.¬†
  • Navbar: Elemen ini bisa disebut sebagai menu dalam membantu pengunjung memilih dan menjelajahi konten blog.¬†¬†
  • Main blog: Bagian di mana postingan blog Anda ditempatkan. Di bagian ini, terdapat struktur seperti judul, tanggal, nama penulis, kolom komentar, dan lain sejenisnya.¬†
  • Sidebar: Sisi samping pada bagian blog yang biasanya menampilkan beberapa rekomendasi artikel populer, widget, iklan, atau informasi tambahan lainnya.¬†
  • Footer: Bagian bawah blog yang mengandung informasi penulis, kontak, form subscription, dan alamat email.¬†

Selain itu, pada bagian main blog, konten blog biasanya tidak hanya berupa tulisan. Namun, juga disisipkan gambar dan video. 

Menambahkan gambar atau video pada konten artikel juga dapat memberikan kemudahan pada pengunjung membaca blog Anda. 

 

Manfaat dan Fungsi Blog

 

apa-itu-blog

Berikut beberapa manfaat pada blog!

1. Sebagai Sarana Publikasi 

Jika Anda ingin menyalurkan hobi menulis, Blog dapat menjadi salah satu sarana untuk menuangkan kreatifitas menulis Anda secara bebas. Entah itu kisah kehidupan Anda, opini, atau karya lainnya. 

Jika Anda mempunyai bisnis, blog juga dapat menjadi sarana untuk press release kegiatan. Jika, ada pelanggan yang mengunjungi website bisnis Anda, mereka juga dapat melihat bahwa bisnis Anda tetap eksis. Hitung-hitung, langkah ini juga dapat menghemat biaya publikasi yang mahal di media online. 

 

2. Sebagai Portofolio Online 

Contoh lain dari manfaat blog yaitu sebagai portofolio online. Portfolio merupakan salah satu hal yang penting untuk kebutuhan seorang profesional. Sebab, klien atau perusahaan bisa lebih mudah dalam mengetahui skill dan pengalaman yang Anda kuasai. 

Nah, dengan blog, Anda dapat membuat portofolio online yang berisi hasil karya tulisan, foto, maupun proyek yang telah Anda kerjakan. Anda bisa mempercantik blog dengan tema dan desain blog yang menarik agar dapat memikat klien. Jadi, Anda pun berpeluang dalam mendapatkan uang dari blog.

 

3. Sarana Branding  

Blog juga dapat menjadi sarana branding yang terbilang cukup ampuh. Bagi profesional, menulis artikel topik tertentu pada blog dapat membuat Anda dikenal sebagai expert. Jadi, klien atau calon konsumen tidak ragu dalam menggunakan jasa Anda. 

Begitu pula bagi bisnis. Dengan blog, Anda dapat membangun branding perusahaan sembari memberikan informasi seputar niche Anda yang bermanfaat untuk konsumen. 

Misalnya saja IDwebhost yang mempunyai blog niche seputar domain dan bisnis online. Dengan terus menampilkan artikel yang menarik dan bermanfaat. Kredibilitas IDwebhost di bidang teknologi semakin baik di mata pelanggan. 

Itulah mengapa, Anda disarankan dalam menulis artikel dengan satu topik tertentu yang juga Anda kuasai. 

 

4. Mempromosikan Produk atau Jasa 

Anda seorang pemilik bisnis? Blog juga dapat Anda manfaatkan untuk promosi produk bisnis Anda lho! 

Pasalnya, 70% orang ternyata lebih untuk mempelajari produk bisnis lewat artikel dibanding melalui iklan. Dengan menggunakan media blog, Anda dapat menulis artikel seputar manfaat hingga tutorial dari produk Anda. 

 

Apa saja yang Dibutuhkan untuk Membuat Blog?

 

apa-itu-blog

Setelah mengetahui apa itu blog serta manfaatnya, sekarang saatnya Anda untuk mulai membuat blog. Nah, berikut ini hal yang Anda perlukan dalam membuat blog. 

 

1. Tentukan Platform Membuat Blog 

Untuk memulai membuat blog, Anda perlu dalam menentukan platform yang Anda pakai terlebih dulu. Ada banyak platform blog terbaik yang dapat membantu Anda membuat blog dengan mudah. 

WordPress.org 

WordPress.org merupakan software open source yang dapat digunakan secara gratis. Bisa dikatakan, WordPress yaitu CMS paling populer. Lebih dari 35% blog dan website menggunakan platform ini.  

Banyaknya pengguna WordPress.org dikarenakan penggunaannya yang mudah, tampilan yang menarik, dan tersedia plugin canggih yang berlimpah.

Nah, untuk dapat membuat blog menggunakan platform ini, Anda dapat membeli layanan hosting dan domain terlebih dulu. Panduan mengenai pemilihan hosting dan domain dapat dibahas pada bab selanjutnya ya. 

