Apa Bedanya Domain, Hosting, dan Server? ini Jawabanya
Blog Hosting Guru Apa Bedanya Domain, Hosting, dan Server? ini Jawabanya

Apa Bedanya Domain, Hosting, dan Server? ini Jawabanya

Saat kita ingin membuat sebuah website tentu ada yang perlu kita ketahui terlebih dahulu. Ketika membuat website yang perlu diperhatikan adalah domain hosting dan juga server yang memang saling berkaitan satu sama lain. Terlebih jika kita masih awam dalam hal pembuatan website maka kita msih bertanya fungsi maupun cara kerjanya. Nah sebelum kita membuat website dan mengeksekusi secepatnya ada baiknya kita mengenal kebutuhan dari website tersebut dari domain, hosting hingga server sebagai berikut.

Perbedaan antara domain dan hosting sebenarnya terletak pada fungsinya. Jika domain adalah alamat dan hosting tempat menyimpan. Karena tidak semua orang memiliki website yang pasti banyak yang belum mengenalnya. Jadi intinya tanpa domain dan hosting ini website tidak akan ditemukan di internet.

Apa itu Hosting, Server dan Domain

Apa itu Domain?

Ketika kita mencari pencarian di mesin pencari disitu akan menampilkan banyak hasil pencarian dan kita sekilas melihat alamat website seperti IDwebhost.com dan lain sebagainya. Secara singkatnya domain adalah alamat website. Jika tidak ada domain maka kita tidak akan bisa mengakses suatu website di internet. Maka dari itu penting sekali domain ini sehingga bisa kita lihat dan akses isi dari suatu website tersebut.

Awal nya dulu domain memiliki bentuk yang berbeda dengan sekarang yaitu kombinasi angka dan huruf untuk mengakses server hosting sebuah website, selain itu sangat sulit untuk diingat. Misalnya 127.258.78.62 dan lain sebagainya. Pasti sangat sulit untuk diakses apalagi jika salah menuliskan angka atau hurufnya tentu tidak akan bisa diakses.

Namun seiring perkembangannya munculah istilah domain yang akan mempermudah penamaan alamat website. Misal kita akan mengakses IDwebhost.com maka secara otomatis browser akan mengenali alamat yang dituju (IDwebhost.com) adalah domain-nya.

Untuk harga sebuah domain murah, domain dengan ekstensi .xyz seharga Rp11.000/tahun domain ekstensi .com Rp129.900/tahun domain ekstensi .net Rp139.900/tahun tentunya masih banyak lagi yang bisa kalian pilih. Juga jangan lupa untuk mendapatkan promo-promo domain murahnya di IDwebhost.

Apa itu Hosting

Apa itu Hosting?

Hosting atau bisa disebut web hosting merupakan tempat untuk menyimpan kebutuhan website. Hosting bisa diibaratkan rumah sedangkan domain adalah alamat rumah tersebut. Hosting disini bisa digunakan untuk menyimpan file gambar, audio, video dan lain sebagainya untuk kebutuhan konten sebuah website. Karena ini adalah tempat menyimpan berbagai file dan data tentunya penyedia jasa hosting harus memberikan performa terbaik 24 jam dan juga keamanan. Hosting sendiri memiliki jenisnya masing-masing tentu memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri juga kebutuhan dari website kita.

Apa saja Jenis-Jenis Hosting

Apa saja Jenis-Jenis Hosting

Dari beberapa jenis hosting terbaik memiliki harga yang sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan oleh penyedia layanan hosting tersebut. Saat ini telah ada jenis hosting dari shared hosting, VPS hosting, dan cloud hosting. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

Shared Hosting adalah

Apa itu Shared Hosting?

Yang pertama yaitu share hosting merupakan layanan hosting yang cara kerjanya server digunakan oleh banyak pengguna secara bersamaan (share/berbagi). Share hosting ini memiliki server yang digunakan bersama-sama artinya file-file website kalian ditempatkan bersama dengan file website orang lain dalam suatu server. Selain itu akan fasilitas yang digunakan secara bersamaan dari kapasitas disk, kecepatan dan lain sebagainya.

Jika penyedia layanan hosting yang kalian pilih memberikan jaminan performa yang terbaik maka jangan ragu untuk memilihnya. Namun pertimbangkan juga jika penyedia hosting tersebut sering mengalami down dan performa yang naik turun tentu akan sangat merugikan kita. Nah pilihlah penyedia share hosting yang terpercaya.

