Anti Ribet Blog Profesional Pakai WordPress Ini Caranya!
Blog WordPress Expert Anti Ribet Blog Profesional Pakai WordPress Ini Caranya!

Anti Ribet Blog Profesional Pakai WordPress Ini Caranya!

Pada saat berselancar di mesin pencari pastinya pernah menemukan website atau blog yang begitu memukau dari tampilanya. Layaknya blog profesional dengan konten yang berkualitas tentu akan membuat kita menjadi ingin memiliki blog semacam itu. Sayangnya ketika keinginan itu muncul apalah daya kita belum pernah mempelajari pemrograman web untuk membuat sebuah website. Sehingga ketika kita memiliki keinginan untuk membuat sebuah blog atau website jadi terkendala karena ketidaktahuan kita mau mulai dari mana.

Bagi yang masih awam dan tidak tahu tentang coding atau pemrograman kalian tidak usah khawatir untuk bisa memiliki blog profesional. Saat ini telah tersedia berbagai macam platform yang bisa kalian gunakan untuk membuat blog profesional secara gratis dan mudah. Ada banyak platform yang bisa kalian gunakan dari WordPress, Blogger dan lain sebagainya. Dari beberapa platform yang bisa kalian gunakan WordPress dan Blogger lah yang paling populer saat ini. Namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas WordPress yang memang terbaik untuk membuat blog profesional dengan berbagai macam fitur unggulan.

Ada banyak manfaat yang akan kalian dapatkan ketika menggunakan WordPress ini dari kemudahan instalasi, fitur-fitur yang tersedia, plugin penunjang, keamanan, kecepatan dan lain sebagainya. Tak heran jika platform WordPress ini adalah salah satu yang terbaik dengan pengguna terbesar saat ini. Menurut sumber informasi yang saya dapatkan dari 38% website di internet menggunakan WordPress.

 

Pilih Mana WordPress.com atau WordPress.org yang Cocok untuk Blogging?

WordPress memiliki dua jenis yang bisa kalian gunakan yaitu WordPress.org dan WordPress.com keduanya memiliki perbedaan yang mencolok dari segi domain dan hosting-nya. Sekilas dari keduanya memiliki kesamaan namun keduanya berbeda. Yang pertama WordPress.com yaitu platform blogging yang bisa kalian gunakan secara langsung tanpa perlu mendownload dan menginstal resource apapun. Cara penggunaannya pun sangat mudah kalian tinggal daftar pada WordPress.com kalian sudah bisa memiliki blog sendiri. Dengan catatan ekstensi domain yang lebih panjang.

Sedangkan WordPress.org sendiri adalah platform self hosted yang dimana kalian diharuskan untuk mengunduh dan menginstal resource yang dibutuhkan seperti tema, plugin dan lain sebagainya. Walaupun terlihat lebih rumin sebenarnya juga sangat mudah untuk instalasi bahkan bisa dihitung dalam hitungan menit kalian sudah memiliki website standar.

Setelah kita tahu perbedaan dasar keduanya, untuk bisa memiliki website atau blog profesional saya sarankan untuk menggunakan WordPress.org. Karena tujuan awal kita adalah untuk membangun blog profesional. Kenapa kita perlu memilih WordPress.org dan mengapa bukan yang WordPress.com saja berikut alasannya:

Kustomisasi Blog Sesuka Hati

Kustomisasi Blog Sesuka Hati

Karena WordPress yang Open Source kalian bisa memodifikasi sesuka hati. Misalnya saja jika kalian menemukan tema-tema yang sesuai dengan keinginan kita maka dengan mudah tinggal klik langsung otomatis menginstal dan kita hanya menunggu pemasangan selesai. Ada banyak plugin yang akan dapat mengoptimalkan blog atau website kalian. Ada banyak plugin yang tersedia contohnya jika ingin blog profesional kalian lebih cepat saat di akses oleh pengunjung kalian bisa menggunakan plugin WP Roket atau jika kalian ingin blog kalian akan ada banyak plugin security yang bisa kalian instal secara gratis.

Berbeda dengan kalian jika menggunakan WordPress.com kalian tidak akan leluasa untuk memodifikasi dan menggunakan plugin hanya tersedia plugin default seperti Akismet atau Stats. Dari segi tema yang tersedia pun hanya terbatas yang sudah tersedia khusus untuk pengguna WordPress.com ini.

Inilah mengapa sejak awal saya merekomendasikan WordPress.org yang nantinya kalian akan lebih leluasa untuk membangun, mengembangkan, memodifikasi blog profesionalkalian kedepannya.

Biaya Terjangkau manfaat Jangka Panjang

Biaya Terjangkau manfaat Jangka Panjang

Jika dilihat sekilas rasanya WordPress.com terlihat lebih murah dibandingkan dengan menggunakan WordPress.org kita hanya perlu daftar dan miliki blog secara gratis dengan ekstensi tertentu. Namun perlu diketahui untuk jangka panjang kalian akan dibebankan dengan beberapa macam biaya untuk penambahan fitur tema maupun, plugin dan lain sebagainya. Untuk menginstal plugin saja kalian harus membeli paket seperti Business dan ecommerce dengan harga yang lumayan menguras kantong.