 

WordPress.com 

Hampir mirip dengan WordPress.org, WordPress.com juga CMS pembuatan website yang menggunakan server hosting pada WordPress. Jadi, nama blog Anda nantinya akan berisi domain .wordpress.com. 

WordPress.com memang dapat dipakai secara gratis, tetapi ada banyak kekurangan. Misalnya, tidak tersedia plugin dan tema yang mencukupi.  Untuk dapat menggunakan plugin dan tema sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu menyediakan anggaran lebih banyak. 

 

Blogger 

Blogger atau blogspot ini merupakan platform CMS yang dimiliki Google.Nah, kelebihan menggunakan Blogger, Anda dapat memanfaatkan layanan dari Google lebih mudah, seperti AdSense, AdWords, Google Analytics, dan lainnya. 

Nah, hampir sama seperti WordPress.com, kekurangannya, nama blog Anda dapat disisipi domain .blogspot.com. Hal ini tentu saja tidak cocok dalam kebutuhan profesional ataupun bisnis. 

 

2. Pilih Niche Blog 

Niche blog merupakan tema atau topik khusus yang diulas di blog. Artinya, dalam satu blog, konten yang ditunjukan merupakan bagian dari satu topik yang sama. Misalnya, topik teknologi, kuliner, travel, kecantikan, dan lain sejenisnya. 

Dalam membuat blog, sebenarnya sah-sah saja ketika tidak menentukan niche blog alias membuat blog yang campur-campur. Namun, dengan menggunakan niche blog, Anda menjadi  lebih fokus dan mudah dalam membuat artikel, lebih dikenal sebagai ahli, serta mudah mendapatkan monetisasi dari iklan. 

Kalau Anda masih bingung dalam memilih niche blog apa, Anda dapat terapkan langkah berikut: 

 

  • Topik yang Anda Kuasai

 

Pilih topik yang memang Anda kuasai supaya Anda tidak merasa kesulitan dan jenuh dalam mengelola blog secara jangka panjang. Sebisa mungkin topik tersebut juga Anda kuasai. Tidak harus jadi pakar atau master, setidaknya Anda paham dengan topik tersebut. 

 

  • Topik yang Populer¬†

 

Pertimbangkan juga kepopuleran pada topik blog. Jadi, peluang mendapatkan banyak pembaca semakin besar. Anda dapat mencoba pakai Google Trends untuk mengetahui trendnya.

 

  • Topik yang Menguntungkan¬†

 

Beberapa topik sering mendapatkan peluang untung yang lebih besar. Misalnya mendapatkan iklan, bisa menjual produk, ebook, sampai afiliasi. Beberapa topik yang cukup menguntungkan contohnya, kecantikan, teknologi, bisnis, dan banyak lagi. 

 

3. Beli Layanan Hosting yang Tepat 

Setelah memilih niche dan platform blog, Anda perlu membeli hosting terlebih dulu. Hosting merupakan tempat untuk menyimpan file blog supaya dapat diakses online. 

Ada beberapa jenis hosting yang bisa Anda gunakan, yaitu: 

  • Shared hosting: jenis hosting yang paling terjangkau dan juga mudah penggunaannya;
  • Cloud hosting: jenis hosting dengan sumber daya besar dan juga kemudahan penggunaan;
  • VPS hosting: jenis hosting dengan kapasitas besar dan juga dapat dikelola secara mandiri dengan membutuhkan kemampuan teknis;
  • WordPress hosting: sama seperti shared hosting, akan tetapi dikhususkan untuk pengguna WordPress.

Jika Anda merasa bingung pilih yang mana hosting terbaik untuk Anda? Anda dapat memulai membuat blog dengan menggunakan shared hosting dan WordPress hosting. Tak perlu terlalu jauh mencari, Anda dapat menggunakan layanan IDwebhost. 

 

Kesimpulan

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai apa itu blog. Mulai dari pengertian blog, sejarah blog, struktur, fungsi, jenis-jenisnya, sampai cara membuatnya. 

Blog merupakan media online yang mudah digunakan untuk semua orang untuk tujuan tertentu, baik jurnal pribadi, portofolio, ataupun pemasaran bisnis. 

Membuat blog juga sudah menjadi semakin mudah. Anda dapat menggunakan platform yang telah disediakan seperti WordPress atau Blogger. Jangan lupa juga untuk memilih hosting dan domain agar blog Anda semakin terlihat profesional. 

Semoga bermanfaat

Selanjutnya, supaya Anda juga dapat memperoleh informasi artikel lainya, Anda juga bisa lho mengunjungi halaman website IDwebhost di bagian blog IDwebhost.

Hal menyenangkan lainnya, Anda juga dapat memilih hosting terbaik dengan pilihan yang telah disediakan oleh IDwebhost dan domain lengkap beserta promo didalamnya yang bisa Anda gunakan guna keperluan bisnis online Anda. 

Lalu untuk Anda membutuhkan layanan jasa pembuatan website, Anda bisa menggunakan layanan dari wunik atau IDwebhost untuk memaksimalkan bisnis Anda menggunakan website.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’Amour Aktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.