Anti Ribet Blog Profesional Pakai WordPress Ini Caranya!

16 Mei 2022
Anti Ribet Blog Profesional Pakai WordPress Ini Caranya! campaign-unlimited

Ketika sedang berselancar di internet, kita pasti pernah menemukan website atau blog yang begitu memukau dari tampilanya. Semua tentu ingin memiliki website yang seperti ini.

Sayangnya, ketika ingin membuat website yang bagus seperti itu, banyak orang yang terbentur karena tidak mengerti sama sekali tentang bahasa pemrograman. Padahal, banyak beranggapan bahwa untuk bisa memiliki website harus bisa coding. 

Bagi yang masih awam dan tidak paham tentang bahasa pemrograman, tak perlu khawatir untuk bisa memiliki blog profesional. Saat ini ada banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat blog profesional secara gratis dan mudah.

Beberapa yang bisa Anda coba , antara lain seperti WordPress, Blogger dan lain sebagainya. Dari beberapa platform yang tersedia, WordPress dan Blogger jadi yang paling populer saat ini. Namun pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak Anda berbagai tentang WordPress.

Ada banyak manfaat yang akan kalian dapatkan ketika menggunakan WordPress. Mulai dari kemudahan instalasi, fitur-fitur yang tersedia, plugin penunjang, keamanan, kecepatan dan lain sebagainya. Tak heran jika platform WordPress ini adalah salah satu yang terbaik dengan pengguna terbesar saat ini. Tercatat, ada 38% website di internet menggunakan WordPress.

Pilih Mana WordPress.com atau WordPress.org yang Cocok untuk Blogging?

WordPress memiliki dua jenis yang bisa Anda gunakan, yaitu WordPress.org dan WordPress.com. Keduanya memiliki perbedaan yang mencolok dari segi penggunaan domain dan hosting. Sekilas, keduanya memiliki kesamaan namun ternyata berbeda.

Yang pertama WordPress.com yaitu platform blogging yang bisa kalian gunakan secara langsung tanpa perlu mendownload dan menginstal resource apapun. Cara penggunaannya pun sangat mudah kalian tinggal daftar pada WordPress.com kalian sudah bisa memiliki blog sendiri. Dengan catatan ekstensi domain yang lebih panjang.

Sedangkan WordPress.org sendiri adalah platform self hosted, dimana Anda diharuskan untuk mengunduh dan menginstal resource yang dibutuhkan seperti tema, plugin dan lain sebagainya. Walaupun terlihat lebih rumit sebenarnya juga sangat mudah untuk instalasi bahkan bisa dihitung dalam hitungan menit kalian sudah memiliki website standar.

Setelah tahu perbedaan dasar keduanya, untuk bisa memiliki website atau blog profesional, lebih baik untuk menggunakan WordPress.org. Karena tujuan awal Anda adalah untuk membangun blog profesional. Kenapa perlu memilih WordPress.org dan mengapa bukan yang WordPress.com saja berikut alasannya:

Kustomisasi Blog Sesuka Hati

Kustomisasi Blog Sesuka Hati

Karena WordPress bersifat open source, Anda bisa memodifikasi sesuka hati. Misalnya saja, jika Anda menemukan tema-tema yang sesuai dengan yang diminati, maka dengan mudah tinggal klik langsung otomatis menginstal dan Anda hanya menunggu pemasangan selesai.

Ada banyak plugin yang akan dapat mengoptimalkan blog atau website kalian. Ada banyak plugin yang tersedia. Contohnya jika ingin blog profesional, Anda lebih cepat saat diakses oleh pengunjung, bisa menggunakan plugin WP Rocket. Atau jika Anda ingin memiliki blog, akan ada banyak plugin security yang bisa Anda instal secara gratis.

Berbeda dengan kalian jika menggunakan WordPress.com. Anda tidak akan leluasa untuk memodifikasi dan menggunakan plugin. Hanya tersedia plugin default seperti Akismet atau Stats. Dari segi tema yang tersedia pun, hanya terbatas yang sudah tersedia khusus untuk pengguna WordPress.com ini.

Inilah mengapa sejak awal saya merekomendasikan WordPress.org yang nantinya kalian akan lebih leluasa untuk membangun, mengembangkan, memodifikasi blog profesional Anda kedepannya.

Biaya Terjangkau manfaat Jangka Panjang

Biaya Terjangkau manfaat Jangka Panjang

Jika dilihat sekilas, rasanya WordPress.com terlihat lebih murah dibandingkan dengan menggunakan WordPress.org. Anda hanya perlu mendaftar dan memiliki blog secara gratis dengan ekstensi tertentu.

Namun perlu diketahui, untuk jangka panjang Anda akan dibebankan dengan beberapa macam biaya untuk penambahan fitur tema maupun, plugin dan lain sebagainya. Untuk menginstal plugin saja kalian harus membeli paket seperti business dan ecommerce dengan harga yang lumayan menguras kantong.

