Apa Itu AIDA Marketing? Ini Penjelasan Lengkapnya!

20 Sep 2023
Apa Itu AIDA Marketing? Ini Penjelasan Lengkapnya! campaign-unlimited

Bingung memasarkan produk jualanmu? Kamu harus tahu salah satu strategi dalam marketing yaitu AIDA Marketing. Seperti apa sih konsep AIDA ini? Dalam artikel ini, kita bersama akan membahas tuntas mengenai apa itu AIDA marketing, dan mengapa kamu perlu menggunakannya.

AIDA Marketing menjadi salah satu konsep marketing yang kini banyfak menjadi model pendekatan suatu bisnis kepada konsumennya. Strategi ini kembali mencuat utamanya sejak model pemasaran Online menjadi salah satu pilihan dalam bisnis saat ini.

Bagi pelaku bisnis, proses pemasaran menjadi salah satu perhatian. Karena pemasaran menjadi kunci bagaimana produkmu akan sampai dan menemukan penggunanya.

Tanpa proses pemasaran yang tepat, sebagus apa pun sebuah produk, hanya kamu yang mengetahuinya. Keberadaan model pemasaran yang beragam, sering kali menjadikan pelaku bisnis melupakan satu hal penting, yaitu kenyamanan konsumen. Apa lagi ketika melancarkan strategi digital marketing, sering kali pendekatan yang dilakukan membuat calon pembeli ‘kurang nyaman’.

Nah, apakah AIDA mampu menjawab persoalan pemasaran yang selama ini menjadi persoalan dari model strategi pemasaranmu? Ikuti penjelasan lengkap AIDA marketing berikut ini:

Apa Itu AIDA Marketing?

Apa Itu AIDA Marketing

Sejak awal kita telah menyebut mengenai AIDA, apa sebenarnya AIDA itu?  AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Jika kita artikan dalam bahasa Indonesia maka AIDA adalah singkatan dari empat poin yaitu; perhatian, minat, keinginan dan  aksi.

Menjawab pertanyaan apa itu AIDA marketing, jika kita merujuk pada berbagai pengertian AIDA marketing dalam berbagai sumber referensi dapat kita ambil kesimpulan sebagai berikut: “AIDA marketing merupakan konsep dalam dunia marketing yang mana berisi tahapan-tahapan ketika konsumen mulai sadar dan tertarik dengan sebuah produk sampai kemudian mencoba  dan kemudian mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut.”

Maka model AIDA marketing dengan empat poin; perhatian, minat, keinginan dan aksi, pada dasarnya menitik beratkan pembeli atau konsumen sebagai bagian terpenting dalam pemasaran suatu produk. Maka, menjadi sangat penting pelaku bisnis atau seorang marketer untuk memahami secara detail bagaimana strategi pemasaran AIDA ini dapat diterapkan dalam pemasaran produk mereka.

Seperti telah kita bahas dalam pembuka artikel, bahwa selama ini kita telah mempelajari berbagai strategi pemasaran, yang mana sering kali kita melupakan bagian terpenting dari model pemasaran  yaitu kedekatan merek atau citra produk kepada konsumen. AIDA Marketing adalah jawaban dari persoalan pendekatan merek kepada pasar atau konsumen.

Bagaimana Menjalankan Strategi AIDA Marketing?

Bagaimana Menjalankan Strategi AIDA Marketing

Kita telah mengetahui seperti apa konsep dasar dari AIDA marketing. Empat poin penting dalam model pemasaran  AIDA telah kita pahami, dan sebagai pelaku bisnis kita tentu mengerti betapa dahsyatnya konsep AIDA  ini jika mampu diterapkan dengan baik dalam proses strategi pemasaran  dari produk yang kita miliki.

Jika kita jeli, sebenarnya konsep AIDA sudah ada dalam berbagai model pemasaran. Karena memang konsep AIDA marketing bukanlah hal baru. Konsep ini sudah ada dan digunakan dalam pemasaran sejak abad ke 19. Namun, penyempurnaan dari model  AIDA tentu saja terjadi seiring berkembangnya waktu.

Dalam berbagai model pemasaran konvensional, kita bisa melihat bagaimana konsep AIDA ini sudah berulang kali dilakukan bongkar pasar dengan menerapkan atau melakukan kombinasi strategi pemasaran  modern. Dan kita bisa melihat berbagai keberhasilan dari penerapan konsep AIDA marketing untuk berbagai kebutuhan pemasaran produk atau pun jasa.

Jika pernah menggunakan jasa pemasaran profesional, atau melalui agen pemasaran  atau jasa advertising dalam mempromosikan produk. Tentu kamu akan menemukan bagaimana mereka selama ini  menggunakan konsep AIDA dalam berbagai  strategi pemasaran untuk klien mereka.

Maka, penting bagimu untuk mempelajari dan mempraktikkan bagaimana konsep AIDA marketing. Hal ini bisa menghemat pengeluaran jasa pemasaran ketika bisa memahami konsep AIDA ini. Setidaknya kamu bisa menerapkan KPI ketika akan menggunakan jasa advertising nantinya.

