Apa Itu Bandwidth? Ini Penjelasannya
Blog Tips Keren

Apa Itu Bandwidth? Ini Penjelasannya

Apa itu bandwidth menjadi sebuah wawasan yang sebaiknya anda ketahui. Dalam penerapannya, banyak sekali kemudahan yang akan bisa anda peroleh pada saat membangun sebuah website, salah satunya adalah dengan mengetahui apa itu bandwidth. Dengan adanya wawasan tersebut, maka anda akan mampu mendapatkan kemudahan menjadikan situs tidak gampang down atau error. Anda pastinya juga tahu bahwa ada banyak sekali hal yang bisa membuat situs tersebut error dalam sekejap. Permasalahan yang ada didalamnya memang ada banyak sekali. Sudah pasti salah satunya adalah karena traffic yang kian banyak dan meningkat.

Hal ini pastinya akan membuat website menjadi mudah down didalamnya. Dengan pengetahuan apa itu bandwidth ini maka anda akan mudah memaksimalkan potensi yang dimiliki situs yang anda miliki dalam menampung lebih banyak traffic yang masuk didalamnya. Ini juga akan memberikan keuntungan dan manfaat tersendiri yang akan bisa anda capai didalamnya dengan mudah. Pada dasarnya memang banyak sekali yang perlu anda terapkan didalamnya. Selama anda tahu cara melakukannya dengan baik, sudah pasti tidak ada masalah yang perlu anda cemaskan didalamnya.

Pengertian Apa Itu Bandwidth

 

Apa Itu Bandwidth?
idwebhost.com

 

Hal utama yang perlu anda perhatikan dalam apa itu bandwidth adalah istilah yang merujuk pada berapa banyak nilai konsumsi pada transfer data suatu website. Jika jumlahnya sangat bayak, sudah pasti hal tersebut akan menimbulkan masalah. Jumlahnya tersebut juga dihitung dalam satuan bit per second yang mana akan bisa didefinisikan secara luas dan menjabar. Ini adalah sebuah satuan frekuensi yang diperoleh secara signifikan dari sinyal yang terdapat pada transmisi medium yang ada didalamnya.

Selain itu, hal lain yang perlu anda ketahui adalah bandwidth itu sendiri memang banyak digunakan karena merujuk pada informasi mengenai Data Transfer Rate. Dengan adanya informasi ini maka semua itu akan bisa mewujudkan kemudahan pada saat membuka website. Sayangnya anda juga perlu tahu bahwa tak semuanya berjalan semudah itu. Karena ada kalanya Bandwidth ini menjadi sebuah kapasitas maksimal data yang dikirimkan untuk mendapatkan data dalam satuan detik di satu jalur komunikasi. Apabila bandiwthnya kurang banyak, bisa jadi ini akan menimbulkan kendala yang ada didalamnya.

Berbagai Macam Bandwidth Dalam Jaringan Komputer

Ada banyak hal dalam apa itu bandwidth yang perlu diketahui, khususnya terkait dengan jaringan komputer itu sendiri. Dari sini perlu diketahui bahwa ada banyak macam jaringan yang bisa didapatkan. Tentu masing-masing diantaranya memiliki ciri khas-nya tersendiri yang akan bisa ditemukan dengan baik dan itu sendiri. Berikut adalah beberapa pilihan bandiwth yang bisa anda pergunakan:

1. Digital Bandwidth

Opsi yang pertama dalam apa itu bandwidth adalah tipe digital bandwitdh. Dalam tipe yang satu ini, anda akan bisa melihat bahwa kuantitas data dihitung dalam satuan bit per second. Dari sini nantinya akan terdapat dalam jaringan yang mampu untuk dikirimkan dengan saluran komunikasi yang sama didalamnya. Sesuai dengan namanya, bandwidth digital ini menyediakan informasi yang dibutuhkan mengenai saluran transmisi. Dari sini saluran tersebut diterapkan dengan memakai kabel atau saluran nirkabel. Semua itu dihitung dalam satuan waktu dalam satuan bit. Contohnya adalah untuk 20 kilobite per detik, maka satuannya adalah Kbps.