Beda halnya dengan Anda menggunakan WordPress.org, semua kebutuhan mulai dari tema plugin semua sudah tersedia secara gratis dan untuk menginstal sangat mudah. Blog profesional yang Anda inginkan pasti untuk jangka panjang. Suatu saat jika Anda ingin menambah beberapa fitur, bisa dengan mudah untuk meningkatkan performa website kita nantinya.

WordPress.org sendiri adalah platform self hosting yang artinya di haruskan untuk memiliki domain dan hosting tersendiri. Nah disini saya akan memberikan berapa sih harga doamin dan hosting termurah saat ini?.

Untuk harga domain termurah dari IDwebhost Rp11.000/tahun dengan ekstensi .xyz dan untuk yang .com harganya Rp129.900/tahun dan tentunya masih banyak paket pilihan yang lain yang bisa kalian dapatkan.

Berikut Promo hosting termurah yang ditawarkan oleh IDwebhost

  • Charming. Harganya hanya Rp 10.900/bulan.
  • Cute. Harganya Rp19.900/bulan.
  • Awesome. Harganya Rp26.900/bulan.
  • Fantastic. Harganya Rp86.900/bulan.
  • Corporate. Harganya Rp300.900/bulan.
WordPress Mudah di Monetisasi

Mudah di Monetisasi

Blog sendiri bisa menghasilkan uang dari berbagai macam sumber misalnya jualan produk atau jasa, atau yang lebih populer blog di monetisasi untuk menampilkan iklan. Saat kita sudah memiliki blog dengan pengunjung yang lumayan banyak kita bisa langsung mendaftar ke Google AdSense yang nantinya blog profesional kita akan bisa menampilkan iklan dari AdSense.

Saat ini banyak yang tertarik untuk membuat blog dengan alasan ingin memonetisasi blog mereka. Pas jika Anda telah menggunakan WordPress.org untuk pendaftarannya, akan lebih besar peluangnya diterima oleh Google Adsense. Sebaliknya jika kita menggunakan WordPrsss.com, Anda hanya bisa menampilkan iklan dari WordPress sendiri.

Alasan WordPress.org Cocok untuk Blogging?

Setelah memahami bahwa WordPress.org banyak kelebihan yang bisa Anda manfaatkan dibandingkan platform blog yang lain. Selanjutnya, Anda perlu tahu alasan mengapa WordPress.org adalah platform blog yang paling cocok untuk kegiatan blogging. Berikut alasannya:

Blog Profesional

Performa Blog lebih Cepat

Pernahkah Anda merasa, saat membuka website ternyata loading yang ditampilkan sangat lama tentu kalian akan segera menutup website tersebut. Blog atau website yang memiliki kecepatan yang lambat, kemungkinan besar akan segera ditinggalkan oleh pengunjung. Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan website seperti ukuran gambar yang terlalu besar, widget yang terlalu banyak dan lain sebagainya.

Untungnya, jika Anda menggunakan WordPress, semua masalah yang mempengaruhi kecepatan loading website mudah ditangani dengan plugin yang tersedia. Saat ini ada berbagai macam plugin yang tersedia untuk mempercepat website.

Baca juga: Cara Install Ulang Core WordPress yang Aman

Mudah Ramah SEO friendly

SEO Friendly

Saat memiliki blog profesional, tentu saja tidak ingin blog jadi sepi pengunjung. Untuk bisa meningkatkan pengunjung, selain konten yang berkualitas harus menerapkan SEO (Search Engine Optimization) juga.

SEO adalah cara untuk meningkatkan peringkat pencarian mesin pencari seperti Google, Bing dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan WordPress.org, pengguna bisa dengan mudah mengoptimasi blog atau website. WordPress.org telah menyediakan dan mendukung berbagai fitur untuk optimasi SEO.

Blog Profesional

Mudah Mengelola Konten

Dengan menggunakan WordPress, Anda akan lebih mudah untuk membuat konten, rasanya seperti mengetik di Microsoft Word dan tampilannya pun hampir mirip. Anda hanya perlu mengisi konten berkualitas menambahkan media gambar, video dan lain-lain lalu posting artikel siap untuk di akses di mesin pencari.

Blog Profesional

Rekomendasi Plugin Terpopuler WordPress

Memang, saat ini telah banyak plugin yang tersedia secara gratis untuk meningkatkan performa blog Anda. Nah berikut rekomendasi plugin yang mungkin bisa Anda coba:

  • WP Rocket : Berguna untuk meningkatkan loading blog.
  • AMP For WP : Berguna untuk membuat tampilan blog bisa menyesuaikan dengan perangkat mobile.
  • Yoast SEO: Berguna untuk meningkatkan SEO blog.

Kesimpulan

Itulah tadi rekomendasi mengapa WordPress adalah platform pembuatan blog profesional yang bisa Anda coba. Dapatkan segala kemudahan pembuatan website hanya di IDwebhost. Jangan ketinggalan juga berbagai berbagai promo menarik dari IDwebhost dengan klik gambar di bawah ini!

Promo IDwebhost
Penulis
Member since 2 Jul 2013