  • Kelebihan pada hosting jenis ini adalah harga yang bersahabat ekonomis, server dikelola penyedia hosting, fasilitas lengkap sesuai penyedia hosting, mampu menangani trafik yang cukup.
  • Kekurangan pada share hosting biayanya overload karena digunakan bersama, adanya limit kapasitas penyimpanan file untuk menjaga server tetap aman.

Share hosting sangat cocok untuk kalian yang baru mulai membuat website personal atau blog yang memang belum perlu spesifikasi yang tinggi

VPS adalah

Apa itu VPS Hosting?

VPS atau kepanjangan Virtual Private Server yaitu virtual server yang sepenuhnya dikelola oleh pribadi, sehingga tidak akan ada pengaruh dari user yang lain. Jika share hosting tadi digunakan bersama-sama sedangkan VPS hanya digunakan oleh satu user saja. Kemudian dalam hal mengelola dan mengatur keseluruhannya disini kalian perlu memiliki pengetahuan atau skill untuk menangani vps hosting ini. Pada umumnya penggunaan VPS hosting ini digunakan oleh pemilik website dengan trafik menengah ke atas seperti toko online dan lain sebagainya.

  • Kelebihan VPS hosting yaitu terjangkau, mudah di kostumisasi, kendali penuh dalam konfigurasi, lebih aman.
  • Kekurangan VPS hosting yaitu tidak setangguh dedicated server, konfigurasi harus tahu teknisnya, hardware server tetap ditangani oleh penyedia hosting.

Baca juga: SSD Cloud VPS Murah Indonesia

Cloud Hosting adalah

Apa itu Cloud Hosting

Setelah kita mengenal jenis hosting sebelumnya yaitu share hosting dan vps hosting selanjutnya ada teknologi terbaru yaitu cloud hosting. Cloud hosting sendiri memungkinkan kalian untuk menyimpan berbagai file atau data website pada sebuah cloud atau awan. Sebenarnya cloud ini hanyalah istilah atau perumpamaan internet artinya semua file data dan semua kebutuhan website disimpan dalam virtual yang ada dalam internet. Layanan hosting jenis ini sudah tidak lagi menggunakan penyimpanan fisik seperti hosting sebelumnya. Cloud hosting sangat cocok untuk website dengan trafik yang tinggi.

  • Kelebihan cloud hosting adalah konfigurasi dan kontrol penuh, performa tinggi, aman, bisa menangani trafik tinggi, jika overload beban otomatis akan ditangani server yang lain, mudah digunakan.
  • Kekurangan cloud hosting adalah dari segi biaya yang lebih mahal dari share hosting maupun VPS hosting.

Apa itu Server

Apa itu Server?

Server adalah layanan komputer yang berfungsi untuk menyimpan dokumen data yang kompleks. Server bekerja untuk mengatur pengiriman atau menerima data atau informasi lebih cepat. Dalam bentuk fisiknya server berupa komponen seperti RAM, prosesor, dan lain sebagainya. Cara kerja server sangat komplek untuk mengatur lalu lintas data dan informasi. Saat ini ada beberapa jenis server yaitu web, file, proxy, database, DHCP, FTP, game, dan mail server.

Cara Kerja Domain, server ,Hosting

Cara Kerja Domain Hosting dan server

Setelah kita mengetahui tentang domain hosting, dan server ada baiknya kita mengetahui juga cara kerjanya. Domain sebagai alamat website untuk nantinya bisa mengarahkan user untuk mengakses informasi sebuah website dari hosting sedangkan server untuk mengatur lalu lintas dari akses domain dan hosting tadi. Lebih detailnya file website tersimpan di hosting, visitor mengakses alamat domain, browser meminta server mengirim data atau file ke browser, server mengirim data dan informasi ke browser, pengunjung dapat mengakses sebuah website.

Dari proses yang terjadi di atas memang terlihat sangat rumit dan lama namun semua itu sebenarnya prosesnya sangat cepat tergantung performa penyedia domain hosting, dan server. Untuk itu pilih lah layanan terbaik dari IDwebhost.com yang tentunya akan memberikan layanan dan performa terbaik untuk website kalian. Pilih paket hosting termurahmu dan jangan lupa cek selalu promo termurahnya. Demikian semoga informasi kali ini bermanfaat memberikan nilai tambah pada pembaca.