Beda halnya dengan kita menggunakan WordPress.org semua kebutuhan dari tema plugin semua sudah tersedia secara gratis dan untuk menginstal sangat mudah. Blog profesional yang kita inginkan pasti untuk jangka panjang suatu saat jika kita ingin menambah beberapa fitur bisa dengan mudah untuk meningkatkan performa website kita nantinya.

WordPress.org sendiri adalah platform self hosting yang artinya di haruskan untuk memiliki domain dan hosting tersendiri. Nah disini saya akan memberikan berapa sih harga doamin dan hosting termurah saat ini?.

Untuk harga domain termurah dari IDwebhost Rp11.000/tahun dengan ekstensi .xyz dan untuk yang .com harganya Rp129.900/tahun dan tentunya masih banyak paket pilihan yang lain yang bisa kalian dapatkan.

Berikut Promo hosting termurah yang ditawarkan oleh IDwebhost

  • Charming. Harganya hanya Rp 10.900/bulan.
  • Cute. Harganya Rp19.900/bulan.
  • Awesome. Harganya Rp26.900/bulan.
  • Fantastic. Harganya Rp86.900/bulan.
  • Corporate. Harganya Rp300.900/bulan.

WordPress Mudah di Monetisasi

Mudah di Monetisasi

Blog sendiri bisa menghasilkan uang dari berbagai macam sumber misalnya jualan produk atau jasa, atau yang lebih populer blog di monetisasi untuk menampilkan iklan. Saat kita sudah memiliki blog dengan pengunjung yang lumayan banyak kita bisa langsung mendaftar ke Google AdSense yang nantinya blog profesional kita akan bisa menampilkan iklan dari AdSense.

Saat ini banyak yang tertarik untuk membuat blog dengan alasan ingin memonetisasi blog mereka. Pas jika kalian telah menggunakan WordPress.org untuk pendaftarannya akan lebih mudah dan peluang diterima Google Adsense akan semakin besar. Sebaliknya jika kita menggunakan WordPrsss.com kita hanya bisa menampilkan iklan dari WordPress sendiri.

Alasan WordPress.org Cocok untuk Blogging?

Setelah kita mengetahui bahwa WordPress.org banyak kelebihan yang bisa kita manfaatkan dibandingkan platform blog yang lain. Selanjutnya kita perlu tahu alasan mengapa WordPress.org adalah platform blog yang paling cocok untuk kegiatan blogging berikut alasanya:

Performa Blog lebih Cepat

Performa Blog lebih Cepat

 

Pernahkah kalian mengalami saat membuka website ternyata loading yang ditampilkan sangat lama tentu kalian akan segera menutup website tersebut. Blog atau website yang memiliki kecepatan yang kurang baik kemungkinan besar akan segera ditinggalkan oleh pengunjung. Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan website seperti ukuran gambar yang terlalu besar, widget yang terlalu banyak dan lain sebagainya.

Untungnya kalian sudah menggunakan WordPress dengan WordPress semua masalah yang mempengaruhi kecepatan loading website mudah ditangani dengan plugin yang tersedia. Saat ini plugin yang tersedia untuk mempercepat website atau blog telah tersedia berbagai macam pilihan plugin untuk mempercepat loading bisa kalian instal secara gratis.

Baca juga: Cara Install Ulang Core WordPress yang Aman

 

 

Mudah Ramah SEO friendly

Ramah SEO Friendly

 

Saat memiliki blog profesional tentu saja tidak ingin blog kita sepi pengunjung. Untuk bisa meningkatkan pengunjung selain konten yang berkualitas harus menerapkan SEO (Search Engine Optimization) juga. SEO disini adalah cara untuk meningkatkan peringkat pencarian mesin pencari seperti Google, Bing dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan WordPress.org memungkinkan kalian untuk bisa muda mengoptimasi blog atau website kalian. WordPress.org telah menyediakan dan mendukung berbagai fitur untuk optimasi SEO.

Alasan WordPress.org Cocok untuk Blogging

Mudah Mengelola Konten

Dengan menggunakan WordPress kalian akan lebih mudah untuk membuat konten, rasanya seperti mengetik di Microsoft Word dan tampilannya pun hampir mirip. Kalian hanya perlu mengisi konten berkualitas menambahkan media gambar, video dan lain-lain lalu posting artikel siap untuk di akses di mesin pencari.

Rekomendasi Plugin terpopuler WordPress

Rekomendasi Plugin Terpopuler WordPress

Memang saat ini telah banyak plugin yang tersedia secara gratis untuk meningkatkan performa blog kalian. Nah saya memiliki rekomendasi plugin yang mungkin bisa kalian coba sebagai berikut:

  • WP Rocket : Berguna untuk meningkatkan loading blog.
  • AMP For WP : Berguna untuk membuat tampilan blog bisa menyesuaikan dengan perangkat mobile.
  • Yoast SEO: Berguna untuk meningkatkan SEO blog.

Bagaimana kalian mau segera memiliki blog sendiri dengan platform WordPress kan nah untuk langkah pertama kalian harus mengenal dulu domain dan hosting untuk keperluan instalasi WordPress.org nantinya. IDwebhost.com percaya kemudahan dan keamanan yang harus diperhatikan. Oleh karena itu IDwebhost menawarkan fitur unggulan dari segi keamanan (SSL gratis) dan juga berbagai macam fitur kemudahan untuk instalasi WordPress kalian.