Apa Itu Bitcoin? Penjelasan Lengkap Tentang Bitcoin 

28 Jan 2022
Apa Itu Bitcoin? Penjelasan Lengkap Tentang Bitcoin 

Pada akhir tahun 2021 Bitcoin mencapai nilai tertinggi sekitar $ 65.000 atau setara dengan 947 juta rupiah . Meskipun pada saat ini nilai dari Bitcoin terus menurun dibawah $ 40.000. Akan tetapi, masih banyak ternyata orang yang belum mengetahui apa itu Bitcoin dan juga fungsinya.

Saat ini, cryptocurrency menjadi topik yang hangat dibicarakan oleh khalayak ramai. Apalagi baru-baru ini salah satu orang Indonesia viral dikarenakan meraup milyaran rupiah dari menjual foto selfie dalam bentuk NFT. 

Artikel kali ini, IDwebhost akan membahas lengkap apa sebenarnya Bitcoin dan kenapa banyak orang yang menggunakannya. Mari kita simak pembahasan secara satu persatu di bawah ini.

Apa Itu Bitcoin?

apa itu bitcoin

Bitcoin adalah mata uang digital terdesentralisasi yang memungkinkan pembayaran secara instan kepada siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Bitcoin menggunakan teknologi peer-to-peer sehingga pembayaran dilakukan secara daring dan terjadi langsung dari satu pihak ke pihak lainnya tanpa otoritas pusat yang mengeluarkan uang baru atau melacak transaksi.

Fitur keamanan kriptografi dari Bitcoin mengharuskan data dalam setiap transaksi diverifikasi dan harus sama oleh verifikator Bitcoin. Hal ini membuat Bitcoin minim terjadi kesalahan dan manipulasi data.

Siapa Pencipta Crytpocurrency Bitcoin?

Wei Dai pertama kali menjelaskan mengenai konsep cryptocurrency pada tahun 1998. Ia mengemukakan sebuah ide tentang bentuk uang baru yang menggunakan kriptografi untuk mengontrol pembuatan dan transaksi. 

Bitcoin salah satu contoh penerapannya. Konsep Bitcoin sendiri dipublikasikan pertama kali pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Namun pada tahun 2010, Satoshi Nakamoto meninggalkan proyek ini. Sampai saat ini masih belum diketahui identitas pribadi Satoshi Nakamoto yang sebenarnya. 

Dikarenakan cara kerja Bitcoin yang berbasis sumber terbuka. Setiap orang mampu membuat perangkat lunaknya sendiri dengan memodifikasi versi sebelumnya.

Tidak ada individu yang mengendalikan jaringan Bitcoin. Cryptocurrency yang satu ini dikendalikan oleh semua penggunanya yang ada di seluruh dunia. Karena setiap orang bisa meninjau kode atau membuat sendiri perangkat lunak dari Bitcoin. Sulit untuk mengungkapkan siapa pencipta dari Bitcoin. Sampai saat ini nama Satoshi Nakamoto masih menjadi anonim.

Manfaat Cryptocurrency Bitcoin

Anda sudah mengetahui apa itu Bitcoin dan siapa yang menciptakan Bitcoin. Bitcoin juga memiliki banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Apa saja? Berikut manfaat Bitcoin yang harus diketahui:

Pembayaran Menjadi Lebih Mudah

Saat ini beberapa perusahaan di Amerika seperti Tesla telah mengizinkan Bitcoin sebagai alat pembayaran. Dengan Bitcoin anda cukup melakukan transaksi dengan lebih sederhana. 

Tidak perlu mendaftar, menggesek kartu, memasukan pin atau menandatangani apapun. Anda cukup menggunakan NFC atau melakukan pemindaian kode QC pada wallet Bitcoin.

Bisa Dilakukan Dimana Saja dan Kapan Saja

Sama seperti email, anda tidak perlu meminta penerima yang anda ingin kirimkan Bitcoin untuk menggunakan aplikasi atau penyedia layanan yang sama.

Anda hanya perlu alamat Bitcoin mereka dan anda dapat bertransaksi dengan mereka kapan saja dan dimana saja. Hal ini dikarenakan jaringan Bitcoin selalu aktif selama 24 jam bahkan di hari libur atau weekend. 

Pembayaran Lebih Cepat

Tidak ada pihak ketiga atau lembaga keuangan yang mengatur transaksi Bitcoin. Sehingga anda tidak perlu menunggu beberapa hari atau menunggu hari kerja ketika melakukan sebuah transaksi.

Berbeda dengan bank, Bitcoin tidak ada jumlah minimum atau maksimum ketika ingin mengirimkannya.

Karena sistem desentralisasi, biaya kirim Bitcoin menjadi sangat murah. Bahkan tidak ada biaya tambahan ketika melakukan transaksi antar negara.

Minim Resiko Bagi Penjual

Setiap transaksi Bitcoin tidak bisa dibatalkan dan tidak mengandung informasi pribadi pelanggan yang sensitif. Hal ini memungkinkan penjual terlindungi dari penipuan atau kecurangan chargeback. 

