Apa Itu AIDA Marketing? Ini Penjelasan Lengkapnya!
Blog Digital Marketing Apa Itu AIDA Marketing? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Apa Itu AIDA Marketing? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Anda seorang mareker? Pelaku bisnis? Anda harus tahu salah satu strategi dalam marketing yaitu AIDA Marketing. Seperti apa sih konsep AIDA ini? Mari ikuti penjelasan lengkapnya dalam pembahasan kali ini, kita bersama akan membahas tuntas mengenai apa itu AIDA marketing, dan mengapa Anda perlu menggunakannya. AIDA Marketing menjadi salah satu konsep marketing yang kini banyak menjadi model pendekatan suatu bisnis kepada konsumennya. Strategi ini kembali mencuat utamanya sejak model pemasaran Online menjadi salah satu pilihan dalam bisnis saat ini.

Bagi Anda pelaku bisnis, tentu proses pemasaran menjadi salah satu perhatian Anda. Karena pemasaran menjadi kunci akhir bagaimana produk atau jasa Anda akan sampai dan menemukan penggunanya. Tanpa adanya proses pemasaran yang tepat, sebagus apa pun produk Anda hanya Anda yang mengetahuinya. Keberadaan model pemasaran yang beragam, sering kali menjadikan pelaku bisnis melupakan satu hal penting, yaitu kenyamanan konsumen. Apa lagi ketika melancarkan strategi digital marketing, sering kali pendekatan yang dilakukan membuat calon pembeli ‘kurang nyaman’.

Nah, apakah AIDA mampu menjawab persoalan pemasaran yang selama ini menjadi persoalan dari model strategi pemasaran yang Anda terapkan untuk tenaga pemasaran Anda? Ikuti penjelasan lengkap AIDA marketing berikut ini:

Apa Itu AIDA Marketing

Apa Itu AIDA Marketing

Sejak awal kita telah menyebut mengenai AIDA, apa sebenarnya AIDA itu?  AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Jika kita artikan dalam bahasa Indonesia maka AIDA adalah singkatan dari empat poin yaitu; perhatian, minat, keinginan dan  aksi.

Menjawab pertanyaan apa itu AIDA marketing, jika kita merujuk pada berbagai pengertian AIDA marketing dalam berbagai sumber referensi dapat kita ambil kesimpulan sebagai berikut: “AIDA marketing merupakan konsep dalam dunia marketing yang mana berisi tahapan-tahapan ketika konsumen mulai sadar dan tertarik dengan sebuah produk sampai kemudian mencoba  dan kemudian mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut.”

Maka model AIDA marketing dengan empat poin; perhatian, minat, keinginan dan aksi, pada dasarnya menitik beratkan pembeli atau konsumen sebagai bagian terpenting dalam pemasaran suatu produk. Maka, menjadi sangat penting pelaku bisnis atau seorang marketer untuk memahami secara detail bagaimana strategi pemasaran AIDA ini dapat diterapkan dalam pemasaran produk mereka.

Seperti telah kita bahas dalam pembuka artikel, bahwa selama ini kita telah mempelajari berbagai strategi pemasaran, yang mana sering kali kita melupakan bagian terpenting dari model pemasaran  yaitu kedekatan merek atau citra produk kepada konsumen. AIDA Marketing adalah jawaban dari persoalan pendekatan merek kepada pasar atau konsumen.

Bagaimana Menjalankan Strategi AIDA Marketing?

Bagaimana Menjalankan Strategi AIDA Marketing

Kita telah mengetahui seperti apa konsep dasar dari AIDA marketing. Empat poin penting dalam model pemasaran  AIDA telah kita pahami, dan sebagai pelaku bisnis kita tentu mengerti betapa dahsyatnya konsep AIDA  ini jika mampu diterapkan dengan baik dalam proses strategi pemasaran  dari produk yang kita miliki.

Jika kita jeli, sebenarnya konsep AIDA sudah ada dalam berbagai model pemasaran. Karena memang konsep AIDA marketing bukanlah hal baru. Konsep ini sudah ada dan digunakan dalam pemasaran sejak abad ke 19. Namun, penyempurnaan dari model  AIDA tentu saja terjadi seiring berkembangnya waktu.

Dalam berbagai model pemasaran konvensional, kita bisa melihat bagaimana konsep AIDA ini sudah berulang kali dilakukan bongkar pasar dengan menerapkan atau melakukan kombinasi strategi pemasaran  modern. Dan kita bisa melihat berbagai keberhasilan dari penerapan konsep AIDA marketing untuk berbagai kebutuhan pemasaran produk atau pun jasa.

Jika Anda pernah menggunakan jasa pemasaran profesional, atau melalui agen pemasaran  atau jasa advertising dalam mempromosikan produk Anda. Tentu Anda akan menemukan bagaimana mereka selama ini  menggunakan konsep AIDA dalam berbagai  strategi pemasaran untuk klien mereka.

Maka, penting bagi Anda untuk mempelajari dan mempraktikkan bagaimana konsep AIDA marketing ini ketika Anda terapkan untuk bisnis Anda.  Tentu Anda akan menghemat pengeluaran jasa pemasaran ketika Anda bisa memahami konsep AIDA ini. Setidaknya Anda bisa menerapkan KPI ketika Anda akan menggunakan jasa advertising nantinya.

