Apa Arti Webinar? Inilah Pengertian dan Cara Mengikutinya

7 Des 2022
Apa Arti Webinar? Inilah Pengertian dan Cara Mengikutinya

Kini semua orang dituntut untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi di segala aspek kehidupan. Salah satu bentuk adaptasi dengan teknologi adalah ditemukannya dan mulai maraknya webinar. Belakangan ini kata webinar mudah ditemukan di berbagai platform digital. Tahukah kamu, apa arti webinar?

Mulai dari siswa hingga karyawan semua dapat mengikuti webinar. Tidak selalu berbayar, ada juga berbagai webinar gratis yang menghadirkan berbagai pembicara ahli. Jadi, apa yang dimaksud dengan webinar? Apa saja manfaat dan bagaimana cara mengikutinya? Simak ulasan berikut untuk mendapatkan jawabannya!

Apa Itu Webinar?

Webinar adalah gabungan kata dari web dan seminar. Menurut kata-kata pembentuknya ini dapat disimpulkan bahwa arti webinar adalah sebuah seminar yang diadakan secara online atau berbasis internet. Salah satu tipe seminar ini memungkinkan pembicara seminar untuk membagikan materi melalui media elektronik secara online.

Dengan diadakannya seminar atau presentasi secara online artinya peserta dapat mengikuti kegiatan seminar dari mana saja. Seluruh partisipan kegiatan tidak terbatasi pada lokasi tertentu untuk mengikuti maupun menjadi pembicara di sebuah web seminar.

Kegiatan seminar yang diadakan via online ini juga meliputi serangkaian kegiatan seminar pada umumnya. Mulai dari pembukaan oleh panitia, sesi materi, hingga sesi tanya jawab oleh peserta. Meskipun demikian, tidak semua webinar bersifat interaktif.

Ada juga webinar yang hanya satu arah atau berupa rekaman. Biasanya seminar ini sudah diadakan oleh moderator dan pengisi materi terlebih dahulu untuk direkam baru selanjutnya dipublikasikan di internet. Webinar tipe ini tidak menyediakan sesi tanya jawab seperti seminar pada umumnya.

Lalu, bagaimana cara kerja webinar? Seperti arti webinar yang sudah dijelaskan di atas, seluruh alur kegiatan webinar juga dilakukan via internet. Penyelenggara dapat memutuskan tanggal dan waktu diadakannya webinar tanpa perlu menyertakan lokasi spesifik. Informasi akan diselenggarakannya webinar inilah yang kemudian disebarkan ke calon audiens.

Calon audiens yang menerima informasi dan tertarik dapat mendaftarkan diri melalui kontak yang disediakan oleh penyelenggara. Apabila sudah menyelesaikan proses registrasi maka peserta akan dikirimkan link untuk menghadiri acara webinar. Peserta dapat mengakses link yang diberikan untuk masuk ke webinar sesuai tanggal dan waktu yang ditentukan.

Manfaat Webinar

manfaat webinar

Sudah paham arti webinar, kan? Webinar mempunyai banyak manfaat, baik untuk penyelenggara maupun peserta.

1. Manfaat Webinar bagi Penyelenggara

Berbagai instansi atau perusahaan bisnis dapat menyelenggarakan webinar dengan tema dan tujuan tertentu. Dengan adanya webinar, penyelenggara bisa mendapatkan berbagai manfaat. Contohnya sebagai berikut:

  • Mengumpulkan leads. Webinar dapat membantu perusahaan untuk mengumpulkan informasi dari calon pelanggan potensial. Data-data berupa nama dan alamat email dapat membantu perusahaan untuk mengirimkan informasi promosi.
  • Meningkatkan brand awareness. Melalui webinar, penyelenggara dapat membantu audiens untuk mengenal brand atau instansi penyelenggara dengan lebih baik.
  • Menerima umpan balik. Webinar dapat membantu instansi atau perusahaan mengetahui ketertarikan audiens melalui saran yang diberikan oleh peserta.
  • Memberikan value pada bisnis atau instansi. Menampilkan value perusahaan juga dapat diwujudkan melalui pemberian freebies pada webinar. Salah satu contohnya seperti pemberian ebook gratis.
  • Menunjukkan keahlian dengan biaya yang minim. Webinar dapat menjadi ruang untuk menunjukkan keahlian sebuah perusahaan atau instansi pada bidangnya melalui seminar online demonstrasi atau edukasi dari expert.

2. Manfaat Webinar bagi Peserta

Selain memberikan manfaat bagi penyelenggara, webinar juga memberikan manfaat bagi peserta. Berikut beberapa manfaat yang umumnya bisa didapatkan oleh peserta:

  • Mendapatkan pengetahuan baru. Manfaat yang paling utama untuk peserta adalah mendapatkan pengetahuan baru dari pembicara atau narasumber yang ahli.
  • Menerima sertifikat elektronik. Seminar online maupun offline sama-sama dapat memberikan sertifikat pada pesertanya. Sertifikat webinar dapat digunakan sebagaimana sertifikat pada umumnya untuk menambah portofolio.
  • Bertemu dengan peserta lainnya. Melalui webinar, peserta bisa bertemu dengan banyak orang dan membangun relasi yang luas.
  • Dapat mengikuti seminar dari mana saja. Peserta dapat mengikuti kegiatan webinar dari mana saja sekalipun tidak berada di daerah yang sama dengan penyelenggara.