2. Analog Bandwidth

Tipe yang selanjutnya dalam apa itu bandwidth adalah analog bandwidth. Dalam tipe yang satu ini anda akan bisa melihat bahwa perbedaannya dihitung dalam rentang hertz atau frekuensi bersatuan yang ada didalamnya. Jadi antara frekuensi sesuai dengan jumlah terendah dan frekuensi tertinggi yang ada didalamnya. Dari sinilah nantinya akan bisa ditentukan banyaknya informasi maupun data yang akan ditransmisikan dalam satu satuan waktu yang ada didalamnya. Semuanya pasti akan memberikan sesuatu yang lebih baik itu sendiri didalamnya.

 

Apa Itu Bandwidth?
idwebhost.com

Fungsi Bandwith Pada Jaringan Komputer

Hal utama yang perlu anda perhatikan dalam apa itu bandwidth adalah fungsi dari bandwith itu sendiri untuk jaringan komputer yang anda miliki. Dari sini anda bisa melihat bahwa ada banyak sekali hal yang akan bisa anda terapkan didalamnya. Anda akan menemukan bahwa banyak sekali akses yang tersedia didalamnya itu sendiri. Semua akan memberikan kemudahan kepada pengguna supaya bisa mengakses server yang ada didalamnya itu sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda terapkan didalamnya.

1. Menyediakan Jalur Atau Media Pengiriman Data Yang Mudah

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam apa itu bandwidth ini. Fungsinya yang pertama bisa anda lihat dari bagaimana jalurnya menghubungkan antara satu media dengan media lainnya. Caranya bisa diterapkan melalui proses transfer data yang ada didalamnya. Dari sini akan bisa dilihat banyak sekali alat atau perangkat yang bisa digunakan antara lain kabel fisik LAN, dan juga perangkat komputer yang digunakan didalamnya.Proses pertukaran dana itu pun juga bisa dilakukan dan digunakan oleh pengguna dalam satu lokasi yang signifikan itu sendiri, secara tepatnya adalah pada bagian dalam kabel LAN fisik itu sendiri. Semuanya akan memberikan lebih banyak manfaat dan keunggulan yang akan bisa anda terapkan didalamnya.

2. Menyediakan Batasan Kecepatan Transfer Atau Pengiriman Data

Hal selanjutnya dalam fungsi apa itu bandwidth adalah kemampuannya dalam membatasi kecepatan transfer atau pengiriman data yang ada didalamnya. Di sinilah bisa tersedia banyak sekali adinistrator jaringan yang akan memanfaatkan jaringan tersebut. Sejumlah hal biasanya akan dilakukan oleh pengguna intenret, mulai dari melakukan pengunduhan atau memutar video yang ada didalamnya. Selain itu, mereka juga biasanya akan menyediakan resolusi yang high display atau HD didalamnya. Hal inilah yang tentu saja perlu dipertimbangkan itu sendiri.

BACA JUGA: Memanfaatkan Blog Post Link Pada SEO

 

Apa Itu Bandwidth?
idwebhost.com

 

Tindakan tersebut sebetulnya dengan sama saja menyedot bandwidth yang sudah tersedia didalamnya. Dari sini satu pengguna akan bisa merasakan kecepatan yang besar karena mereka mendapatkan bandwidth yang lebih baik. Sementara, bandwidth lainnya yang dipakai oleh pengguna lainnya akan terpengaruh kecepatan yang ada didalamnya. Dengan kata lain, apabila terdapat bandwidth ini maka akan mengatur kecepatan yang didapatkan masing-masing pengguna agar bisa seimbang satu sama lain. Cara ini tentunya sangat signifikan itu sendiri.

3. Memberikan Batasan Data Yang Dikirimkan

Hal berikutnya dalam apa itu bandwidth yang perlu diperhatikan adalah bagaimana memberikan batasan terhadap data yang dikirimkan didalamnya. Ini adalah sebuah fungsi yang penting dalam rangka mendapatkan hasil yang lebih baik itu sendiri. Pengguna pun akan mampu memperoleh manfaatnya yang tepat dan terbaik didalamnya. Semua itu akan bisa diperoleh dalam satu waktu. Misalnya saja memberikan batasan 1 GB per bulan. Dengan demikian, semuanya akan bisa didapatkan dengan lebih baik lagi dan tepat didalamnya. Hal ini tentunya akan mampu dan bisa memberikan manfaat yang lebih banyak dan utama lagi. Tentunya ini akan bisa membuat anda mendapatkan yang terbaik.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.