Nah, bagaimana cara menjalankan strategi AIDA marketing yang terdiri dari Attention, Interest, Desire dan Action dalam bisnis? Untuk memudahkan penjelasan konsep dan strategi AIDA marketing, mari kita bahas satu persatu dari setiap poin AIDA marketing. Berikut penjelasan lengkapnya untukmu:

  1. Attention: Strategi AIDA Marketing Dalam Mencari Perhatian Konsumen

Dalam menjalankan strategi AIDA marketing pertama-tama harus mencari perhatian dari konsumen. Tujuannya agar para konsumen atau pasar mengetahui produkmu. Maka langkah yang bisa lakukan adalah dengan mencari perhatian.

Kamu bisa menggunakan berbagai strategi untuk mendapatkan perhatian konsumen, misalnya dalam era pemasaran Online seperti saat ini. Kamu bisa menggunakan jasa influencer atau selebgram untuk memperkenalkan produk atau merek.  Dalam model konvensional bisa menggunakan iklan di radio, atau menyebar brosur dan memasang iklan di baliho.

  1. Interest: Strategi AIDA Untuk Membuat Konsumen Tertarik

Setelah memberikan informasi produk kepada publik atau pasar, maka selanjutnya adalah menganalisis seberapa besar  keberhasilan informasi yang kamu sebarkan. Salah satu indikatornya adalah dari interest atau ketertarikan pasar.

Nah, dalam strategi AIDA marketing, sebagai pemilik bisnis atau marketer diwajibkan untuk memiliki kemampuan dalam membuat konsumen tertarik dengan produk atau merek. Salah satu caranya yaitu dengan menjalankan strategi menonjolkan keunggulan produk atau merek.

Namun perlu diingat, ketika menonjolkan keunggulan dari produkmu, jangan sampai over, karena yang menjadi tujuan adalah konsumen. Maka tonjolkan produk yang memang benar-benar menjadi solusi atau keinginan dari konsumen.

Meningkatkan Pemasaran Dengan Konsep AIDA
  1. Desire: Strategi AIDA Marketing Untuk Membuat Konsumen Ingin Membeli

Pada tahapan ini kamu sudah mulai memiliki peluang besar untuk menggiring konsumen membeli produk. Namun sekali lagi kamu tidak boleh menggunakan model strategi digital marketing gaya lama yang langsung menawarkan produk yang terkesan memaksakan.

Kamu harus bisa menggunakan strategi yang menitik beratkan pada kepentingan konsumen dari produk. Berikan keyakinan pada konsumen, mengapa mereka harus membeli produkmu. Lakukan berbagai model pemasaran yang menjadikan konsumen tidak hanya penasaran namun mulai ingin menggunakan produkmu.

Maka, penting bagimu  untuk membuat komunikasi promosi yang bisa memberikan pesan bahwa produkmu memang sesuai dengan kebutuhan dari target pasar. Sehingga konsumenmu akan  melakukan tindakan pembelian.

  1. Action: Strategi AIDA Untuk Membuat Konsumen Membeli Produk

Pada tahap ini, kamu sudah mendapatkan pelangganmu. Lantas bagaimana konsumen yang belum pernah menggunakan produkmu akan melakukan pembelian pertama mereka. Kualitas produk dan kesesuaian dari janji yang dibuat dalam promosi akan diuji di sini. Ini adalah tahapan trial sebuah produk. 

Maka tahapan ini menjadi penentu apakah mereka akan menjadi pelanggan atau sekedar pembeli yang kemudian tidak pernah lagi melakukan pembelian.

Namun, terlepas apakah  kamu akan menemukan pelanggan loyal atau tidak. Tahap akhir dalam strategi AIDA ini menjadi bukti bahwa tiga tahapan sebelumnya yang telah dijalankan membuahkan hasil.

Nah, jika ternyata kamu belum mendapatkan pelanggan loyal, maka perlu melakukan evaluasi kembali dari tahap awal strategi AIDA marketing ini. Evaluasi dalam pemasaran dan promosi memang wajib dilakukan, hal ini untuk terus memperbaharui pengetahuan kita terhadap pasar.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai apa itu AIDA marketing dan penjelasan lengkapnya. Semoga pembahasan ini dapat menjadi referensi bagimu. Menjadi catatan penting dalam melakukan strategi AIDA ini adalah bisa beradaptasi dengan perubahan, yang mana saat ini orang mulai beralih menggunakan internet sebagai pasar mereka.

Nah, jangan sampai ketinggalan, jadilah pelaku bisnis yang sadar digital. Kamu perlu membuat website bisnis sebagai identitas usahamu di dunia internet. Kamu perlu menjadikan nama usahamu hadir dalam pencarian internet. Salah satu langkahnya yaitu dengan membeli domain murah IDwebhost.

Kebutuhan akan sebuah website bisnis atau website toko Online sangat penting.  Maka kamu perlu menggunakan penyedia jasa hosting yang profesional. Kamu bisa memilih berbagai paket Hosting Terbaik IDwebhost, yang telah terpercaya  menjadi mitra bisnis di Indonesia. Tunggu apa lagi, buat website bisnis sekarang! Terima kasih.

Penulis
Member since 2 Jul 2013