Jenis Webinar

learning webinar

Usai mendapatkan pengetahuan dan gambaran arti webinar, berikutnya pelajari juga tentang jenis-jenisnya. Dalam praktiknya, ada beberapa jenis webinar yang cukup populer. Dilansir dari Flow, berikut beberapa jenis webinar yang paling umum:

1. Branding Webinar

Jenis webinar yang pertama adalah webinar branding. Tujuan webinar ini adalah untuk membangun citra di hadapan peserta webinar. Biasanya webinar ini memasang logo brand pada sudut-sudut presentasi dan pada detail lainnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan peserta me­recall ingatan tentang brand tersebut kembali.

2. Learning Webinar

Seperti namanya, webinar jenis ini memiliki tujuan utama sebagai media edukasi. Materi-materi yang disampaikan pada webinar ini biasanya menampilkan topik pembelajaran tertentu. Untuk memaksimalkan penyampaian materi, penyelenggara juga dapat mengajak pembicara yang merupakan seorang ahli di bidang tersebut.

3. Product Demonstration Webinar

Apabila sebuah perusahaan baru saja merilis sebuah produk, tentu perusahaan perlu mempromosikan produk tersebut untuk menghasilkan traffic maupun awareness tentang produk. Salah satu caranya adalah dengan menyelenggarakan webinar demonstrasi produk. Durasi webinar yang panjang dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk dengan lebih detail.

4. Employee Training Webinar

Untuk perusahaan yang mempekerjakan karyawan dari berbagai daerah, pelatihan secara online merupakan cara yang cukup efektif. Selain dapat menjangkau karyawan di berbagai lokasi, webinar jenis ini juga bisa menjadi wadah interaksi antar karyawan dalam diskusi pelatihan.

5. Corporate Communication Webinar

Webinar ini merupakan pertemuan yang diadakan oleh perusahaan dengan karyawan sebagai pesertanya. Biasanya webinar ini membahas sebuah topik tertentu atau kabar penting untuk meminta umpan balik dari para karyawan. Fungsi dari webinar ini adalah untuk mendapatkan umpan balik dan menyelesaikan topik tertentu.

6. Panelist Discussion Webinar

Jenis berikutnya adalah webinar diskusi panel. Webinar jenis ini menghadirkan berbagai ahli sebagai narasumber topik diskusi pada sebuah webinar. Umumnya diskusi di webinar ini dipimpin oleh seorang moderator. Di samping itu, kegiatan webinar juga menyediakan sesi tanya jawab di akhir kegiatan webinar.

7. Customer Onboarding Webinar

Webinar ini bertujuan untuk menjaga hubungan antara sebuah perusahaan dengan konsumennya. Materi webinar ini berfokus pada penjelasan suatu produk yang sudah dibeli oleh konsumen. Webinar ini termasuk dalam strategi marketing untuk menjaga brand image pada konsumen.

Cara Mengikuti Webinar

Nah, sudah tahu arti webinar beserta manfaat maupun jenis-jenisnya, bukan? Jika kamu tertarik untuk mengikuti webinar, pertama-tama kumpulkan informasi mengenai webinar terlebih dahulu. Biasanya informasi webinar disebarkan melalui poster webinar, flyer webinar, atau postingan di media sosial.

Dalam poster tersebut cermati bagian topik, tanggal dan waktu zoom webinar, media yang digunakan, biaya pendaftaran, dan kontak yang pendaftaran. Jika tertarik dan dapat hadir di tanggal yang ditentukan, selanjutnya kamu dapat menghubungi kontak pendaftaran yang tersedia.

Hubungi kontak pendaftaran dan sampaikan jika ingin mendaftar webinar. Apabila terdapat biaya pendaftaran, lakukan pembayaran dengan mengikuti instruksinya. Jika sudah, kirimkan bukti pembayaran kembali pada penyelenggara.  Berikutnya, kamu akan dikirimkan link untuk bergabung ke webinar.

Setelah dikonfirmasi, kamu akan dicatat sebagai peserta webinar tersebut. Pada beberapa jenis webinar biasanya peserta akan diundang untuk bergabung ke room chat peserta webinar. Di room chat ini, peserta akan dibagikan materi diskusi yang akan dibahas di webinar. Selesai, kamu hanya perlu menunggu tanggal webinar untuk ikut bergabung dalam diskusi.

Semoga ulasan tentang apa arti webinar beserta informasi jenis-jenis, fungsinya, dan cara mengikutinya di atas dapat bermanfaat dan membantu kamu mendaftar webinar, ya! Baca artikel lain di blog IDwebhost untuk berbagai tips dan informasi up to date seputar teknologi dan trend terkini.

Jika kamu ingin membangun website dengan harga mulai dari 10 ribuan saja, IDwebhost juga menyediakan layanan hosting murah meriah, lho! Tentunya layanan ini pasti berkualitas dan menawarkan berbagai keuntungan buat kamu. Tunggu apa lagi? Ayo cek sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022