Transparan dan Netral

Semua informasi terkait suplai Bitcoin tersimpan di blockchain dan dapat dilihat secara umum bahkan real time. Tidak ada individu maupun organisasi yang bisa mengontrol dan memanipulasi protokol pada Bitcoin karena diamankan secara kriptografi.

Hal ini membuat Bitcoin menjadi lebih transparan, netral dan dapat diprediksi.

Apakah Cryptocurrency Bitcoin Legal?

apa itu bitcoin

Tidak hanya di Indonesia, pada awalnya semua negara menolak Bitcoin sebagai metode pembayaran yang sah. Namun, saat ini sudah banyak negara yang melegalkan Bitcoin sebagai metode pembayaran yang sah.

Pada tahun 2014 Bank Indonesia pernah menolak Bitcoin dan mata uang kripto lainnya sebagai alat transaksi. Namun pada tahun 2019, Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi mengeluarkan peraturan sebagai landasan hukum Bitcoin. 

Akan tetapi, meskipun legal. Bitcoin belum bisa menjadi alat pembayaran yang sah di Indonesia. Hal ini dikarenakan Bitcoin tidak memiliki otoritas yang berwenang untuk menerbitkan dan mengatur, mengelolah sirkulasi dan distribusi, menjamin keaslian serta menjaga nilai tukarnya.

Berdasarkan UU No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang mengatur penetapan rupiah sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia dalam bentuk uang kertas dan logam dengan ciri dan karakteristik tertentu. 

Saat ini Bitcoin dan cryptocurrency lainnya hanya boleh diperjualbelikan saja di bursa berjangka.

Artinya, Bitcoin legal sebagai komoditas namun masih ilegal jika digunakan sebagai alat pembayaran di Indonesia.

Cara Kerja Cryptocurrency Bitcoin 

Mungkin anda melihat Bitcoin tidak lebih dari aplikasi smartphone atau program komputer yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan menerima Bitcoin. Namun di belakang layar, jaringan Bitcoin benar-benar kompleks.

Semua transaksi di bagikan menjadi sebuah catatan publik atau sering disebut blockchain. Semua transaksi yang pernah diproses memungkinkan pengguna untuk memverifikasi keaslian setiap transaksi.

Tanda tangan digital yang berhubungan dengan alamat pengirim menjadi pelindung untuk setiap transaksi yang dilakukan. Dengan begitu, semua pengguna memiliki kontrol penuh atas pengiriman Bitcoin ke alamat yang mereka inginkan.

Baca Juga: Cara Menggunakan DNS Google untuk Windows dan Android

Apa Saja Resikonya?

Crytpocurrency

Jika menyimpan rupiah, ketika anda bangun di pagi hari anda tahu persis berapa nilai yang anda miliki. Namun, nilai finansial cryptocurrency ini sangat tidak menentu. Nilainya bisa naik turun bahkan dalam hitungan jam.

Meskipun transaksi Bitcoin sangat aman dalam menjaga privasi. Namun hal ini justru menimbulkan polemik lain. Karena wallet Bitcoin bisa disamarkan, anda tidak bisa melacak siapa yang melakukan transaksi di Bitcoin. Sehingga tindakan seperti pencucian uang akan sangat banyak dan besar kemungkinannya terjadi.

Apakah Ada Cryptocurrency Lain dan Bagaimana Jika Ada yang Lebih Baik Dibandingkan Bitcoin?

Dengan seiring berkembangnya teknologi dan meningkatnya tren pada dunia kripto. Saat ini ada begitu banyak cryptocurrency baru setiap harinya. Misalnya Ethereum, Solana dan BNB.

Sampai saat ini Bitcoin masih menjadi cryptocurrency paling populer. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada cryptocurrency lain di masa depan yang dapat menyaingi Bitcoin.

Kesimpulan

Dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian Bitcoin adalah mata uang digital yang bisa menjadi alat tukar ataupun alat investasi. Bitcoin bisa dijadikan mata uang dan dapat dijadikan alat pembayaran. Namun di Indonesia Bitcoin bukan mata uang yang sah dan resmi. Sehingga Bitcoin hanya bisa diperjualbelikan atau sebagai komoditas saja.

Akan tetapi, banyaknya permintaan sementara supplynya terbatas. Membuat Bitcoin bisa dijadikan alat investasi namun dengan tingkat resiko yang sangat besar.

Itulah penjelasan lengkap apa itu Bitcoin dan segala keunggulan serta resikonya. Apakah ada diantara anda yang mulai tertarik berinvestasi di Bitcoin?

Baca Juga: Tutorial Mengidentifikasi Email Penipuan

Bitcoin menjadi salah satu tema yang sangat dicari orang hari ini. Nah, Anda juga bisa lho, berbagi pengetahuan tentang bitcoin dengan sebuah website yang bagus. Jangan bingung, sekarang Anda bisa membuat website dengan mudah dan cepat hanya di Jasa Pembuatan Website IDwebhost.

Penulis
Member since 2 Jul 2013