Apa Dampak Teknik White Hat SEO dan Black Hat SEO Pada Website Anda?
Blog SEO Apa Dampak Teknik White Hat SEO dan Black Hat SEO Pada Website Anda?

Apa Dampak Teknik White Hat SEO dan Black Hat SEO Pada Website Anda?

Apakabar sobat webmaster semoga selalu penuh dengan kesuksesan. Hari ini saya memiliki pemabahasan yang menarik untuk sobat baca yaitu tentang White Hat SEO dan Black Hat SEO pada website tentunya akan menambah pengetahuan kalian seputar SEO untuk bisa menjadi webmaster yang profesional. Juga berkaitan dengan penerapan Optimasi SEO yang baik dan di sukai mesin pencari. Baiklah mari kita bahas dari pengertian SEO terlebih dahulu sob.

SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimization. Bisnis online saat ini tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya SEO karena memang juga penting sekali di digital marketing. Hingga saat ini konten masihlah menjadi bagian terpenting dari sebuah website bahkan ada istilah konten adalah raja. Setiap hari ribuan artikel atau konten terposting terupdate yang membuat persaingan semakin ketat untuk mendapatkan peringkat atas pencarian. Oleh karena itu mendorong para pemilik website untuk menerapkan berbagai macam teknik untuk mendongkrak konten mereka. Di dunia ini ada hal baik dan juga jahat bukan? Nah begitupun di dunia SEO saat ini ada yang baik dan ada yang curang namun mereka memiliki konsekuensi masing-masing.

Untuk itu sebaiknya kita mengerti terlebih dahulu tentang teknik dari keduantya yaitu White Hat SEO dan Black Hat SEO sebagai berikut:

Pengertian Apa itu Teknik White Hat SEO?

Pengertian Apa itu Teknik White Hat SEO?

White Hat SEO adalah teknik pengoptimalan search engine secara positif dan benar. Hal ini bertujuan untuk bisa mendapatkan ranking atau peringkat atas pada pencarian (SERP). Teknik White Hat SEO ini adalah cara yang paling aman dengan mengikuti berbagai ketentuan dan rekomendasi pembuatan konten untuk search engine. Dalam menerapkan teknik SEO ini sangat direkomendasikan dalam mengoptimasi website. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan SEO ini yaitu dengan menerapkan cara yang baik.

Dalam menerpakan sesui dengan SEO yang baik maka harus memperhatikan penulisan konten yang benar dengan menggunakan meta-meta sesuai kebutuhan seperti Meta Tag Description dan lain sebagainya. Tujuan dari penggunakan teknik SEO ini adalah tidak lain untuk mendapatkan visitor atau pengunjung yang konsisten. Penerapan ini tidak terlepas dari optimasi On page SEO dan Off page SEO yang mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh Google.

Manfaat penggunaan White Hat SEO

Sebagai pemilik bisnis online mestinya tidak akan melakukan hal yang serampangan dan sembrono yang akan berdampak pada bisnis kita kedepannya. Untuk menghindari resiko yang tidak di inginkan maka pentinya penerapan SEO yang baik tentu yang paling di utamakan. Tujuan dari White Hat SEO ini adalah jangka panjang dari bisnis kita. Lalu apa yang akan kita dapatkan? Berikut manfaatnya:

Mendapatkan Natural Backlink

  • Mendapatkan Natural Backlink

Backlink ini memiliki peran yang baik untuk mendapatkan visitor, dari backlink inilah pengunjung akan di alihkan ke website kita. Nah untuk mendapatkan backlink berkualitas ini dengan cara menambahkan link website kita ke artikel orang lain. Dari sini Google akan lebih mudah mengenal website kita, Mempermudah pencarian, Menjaga reputasi website dan lain sebagainya.

Mendapatkan Organic Traffic

  • Mendapatkan Organic Traffic

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan pengunjung website? Pastinya pemilik website menginginkannya karena tujuanya adalah mendapatkan pengunjung kan. Apa lagi pengunjung yang memang mencari produk atau jasa yang sesuai dengan apa yang kita tawarkan. Hal ini mengacu pada penerapan SEO yang baik dan benar (White Hat SEO).

Setelah kita menerapkan teknik ini yang akan kita dapatkan adalah hasil jangka panjang. Terlebih pemilik website bisnis baik itu produk atau jasa yang di tawarkan.