Nah, bagaimana cara menjalankan strategi AIDA marketing yang terdiri dari Attention, Interest, Desire dan Action dalam bisnis Anda? Untuk memudahkan penjelasan konsep dan strategi AIDA marketing, mari kita bahas satu persatu dari setiap poin AIDA marketing. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda:

  1. Attention: Strategi AIDA Marketing Dalam Mencari Perhatian Konsumen

Dalam menjalankan strategi AIDA marketing pertama-tama Anda harus mencari perhatian dari konsumen Anda. Tujuannya agar para konsumen atau pasar mengetahui produk Anda. Maka langkah yang Anda lakukan adalah dengan mencari perhatian.

Anda bisa menggunakan berbagai strategi untuk mendapatkan perhatian konsumen, misalnya dalam era pemasaran Online seperti saat ini, Anda bisa menggunakan jasa influencer atau selebgram untuk memperkenalkan produk atau merek Anda.  Dalam model konvensional bisa menggunakan iklan di radio, atau menyebar brosur dan memasang iklan di baliho.

  1. Interest: Strategi AIDA Untuk Membuat Konsumen Tertarik

Setelah Anda berhasil memberikan informasi produk Anda kepada publik atau pasar, maka selanjutnya Anda dapat menganalisis seberapa besar  keberhasilan informasi yang Anda sebarkan. Salah satu indikatornya adalah dari interes atau ketertarikan pasar.

Nah, dalam strategi AIDA marketing Anda sebagai pemilik bisnis atau marketer diwajibkan untuk memiliki kemampuan dalam membuat konsumen tertarik dengan produk atau merek Anda. Salah satu caranya yaitu dengan menjalankan strategi menonjolkan keunggulan produk atau merek Anda.

Namun perlu Anda ingat, ketika Anda menonjolkan keunggulan dari produk Anda, jangan sampai Anda over, karena yang menjadi tujuan adalah konsumen Anda. Maka tonjolkan produk Anda yang memang benar-benar menjadi solusi atau keinginan dari konsumen Anda.

Meningkatkan Pemasaran Dengan Konsep AIDA

  1. Desire: Strategi AIDA Marketing Untuk Membuat Konsumen Ingin Membeli

Pada tahapan ini Anda sudah mulai memiliki peluang besar untuk menggiring konsumen Anda membeli produk Anda. Namun sekali lagi Anda tidak boleh menggunakan model strategi digital marketing gaya lama yang langsung menawarkan produk yang terkesan memaksakan.

Anda harus bisa menggunakan strategi yang menitik beratkan pada kepentingan konsumen dari produk Anda. Berikan keyakinan pada konsumen Anda mengapa mereka harus membeli produk Anda. Lakukan berbagai model pemasaran yang menjadikan konsumen tidak hanya penasaran namun mulai ingin menggunakan produk Anda.

Maka, penting bagi  Anda  untuk membuat komunikasi promosi yang bisa memberikan pesan bahwa produk Anda memang sesuai dengan kebutuhan dari target pasar Anda. Sehingga konsumen Anda akan  melakukan tindakan pembelian.

  1. Action: Strategi AIDA Untuk Membuat Konsumen Membeli Produk

Pada tahap ini Anda akan mendapatkan pelanggan Anda,  bagaimana konsumen yang belum pernah menggunakan produk Anda akan melakukan pembelian pertama mereka. Kualitas produk dan kesesuaian dari janji yang Anda buat dalam promosi akan diuji di sini. Ini adalah tahapan trial sebuah produk.  Maka tahapan ini menjadi penentu apakah mereka akan menjadi pelanggan atau sekedar pembeli yang kemudian tidak pernah lagi melakukan pembelian.

Namun, terlepas apakah  Anda akan menemukan pelanggan loyal atau tidak. Tahap akhir dalam strategi AIDA ini menjadi bukti bahwa tiga tahapan sebelumnya yang telah Anda jalankan membuahkan hasil.

Nah, jika ternyata Anda belum mendapatkan pelanggan loyal, maka Anda perlu melakukan evaluasi kembali dari tahap awal strategi AIDA marketing ini. Evaluasi dalam pemasaran dan promosi memang wajib dilakukan, hal ini untuk terus memperbaharui pengetahuan kita terhadap pasar.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai apa itu AIDA marketing dan penjelasan lengkapnya. Semoga pembahasan ini dapat menjadi referensi bagi Anda. Menjadi catatan penting dalam melakukan strategi AIDA ini adalah Anda harus ramah dengan perubahan, yang mana saat ini orang mulai beralih menggunakan internet sebagai pasar mereka.

Nah, jangan sampai Anda ketinggalan, Anda harus beranjak menjadi pelaku bisnis yang sadar digital. Anda perlu membuat website bisnis sebagai identitas usaha Anda di dunia internet. Anda perlu menjadikan nama  usaha Anda hadir dalam pencarian internet, salah satu langkahnya yaitu dengan membeli domain murah IDwebhost.

Kebutuhan akan sebuah website bisnis atau website toko Online sangat penting.  Maka Anda perlu menggunakan penyedia jasa hosting yang profesional. Anda bisa memilih berbagai paket Hosting Terbaik IDwebhost, yang telah terpercaya  menjadi mitra bisnis di Indonesia. Tunggu apa lagi, buat website bisnis Anda sekarang! Terima kasih. Salam IDwebhost.