Pengertian Apa itu Teknik Black Hat SEO?

Pengertian Apa itu Teknik Black Hat SEO?

Kebalikan dari White Hat SEO yang merupakan penerapan SEO yang baik yang direkomendasikan maka Black Hat SEO ini tidak boleh gunakan. Teknik ini memang sama tujuannya yaitu berupaya meningkatkan peringkat sebuah website atau blog pada mesin pencari namun tidak sesuai dngan aturan yang telah ditetapkan. Ada banyak teknik yang dapat membahayakan website kita dari Black Hat SEO misalnya:

Spam Backlink

  • Spam Backlink

Penggunaan backlink ini juga penting namun apa yang akan terjadi jika tidak sesuai dengan aturan dan ketentuan Google. Maka saat kita melakukan spam backlink yang berlebihan akan terjadi hal buruk pada situs kita bahkan akan menjadikan peringkat website anjlok. Yang paling tidak di inginkan yaitu website kita kena pinalti dari Google yang membuat konten kita sama sekali tidak muncul dalam pencarian. Spam backlink ini sering dilakukan oleh orang awam yang menyebarkan link website mereka asal-asalan. Tidak peduli situs apa yang ingin di jadikan backlink. Oleh karenanya kita harus berhati-hati dalam menyikapinya.

Keyword Stuffing

  • Keyword Stuffing

Cara ini dilakukan untuk menumpuk keywords secara berlebihan tidak memperdulikan sesuai dengan isi konten mereka. Yang penting keywords nya banyak, namun sayang hal ini membuat website mereka dicap memiliki konten yang tidak berkualitas dan di anggap spam juga.

Meskipun teknik Black Hat SEO ini mampu meningkatkan pada mesin pencari namun hal ini tidak akan lama dan permanen. Saat awal memang kita bisa merasakan dampaknya yang begitu cepat namun lambat laun akan kandas dan tenggelam oleh website yang lebih bekualitas. Terlebih saat terkena pinalti dari Google maka akan sangat sulit memperbaikinya hal ini karena adanya pelanggaran yang terdeteksi.

Sebenarnya ada banyak yang dilakukan oleh pengguna teknik ini seperti duplikat konten menggunakan (AGC), menggunakan spin artikel, spam komentar, halam yang memiliki tujuan jahat seperti phishing, virus dan lain sebagainya. Tentu tidak hanya itu saja perilaku pengguna teknik ini sangat merugikan orang lain juga karena konten yang disajikan tidak sesuai denganapa yang dibutuhkan oleh pemirsa.

Baca juga: Jasa Pembuatan Website Untuk UMKM Indonesia

Apakah Black Hat SEO Cocok Untuk Saat ini?

Dari penjelasan diatas kita sudah mengetahui betapa meruginya teknik ini. Memang benar untuk mendapatkan visitor dengan cepat teknik ini sangat cocok namun bagaimana jika kita memiliki bisnis jangka panjang. Trafik memang dibutuhkan untuk sebuah website namun hal ini juga menjadi pertimbangan juga untuk masa depan bisnis kita. Jangan sampai reputasi perusahaan juga terdapak juga. Di tambah update Algoritma Google yang semakin canggih maka akan sangat merugi jika kita masih terus menggunakan teknik-teknik yang curang. Algoritma Google sendiri juga memiliki tujuan untuk mencegah aktivitas yang bersifat curang, manipulatif pada Google search.

Kesimpulan penggunaan teknik White Hat SEO dan Black Hat SEO ini ternyata memiliki dampak yang serius untuk website kita. Sekarang saatnya kita membuat konten yang berkualitas, baik dan benar agar salaing menguntungkan dan memberikan nilai tambah pada pengunjung. Jika kita memiliki bisnis online jangka panjang maka kita perlu menghindari hal-hal negatif yang berdampak pada kelangsungan bisnis kita kedepannya.

Demikian pembahasan yang bisa saya bagikan untuk sobat mudah-mudahan memberikan nilai tambah dan informasi yang bermanfaa untuk sobat. Jika sobat tertarik ingin membuat website dan mulai bisnis online saya merekomendasikan kalian untuk mengunjungi WUNIK.ID disitu juga melayani jasa pembuatan website dan juga SEO yang akan membantu meningkatkan kesuksesan bisnis sobat.